fbpx

Now Everyone Can Speak English

Pengertian dan Contoh Analytical Exposition Text

Daftar Isi

analytical exposition text

Pernahkah kamu membaca tulisan bahasa Inggris yang membahas tentang opini atau pendapat seseorang? Mungkin kamu pernah membacanya. Pasalnya di sekitar kita banyak orang mengutarakan pendapatnya terhadap sesuatu. Baik itu di internet, media surat kabar, dan lain-lain.

Misalnya ada tulisan yang membahas mengenai, “Why children under the age of 15 shouldn’t use gadgets.” Lalu karena kamu penasaran, kamu membacanya dan akhirnya berusaha memahami pendapat atau opini penulis tersebut.

Kira-kira sudah tahu belum tulisan tersebut termasuk ke dalam jenis tulisan apa?

Tulisan yang kamu baca itu adalah analytical exposition text. Tapi membahas apa ya sebenarnya teks tersebut? Untuk memahaminya, yuk simak penjelasan artikel berikut ini!

Pengertian Analytical Exposition Text

Jadi, apa sih yang disebut sebagai analytical exposition text? Analytical exposition text adalah salah satu jenis teks bahasa Inggris yang di dalamnya membahas secara detail mengenai pendapat penulis terhadap suatu fenomena atau isu yang sedang terjadi di kehidupan sehari-hari, tanpa bermaksud untuk membuat para pembacanya setuju atau ingin melakukan sesuatu.

Seperti contoh di atas, ketika kamu menemukan sebuah teks yang membahas mengenai suatu hal, misalnya “Why children under the age of 15 shouldn’t use gadgets.”, teks ini hanya membahas mengenai opini penulis terhadap penggunaan gadget bagi anak di bawah umur 15 tahun.

Sebenarnya kamu tidak perlu setuju atau harus melakukan sesuatu setelah membaca teks tersebut. Karena memang tujuan teks ini bukan untuk memengaruhimu untuk melakukan sesuatu.

Mungkin kamu akan bertanya, “lalu tujuan teks ini apa?” Nah sebenarnya tujuan analytical exposition text ini berfungsi untuk memberitahu kepada para pembaca bahwa sebenarnya terdapat isu penting yang sebaiknya dipertimbangkan. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa teks ini merupakan bahan renungan untuk membuat sebuah diskusi.

Karena analytical exposition text membahas mengenai opini atau pendapat penulis terhadap suatu hal, baik itu benda, kejadian, tempat dan lain-lain yang ada di sekitarnya, teks ini termasuk ke dalam argumentative text yang membahas mengenai argumen terhadap sesuatu.

Analytical exposition text ini tentu saja penting untuk kamu pelajari. Jika kamu ingin menguasai bahasa Inggris dengan level yang lebih tinggi, kamu tentu harus belajar banyak hal. Salah satunya adalah mengungkapkan pendapat dalam bahasa Inggris.

Dengan banyak membaca analytical exposition text, tidak hanya akan menambah wawasanmu, tetapi kamu juga dapat belajar bagaimana caranya membangun pendapat yang baik, benar dan terstruktur. Sehingga pendapatmu bisa menjadi bahan renungan dalam sebuah diskusi.

Baca Juga: Pengertian, Struktur dan Contoh Review Text

Struktur Analytical Exposition Text

analytical exposition text

Sebagaimana yang sudah kamu ketahui, dalam membuat teks bahasa Inggris kamu perlu menggunakan struktur atau generic structure. Hal ini merupakan hal yang sangat penting dalam menulis teks. Karena dengan adanya struktur, tulisanmu memiliki keterbacaan yang baik.

Nah, berikut ini adalah generic structure atau struktur dari analytical exposition text:

1. Thesis

Pada bagian pertama terdapat bagian thesis. Thesis juga terdapat pada paragraf pertama. Di bagian ini penulis dapat memberitahu apa hal yang akan didiskusikan dan alasan mengapa suatu fenomena atau isu bisa terjadi. Sehingga pembaca dapat memahami kenapa penulis ingin membahas isu tersebut. Atau bisa dikatakan bagian thesis merupakan latar belakang dari penulisan analytical exposition.

2. Argument

Selanjutnya adalah bagian argument. Pada bagian ini penulis akan membahas mengenai informasi yang lebih merinci terkait topik yang sedang dibahas. Pada bagian ini juga bisa menyebutkan beragam pendapat atau sudut pandang terhadap isu yang dibahas.

Hal ini dapat membuat para pembaca lebih menangkap bahwa topik yang sedang dibahas penting dan perlu mendapatkan perhatian lebih. Namun pembahasan pada argument tetap menyesuaikan dengan apa yang sudah disampaikan pada bagian thesis. Hal ini dilakukan agar pembahasan di analytical exposition tidak terlalu lebar dan keluar dari poin utama.

