fbpx

Beberapa Perbedaan Bahasa Inggris British dan Amerika, Kalian Lebih Sering Pakai Yang Mana?

Perbedaan Bahasa Inggris British dan Amerika

perbedaan bahasa inggris british dengan amerika

Ketika mempelajari bahasa inggris, kamu pasti pernah atau bahkan sering menemukan perbedaan antara bahasa Inggris Amerika dengan bahasa Inggris UK (British). Meskipun Bahasa nasional dari kedua negara ini sama, tetapi bukan berarti bahasanya dari segi apapun juga sama lho.

Tetap saja terdapat perbedaan diantara keduanya yang dapat dipengaruhi oleh kebiasaan sejak lama ataupun budaya setempat. Nah, untuk kamu yang merasa penasaran, dibawah ini merupakan apa saja perbedaan Bahasa Inggris Amerika dan British yang harus kamu ketahui.

Baca Juga :

1. Kosa Kata

 

Yang pertama ialah, terdapat pada vocabulary atau kosa kata, terdapat beberapa perbedaan pada Bahasa Inggris Amerika dan British. Bahkan terdapat banyak sekali perbedaan pada kosa kata yang digunakan dalam Bahasa Inggris British dan Amerika. Apabila kamu sering menonton film Amerika dan film Inggris, kamu pasti bakal tahu tentang beberapa perbedaan tersebut.

Sebagai contoh, Dalam Bahasa Inggris Amerika kata liburan seringkali diartikan sebagai vacation, sedangkan dalam Bahasa Inggris British liburan disebut dengan holidays. Begitu juga dalam penyebutan apartemen, Di Amerika disebut dengan apartments, jika pada British disebut dengan flats.

Selain dari kedua contoh tersebut, masih ada banyak lagi perbedaan kosa kata antara bahasa inggris Amerika dan British. Simak tabel di bawah ini untuk contoh lainnya:

AmerikaBritish
CookieBiscuit
MoviesCinema
Driver’s licenseDriving license
OverpassFlyover
ElevatorLift
AttorneyBarrister
HoodBonnet
Potato chipsCrisp
Counter-clockwiseAnti-clockwise
MotocycleMotorbike
MailboxPost box

 

2. Pengucapan

 

Perbedaan yang paling mencolok antara bahasa inggris Amerika dan British terletak pada pengucapannya atau pronounciation. Sekarang, coba deh kamu nonton salah satu film buatan inggris seperti Sherlock Holmes, Harry Potter, atau Game of Thrones. Setelah itu, perhatikan baik-baik bagaimana cara aktor mengucapkan kosa kata bahasa inggris dalam film tersebut. Tentu saja, berbeda dengan para aktor yang bermain pada film Amerika kan?

Pada umumnya, perbedaan antara pronunciation dalam Bahasa Inggris Amerika dengan British terletak di penyebutan huruf “r”. Kalau di Amerika, huruf “r” selalu diucapkan dalam setiap kata. Kalau di British, huruf “r” justru cenderung tidak dilafalkan kecuali jika huruf “r” tersebut berada di awal kata.

Contoh, jika dalam Bahasa Inggris Amerika kata “water” diucapkan “wodder”, sedangkan dalam dialek British, water dilafalkan “wah-ta”. Selain itu, masih ada banyak lagi perbedaan penyebutan antara bahasa inggris Amerika dan British. Simak tabel di bawah ini untuk contoh lainnya:

WordsAksen AmerikaAksen British
VitaminVaiteminVit-a-min
NicheNitchNeesh
OftenOf-tuhnOf-uhn
ScheduleSked-ualShed-ual
PrivacyPrai-vuh-seePriv-uh-see

 

3. Kata Benda Kolektif

 

Berikutnya, perbedaan bahasa inggris Amerika dan British dapat dilihat pada penggunaan collective nouns atau kata benda kolektif. Dalam bahasa inggris Amerika, collective nouns  selalu dianggap sebagai kata benda tunggal (singular nouns). Sedangkan dalam bahasa Inggris British, kata benda kolektif bisa berbentuk tunggal (singular) atau jamak (plural).

Contoh, kalau di Amerika menyebut tim yang bermain dengan baik selalu “The team is playing well”. Kalau dalam bahasa inggris British, kamu justru dapat mengatakan “The team is playing well” atau “The team are playing well”, keduanya sama saja.

4. Kata Kerja Bantu

 

Perbedaan antara bahasa inggris UK dan Amerika juga bisa dilihat pada penggunaan kata kerja bantu atau auxiliary verb, khususnya kata kerja bantu modal.

Pada Bahasa Inggris UK, modal “shall” seringkali dipakai sebagai kata kerja bantu dalam percakapan sehari-hari. Sebaliknya, dalam bahasa inggris Amerika, kata “Shall” sangat jarang bahkan tidak pernah digunakan sama sekali oleh orang Amerika karena dianggap terlalu formal sekalipun mereka paham apa artinya.

Contoh, jika orang British mengatakan “I shall go to school”atau “Shall we go to school?”, orang Amerika barangkali mengatakan “I will go to school” atau “Should we go to school?

