fbpx

Now Everyone Can Speak English

3 Tips Menghadapi Stres Saat Ujian TOEFL atau Tes TOEFL Online

Daftar Isi

3 Tips Menghadapi Stres Saat Ujian TOEFL atau Tes TOEFL Online

Bahasa Inggris kini sudah menjadi bahasa internasional, artinya bahasa Inggris memiliki banyak kegunaan untuk segala macam hal. Mulai dari kepentingan pendidikan hingga kepentingan pekerjaan.

Misalnya saja ketika kamu ingin berkuliah di luar negeri, kamu membutuhkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris dari TOEFL atau IELTS. Nah, beberapa pekerjaan juga biasanya membuat kemampuan bahasa Inggris menjadi syarat.

Tapi apakah kamu tahu tidak hanya bekerja di luar negeri kamu membutuhkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris untuk memenuhi syarat. Namun ternyata di Indonesia juga demikian.

Misalnya saja ketika kamu ingin mendaftar CPNS 2023 atau PPPK 2023 kamu harus memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris, baik dari TOEFL PBT, TOEFL IBT, TOEFL ITP, TOEFL CBT atau TOEFL prediction test.

Bagi sebagian orang yang sudah melakukan TOEFL preparation mungkin tidak akan mengalami kendala ketika mengerjakan ujian TOEFL. Tapi banyak orang meskipun sudah mengikuti kursus persiapan TOEFL, masih mengalami kesulitan.

Kesulitan yang dihadapi salah satunya adalah merasakan stres dan panik ketika mengerjakan ujian TOEFL. Kalau kamu salah satu orang yang merasa demikian, jangan khawatir karena kamu tidak sendiri.

Stres dan cemas atau panik ketika menghadapi ujian adalah hal yang normal. Karena hasil ujian ini bisa menentukan masa depanmu. Agar kamu bisa lebih santai mengerjakan ujian, yuk simak beberapa tips menghadapi stres saat ujian TOEFL di artikel berikut ini!

TOEFL Adalah

Sertifikat TOEFL atau sertifikat Test of English as a Foreign Language adalah bukti resmi kemampuan seseorang dalam bahasa Inggris. TOEFL merupakan adalah tes internasional yang mengukur kemampuan berbahasa Inggris bagi non-penutur asli atau seseorang yang bukan native speaker.

Tes yang terdapat di dalam TOEFL menguji empat kemampuan berbahasa Inggris, yaitu reading, listening, speaking dan writing. Skor TOEFL digunakan dalam berbagai konteks seperti penerimaan perguruan tinggi, beasiswa, pekerjaan, dan seleksi CPNS dan PPPK di Indonesia.

Beragam Jenis Tes TOEFL

Berikut adalah beberapa jenis tes TOEFL yang bisa kamu gunakan untuk memenuhi syarat mengikuti CPNS dan PPPK di Indonesia:

1. Tes TOEFL PBT (Paper Based Test)

TOEFL PBT adalah format tes TOEFL yang dilaksanakan dalam bentuk kertas dan pensil. Format yang digunakan sebelum menggunakan format internet dan komputer. Tes TOEFL PBT ini meliputi tiga bagian, yaitu listening (mendengarkan), structure (tata bahasa), dan reading (membaca).

Rentang skor pada tes TOEFL PBT adalah 220 hingga 677. Meskipun TOEFL PBT masih digunakan di beberapa lokasi yang tertentu, format ini semakin jarang digunakan.

Hal tersebut dikarenakan TOEFL iBT telah menjadi format tes utama sejak beberapa tahun lalu. Namun jangan khawatir, jenis TOEFL ini selalu diterima dalam seleksi penerimaan CPNS & PPPK.

2. Tes TOEFL CBT (Computer Based Test)

Selanjutnya adalah TOEFL CBT yang merupakan tes TOEFL yang dilakukan melalui komputer. Tes ini merupakan peralihan dari format PBT ke IBT dan digunakan untuk sementara waktu sebelum TOEFL IBT menjadi format tes dominan saat ini.

Tes TOEFL ini meliputi empat bagian utama, yaitu listening (mendengarkan), structure (tata bahasa), reading (membaca), dan writing (menulis). Skor yang bisa didapatkan pada tes TOEFL CBT berkisar antara 0 hingga 300.

3. Tes TOEFL IBT (Internet Based Test)

Kemudian TOEFL IBT adalah salah satu jenis tes TOEFL yang dilakukan melalui internet. TOEFL IBT merupakan format tes TOEFL yang paling banyak digunakan saat ini.

