fbpx

Tehnik Mengajarkan Anak Alfabet Bahasa Inggris, Bagaimana Caranya?

Tehnik Mengajarkan Anak Alfabet Bahasa Inggris, Bagaimana Caranya? – Banyak orang tua berfikir bahwa belajar alfabet bahasa Inggris dengan anak-anak mereka adalah aktivitas yang sangat membosankan. Dan ini benar, karena orang tua umumnya terlalu banyak menekankan aspek teori, seperti menghafal nama dan bentuk huruf-huruf, sehingga terasa membosankan untuk anak-anak. Kemudian kerap terasa monoton karena hanya melibatkan aktivitas menghafal dan mengingat huruf-huruf tanpa terlalu banyak interaksi atau permainan. Oleh karena itu mengajari alfabet bahasa Inggris dengan cara ini sama sekali tidak tepat.

Mempelajari dan menghafal alfabet bahasa Inggris dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan jika Anda menambahkan sedikit kreativitas dan merubah proses yang membosankan menjadi suatu permainan.

Dalam artikel ini kami akan memberi tahu Anda, bagaimana cara mengajarkan alfabet bahasa Inggris dangan metode yang menyenangkan buat anak-anak. Berikut adalah daftar game paling simpel yang dapat dengan mudah dimainkan oleh si kecil dari segala usia di rumah.

Berikut ialah beberapa contoh permainan sederhana yang bisa Anda gunakan buat belajar alfabet bahasa Inggris bersama buah hati Anda.

1. Permainan Hidup dan Mati

Pilih sebuah huruf dan ajak anak-anak menyebutkan sebanyak mungkin kata yang dimulai dengan huruf itu. Anak-anak yang tidak bisa menyebutkan kata dalam waktu yang diatur akan “mati”, dan cuma anak yang masih “hidup” yang dapat terus meneruskan game.

Contoh permainan:

  • Pilih huruf “A”.
  • Minta anak-anak menyebutkan sebanyak-banyaknya kata yang diawali dengan huruf “A”. Kata-kata itu bisa berupa nama hewan, nama makanan, nama barang, negara dan lain-lain.
  • Anak yang tidak bisa menyebutkan kata dalam waktu yang ditentukan (misalnya, dalam satu menit) akan “mati”, dan cuma anak yang masih “hidup” yang akan terus memainkan game. Seru, kan? 😊

Baca Juga : 15 Kosakata Bahasa Inggris Yang Jarang Dipakai

2. Permainan Tebak Huruf

Pilih sebuah huruf dan minta anak-anak menebak huruf tersebut dengan menyebutkan kata yang dimulai dengan huruf itu.

Contoh permainan:

  • Pilih huruf “M”.
  • Ajaklah anak-anak menebak huruf “M” dengan menyebutkan kata yang diawali dengan huruf “M”. Kata-kata tersebut dapat berupa nama binatang, nama makanan, nama benda, nama negara dan lain-lain.
  • Setiap kali si kecil berhasil menyebutkan kata yang tepat, kasih mereka poin. Si yang mempunyai skor terbanyaklah yang akan menang.

3. Bermain Huruf

Bikin huruf-huruf dari clay atau kertas, kemudian ajaklah anak-anak untuk bikin kata ataupun frasa dengan huruf-huruf itu. Anak-anak juga bisa bikin gambar atau objek yang mewakili kata atau frasa tersebut dengan memakai clay atau kertas.

Contoh permainan:

  • Bikin huruf-huruf dari clay ataupun kertas.
  • Ajaklah anak-anak buat bikin kata atau frasa dengan menggunakan huruf-huruf itu. Anak-anak pun bisa membuat gambar ataupun objek yang mewakili kata ataupun frasa tersebut dengan memakai clay ataupun kertas.
  • Anak yang bikin kata atau frasa terbaik, gambar atau objek terunik yang akan menang.

Baca Juga : Beberapa Tips Ampuh Bekerja Di Perusahaan Multinasional

4. Game Tebak Kata

Pilihlah sebuah kata yang dimulai dengan huruf yang telah disebutkan, kemudian mintalah anak-anak menebak kata itu dengan memberi tanda-tanda yang berhubungan dengan kata itu.

Contoh permainan:

  • Pilih kata “apple“.
  • Berikan tanda seperti “This fruit is red and round, and it grows on trees.”
  • Setiap kali si kecil sukses menebak kata yang benar, kasih mereka nilai. Anak yang mempunyai nilai terbanyak akan menang.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Bekerja Di Luar Negeri

5. Menemukan Huruf yang Hilang

Permainan berikutnya yaitu mencari huruf yang hilang, permainan ini menjadi salah satu favorit buat beberapa orang. Permainan ini baik buat belajar alfabet bahasa Inggris, sebab Permainannya sangat sederhana.  Sebagian huruf akan menghilang, dan orang yang menebak huruf apa itu dan menyembunyikan huruf berikutnya. Permainan ini juga sangat menyenangkan karena sebelum huruf itu menghilang, para pemain menutup mata lalu membukanya dan menjawab huruf tersebut.

6. Lomba Menulis Huruf

bikin sebuah game lomba menulis huruf dengan menggunakan kertas dan pensil. Pilih sebuah huruf dan minta anak-anak buat menuliskan huruf itu sebanyak mungkin dalam waktu yang ditetapkan. Anak yang menuliskan huruf terbanyak akan menang.

Semakin unik pengajaran tentang huruf bahasa Inggris kepada anak, semakin cepat si kecil buat mengingatnya! Dengan mengenal alfabet bahasa Inggris, anak-anak akan lebih mudah mengerti dan mengingat kata-kata dalam bahasa Inggris, serta bisa membantu mereka dalam belajar bahasa Inggris secara lebih efektif. Jika Anda mau membantu anak-anak Anda mengenal alfabet bahasa Inggris dengan lebih kreatif dan menyenangkan, cobalah beberapa game sederhana yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Dengan demikian, anak-anak akan lebih berminat dan terlibat dalam kegiatan belajar, sekaligus membantu mereka mengingat dan mengerti huruf-huruf tersebut dengan lebih baik. Bahkan metode ini bisa bikin anak-anak ketagihan untuk belajar dan belajar lagi.

Nah, jika Anda sedang mencari lembaga kursus kredibel untuk membimbing anak Anda bahasa Inggris secara aktif, Golden English adalah pilihan yang tepat. Golden English menawarkan kursus bahasa Inggris untuk anak anak mulai usia 3 tahun. Golden English menyediakan berbagai macam teaching aids untuk memudahkan peserta memahami materi. Dengan metode pembelajaran modern dan fun, peserta akan merasakan pengalaman belajar sambil bermain. Untuk informasi lebih detil terkait program kursus English for Children dari Golden English, klik disini