fbpx

In Company Training Bahasa Inggris di Jatiwaringin – WA 0818 790 111

Kami sarankan Anda untuk menunda rencana kursus Bahasa Inggris, sebelum Anda membaca tulisan ini sampai akhir.

 

Disaat Anda memutuskan untuk mengambil program kursus, Anda harus bersiap meluangkan waktu, tenaga dan biaya dengan jumlah yang banyak.

Tidak masalah, karena itu bagian dari investasi Anda, namun, jika Anda memilih lembaga kursus yang salah, maka semua itu menjadi sia-sia. Alih-alih ingin menguasai Bahasa Inggris buat investasi masa depan, Anda malah lelah sendiri karena tak kunjung jago, uang pun tak bisa kembali.

 

 

Banyak terjadi peserta kursus Bahasa Inggris yang gagal menggapai impiannya untuk jago bahasa Inggris, karena kurang teliti dalam menentukan pilihan. Oleh karena itu, tulisan ini hadir.

 

Apa saja yang akan diulas pada tulisan ini:

  • Program-program yang ada di lembaga kursus Bahasa Inggris
  • Pertimbangan-pertimbangan dalam menentukan tempat kursus
  • Kisaran} biaya untuk kursus Bahasa Inggris di Jabodetabek.
  • Tempat kursus yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Tunggu sebentar, sebelum masuk pemaparan utama, ada masukan penting nih buat para English learners.

“tempat kursus terbaik adalah lembaga yang menjawab kebutuhan Anda secara utuh, mulai dari fasilitas, kualitas tenaga pengajar, metode, program/kurikulum, dan yang terpenting biaya. Yang mahal belum tentu sesuai kebutuhan Anda, Yang murah, belum tentu tak berkualitas.”

 

A. 8 hal yang wajib dipertimbangkan sebelum memilih tempat kursus

Catatan: Sebuah tempat kursus bisa dikatakan kredibel dan layak diperhitungkan jika telah memenuhi setidaknya 7 poin dibawah.

 

  1. Tutor yang Profesional dan Experienced.

Setelah aktif belajar, pengajar adalah sosok yang paling sering Anda jumpai. Ia yang memiliki posisi terbesar atas kesuksesan ataupun kegagalan kursus Anda. Atas dasar ini, penting untuk mengetahui kualifikasi pengajar yang disiapkan oleh tempat kursus. Dengan kata lain, kualitas pengajar menggambarkan kualitas lembaga tersebut.

 

  1. Adanya Native Speaker.

banyak dari kita yang sudah amat banyak meluangkan waktu belajar tata bahasa waktu di sekolah. Perlu diketahui, tujuan Anda belajar di tempat kursus adalah untuk mampu berbahasa Inggris dengan efektif, dan salah 1 cara terbaiknya adalah dengan praktek langsung bersama native speaker (penutur asli Bahasa Inggris). Tutor native speaker akan mengajarkan mental, kepercayaan diri sampai tehnik pronunciation yang terbaik.

Lembaga professional pasti paham pentingnya keberadaan guru native speaker. Jika Anda ingin aktif berbicara bahasa Inggris, pastikan Anda memilih lembaga Bahasa yang menyediakan pengajar native speaker, walaupun tidak di setiap pertemuan, setidaknya dihadirkan secara berkala, untuk mengukur progress peserta kursus.

 

  1. Memiliki Program kursus dan silabus Sesuai Kebutuhan Anda.

Kurikulum ibarat sebuah peta yang mengarahkan mana jalur yang harus Anda tempuh untuk sampai di tujuan. Aneh pastinya, jika sebuah tempat kursus tidak mempunyai program dan kurikulum yang jelas dan terstruktur, tapi nyatanya, ini terjadi. Cara termudah untuk mengidentifikasi hal ini adalah dengan menanyakan “Bolehkah saya lihat modul yang dipakai dalam aktifitas pembelajaran?” Setelah itu, Anda sendiri yang dapat menyimpulkan.

Apakah kurikulum sudah sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. Jangan ragu untuk terus memastikan apakah program tersebut sesuai yang Anda butuhkan. Misal: Anda butuh kursus untuk meningkatkan speaking skill, maka, pastikan konten didalam modul tersebut seputar: expressions, dialogue, vocabularies, pronunciation, bukan grammar.

