fbpx

7 Tips Ampuh Bekerja Di Perusahaan Multinasional

7 Tips Ampuh Bekerja Di Perusahaan Multinasional – Banyak orang yang mempunyai impian bisa berkarir di perusahaan multinasional. Kamu juga termasuk salah satunya, betul?

Ada banyak alasan mengapa berkarir di perusahaan multinasional adalah impian banyak orang. Bisa jadi dikarenakan perusahaan multinasional ialah perusahaan dengan nama besar yang memiliki beberapa cabang di berbagai negara, sehingga bekerja di perusahaan multinasional akan terdengar wah. Tak sampai di pride-nya saja, berkarir untuk perusahaan multinasional juga menawarkan banyak fasilitas wah, termasuk gaji, bonus dan tunjangannya. Tak jauh beda dengan perusahaan bonafide pada umumnya, bekerja di perusahaan multinasional juga adalah hal yang tak mudah. Karena kamu perlu bersaing dengan banyak peserta dari berbagai negara. Walaupun tidak gampang, kamu tetap bisa mewujudkan cita – citamu untuk dapat berkarya di perusahaan multinasional dengan catatan kamu mau berupaya dengan optimal. Di tulisan kali ini, kami akan menjabarkan seputar cara efektif agar kamu bisa berkarya di perusahaan multinasional.

 

7 Kiat Bekerja Di Perusahaan Multinasional

 

1. Mempunyai Prestasi Akademik

Cara berkarya di perusahaan multinasional yang pertama adalah mempunyai prestasi akademik di atas rata – rata.

Beberapa contohnya antara lain:

  • Mempunyai dengan IPK tinggi, syukur-syukur cum laude.
  • Juara Karya Tulis Ilmiah.
  • Juara Lomba Esai.
  • Juara Olimpiade.
  • Dan lain sebagainya.

Jika kamu mempunyai beberapa atau prestasi akademik seperti di atas, kamu telah memiliki modal yang cukup bagus untuk dapat bekerja di perusahaan multinasional. Modal prestasi akademik ini juga tentu efektif untuk meningkatkan kepercayaan dirimu dalam berkompetisi dengan pelamar lain.

Tips:

Untuk menghindari hal – hal yang tidak diharapkan, Kamu mesti bisa menetapkan skala prioritas. Misalnya mengatur porsi waktu untuk kuliah dan untuk mengikuti kejuaraan. Intinya tidak disarankan mengorbankan kuliahmu untuk sekedar mengikuti perlombaan.

2. Menguasai Skill Bahasa Inggris

Cara berikutnya yaitu mempunyai skill bahasa Inggris yang mumpuni.  Alasannya sangat jelas, waktu mulai bekerja di perusahaan multinasional, kamu akan berinteraksi sama orang – orang dari berbagai negara dan pastinya menggunakan bahasa Inggris. Hingga saat ini, bahasa Inggris adalah bahasa universal yang secara umum digunakan oleh orang – orang dari seluruh dunia.

Tips:

Seandainya kau mau mempunyai skill bahasa Inggris yang mumpuni, kamu bisa mengikuti program Kursus Bahasa Inggris di Golden English. Golden English merupakan institusi kursus Bahasa Inggris yang multimedia learning system, dimana Golden English mengoptimalkan penggunaan audio, visual dan audio visual dalam aktifitas belajarnya. Kegiatan belajarnya pun beragam dan fokus pada praktik, bukan sekedar pemaparan materi.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Bekerja Di Luar Negeri

3. Mempunyai Social Experiences

Pada poin pertama di atas, kami menyebutkan bahwa prestasi akademik yang bagus ialah salah satu modal untuk bisa bekerja di perusahaan multinasional. Namun kamu tidak bisa mengesampingkan pengalaman sosial, kamu juga perlu mempunyai social experiences atau pengalaman sosial yang bagus. Sebab hal ini merupakan salah satu tolak ukur keahlianmu dalam berinteraksi dengan orang lain. Baik itu secara personal ataupun kolektif. Bahkan tidak sedikit tim rekrutmen (HR) yang meyakini bahwa pengalaman sosial akan menjadikan individu lebih bijak dalam mengatur emosi dan mengambil keputusan.

Tips:

Berikut ini adalah 2 cara agar kamu memiliki social experiences atau pengalaman sosial yang baik:

  1. Bergabung Dengan Organisasi Kampus.
  2. Aktif dalam Komunitas Minat & Bakat.

Selain ke – 2 cara di atas, kamu juga dapat mengikuti aktifitas sejenis lainnya yang bisa memberikanmu social experiences yang bermanfaat.

