fbpx

Inilah Penjelasan dari CEFR dalam Bahasa Inggris

Inilah Penjelasan dari CEFR dalam Bahasa Inggris – Disaat kamu sedang belajar bahasa Inggris tentu kamu ingin mengetahui sampai mana kemampuan bahasa Inggris kamu, apakah telah cukup ataupun masih kurang. Itu sebabnya, kita membutuhkan standar objektif untuk mengukur tingkat kecakapan bahasa Inggris yang bisa oleh semua orang buat menentukan apakah kemampuan berbahasa kita itu masih rendah ataupun sudah cukup. Oleh karena itu, dirancanglah sebuah acuan yang dipakai buat mengukur tingkat keahlian bahasa inggris yang dikenal sebagai CEFR. Kemudian apa itu CEFR? Dan apa kepanjangan dari CEFR? Mari kita bahas pada artikel kali ini.

Baca Juga : Beberapa Tips Ampuh Bekerja Di Perusahaan Multinasional 

Pengertian CEFR

Common European Framework of Reference for Languages atau biasa disingkat dengan CEFR merupakan sebuah kerangka acuan yang dipakai buat menilai tingkat keahlian bahasa asing seseorang. Ini merupakan standar yang digunakan di seluruh bagian Eropa dan juga di banyak negara di seluruh dunia. CEFR menyediakan skala yang terdiri dari enam level kemampuan bahasa, yaitu A1, A2, B1, B2, C1, dan C2. Masing-masing tingkatan tersebut mengacu pada kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa asing secara lisan dan tulisan, serta kemampuan memahami bahasa yang didengar atau dibaca.

CEFR diperkenalkan pertama kali pada tahun 2001 oleh European Council for Modern Languages (ECML) sebagai standar untuk menilai kecakapan bahasa asing seseorang. Semenjak saat itu, CEFR sudah menjadi standar yang dipakai secara luas untuk menilai kemampuan bahasa asing, terutama dalam konteks pendidikan. Tidak sedikit sekolah, universitas, lembaga pendidikan dan instansi lainnya di Eropa dan di seluruh dunia yang menggunakan CEFR untuk menentukan tingkat kemampuan bahasa asing seseorang.

CEFR pun kerap digunakan dalam tes kemampuan bahasa asing, seperti tes TOEFL, IELTS, TOEIC dan lainnya. Tes-tes tersebut umumnya memakai skala CEFR untuk menentukan tingkat kecakapan bahasa asing dari para peserta tesnya.  CEFR tentunya membantu dalam menentukan tingkat keahlian bahasa asing seseorang secara objektif dan terstandarisasi.

Baca Juga : Tips Mengajari Anak Alfabet Bahasa Inggris, Bagaimana Caranya? 

Tingkatan CEFR

CEFR terdiri dari enam level kecakapan bahasa, yakni A1, A2, B1, B2, C1, dan C2. Setiap level tersebut merujuk pada kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa asing secara lisan dan tulisan, serta kemampuan memahami bahasa yang didengar atau dibaca. Berikut merupakan penjelasan singkat perihal masing-masing tingkatan CEFR:

1. Tingkat A1

Level ini mengacu pada kemampuan dasar dalam bahasa asing. Seseorang yang ada di tingkat A1 mampu menggunakan bahasa asing buat berkomunikasi dasar, seperti salam, perkenalan, dan pertanyaan sederhana.

2. Tingkat A2

Tingkat ini merujuk pada keahlian menengah dalam bahasa asing. Seseorang yang berada di tingkat A2 mampu menggunakan bahasa asing untuk berkomunikasi mengenai topik-topik yang umum, seperti keluarga, pekerjaan, hobi, dan lainnya.

3. Tingkat B1

Tingkat ini mengacu pada kemampuan yang lebih tinggi dalam bahasa asing. Seseorang yang berada di level B1 mampu menggunakan bahasa asing dengan cukup baik buat berkomunikasi mengenai topik-topik yang lebih luas, seperti politik, ekonomi, dan lainnya.