3. Reiteration

Selanjutnya bagian terakhir adalah bagian reiteration. Pada bagian ini bisa juga disebut sebagai bagian kesimpulan. Karena penulis hanya akan merangkum apa yang sudah ia bahas sebelumnya. Penulis juga biasanya memberikan penegasan kembali terkait posisi atau perspektifnya terhadap topik yang menjadi pembahasan di analytical exposition text yang ia tulis.

Kaidah Kebahasaan Analytical Exposition Text

Selain memiliki struktur penulisan khusus, analytical exposition text juga memiliki ciri-ciri pada kaidah kebahasannya agar berbeda dari jenis teks lainnya. Berikut adalah kaidah kebahasaan analytical exposition text:

  1. Menggunakan simple present tense karena membahas situasi di masa kini
  2. Menggunakan kata kerja mental seperti think, feel, know, realize dan sebagainya. Kata kerja mental merupakan kata kerja yang mengekspresikan perasaan atau pikiran seseorang.
  3. Menggunakan kata hubung atau conjunction. Terdapat empat jenis conjunction yang bisa digunakan. Yaitu untuk menambah ide atau informasi (and, moreover, in addition, also), memberi kontras atau membandingkan (but, while, however, even though), menunjukkan sebab akibat (because, therefore, thus, as a result), dan menunjukkan kronologis atau urutan (first, then, next).

Baca Juga: Recount Text: Definisi, Struktur, Jenis-jenis, dan Contoh

Contoh Analytical Exposition Text

Why We Shouldn’t Skip Breakfast?

Breakfast is the first of three important meals you should eat during the day. It can be hard to eat breakfast if you’re busy, but skipping your first meal of the day can affect the rest of your day. Learn the importance of eating breakfast and some breakfast ideas.

Breakfast is important for many reasons. Breakfast gives you the energy you need to start the day.

When you eat breakfast, you are not as hungry during the day. You will have more energy for school and other activities.

Breakfast keeps your bones healthy and helps you maintain a healthier weight.

If you don’t eat breakfast, you might gain extra weight. This is because eating breakfast jumpstarts your metabolism (how your body breaks down food to use as energy). When you skip breakfast, your metabolism slows down.

It’s important for your family to model healthy eating behaviors and not skip meals. If your family eats breakfast every day, the children are more likely to eat breakfast every day too. Breakfast the most important meal of the day to keep energize us throughout the day.

(Sarapan adalah yang pertama dari tiga makanan penting yang harus Anda makan di siang hari. Mungkin sulit untuk sarapan jika Anda sibuk, tetapi melewatkan sarapan Anda di hari itu dapat memengaruhi sisa hari Anda. Pelajari pentingnya makan sarapan dan beberapa ide sarapan.

Sarapan penting karena berbagai alasan. Sarapan memberi Anda energi yang Anda butuhkan untuk memulai hari.

Saat Anda sarapan, Anda tidak terlalu lapar di siang hari. Anda akan memiliki lebih banyak energi untuk sekolah dan kegiatan lainnya.

Sarapan membuat tulang Anda sehat dan membantu Anda mempertahankan berat badan yang lebih sehat.

Jika Anda tidak sarapan, berat badan Anda mungkin bertambah. Ini karena makan sarapan mempercepat metabolisme Anda (bagaimana tubuh Anda memecah makanan untuk digunakan sebagai energi). Saat Anda melewatkan sarapan, metabolisme Anda melambat.

Penting bagi keluarga Anda untuk mencontohkan perilaku makan yang sehat dan tidak melewatkan waktu makan. Jika keluarga Anda sarapan setiap hari, kemungkinan besar anak-anak juga akan sarapan setiap hari. Sarapan adalah waktu makan yang paling penting untuk menjaga energi kita sepanjang hari.)

 

The Danger of Social Media

Most people use social media in one form or another. While there is nothing inherently wrong with that, and while social media can sometimes be beneficial.

It’s important to be aware that social media is associated with a number of issues and potential dangers, including stress, anxiety, loneliness, and depression. Here is the danger of social media.

The use of social media is associated with various issues when it comes to people’s emotional well-being, mental and physical health, and many other areas of life.

Specifically, research shows that the use of social media is associated with anxiety, stress, emotional exhaustion, envy, low self-esteem, and low-quality sleep.

Addiction to social media, which can be referred to as social media addiction, or as addiction to a specific platform (for example, Facebook addiction).

Interference with important obligations, such as schoolwork, can lead to issues such as worse grades.

General issues, such as exposure to misinformation, violation of one’s privacy, and political polarization. Issues that play a role in specific situations, such as cyberbullying and stalking.

If we use the internet and social media wisely, we might not encounter those dangers. However, if we feel the negative impacts of social media above, we should consider taking a break from the platform.

(Kebanyakan orang menggunakan media sosial dalam satu atau lain bentuk. Meskipun pada dasarnya tidak ada yang salah dengan itu, dan meskipun media sosial terkadang bermanfaat.

Penting untuk disadari bahwa media sosial dikaitkan dengan sejumlah masalah dan potensi bahaya, termasuk stres, kecemasan, kesepian, dan depresi. Inilah bahaya media sosial.

