fbpx

Beberapa Prospek Kerja Tamatan Sastra Inggris

Prospek Kerja Lulusan Sastra Inggris

Hallo everyone! Kalian tau nggak, sih? Sastra Inggris adalah salah satu jurusan dengan prospek kerja yang lumayan menjanjikan, mengingat bahasa Inggris ialah bahasa Internasional yang banyak dipakai dan berguna di mana saja. Hal ini membuat kemampuan bahasa Inggris begitu diperlukan buat berbagai macam pekerjaan. Contohnya, digunakan sebagai bahasa untuk berbisnis dan berdagang antar negara.

Memangnya jurusan sastra Inggris belajar apa, sih? Secara garis besar, jurusan sastra Inggris memang mempelajari bahasa Inggris, sastra, budaya, dan bahkan bahasa asing lainnya. Namun, pada jurusan ini kalian juga mempelajari bagaimana cara berkomunikasi secara efektif, memahami sejarah, dan memahami sektor bisnis Internasional. Selain itu, kalian pun akan mempelajari linguistik bahasa Inggris secara lebih mendalam.

Pendidikan dengan jurusan sastra Inggris akan menajamkan keterampilan-keterampilan penting buat dunia kerja seperti meneliti, menganalisis kata-kata, membaca teks, berkomunikasi secara efektif dan masih banyak lagi. Keterampilan-keterampilan itu sudah pasti banyak dicari perusahaan di era digital ini, banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan yang ahli dan memahami seni bahasa, berbicara, dan komunikasi secara mendalam.

Nah, di artikel ini, kita akan membahas beberapa prospek kerja tamatan sastra Inggris, mari kita simak.

1. Translator

Yang pertama ialah translator, pekerjaan yang sudah sangat populer di kalangan lulusan sastra Inggris. Seorang translator bertugas untuk mengartikan teks dari satu bahasa ke bahasa lain. Pada umumnya translator menerjemahkan karya tulis berupa cerita pendek, novel, buku cerita anak, dokumen dan lain-lain. Seorang translator harus memiliki kemampuan yang bagus dalam mentransfer gaya, makna, dan konteks teks asli ke dalam bahasa yang diartikan.

Beberapa tugas utama seorang translator sebagai berikut.

  • Menganalisa teks dan memahami makna yang terkandung di dalamnya.
  • mengartikan teks dengan mempertahankan gaya, arti, dan konteks teks asli.
  • Menjaga kerahasiaan informasi sensitif yang ditemukan.
  • Memakai kosa kata, tata bahasa, dan struktur yang tepat untuk mengartikan teks.
  • Memastikan terjemahan yang tepat dan akurat.

2. Interpreter

Interpreter merupakan profesi yang bertugas buat menerjemahkan bahasa lisan atau artikel dari suatu bahasa ke bahasa lain secara langsung. Interpreter begitu diperlukan dalam situasi seperti pertemuan bisnis, konferensi, dan mediasi sosial. Tapi, menjadi interpreter harus sangat cepat, akurat, dan berkonsentrasi dalam mengartikan kalimat yang dibicarakan.

Menjadi interpreter juga harus mempunyai keahlian tinggi dalam mendengarkan dan memberikan interpretasi secara langsung. Tugas-tugas yang biasa dikerjakan oleh seorang interpreter meliputi.

  • Mendengarkan dan memahami kalimat yang dibicarakan dalam bahasa asli.
  • Menjaga kerahasiaan informasi yang didapat selama proses interpretasi.
  • Mengartikan kalimat yang dibicarakan dari bahasa asli ke bahasa yang diartikan secara akurat dan cepat.
  • Menjaga kontak visual dan nonverbal dengan kedua pihak yang berbicara buat memastikan komunikasi yang efektif.
  • Mengamati konteks, tingkat kekerasan suara, dan ekspresi wajah buat memahami maksud yang sebenarnya dari kalimat yang dibicarakan.

Baca Juga: 7 Tips Ampuh Bekerja Di Perusahaan Multinasional

3. Publisher

Seorang publisher atau penerbit, adalah profesi yang memainkan peran penting dalam industri penerbitan, dan lumumnya mempunyai kombinasi keterampilan bisnis, kreatif, dan pengetahuan tentang industri media.

Kalian bisa menjadi seoseorang yang bekerja di perusahaan penerbitan atau publishing companies sebagai pemimpin redaksi, redaktur pelaksana, senior editor, editor akuisisi, foto editor, dan sebagainya. Sebagian tugas spesifik dari seorang publisher atau penerbit sebagai berikut.

  • Memantau pasar dan perkembangan industri buat menentukan arah strategi penerbitan.
  • Mengembangkan dan menjaga jaringan yang baik dengan penulis, agen-agen literasi, dan penerbit lainnya.
  • Mencari dan menandatangani proyek-proyek potensial untuk diterbitkan.
  • Negosiasi kontrak dan dana dengan penulis dan pihak lain yang ada dalam proyek.
  • Menentukan mutu konten yang diterbitkan sesuai dengan standar yang ditentukan.

Prospek Kerja Lulusan Sastra Inggris

4. Content Writer

Content writer ataupun penulis konten, adalah pekerjaan yang bertanggung jawab untuk menulis dan menghasilkan konten untuk berbagai media, seperti website, situs, blog, media social, surat kabar, majalah, dan buku.

