fbpx

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Sesuai

APPLICATION LETTER

surat lamaran kerja

 

A. EXPLANATION 

Application Letter atau dengan nama lain cover letter merupakan surat atau dokumen yang diperlukan apabila ingin melamar pekerjaan. Resume atau Curriculum vitae yang berisi tentang tambahan informasi dari si pelamar pekerjaan, biasanya disertakan bersama application letter tersebut.  

Sebaiknya yang ditulis didalam application letter ialah penjelasan yang detail mengenai alasan mengapa kita menjadi kandidat yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar. Pemilihan diksi dan penggunaan bahasa yang baik merupakan aspek penting dalam membuat application letter. 

Dengan melampirkan application letter dan resume yang akan menambah kemungkinan untuk dipanggil lagi dalam mengikuti wawancara kerja.

Baca juga : Sudah tahu? Isi Dasar Dan Struktur CV yang Disarankan

B. FUNCTIONS

Ini dia 3 fungsi surat lamaran kerja atau application letter.

1.  Merupakan bukti tertulis dalam melamar sebuah pekerjaan.

2. Digunakan juga sebagai media komunikasi antar pelamar dengan perusahaan yang dipakai untuk menyampaikan informasi mengenai riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan lainnya.

3. Sebagai pertimbangan perusahaan kepada pelamar kerja.

 

C. PAY ATTENTION WITH THESE THINGS WHILE YOU WRITE AN APPLICATION LETTER 

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika menulis surat lamaran pekerjaan adalah:

  1. Length (panjang dari tulisannya)

Sebuah lamaran pekerjaan sebaiknya tidak lebih dari satu halaman.

  1. Format and Page Margins (batas tulisan)

Surat lamaran pekerjaan sebaiknya hanya memakai 1 spasi sebgai pemisah antara baris kata dan paragraf. Dan gunakanlah batas pinggir atau tepi yang standar, yaitu 1 inci dan rata kiri.

  1. Font (jenis huruf)

Pakailah jenis huruf yang umum saja seperti : Calibri, Arial ataupun Times New Roman dengan berukuran antara 10-12

 

D. THINGS THAT MUST BE IN APPLICATION LETTER 

Apa saja yang harus ada di surat lamaran pekerjaan:

  1. Heading

Surat lamaran pekerjaan sebaiknya dimulai dengan informasi mengenai pelamar dan perusahaan yang dilamar (nama, alamat, nomor telepon, email) dan juga mencantumkan tanggal.

  1. Salutation

Bagian yang mana pelamar menyapa dengan sopan kepada orang yang dituju. Dengan ucapan seperti: Dear, Mr/Ms, Sir/Madam lalu diikuti dengan nama belakang dari orang tersebut.

 

  1. Body of the letter

Isi dari surat lamaran, yang terdiri dari 3 paragraf diantaranya:

– Paragraf ke-1: Pelamar harus menyebutkan pekerjaan yang dilamar dan tempat pelamar menemukan lowongan pekerjaan tersebut.

– Paragraf ke-2: Bagian yang paling penting pada surat lamaran pekerjaan. Pelamar harus menjabarkan kualifikasi apa yang kita punya dan bagaimana cara pelamaran meyakinkan perusahaan bahwa kita adalah kandidat yang paling terbaik untuk mempekerjakannya.

– Paragraf ke-3: Ucapan terimakasih kepada penerima surat dan berikan permohonan untuk diberikan informasi jika terpilih.

– Complimentary close: ungkapan seperti: best regards, warm regards, sincerely, faithfully. Ketika kita sudah mengetahui nama orang yang dituju ungkapan yang bisa kita gunakan adalah sincerely yours sedangkan ketika kita tidak mengetahui dengan siapa kita berbicara dapat menggunakan your faithfully. Dan jangan lupa untuk menulis nama pengirim di akhir application letter

application letter
source: https://www.thebalancecareers.com/

Baca Juga : Tips Membuat CV  dalam Bahasa Inggris

E. EXERCISE

Identifikasi bagian-bagian dari surat lamaran kerja berikut. Lalu buat surat lamaran pekerjaan mu sendiri.

 

Elizabeth Johnson

12 Jones Street, Portland, Maine 04101 · 555-555-5555 · elizabethjohnson@email.com

August 11, 2020

Mark Smith

Manager, Human Resources

Veggies to Go

238 Maine Street

Portland, Maine 04101

 

Dear Mr. Smith,

I was so excited when my former coworker, Jay Lopez, told me about your opening for an administrative assistant in your Portland offices. A long-time Veggies to Go customer and an experienced admin, I would love to help the company achieve its mission of making healthy produce as available as takeout.

I’ve worked for small companies for my entire career, and I relish the opportunity to wear many hats and work with the team to succeed. In my latest role as an administrative assistant at Beauty Corp, I saved my employer thousands of dollars in temp workers by implementing a self-scheduling system for the customer service reps that cut down on canceled shifts. I also learned web design, time sheet coding, and perfected my Excel skills. 

I’ve attached my resume for your consideration and hope to speak with you soon about your needs for the role.

 

Sincerely,

Elizabeth Johnson (signature hard copy letter)

Elizabeth Johnson

Baca Juga : Cara Memperoleh Skor TOEFL diatas 500

F. CONCLUSION

Pada akhirnya menulis surat lamaran pekerjaan itu sangat penting sebagai pertimbangan perusahaan yang kita lamar. Surat lamaran yang kurang baik memberikan dampak buruk pada pelamar karena dapat mengurangi ketertarikan perusahaan. Oleh sebab itu, kuasailah cara membuat surat lamaran kerja khususnya Bahasa Inggris harus dikuasai.