 

  1. Cek Testimoni dan Potofolio

Ini cara validasi paling gampang untuk melihat kredibilitas lembaga kursus, Anda bisa mencari tahu testimoni peserta kursus di forum online yang terbuka, seperti kaskus, google maps (google business), facebook fanspage, Instagram, atau media lainnya. Kami percaya, Testimoni di forum terbuka lebih dapat dipercaya. Atau Anda bisa tanyakan kepada rekan/saudara yang sudah pernah mengikuti kursus di tempat yang sama, FYI, cara terakhir ini cukup teruji.

 

  1. Menyediakan Garansi

Mungkin saja Anda tidak kunjung jago berbahasa Inggris, meskipun sudah menyelesaikan program kursus. Kekhawatiran semacam ini sangat wajar terjadi. Bagaimana tidak, Anda sudah berkorban waktu dan biaya. So, tidak ada salahnya menanyakan kemungkinan diatas sebelum Anda memulai kursus. Jaminan atau garansi diperlukan sebagai bentuk tanggung jawab dan keseriusan lembaga dalam melayani peserta kursusnya.

 

  1. Pastikan Tersedia Program Kursus yang Anda Inginkan.

Poin ini melanjutkan pembahasan poin no 3. Menyambut keinginan peserta kursus yang bermacam-macam, lembaga kursus idealnya menyediakan program yang pas dengan kebutuhan peserta. Contoh:

  • Jika Anda ingin kursus untuk mengasah kecakapan Anda dalam berbahasa Inggris di lingkup bisnis atau pekerjaan, maka disarankan Anda mengambil program English for Business. Topik-topik pada English for Business biasanya didesain secara spesifik, misal seputar: interview, negotiation, emailing, telephoning, complaining, writing business letter dan lain-lain.

Adapun lembaga professional pada umumnya menyediakan program kursus lainnya, seperti ESP (English for specific purpose), Academic writing, dan lain-lain.

  • Jika Anda mau bisa berbahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari, maka sebaiknya informasikan hal ini diawal sebelum Anda registrasi, sehingga Anda akan diarahkan ke Conversation Class oleh staff lembaga kursus.
  • Jika Anda menginginkan kursus untuk membantu Anda mendapatkan skor optimal pada English Proficiency Test, maka program yang seharusnya Anda ambil adalah Test Preparation, meliputi TOEFL, IELTS, TOEIC atau yang lainnya.
  • Sebagai tambahan, untuk anak-anak usia pra sekolah, akan diarahkan ke program English for Pre-School, untuk anak anak sekolah dasar, akan diarahkan ke English for Children dan untuk anak anak sekolah menengah, akan diarahkan ke English for Teenagers.

 

Catatan Penting:

  1. Tidak semua lembaga kursus memiliki program kursus yang lengkap
  2. Tentukanlah kursus yang benar benar sesuai kebutuhan, jIka pihak lembaga menawarkan program lain diluar kebutuhan Anda (biasanya karena program tidak ada di lembaga tersebut), sebaiknya Anda berfikir dua kali serta mencari alternatif lembaga lain.

 

  1. Fasilitas Belajar yang Mendukung Keberhasilan Peserta

Berikut beberapa fasilitas pendukung belajar yang sebaiknya tersedia di lembaga kursus Bahasa Inggris:

  • Sesi konsultasi

Konsultasi diperlukan untuk beberapa situasi, misal: saat ada materi yang belum Anda pahami seutuhnya, saat Anda tidak hadir di kelas atau saat Anda ingin menyelesaikan tugas.

 

  • Tersedianya Kelas Pengganti

Fasilitas ini memungkinkan Anda untuk tetap bisa mengikuti materi walaupun berhalangan hadir dikelas dengan cara hadir di kelas lain.

  • Aktifitas-aktifitas additional: seperti: English Competition, kelas/group diskusi online, outdoor class, dll.
  • Final Test

Untuk mengukur pencapaian Anda selama kursus.

  • Tes Penempatan (Placement Test)

Ini bertujuan agar Anda ditempatkan di level yang sesuai dengan kemampuan Anda).

 

Lembaga kursus Bahasa Inggris menyediakan aktifitas additional/tambahan sebagai ‘refreshment’ agar peserta kursus tidak hanya mempraktikkan kemampuan Bahasa Inggrisnya didalam kelas, tapi juga diluar kelas dengan suasana yang berbeda.

 

  1. Telah Mendapatkan Ijin Resmi dan Terakreditasi BAN

Memilih lembaga kursus yang belum mengantongi ijin resmi dan terakreditasi akan merugikan Anda. Alasannya sederhana, pertama, lembaga tersebut belum terstandarisasi berdasarkan acuan kualitas pendidikan yang ditetapkan.