4. Tingkat B2

Level ini merujuk pada kecakapan yang lebih tinggi lagi dalam bahasa asing. Seseorang yang berada di tingkat B2 mampu memakai bahasa asing dengan baik untuk berkomunikasi mengenai topik-topik yang lebih rumit, seperti sains, teknologi, dan lainnya.

5. Tingkat C1

Tingkat ini mengacu pada kemampuan yang begitu tinggi dalam bahasa asing. Seseorang yang berada di level C1 mampu menggunakan bahasa asing dengan begitu baik, buat berkomunikasi perihal topik-topik yang begitu rumit, seperti filsafat, sastra, dan lainnya.

6. Tingkat C2

level ini merujuk pada kecakapan yang paling tinggi dalam bahasa asing. Seseorang yang ada di level C2 memiliki kemampuan sama dengan native speaker atau penutur asli. Yang artinya, seseorang di level C2 dapat berkomunikasi mengenai topik apapun dengan baik.

CEFR pun menyediakan deskripsi yang detail mengenai kecakapan bahasa asing seseorang pada masing-masing level. Deskripsi itu mendeskripsikan tentang kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa asing secara lisan dan tulisan, serta kemampuan memahami bahasa yang didengar ataupun dibaca. Contohnya, dalam level A1, seseorang diharapkan mampu memakai bahasa asing buat menyatakan perasaan dan opini yang sederhana, serta mampu mengerti perintah yang sederhana yang diberikan dalam bahasa asing. Dalam level B2, seseorang diharapkan mampu menggunakan bahasa asing dengan baik untuk bikin presentasi perihal topik yang rumit, serta mampu memahami teks yang rumit yang dibacanya dalam bahasa asing.

CEFR juga menyediakan panduan mengenai cara memakai skala keahlian bahasa asing ini. Panduan itu mendeskripsikan perihal cara menetapkan tingkat kemampuan bahasa asing seseorang dengan menggunakan skala CEFR, dan cara memakai skala tersebut dalam konteks pendidikan dan tes kemampuan bahasa asing.

Melalui semua penjelasan di atas, kini kamu telah mengerti apa itu CEFR dan bagaimana standar ini berguna untuk para pelajar bahasa asing dan instansi-instansi yang terlibat dalam pendidikan dan tes keahlian bahasa asing. Kalau kamu ingin belajar bahasa asing, maka tidak ada salahnya buat melihat level kemampuan bahasa asing Anda berdasarkan skala CEFR dan menentukan target belajar yang cocok. Dengan demikian, kamu bisa dengan lebih efektif dalam memperdalam tehnik belajar bahasa asing dan lebih cepat mencapai tingkat kemampuan yang diinginkan.

Baca Juga : 25 Smart Sentences Untuk Penerapan Sehari-hari Dalam Bahasa Inggris 

Jika kamu tertarik untuk mengetahui tingkat kecakapan bahasa asing kamu berdasarkan skala CEFR, maka kamu bisa mengambil tes kemampuan bahasa asing yang menggunakan skala CEFR, seperti tes TOEFL, IELTS, dan lainnya. Tes-tes tersebut dapat membantu kamu untuk menentukan tingkat keahlian bahasa asing kamu secara objektif dan terstandarisasi.

Jadi, jangan ragu untuk mencari tahu tingkat kecakapan bahasa asing kamu berdasarkan skala CEFR dan mulai belajar bahasa asing dengan sungguh-sungguh. Dengan demikian, kamu dapat lebih cepat mencapai tingkat kesahlian bahasa asing yang diinginkan dan mencapai keberhasilan dalam hal menguasai bahasa asing. Jika kamu ingin mengetahui kemampuan bahasa Inggrismu dengan mudah dan cepat, kamu bisa mengikuti tes TOEFL ITP online yang diadakan oleh Golden English, lho. Tes TOEFL dari Golden English ini merupakan prediction test yang kegunaannya tidak sekedar untuk mengecek kecakapan bahasa Inggrismu, melainkan juga dapat dipakai untuk keperluan dalam negeri, seperti melengkapi syarat wisuda, melengkapi syarat lamaran kerja BUMN/CPNS dan fungsi lainnya. Untuk informasi lengkap mengenai layanan tes TOEFL prediction, kamu bisa klik https://golden-course.com/test-toefl/