Hal yang sama juga terjadi dalam penggunaan kata kerja bantu pada bentuk negative. Misal, kalau di Amerika orang mengatakan “You do not need to come to practice today”. Di Inggris, mereka justru mengatakan “You needn’t come to practice today

5. Bentuk Kata Kerja Kedua dan Ketiga

 

Perbedaan bahasa inggris Amerika dan British juga terdapat pada bentuk kata kerja kedua dan ketiga. Seperti pada contoh berikut ini, dalam Amerika English (AmE), bentuk dari kata kerja kedua pada kata learn adalah learned. Sedangkan dalam British English (BrE) dapat berupa learned ataupun learnt.

Dalam bentuk kata kerja ketiga (past participle), orang Amerika lebih cenderung memakai akhiran -en, contoh pada kata kerja ketiga “go”, yaitu “gotten”. Sedangkan orang Inggris cenderung menggunakan akhiran –t , sehingga “go” menjadi “got”.

Seperti pada kalimat “saya tidak pernah tertangkap”, orang Amerika bisa menggunakan “I have never gotten caught” atau “I have never got caught” , sedangkan orang inggris hanya menggunakan salah satunya saja yaitu “i have never got caught”.

Di bawah ini adalah beberapa contoh perbedaan kata kerja kedua dan ketiga antara bahasa inggris Amerika dan British:

Infinitive (V1)Simple Past (V2)Past Participle (V3)
AmerikaBritishAmerikaBritish
BustBustedBustBustedBust
ProveProvedProvedProvenProved
SmellSmelledSmelled or SmeltSmelledSmelled or Smelt
WakeWoke or WakedWokeWokenWoken
LearnLearnedLearned or LearntLearnedLearned or Learnt

 

6. Penggunaan Question Tag

 

Question tag adalah pertanyaan pendek dalam bahasa inggris yang sering terdapat di akhir kalimat. Question tag biasanya digunakan untuk mengubah pernyataan menjadi sebuah pertanyaan. Sebagai contoh, “She is a teacher, isn’t she?” atau dalam bahasa Indonesia berarti “Dia adalah seorang guru, bukan?”

Secara umum, penggunaan question tag terdapat dalam bahasa Inggris Amerika maupun British. Akan tetapi, bila dilihat dari frekuensi penggunaannya, orang-orang British lebih sering memakaiq question tag dalam percakapan sehari-hari dengan orang Amerika.

Baca Juga :

7. Penulisan atau ejaan

 

Nah, dari segi penulisannya, terdapat juga beberapa perbedaan antara Bahasa Inggris UK dengan Amerika. Contoh, “warna” dalam bahasa inggris Amerika ditulis “color”, sedangkan dalam bahasa inggris British ditulis “colour”. Begitupun dengan “tenaga kerja”, orang Amerika menulisnya “labor”, sementara orang Inggris menulis “labour”.

Di bawah ini adalah beberapa perbedaan ejaan antara bahasa Inggris Amerika dan British, antara lain:

AmerikaBritish
ColorColour
FlavorFlavour
NeighborNeighbour
ParalyzeParalyse
DefenseDefence
HumorHumour
TheaterTheatre
LiterLitre
CenterCentre
ManeuverManoeuvre
DialogDialogue

8. Idioms

 

Terakhir, perbedaan bahasa inggris British dan Amerika juga dapat kamu lihat dari idioms-nya yang berbeda meskipun memiliki arti yang sama. Berikut contohnya:

Idioms in AmericaIdioms in BritishArtinya
Knock on woodTouch woodAmit-amit; ungkapan yang sering diucapkan untuk menghindari nasib buruk
Skeleton in the closetSkeleton in the cupboardRahasia yang memalukan
Toot your own hornBlow your own trumpetMenyombongkan diri
Peaks and valleysPeaks and troughsTitik tertinggi dan titik terendah, biasanya digunakan untuk menyatakan sesuatu yang berhubungan dengan angka
Take sth with a pinch of saltTake sth with a grain of saltTidak menganggap serius
A tempest in a teacupA storm in a teacupMarah atas sesuatu yang sepele

 

Sebenarnya, perbedaan antara Bahasa Inggris Amerika dan British seringkali terlalu dilebih-lebihkan karena mengingat keduanya lebih banyak memiliki persamaan disbanding perbedaannya. Jika kamu tertarik untuk mempelajari perbedaan kedua bahasa ini secara lebih detail, disarankan mengikuti kursus bahasa inggris karena dalam program kursus, materi yang diberikan umumnya lebih lengkap sekaligus diiringi juga dengan praktek secara langsung. Terlebih, Anda akan didampingi oleh para tutor yang telah memiliki pengalaman.

 

Nah, bagi kamu yang sedang mencari tempat kursus dengan program belajar lengkap sesuai kebutuhan, Golden English dapat menjadi opsi terbaik. Golden English menawarkan berbagai macam program, seperti conversation, grammar, business English, English for children, English for teenagers, IELTS, TOEFL, academic writing dan lain-lain. Model belajar yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari kursus offline (luring), kursus online (daring), kursus private, hingga in-house training.

 

Untuk lebih detail, kamu dapat mengunjungi www.golden-course.com atau hubungi admin via WA di 081 8790 111.