TOEFL IBT adalah versi tes TOEFL yang diakui secara internasional dan skornya dapat diterima oleh lembaga pendidikan dan perusahaan di seluruh dunia. Tes ini menguji empat kemampuan berbahasa Inggris, yaitu reading, listening, writing dan speaking.

Skor yang bisa kamu raih di TOEFL IBT berkisar antara 0 hingga 120. Jenis TOEFL ini juga diterima dalam sebagai syarat penerimaan CPNS & PPPK. Namun dibandingkan dengan tes TOEFL lainnya, TOEFL IBT memiliki biaya yang lebih mahal.

4. Tes TOEFL Prediction

Terdapat juga tes TOEFL prediction, yaitu tes simulasi yang bertujuan untuk membantu calon peserta tes TOEFL dalam mempersiapkan diri menghadapi tes TOEFL. Dalam tes simulasi ini, soal-soal yang digunakan mirip dengan soal-soal yang akan muncul pada tes TOEFL asli.

Tujuan utama dari tes TOEFL prediction adalah memberikan gambaran kepada calon peserta tes tentang sejauh mana kemampuan mereka dalam menjawab soal-soal TOEFL.

Selain itu TOEFL prediction juga memiliki tujuan untuk melatih calon peserta tes TOEFL untuk menghadapi berbagai tipe pertanyaan yang mungkin akan dihadapi dalam tes TOEFL sebenarnya.

Tes TOEFL prediction sebaiknya digunakan hanya sebagai salah satu alat dalam persiapan menghadapi tes TOEFL resmi, bukan sebagai satu-satunya acuan untuk menguji kemampuan bahasa Inggris.

Namun dalam seleksi penerimaan CPNS, masih banyak instansi yang hanya meminta TOEFL prediction sebagai persyaratan, karena biayanya cukup murah dan banyak instansi yang bisa melaksanakannya sehingga pelamar tidak kesulitan.

5. Tes TOEFL ITP (Institutional Testing Program)

TOEFL ITP adalah format tes TOEFL yang lebih banyak digunakan oleh institusi pendidikan untuk keperluan penempatan dan evaluasi internal.

Tes TOEFL ITP biasanya ini dilaksanakan dalam bentuk kertas dan pensil dengan metode PBT (paper based test).

Penting untuk diketahui bahwa hasil dari tes TOEFL ITP tidak memiliki validitas internasional seperti TOEFL IBT.

Kalau kamu butuh hasil tes bahasa Inggris yang diakui secara internasional untuk keperluan studi di luar negeri, imigrasi, atau persyaratan kerja global, maka TOEFL IBT atau tes serupa yang diakui secara internasional adalah pilihan yang lebih tepat.

Baca Juga: 5 Tips Mengerjakan Tes TOEFL Reading Comprehension

3 Tips Menghadapi Stres Saat Ujian TOEFL

Sebagaimana yang sudah kamu ketahui sebelumnya, merasakan stres, panik, cemas atau khawatir ketika ujian TOEFL adalah hal yang lumrah terjadi. Setiap orang pasti mengalaminya, dan tidak jarang hal tersebut berpengaruh pada saat pengerjaan ujian.

Banyak orang yang mengerjakan ujian dalam keadaan tidak tenang justru memberikan hasil yang kurang maksimal. Oleh karena itu kamu harus memiliki strategi dalam mengatasi stres yang akan datang nantinya.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips menghadapi stres saat ujian TOEFL yang bisa kamu ikuti:

3 Tips Menghadapi Stres Saat Ujian TOEFL atau Tes TOEFL Online

1. Punya Waktu Istirahat yang Cukup

Kesehatan adalah salah satu hal yang paling penting untuk dijaga. Banyak orang melakukan persiapan TOEFL tanpa memperhatikan kesehatan mereka. Akhirnya ketika menghadapi ujian, mereka tidak makan, mengantuk dan malah menjadi tidak konsentrasi.

Persiapan TOEFL yang serius dan dilakukan dalam jangka waktu yang panjang memang merupakan strategi yang baik untuk menghadapi ujian TOEFL. Tapi kamu harus perhatikan apakah kamu memiliki waktu istirahat yang cukup.

Jika kamu tidak begadang, lalu rehat sejenak setelah belajar beberapa jam, maka kamu bisa menghadapi ujian TOEFL dengan lebih matang. Sebelum ujian juga pastikan kamu sudah sarapan terlebih dahulu.

Hal-hal tersebut baik untuk dilakukan agar pikiranmu lebih segar dan tubuhmu fit, sehingga kamu bisa dengan lebih mudah menghadapi ujian TOEFL nantinya dan tidak stres.