Kedua, sertifikat yang Anda dapatkan tidak mempunyai value yang cukup kuat, karena lembaga tidak diakui secara resmi. Dapat dipastikan, lembaga yang tidak memiliki legalitas, menjalankan aktifitas pengajaran yang tidak mengarah pada standar pendidikan. Oleh karena itu, penting bagi Anda mencari tahu mengenai legalitas lembaga tersebut .

 

Nah, bagi Anda yang tinggal di Jabodetabek, Anda akan dihadapkan dengan banyaknya pilihan tempat kursus Bahasa Inggris, namun tidak perlu bingung. Anda hanya perlu melakukan observasi kecil-kecilan dengan mengacu pada 8 standar diatas. Anda bisa googling, menelpon ataupun datang langsung untuk mengecek kredibilitas lembaga kursus.

 

B. Kisaran Harga Kursus

Penawaran harga yang diberikan oleh lembaga kursus sangatlah bervariasi. Tempat kursus dengan lokasi mewah, tutor native speakers, mempunyai cabang di banyak negara dan dengan segala fasilitanya, bisa memberi harga sampai berpuluh-puluh juta. Lokasinya pun biasanya berada di area premium (sebagian ada di mall-mall besar). Bagi sebagian Anda, mungkin tidak ada masalah mengeluarkan biaya sedalam itu, namun banyak yang mengerutkan dahi dan angkat tangan. Intinya, seperti yang kami sampaikan di awal, biaya mahal, bukan sebuah jaminan keberhasilan.

Terlebih, yang Anda inginkan adalah kualitas materi dan pengajaran, bukan soal kemewahan fasilitas dan lokasi. Bagi Anda yang lebih mencari kursus dengan biaya terjangkau, Kami sarankan Anda mencari alternatif lembaga lain dengan harga yang lebih bersahabat. Dewasa ini, banyak lembaga kursus yang menawarkan biaya cukup terjangkau, kisaran 300 ribuan per bulan. Yang penting, Anda harus pastikan, lembaga yang Anda pilih memenuhi setidaknya 7 dari 8 patokan utama yang telah dipaparkan diatas.

 

Bicara mengenai biaya, kembali kepada Anda. Ukurlah dan sesuaikan dengan kesanggupan. Ingat, Yang mahal belum tentu sesuai kebutuhan Anda, Yang murah, belum tentu tak berkualitas. Catat dan berpatokanlah pada 8 poin diatas.

 

Yang menjadi pertanyaan,

Adakah lembaga yang memberikan biaya terjangkau, namun tetap bisa memenuhi 8 pertimbangan diatas?

 

Pastinya, salah satunya adalah Golden English, lembaga pendidikan bahasa Inggris yang telah terakreditasi dan memenuhi 8 poin diatas dan menawarkan biaya cukup terjangkau.

 

Ribuan peserta kursus sudah mempercayakan Golden English. Sebagai peraih penghargaan lembaga kursus kreatif 2016 dari Dinas Pendidikan, Golden English terus berusaha memberikan pelayanan prima, seraya meningkatkan mutu pembelajaran. Salah 1 visi Golden English adalah memberikan pendidikan Bahasa Inggris berkualitas yang dapat dijangkau semua kalangan.

 

Tidak hanya biaya kursusnya yang terjangkau, berikut 10 keunggulan Golden English lainnya:

  1. Lembaga Pendidikan Kredibel,peraih penghargaan lembaga kursus kreatif dari Dinas Pendidikan.
  2. Menyediakan fasilitas free counselling (konsultasi) eksklusif dengan teacher, baik online maupun offline
  3. Lembaga Pelatihan dengan model belajar terlengkap (Private, Reguler, Online, Dormitory, dan in-Company Training)
  4. Menyediakan fasilitas GARANSI 100%
  5. Kurikulum, hand-outs dan buku panduan lengkap berstandar Internasional.
  6. GRATIS Practice English dengan guru foreign/native speakers selama aktif kursus.
  7. Tutor-tutor professional, friendly dan berpengalaman
  8. Setiap sesi kelas didesain interaktif, efektif dan mudah dipahami
  9. Daftar kursus private, GRATIS kursus reguler.
  10. Menyediakan kelas online gratis dengan fitur belajar grammar yang lengkap

 

Info Program regular.Klik disini

Info Program private. Klik disini

Info Program In-Company Training. Klik disini

Info Program online. Klik disini

Info Program dormitory. Klik disini

 

Ada pertanyaan terkait program kursus Golden English?

Klik www.golden-course.com

Email : admin@golden-course.com

CS :

021-22846193

081 8790 111 (WA Available)