fbpx

Cara mencari pekerjaan yang tepat dan efektif

Mencari pekerjaan memang bukanlah hal yang mudah. Hal pertama yang harus kamu ingat dalam mencari pekerjaan adalah “apa yang ingin kamu lakukan?”. Kamu akan kesulitan menemukan pekerjaan yang tepat kecuali kamu tahu apa yang kamu mau dan perlukan.

Setelah kamu tahu apa yang kamu ingin lakukan dalam pekerjaanmu, sekarang saatnya mencari:

1. Networking / Jaringan
Membangun jaringan bukan selalu harus menghadiri seminar atau aktivitas yang berisi orang-orang asing. Membangun jaringan berarti berusaha membangun hubungan dengan orang-orang yang dikenal dan orang-orang baru. kamu bisa mendapatkan banyak informasi dengan mengenal banyak orang, entah melalui media sosial, atau lingkungan. kamu juga bisa bertanya tanya di grup SD – SMA pada media sosial, selain menambah informasi, kemungkinan kamu dapat lowongan pekerjaan itu banyak sekali

cara mencari kerja mudah

TIPS: Kamu memiliki kesempatan 5 kali lebih besar untuk diterima dalam sebuah perusahaan jika kamu direferensikan oleh salah satu karyawan perusahaan tersebut. Perusahaan lebih mempercayai menerima orang yang sudah dikenal daripada orang asing.

2. Employer Websites / kunjungi website perusahaan
 Mengunjungi situs target perusahaan bisa menjadi salah satu caranya. Kamu dapat memilih kategori “Lowongan saat ini” atau “Karir” di halaman situs mereka. jadi ketika kamu mengunjungi web perusahaan yang dituju, kamu sedikit banyaknya mengenal perusahaan tersebut, apa yang akan kamu kerjakan, atau produk apa yang perusahaan tersebut pasarkan. ketika kamu ditanya perusahaan tentang apa yang kamu tau dari perusahaan mereka, lalu kamu bisa jawabnya. itu nilai tambah buat kamu di mata mereka.  Keuntungan lainnya kamu dapat mendaftar untuk mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang tersedia.

TIPS: Telusuri produk, layanan hingga pengetahuan umum yang tersedia di situs untuk mendapatkan informasi sebelum kamu melakukan wawancara pekerjaan dengan mereka.

3. Job Aggregators / Situs pecari kerja
cari dan bukalah website situs pecari kerja, kamu dapat menemukan berbagai sumber lowongan di dunia. Situs pecari kerja, ini mengoleksi lowongan dari berbagai kota, kamu bisa mencari posisi pekerjaan yang dituju, gaji yang diinginkan, perusahaan akan menghubungi kamu nantinya. Salah satu situsnya adalah jobstreet.co.id, id.jobsdb.com dan lain-lain.

TIPS: Saat kamu klik salah satu postingan pekerjaan pada situs ini maka kamu akan dibawa ke sumber tautan, ini bisa jadi situs perusahaan langsung, job board atau sumber lainnya. dan kamu bisa langsung mendaftar dan mencari pekerjaan.

4. LinkedIn
Linkedln telah menjadi jaringan sosial yang efektif untuk mencari dan membangun hubungan professional. Linkedln juga memiliki tautan “jobs” di bawah boks pencarian di setiap halamannya.
 – liat posting kami sebelumnya, cara membuat profil keren di linkedin

Kursus bahasa inggris, les bahasa inggris, kamus bahasa inggris, bahasa inggris, terjemahan inggris

TIPS: Kamu bisabergabung hingga 50 grup dan profil perusahaan. Pilih “company page follow” untuk mendapatkan informasi terbaru dan lowongan pekerjaan di perusahaan target incaranmu.

5. Social Media
Selain Linkedln, platform lainnya seperti, Facebook dan Twitter dapat menjadi sumber informasi lowongan pekerjaan. Ikuti akun sosial media target perusahaan untuk memperoleh informasi.

TIPS: Banyak perusahaan membuat halaman Facebook baik untuk marketing maupun rekrutmen. Pastikan kamu mengikuti halaman rekrutmen mereka.

6. Job Boards
Job boards masih tetap digunakan oleh beberapa perusahaan untuk mencari karyawannya meskipun perusahaan lebih memilih menaruh lowongan di halaman situs mereka sendiri.

lowongan kerja, kerja, tips

TIPS: Hati-hati dengan job boards yang hanya ingin mengkoleksi data pribadimu dan digunakan untuk kepentingan sendiri.

7. Recruiters, Staffing Firms, & Head Hunters
Mereka dapat membantumu atau justru merugikanmu.

TIPS: Pastikan kamu memahami setiap pekerjaan yang ditawarkan. Karena mereka sesungguhnya tidak bekerja untukmu melainkan dengan perusahaan yang menyewa jasa mereka

8. Asosiasi dan Grup Alumni
Ini merupakan tempat yang efektif  untuk membangun jaringan dan memperoleh informasi mengenai lowongan pekerjaan yang tersedia. karna banyak sekali teman lama yang memiliki informasi mengenai lowongan kerja. so, jangan malu bertanya yaa..

9. Secara langsung/ Offline
Untuk beberapa bisnis lokal dan tidak terlalu besar, cara ini dapat kamu lakukan.

TIPS: Berpakaian rapih, besikap sopan dan isilah formulir dengan baik. Jika kamu beruntung, kamu dapat mengikuti tahap wawancara untuk posisi kosong yang tersedia

Ingatlah untuk berhati-hati saat kamu mencari pekerjaan secara online. Banyak penipuan lowongan pekerjaan yang dapat merugikanmu. Selain itu, pastikan kamu melindungi data pribadimu agar tidak disalahgunakan.

Good Luck!

sumber : ef.co.id