2. Biasakan Diri dengan Waktu yang Terbatas

Tentunya kamu akan mengikuti persiapan TOEFL terlebih dahulu. Nah ketika melakukan persiapan ini, sering-seringlah mengerjakan latihan soal TOEFL dengan waktu yang terbatas.

Banyak orang merasa stres dan cemas karena mereka tidak terbiasa dengan waktu yang terbatas. Ketika mengerjakan ujian, mereka terlalu terlena dengan waktu, hingga akhirnya kehabisan waktu dan mengerjakan soal dengan terburu-buru bahkan asal mengisi jawaban.

Oleh karena itu biasakan dirimu dengan mengerjakan soal-soal latihan TOEFL dengan waktu yang terbatas. Dengan demikian kamu bisa mengetahui alokasi waktu yang kamu gunakan untuk mengerjakan setiap sesi.

Kamu akan bisa mengerjakan soal ujian TOEFL dengan lebih tenang karena kamu tahu kamu tidak akan kehabisan waktu.

3. Kerjakan Soal yang Lebih Mudah Terlebih Dahulu

Jika memungkinkan jangan terus menerus fokus pada soal yang membuatmu kesulitan menjawabnya. Karena bisa jadi kamu akan kehabisan waktu. Oleh karena itu lebih baik kamu beralih ke soal yang lebih mudah untuk dijawab.

Selain itu, gunakanlah teknik-teknik dan strategi menghadapi setiap sesi ujian TOEFL. Misalnya dalam ujian reading kamu menggunakan teknik skimming dan scanning. Lalu pada ujian listening kamu membaca soal terlebih dahulu dan mencatat poin penting.

Saat ujian writing, kamu mengerjakan soal yang lebih kamu kuasai terlebih dahulu. Kemudian saat menghadapi ujian speaking kamu membahas berbagai macam topik yang familiar denganmu.

Dengan mengetahui berbagai macam strategi dan tips menghadapi ujian TOEFL serta mengerjakan soal yang lebih mudah dahulu kamu tidak akan stres dan bisa mengerjakan ujian dengan baik.

Baca Juga: 5 Tips Persiapan Tes Toefl dalam Waktu Singkat!

Tes TOEFL Online Bersertifikat dari Golden English

Jika tujuan Kamu mengikuti tes TOEFL adalah untuk melengkapi syarat skripsi/kelulusan, syarat wisuda, seleksi CPNS, melamar di perusahaan BUMN, promosi jabatan (dalam negeri), dan keperluan dalam negeri lainnya, maka Kamu dapat mendaftar di tes TOEFL online bersertifikat dari Golden English. TOEFL ITP Prediction dari Golden English ini telah diikuti oleh ribuan peserta.

Tes TOEFL online bersertifikat dari Golden English ini dijalankan menggunakan sebuah program berbasis web yang dapat diakses dengan mudah dan praktis.

5 Keunggulan Mengikuti Tes TOEFL Online di Golden English

1. Pendaftaran Mudah dan Mudah

Pendaftaran tes TOEFL online di Golden English cukup mudah, Kamu cukup mengisi form pendaftaran, membayar, dan Kamu sudah bisa mengikuti tes. Biayanya pun sangat terjangkau, hanya Rp 175.000.

2. Sertifikat Langsung Jadi

Tes TOEFL Online dari Golden English adalah solusi bagi Kamu yang sedang urgent dan membutuhkan sertifikat dalam waktu cepat. Sertifikat bisa langsung Kamu dapatkan seketika setelah Kamu menyelesaikan tes.

3. Jadwal Tes Fleksibel

Tes TOEFL Online dari Golden English menawarkan jadwal tes yang fleksibel. Akses dibuka 24 jam dan Kamu bisa mengikuti tes kapan saja di waktu luang Kamu.

4. Legalitas dan Kredibilitas Terjamin

Golden English adalah lembaga kursus dan pelatihan yang telah mengantongi izin dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta telah terakreditasi BAN.

5. Ada Fasilitas Pendukung

Golden English menyediakan beberapa fasilitas pendukung untuk setiap peserta tes TOEFL online, yaitu peserta bisa mengikuti tes lebih dari 1 kali dan terdapat grup Telegram yang berisi latihan-latihan soal dan pemaparan materi TOEFL.

Untuk informasi lengkap dan pendaftaran tes TOEFL online bersertifikat di Golden English dapat diakses melalui https://golden-course.com/tes-toefl/ atau hubungi CS Golden English via WhatsApp di 0816 251 154.

cta

Teguh Gunawan

Teguh Gunawan

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.
Teguh Gunawan

Teguh Gunawan

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.