Penggunaan media sosial dikaitkan dengan berbagai masalah ketika menyangkut kesejahteraan emosional, kesehatan mental dan fisik, dan banyak bidang kehidupan lainnya.

Secara khusus, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial dikaitkan dengan kecemasan, stres, kelelahan emosional, iri hati, rendah diri, dan kualitas tidur yang rendah.

Kecanduan media sosial, yang dapat disebut sebagai kecanduan media sosial, atau kecanduan platform tertentu (misalnya, kecanduan Facebook).

Mengganggu kewajiban penting, seperti tugas sekolah, dapat menyebabkan masalah seperti nilai yang lebih buruk.

Masalah umum, seperti paparan misinformasi, pelanggaran privasi seseorang, dan polarisasi politik. Masalah yang berperan dalam situasi tertentu, seperti cyberbullying dan penguntitan.

Jika kita menggunakan internet dan media sosial dengan bijak, kita mungkin tidak akan menghadapi bahaya tersebut. Namun, jika kita merasakan dampak negatif dari media sosial di atas, kita harus mempertimbangkan untuk istirahat dari platform tersebut.)

 

The importance of Sleep

Sleep plays a vital role in good health and well-being throughout your life. Getting enough quality sleep at the right times can help protect your mental health, physical health, quality of life, and safety. Why Is Sleep Important?

Sleep helps your brain work properly. While you’re sleeping, your brain is preparing for the next day. It’s forming new pathways to help you learn and remember information.

Studies show that a good night’s sleep improves learning. Whether you’re learning math, how to play the piano, how to perfect your golf swing, or how to drive a car, sleep helps enhance your learning and problem-solving skills. Sleep also helps you pay attention, make decisions, and be creative.

Physical Health often relates to quality sleep. It plays an important role in your physical health. For example, sleep is involved in the healing and repair of your heart and blood vessels. Ongoing sleep deficiency is linked to an increased risk of heart disease, kidney disease, high blood pressure, diabetes, and stroke.

Besides that, sleep also helps maintain a healthy balance of the hormones that make you feel hungry (ghrelin) or full (leptin). When you don’t get enough sleep, your level of ghrelin goes up and your level of leptin goes down. This makes you feel hungrier than when you’re well-rested.

(Tidur memainkan peran penting dalam kesehatan dan kesejahteraan yang baik sepanjang hidup Anda. Tidur yang cukup berkualitas pada waktu yang tepat dapat membantu melindungi kesehatan mental, kesehatan fisik, kualitas hidup, dan keselamatan Anda. Mengapa Tidur Itu Penting?

Tidur membantu otak Anda bekerja dengan baik. Saat Anda tidur, otak Anda bersiap untuk hari berikutnya. Ini membentuk jalur baru untuk membantu Anda belajar dan mengingat informasi.

Studi menunjukkan bahwa tidur malam yang nyenyak meningkatkan pembelajaran. Baik Anda belajar matematika, cara bermain piano, cara menyempurnakan ayunan golf, atau cara mengendarai mobil, tidur membantu meningkatkan kemampuan belajar dan pemecahan masalah Anda. Tidur juga membantu Anda memperhatikan, membuat keputusan, dan menjadi kreatif.

Kesehatan Fisik sering dikaitkan dengan kualitas tidur. Ini memainkan peran penting dalam kesehatan fisik Anda. Misalnya, tidur terlibat dalam penyembuhan dan perbaikan jantung dan pembuluh darah. Kekurangan tidur yang sedang berlangsung terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung, penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, diabetes, dan stroke.

Selain itu, tidur juga membantu menjaga kesehatan keseimbangan hormon yang membuat Anda merasa lapar (ghrelin) atau kenyang (leptin). Ketika Anda tidak cukup tidur, tingkat ghrelin Anda naik dan tingkat leptin Anda turun. Ini membuat Anda merasa lebih lapar daripada saat Anda cukup istirahat.)

Demikianlah penjelasan mengenai analytical exposition text. Dengan banyak membaca dan membedahnya, pengetahuanmu dapat meningkat. Selain itu kamu juga bisa mengembangkan kemampuan penalaran dan cara membuat pendapat berdasarkan fakta dalam bahasa Inggris.

Supaya kamu mahir berbahasa Inggris, jangan lupa untuk terus belajar terus tentang grammar bahasa Inggris khususnya di tenses. Jika kamu membutuhkan bantuan, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Inggris online di Golden English. Dengan kursus bahasa Inggris online, kamu bisa mengembangkan kemampuan bahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Selamat belajar!

Referensi:

Noto, Geyereni Meretika dkk. 2022. Climate Change Impacts Our Planet Exposition Reading Materials Based On Climate Change Media Sains Indonesia. Bandung. [accessed on 30 May 2023]

Teguh Gunawan, S.Li.

Teguh Gunawan, S.Li.

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.
Teguh Gunawan, S.Li.

Teguh Gunawan, S.Li.

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.