fbpx

9 Trik Untuk Mengasah Tehnik Pengucapan supaya seperti Native Speaker, Yuk Praktikkin!

Trik Mengasah Pronunciation Agar Seperti Native Speaker

trik mengasah pronunciation agar seperti native speaker

Berbicara dalam bahasa Inggris memang tidak mudah. Apalagi bagi mereka yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Meskipun begitu, tak ada yang terasa sulit selama kita mempunyai kemauan, rajin berusaha, konsisten, dan tetap semangat.

Dan juga, berbicara dalam Bahasa Inggris ialah sebuah keterampilan. Artinya, satu-satunya cara agar kamu bisa jago ngomong dalam bahasa Inggris adalah dengan banyak latihan berbicara dalam bahasa Inggris.

Memang, latihan saja tanpa strategi hanya akan membuat proses belajarmu semakin lama. Oleh karena itu, untuk memudahkan kamu, berikut kami berikan 9 trik mengasah pronunciation agar kamu bisa bicara bahasa Inggris seperti native speaker. Disimak ya!

1. Mempelajari Frasa

 

Terdapat banyak sekali cara untuk mengasah pronunciation dalam Bahasa Inggris dan salah satunya ialah fokus untuk mempelajari frasa. Bukan malah menghafal individual vocabulary atau kosakata bahasa Inggris satu per satu.

Selain lebih mudah dan juga efektif, dengan fokus pada frasa dalam mempelajari Bahasa Inggris, dimulai dari frasa yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari, dengan hal ini akan membuatmu semakin lebih cepat menguasai Bahasa Inggris secara keseluruhan. Baik dari segi kemampuan membaca, menulis, mendengarkan, ataupun berbicara dalam bahasa Inggris.

Frasa-frasa bahasa Inggris yang umum seperti Go shopping (pergi berbelanja), Wake up (bangun tidur), Take a taxi (naik taksi), Eat breakfast (sarapan), Get off work (pulang kerja), dan lain-lain jika terus kamu latih ucapkan setiap hari dapat membuat pronunciation-mu semakin terasah. Sehingga kamu pun bisa lancar ngomong bahasa Inggris seperti native speaker dengan cepat.

Baca Juga :

2. Perhatikan Intonasi

 

Saat native speaker berbicara menggunakan Bahasa Inggris, akan terdapat intonasi yang berbeda-beda dalam setiap kalimat ataupun kata yang mereka keluarkan. Intonasi ini bahkan berbeda pada setiap native speaker sekalipun kalimat yang diucapkan mereka sama persis.

Walaupun sering dianggap tidak penting, memperhatikan bagaimana cara native speaker menggunakan intonasi saat mengucapkan kalimat bahasa inggris justru wajib kamu lakukan jika ingin mengasah pronunciation agar bisa seperti native speaker.

Kendati kalimat yang diucapkan benar secara grammar, tapi jika kamu menggunakan intonasi yang salah dalam mengucapkan kalimat tersebut, maka artinya bisa saja terpelesatkan sehingga membuat lawan bicara pun keliru dalam memahami maksud dari pernyataan kamu.

 

3. Tirukan Cara Bicara Native Speaker

 

Saat kamu mendengar native speaker berbicara bahasa inggris dalam sebuah video youtube atau film, coba perhatikan bagaimana cara mereka mengucapkannya. Perhatikan apa yang terjadi pada lidah, rahang, dan mulut mereka ketika mengucapkan suatu kata bahasa inggris tertentu.

Rekam baik-baik bagaimana cara mereka melakukannya dalam pikiranmu. Sesudahnya, coba untuk menirukannya dan bandingkan bagaimanakah hasilnya. Apakah sudah mirip seperti saat native speaker tersebut mengucapkannya? Jika belum, maka teruslah latih hingga pronunciation -nya hampir mendekati bahkan sama persis dengan mereka.

 

4. Belajar Pengucapan yang Benar

 

Yang berikutnya ialah kembali pada basic, yaitu dengan kembali mempelajari bagaimana cara pengucapan kata dalam Bahasa inggris dengan baik dan benar. Hal ini bisa kamu pelajari lewat kamus, internet, atau dari berbagai aplikasi translate yang bisa diunduh langsung di smartphone kamu.

Belajar bagaimana cara pengucapan (pronunciation) kata-kata dalam bahasa Inggris dengan benar memang terasa membosankan. Apalagi ketika bertemu dengan berbagai simbol-simbol fonetik. Meski begitu, kamu tidak boleh patah semangat! Sebab jika kamu ingin dapat berbicara bahasa Inggris seperti native speaker, suka tidak suka kamu tetap harus melewati proses ini.

5. Hanya Fokus Pada Satu Aksen Bahasa Inggris Saja

 

Yap, kalau kamu ingin cepat bisa ngomong lancar dalam bahasa Inggris seperti native speaker, maka wajib kamu tentukan hal ini sedari awal. Pilih aksen bahasa inggris apa yang ingin kamu kuasai lalu fokus pelajari bagaimana pronunciation bahasa inggris yang benar dalam aksen tersebut.

Walaupun jumlah aksen Bahasa Inggris sangat banyak dan beragam, akan tetapi yang umum dikenal oleh orang-orang hanyalah dua aksen saja, yaitu aksesn American English (AmE) dan British English (BrE). Sebagai orang yang terlahir di Indonesia, sedari kecil kita lebih terbiasa untuk menggunakan aksen Amerika dibandingkan dengan British.