4. Mempunyai Sertifikat Kompetensi

Tips bekerja di perusahaan multinasional selanjutnya adalah memiliki sertifikat kompetensi, yang merupakan salah satu tolak ukur keahlian individu dalam 1 bidang khusus.

Berbeda sama sertifikat biasa, sertifikat kompetensi mempunyai 2 keunggulan sebagai berikut:

  1. Disetujui oleh Pemerintah Republik Indonesia (negara).
  2. Bisa dipakai untuk skala nasional dan internasional.

Di Indonesia, sekiranya kamu mau mendapatkan sertifikat kompetensi, kamu harus mengikuti uji kompetensi yang dilaksanakan oleh Institusi Sertifikasi Profesi ataupun LSP. LSP ini berada di bawah naungan Badan Nasional Sertifikasi Profesi ataupun BNSP.

5. Mempunyai Outsanding CV

Waktu kamu berkeinginan bekerja di suatu perusahaan, recruiter di perusahaan itu umumnya akan memintamu buat mengirimkan Curriculum Vitae ataupun CV. Dengan CV ini, recruiter dapat melihat gambaran umum tentang dirimu, sehingga mereka dapat menentukan sesuai ataupun tidaknya kamu untuk mengikuti percobaan wawancara. Pada dasarnya, CV adalah media buat memperoleh first impression yang bagus dari recruiter di suatu perusahaan.

Nah, sekiranya kamu mau bekerja di perusahaan multinasional, kamu perlu memiliki outsanding CV atau CV yang luar biasa. Sebab seperti yang sudah kami jelaskan di awal artikel ini, kamu akan berkompetisi sama banyak peserta dari berbagai negara. Salah satu yang sering menjadi daya tarik bagi recruiter, yaitu portofolio, jangan lupa mencari serta melampirkan portofolio di CV-mu, ya! Nah, dengan memiliki outsanding CV, kamu akan memiliki peluang yang lebih besar untuk dapat bekerja di perusahaan multinasional.

Tips:

Kamu dapat mencari referensi tentang cara membuat outsanding CV di google. Sedangkan untuk mendesainnya, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Canva.

Baca Juga : 5 Skill Yang Dibutuhkan Untuk Generasi Muda di Masa Depan

6. Memperluas Relasi

Relasi (kenalan) juga mempunyai peran peran untuk kamu yang mau bekerja di perusahaan multinasional. Dengan mempunyai banyak relasi, kamu akan memperoleh banyak informasi menenai lowongan pekerjaan terbaru di perusahaan multinasional.

Tips:

Kamu disaranakan mulai memperbanyak relasi mulai saat ini. Terkait caranya, bisa dengan mengikuti komunitas atau organisasi yang terdapat di sekelilingmu. Oh ya, kamu juga bisa memanfaatkan website professional network seperti linkedin untuk memperluas jejaring.

7. Ingin Memahami Budaya Negara Lain

Kiat berprofesi di perusahaan multinasional yang terakhir yaitu semangat untuk memahami budaya dari negara lain.

Alasannya:

Ketika diterima bekerja di perusahaan multinasional, kamu mesti berinteraksi sama orang – orang dari berbagai negara, yang kemungkinan besar memiliki budaya yang berbeda – beda. Buat memperlancar proses interaksi sama teman kerjamu, kamu harus mau memahami budaya negara mereka. Hal ini penting, tentu agar perbedaan latar budaya tidak menjadi gap dalam bergaul di dunia kerja.

Baca Juga : 25 Smart Sentences Untuk Penerapan Sehari-hari Dalam Bahasa Inggris

Penutup

Apabila ditelaah lebih mendetail, kiat bekerja di perusahaan multinasional sebetulnya hampir mirip dengan bekerja di perusahaan lainnya. Hanya saja, tingkat persaingan dan standar kualifikasinya memang sedikit lebih tinggi. Tapi kalau kamu mempersiapkan diri sejak saat ini (dengan sungguh – sungguh), kesempatanmu untuk dapat bekerja di perusahaan multinasional akan kian terbuka lebar. Untuk kamu yang mau berkerja di perusahaan multinasional, tapi kamu belum bisa bahasa inggris. Tenang kamu bisa mengikuti kursus bahasa inggris di Golden English, segera daftar via whatsapp 0816-251-154