Info Loker Tutor Bahasa Inggris Freelance di Jakarta dan Sekitarnya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah pemasukan, khususnya, bagi Anda yang mempunyai keterampilan di bidang tertentu. Memberikan keterampilan yang Anda miliki kepada orang lain bisa menjadi sumber pemasukan, lho.

Dewasa ini, cukup menguasai salah 1 mata pelajaran sekolah saja, maka sudah bisa menjadi jalan untuk mendapat ‘extra income’. Kebayang kan kalau Anda mempunyai keterampilan lebih? Kesempatan “extra income” semakin terbuka lebar. Seiring terus berkembangnya bisnis lembaga pendidikan, maka kebutuhan akan tenaga pengajar terus meningkat. Jika Anda tinggal di kota besar, Anda akan melihat banyaknya bisnis bimbel, lembaga kursus bahasa asing, lembaga private dan lembaga training yang terus bertumbuh dengan pesat.

Sumber freepik.com

Menjadi pengajar full time atau part time? Mana yang lebih baik?

Well, masing-masing mempunyai keunggulan dan kelemahan. Jika posisi Anda saat ini sudah bekerja dan terikat dengan 1 lembaga, menjadi pengajar part-time tentu adalah pilihan yang tepat. Dimana Anda bisa mengatur jadwal mengajar hanya di waktu kosong Anda. Pada umumnya, pengajar part time cukup datang di jam mengajar saja, setelah mengajar usai, Anda bisa pulang. Berbeda dengan pengajar full time, yang harus tetap stand by di lembaga walaupun jam mengajar sudah berakhir. Biasanya pengajar full time mengerjakan administrasi pengajaran diluar jam mengajar. Pengajar part time menerima pemasukan berdasarkan perhitungan jumlah sesi/jam mengajar yang Anda kerjakan selama periode bulan tersebut. Fasilitas kerja yang didapatkan pun berbeda dengan pengajar tetap/staff.

Jenjang karir, THR, asuransi, tunjangan dan insentif umumnya hanya diberikan kepada pengajar tetap/guru full time. Menjadi pengajar part time juga cocok bagi Anda yang tidak suka terikat, atau bagi yang sedang memiliki kegiatan tetap lain, seperti kuliah, kontrak kerja, berjualan, terlibat dalam project/event, dan lain-lain. Perlu diketahui, bahwa menjadi pengajar partime adalah cara yang cukup bisa diandalkan untuk menambah pendapatan. Pengalaman penulis, yang sudah berkecimpung di industri kursus bahasa selama lebih dari 10 tahun, penulis menemukan hal menarik, dimana banyak pengajar part time yang mampu menghasilkan income lebih besar dari karyawan swasta.

Menariknya lagi, banyak diantaranya, yang memutuskan untuk fokus menjadi pengajar part time saja. Tertarik menjadi pengajar part time? Tunggu, yang perlu diingat sebelum Anda memutuskan adalah soal naik turunnya income yang diperoleh pekerja part-time. Income pengajar part time bersifat fluktuatif, menyesuaikan dengan kuantitas sesi mengajar. Anda siap?

Cek tabel dibawah ini untuk melihat perbedaan guru full time dan part time dilihat dari advantage nya (ditulis berdasarkan pengalaman penulis di lembaga kursus bahasa Inggris)

Tips agar dapat menghasilkan income menjanjikan dari mengajar bahasa Inggris

  1. Kuasai Skill dan Perbanyak Pengalaman

Semakin berpengalaman seorang pengajar, pasti semakin tinggi nilai per jamnya. Apakah pengalaman saja cukup? Tidak, pengajar profesional juga harus dapat membuktikan bahwa ia benar-benar menguasai materi serta ahli dalam menjabarkan berbagai ‘case’ di dalam bidang studi tersebut. Pengajar bahasa Inggris yang mampu mengajar berbagai program kursus dan skill memiliki ‘daya jual’ dan potensi income lebih besar. Seorang pengajar profesional juga sebaiknya memiliki sertifikat kompetensi sebagai bentuk pengakuan secara resmi bahwa pengajar telah mempunyai standar kompetensi di profesinya saat ini.