Sehingga triknya jika kamu ingin mudah dan cepat belajar pronunciation, akan lebih baik jika fokus saja pada aksen Amerika. Tetapi kalua kamu juga tertarik untuk belajar aksesn British, tak ada salahnya. Semua kembali lagi ke preferensi masing-masing orang.

Baca Juga :

6. Sering mendengarkan lagu dan menonton film bahasa Inggris

 

Mengasah pronunciation bahasa Inggris juga bisa dilakukan dengan sering-sering mendengarkan lagu dan menonton film berbahasa Inggris. Disamping menyenangkan, hal ini sangat efektif untuk mempelajari pengucapan disbanding jika kamu belajar melalui buku ataupun kamus. Sehingga sangat disarankan untuk dicoba.

Tidak perlu bingung memilih mana lagu atau film bahasa Inggris yang cocok didengarkan/ditonton untuk melatih pronunciation. Karena mau lagu ataupun film Bahasa Inggris yang mana pun, semuanya sangat cocok untuk dijadikan sarana untuk latihan pengucapan Bahasa Inggris.

Jika masih belum bisa menentukan pilihan, sebaiknya kalian baca artikel kami tentang rekomendasi 10 film barat yang bisa bikin skill bahasa inggris kamu meningkat. Semoga bermanfaat ya!

 

7. Baca Buku Bahasa Inggris Sambil Bicara

Kamu hobi baca novel atau buku yang menggunakan Bahasa Inggris? Jika iya, sebaiknya kamu manfaatkan hobi tersebut untuk mengasah pronunciation bahasa inggrismu. Caranya gampang banget guys. Jangan hanya baca dalam hati, coba kalian baca setiap paragraph dengan bersuara dengan anggapan seolah-olah kamu sedang membacakan buku tersebut pada orang lain.

Baca setiap kata dalam buku tersebut dengan pronunciation yang benar. Kalau menemukan kata yang tidak tahu bagaimana cara penyebutannya, cek terlebih dulu di internet atau di google translate lalu ucapkan kembali. Lakukan hal ini secara terus-menerus setiap kali kamu membaca buku atau novel berbahasa Inggris.

Percayalah, semakin sering kamu melakukan ini, maka akan semakin bagus pula kemampuan pronunciation-mu dalam bahasa Inggris.

 

8. Gunakan slang dan idioms

 

Supaya skill pronunciation mu terdengar seperti native speaker, berbicaralah layaknya seorang native speaker. Caranya ialah dengan sering menggunakan slang dan idioms saat percakapan sehari-hari. Terdapat banyak sekali contoh slang (bahasa gaul dalam bahasa inggris) dan idioms yang dapat kamu gunakan dalam percakapan Bahasa Inggris, berikut ini beberapa contoh diantaranya.

Slang:

  • Drop it = sudah lupakan saja!
  • Dope = luar biasa
  • Couch potato = pemalas
  • Hang out = kongkow bareng teman
  • I’m screwed = aku sangat kacau

Idioms:

  • A Piece of cake = sesuatu yang mudah/gampang dikerjakan
  • Hit the books = belajar dengan giat
  • Cut to the chase = fokus langsung ke hal-hal yang penting
  • Rule of thumb = aturan utama
  • A smart cookie = seseorang yang pintar

 

9. Berbicara dengan Native Speaker Langsung

 

Supaya skill ngomong bahasa Inggrismu cepat terasah, mulailah beranikan diri berbicara dengan native speaker langsung. Cari apakah ada native speaker yang tinggal tidak jauh dari rumahmu dan ajaklah mereka untuk berbicara. Buka percakapan dengan topik-topik ringan seperti biodata mereka, lalu latar belakang, dan alasan mengapa mereka datang atau tinggal di daerahmu.

Saat mereka sedang berbicara, dengarkanlah secara saksama dan perhatikan bagaimana cara mereka mengucapkan kata demi kata dalam bahasa Inggris. Jika tiba giliranmu bicara, berbicaralah dengan percaya diri dengan pronounciation bahasa Inggris yang benar sebagaimana yang kamu pelajari  tadi saat native speaker sedang berbicara.

Tak perlu takut untuk salah dalam mengucapkan kata, karena mereka pun juga pasti akan memahami maksud dari pertanyaanmu. Bagaimana kalau tidak ada native speaker di sekitar tempat tinggalmu? Well, kamu bisa memanfaatkan situs obrolan online populer seperti Omegle atau Ome TV. No excuse!

 

Itulah beberapa trik mengasah kemampuan pronunciation bahasa Inggris agar terdengar seperti native speaker.

 

Untuk kamu yang mempunyai keinginan serius agar bisa berbicara Bahasa Inggris dengan lancar, maka kami sarankan untuk mengikuti kursus Bahasa Inggris, terutama mendaftar pada program yang memang khusus melatih kemampuan speaking dengan didampingi pengajar native speaker.

Seperti program kursus yang ditawarkan Golden English, Golden English menawarkan fleksibilitas jadwal dengan menyesuaikan kebutuhan dari para student. Student boleh memilih untuk mengambil program kursus Basic English, Business English, Active Communication, TOEFL, IELTS, English for Kids, English for Teenagers, atau program kursus lainnya yang sesuai dengan kebutuhan.

Dengan biaya yang dimulai dari 200 ribu-an, student sudah bisa mendapatkan materi beljar interaktif dengan diselingi sesi belajar Bersama guru native speaker. Golden English juga menyediakan kursus bahasa Inggris online bergaransi dengan metode live dan interaktif. Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi www.golden-course.com atau WA admin Golden English di 081 8790 111.