Content writer mesti memiliki keahlian menulis yang baik dan dapat menghasilkan konten yang menarik, informatif, dan sesuai| dengan target audiens. Selain itu, tamatan sastra Inggris juga dapat mengembangkan kemampuan dalam komunikasi digital, seperti menulis copy yang efektif, menulis untuk website, dan menulis buat media sosial. Berikut ini merupakan tugas spesifik untuk seorang content writer.

  • Menyusun konten yang menarik dan informatif.
  • Menulis tulisan, review produk, deskripsi produk, dan lain-lain.
  • Memantau respons dari audiens.
  • Meneliti topik yang relevan dan mengejar trend konten.
  • Mengkoordinasikan dengan tim pemasaran ataupun desain buat memastikan konsistensi visual dan pengalaman pengguna yang baik.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Bekerja Di Luar Negeri

5. Tour Guide

Menyampaikan dan menerangkan perihal destinasi wisata yang dikunjungi oleh turis asing dengan bahasa Inggris yang mudah dipahami. Seorang pemandu wisata pun bisa bekerja paruh waktu di suatu tempat destinasi tertentu atau bergabung dengan agensi tur wisata.

Menjadi tour guide merupakan pekerjaan yang menjanjikan buat lulusan sastra Inggris. Beberapa tugas umum yang mesti dilakukan oleh seorang tour guide ialah sebagai berikut.

  • Memberikan informasi tentang sejarah, kultur, dan keunikan lokasi yang dikunjungi.
  • Menolong turis dengan pemesanan karcis masuk, transportasi.
  • Menjaga keamanan dan kesehatan turis selama perjalanan.
  • Mengkoordinasi dengan pihak berwenang lokal, seperti pemerintah daerah buat memastikan perjalanan berjalan lancar.
  • Membantu turis dengan masalah yang mungkin terjadi selama perjalanan.

Prospek Kerja Lulusan Sastra Inggris

6. Jurnalis

Jurnalis adalah pekerjaan yang bertugas untuk mengumpulkan, menyunting, melakukan wawancara, menyusun konten yang menarik dan informatif juga menyebarluaskan informasi dan berita melalui berbagai media seperti surat kabar, televisi, majalah, radio, atau situs website.

Kemampuan menulis dan penguasaan bahasa Inggris yang bagus ialah dua kualifikasi utama yang diperlukan untuk menjadi jurnalis. Namun, menjadi seorang jurnalis yang baik juga membutuhkan pengalaman dan latihan yang cukup, serta keterampilan tertentu seperti fotografi, video ataupun editing. Beberapa tugas umum yang harus dikerjakan oleh seorang jurnalis adalah sebagai berikut.

  • Melakukan wawancara dan mengumpulkan fakta dari informasi.
  • Mengejar berita dan mengejar topik yang akan di tulis.
  • Membuat laporan, video, ataupun foto buat media yang berbeda.
  • Memverifikasi fakta dan informasi yang diterima buat menentukan keakuratan berita.
  • Menulis artikel investigasi, berita, ataupun tulisan opini yang menarik dan informatif.

Baca Juga: Bahasa Inggris: definisi, Jenis, dan Contoh Kalimat Part of Speech

7. Diplomat

Diplomat ialah perwakilan resmi negara yang ditugaskan untuk melakukan dan meningkatkan hubungan diplomatik dengan negara lain. Seorang diplomat juga bertugas untuk mengoptimalkan kebijakan dan strategi kepada berbagai negara, mempromosikan investasi luar negeri ke negara yang diwakilkan, dan sebagainya.

Kemampuan atau kompetensi dalam bahasa Inggris dan pemahaman yang bagus mengenai budaya dan sastra Inggris dapat menjadi keuntungan dalam bidang ini. Namun, diperlukan kualifikasi lain yang diharuskan oleh badan diplomatik seperti pengetahuan perihal politik, hukum internasional, dan kemampuan negosiasi. Berikut ini merupakan tugas spesifik untuk seorang diplomat.

  • Membantu dan menyediakan layanan untuk warga negara yang berada di negara yang dituju.
  • Menolong dan menyediakan layanan buat warga negara yang berada di negara yang dituju.
  • Menjalin komunikasi dan negosiasi dengan pihak lain buat menempuh kesepakatan dan menyelesaikan permasalahan internasional.
  • Mempromosikan kerja sama ekonomi, perdagangan, dan investasi antara negara yang mereka mereka wakili dengan negara lain.
  • Menjaga hubungan yang baik dengan organisasi internasional.
  • Menyelesaikan permasalahan dan perselisihan yang timbul antara negara yang mereka wakili dengan negara lain.

Nah, itu dia beberapa prospek kerja tamatan sastra Inggris yang telah kami rangkum buat kalian. Ternyata, prospek kerja lulusan sastra Inggris itu benar-benar luas. Jadi, kalian sudah pahamkan, lulusan sastra Inggris bisa kerja apa saja?

Tamatan Sastra Inggris mempunyai berbagai macam prospek kerja yang memungkinkan buat menemukan profesi yang sesuai dengan minat, pengalaman, dan keahlian mereka. Dengan meningkatnya permintaan akan keterampilan bahasa Inggris, lulusan Sastra Inggris memiliki peluang buat memanfaatkan keahlian mereka. Seandainya kalian mau meningkatkan keterampilan kalian dalam bahasa Inggris, lakukanlah dengan mendaftar kursus bahasa Inggris di Golden English lewat whatsapp 0815-251-154 ataupun lewat telepon di 021-22846193 / 021-85503106