  1. Jangan gaptek

Informasi lowongan pengajar lebih gampang didapat melalui internet. Mulai dari FB, IG, google, WA dan khususnya di tempat penyedia lowongan, seperti jobstreet, loker.id, linkedin dan lain-lain.

Bahkan, bermunculan beberapa marketplace untuk mempertemukan guru dan murid melalui sebuah aplikasi, diantaranya ada beres.id, sejasa.com, ruangguru, dan lain sebagainya. Tidak sampai disitu, permintaan untuk mengajar jarak jauh (online) terus meningkat. Intinya, jangan gaptek, explore dan ikuti terus perkembangan teknologi, terutama yang berkaitan dengan kesuksesan karir. Pengajar harus tetap mau belajar. Dengan guru go online, kesempatan mendapatkan murid menjadi lebih terbuka.

Sumber freepik.com
  1. Eksplor Metode Pengajaran dan Lakukan Pengembangan Diri

Pengajar tidak hanya dituntut piawai mencari murid, tapi juga mempertahankannya. Jika seorang murid nyaman dengan cara Anda mengajar, ia akan terus menggunakan jasa Anda, berlaku sebaliknya. Metode, teknik, alat bantu pengajaran, kreatifitas serta penguasaan materi harus selalu diutamakan. Hal-hal yang perlu Anda lakukan yaitu, mengikuti pelatihan guru, mencari buku/video tentang pengajaran kreatif, bergabung dengan komunitas pengajar serta membuka diri untuk menimba pengalaman dari para senior dan ahli.

Lowongan Kerja Instruktur Bahasa Inggris Freelance di area Jabodetabek dan sekitarnya.

Jika saat ini Anda sedang membutuhkan informasi lowongan mengajar bahasa Inggris, terutama di area Jabodetabek, maka Anda sudah mendarat di halaman yang tepat. Golden English adalah lembaga kursus bahasa Inggris berkembang, yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (artikel ditulis bulan Maret 2020) dan ekspansi akan terus dilakukan hingga kota-kota lainnya. Golden English membuka lowongan untuk pengajar full time (terbatas) dan part time (selalu dibuka). Kami mencari pengajar yang dapat menangani minimal salah 1 dari program-program ini:

  • English Conversation
  • Basic English
  • English for Children
  • English for Teenagers
  • UN preparation
  • TOEFL preparation
  • IELTS preparation
  • TOEIC preparation
  • Business English
  • English for Specific Purpose
  • Academic Writing

dan lain-lain.

Jika Anda dapat mengajar salah 1 atau lebih dari program yang disebutkan, serta tinggal di area Jabodetabek, maka kami membuka peluang bagi Anda untuk menjadi bagian dari tim pengajar di Golden English.

Fasilitas yang ditawarkan:

  1. Income tidak terbatas (tergantung banyaknya jam mengajar)
  2. Bisa pilih job yang dekat dengan lokasi Anda
  3. Bisa pilih job yang disesuaikan dengan waktu kosong Anda
  4. training mengajar
  5. Modul/buku panduan disiapkan lembaga
  6. Sistem pelaporan mengajar yang praktis, via aplikasi Golden English
  7. Disiapkan teaching aids untuk memudahkan pengajaran
  8. TOEFL/TOEIC prediction test gratis

Prosedur menjadi pengajar bahasa Inggris di Golden English:

  • Kirim lamaran, CV, scan KTP dan dokumen pendukung (ijazah dan sertifikat-sertifikat) ke hrd@golden-course.com
  • WA ke 081 8435 227 dan infokan bahwa Anda telah mengirimkan lamaran
  • Anda akan diundang ke outlet Golden English untuk tes tertulis dan interview
  • Anda akan dimasukkan ke group Whatsapp berisi berbagai informasi job dari Golden English
  • Jika memenuhi kualifikasi, Anda akan mulai ditugaskan untuk menangani student

 

Informasi lebih detail, silakan hubungi via WA di 081 8435 227 atau kirim email ke hrd@golden-course.com.

Cek lowongan Golden English lainnya di https://golden-course.com/lowongan-karir-golden-english/