fbpx

Now Everyone Can Speak English

Sejarah Kampung Inggris Pare: Awalnya Cuma Kecamatan Biasa!

Daftar Isi

Sejarah Kampung Inggris Pare

Siapa sih yang nggak tahu Kampung Inggris Pare? Tempat, di mana orang-orang berburu ingin jago bahasa Inggris dalam waktu singkat.

Tapi, tahukah kamu kalau dulunya Pare itu cuma kecamatan biasa di Kediri yang nggak ada hubungannya sama sekali dengan bahasa Inggris?

Nah, Sejarah Kampung Inggris Pare ini dimulai dari sesuatu yang sederhana banget, tapi akhirnya jadi fenomena belajar bahasa Inggris paling hits se-Indonesia!

Penasaran sama sejarah lengkapnya? Yuk, baca artikel ini lebih lanjut!

Sejarah Kampung Inggris Pare Menjadi Pusat Kursus Bahasa Inggris di Indonesia

Awalnya, Kampung Inggris Pare hanyalah sebuah desa kecil di Kecamatan Pare, Kediri, yang dikenal dengan suasana pedesaannya yang asri.

Pada tahun 1977, KH. Kalend Osen, pendiri lembaga kursus pertama di Pare, mendirikan Basic English Course, atau biasa disingkat BEC.

Tujuannya sederhana, ingin membantu para santri di pesantren untuk bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Metode pengajaran pun berbeda dari kursus bahasa Inggris pada umumnya, yang lebih fokus pada praktik langsung, dan menjadi daya tarik utama BEC saat itu.

Dari satu kelas kecil di Desa Tulungrejo, BEC berkembang pesat karena metode belajarnya yang efektif. Tak butuh waktu lama, kursus ini mulai dikenal karena word of mouth. dan jumlah peserta didik pun semakin bertambah.

Seiring berkembangnya BEC, kursus-kursus lain juga mulai bermunculan di sekitarnya. Desa Tulungrejo dan desa tetangganya, Pelem, kemudian dipenuhi oleh berbagai kursus bahasa Inggris yang mengikuti metode pembelajaran praktis khas BEC.

Pare semakin dikenal sebagai “Kampung Inggris” ketika semakin banyak lembaga kursus berdiri di sana. Sekarang, ada ratusan lembaga kursus dengan berbagai program, mulai dari kelas intensif harian, bulanan, hingga kursus privat.

Pengajar dan metode yang unik serta suasana lingkungan yang kondusif untuk belajar bahasa Inggris membuat Kampung Inggris Pare menjadi destinasi favorit bagi mereka yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dalam waktu singkat, terutama saat liburan tiba.

Kampung Inggris Pare juga menjadi fenomena di kalangan pelajar, mahasiswa, hingga profesional yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka.

Dengan harga yang bervariatif di setiap lembaganya, dan suasana belajar yang seru, ribuan orang datang ke Pare setiap tahun untuk mengikuti program liburan Kampung Inggris Pare yang ada.

Perkembangan ini membuat Pare dikenal bukan hanya di tingkat nasional, tetapi juga internasional.

Sekarang, Pare telah menjadi pusat belajar bahasa Inggris yang paling populer di Indonesia, dengan pengaruh besar terhadap dunia pendidikan informal bahasa Inggris di Indonesia.

Tidak heran kalau Kampung Inggris Pare menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin menguasai bahasa Inggris dalam suasana belajar yang mendukung.

Baca Juga: Kampung Inggris Pare Dimana? Ini Daftar Alamatnya!

Adakah Kampung Inggris Selain di Pare?

Ngomong-ngomong soal Kampung Inggris, pasti kamu udah gak asing sama yang namanya Pare, kan? Nah, meskipun Pare jadi pusatnya, ternyata ada juga lho Kampung Inggris di tempat lain!

Salah satunya yang lagi ngehits adalah Kampung Inggris Plus di Jakarta. Ini adalah alternatif yang bisa kamu pilih kalau pengen belajar bahasa Inggris tapi nggak bisa jauh-jauh ke Pare.

Kampung Inggris Plus Jakarta menawarkan pengalaman belajar yang seru dengan metode yang persis seperti di Pare.

Jadi, Kampung Inggris Plus Jakarta tempat yang ideal bagi kamu yang tinggal di Jabodetabek, bahkan buat kamu yang tinggal di pulau Sumatera.

Di sini, kamu bisa dapet pengajaran dari tutor lokal bersertifikasi, hingga native speaker yang berpengalaman. Programnya juga beragam, mulai dari Kampung Inggris General, Holiday Program hingga dan IELTS Camp.

Adapun paket belajar yang tersedia mulai dari program 2 minggu, 4 minggu, 8 minggu, hingga 12 minggu.

Nah, menariknya dari Kampung Inggris Plus, kamu bisa NGEBUL alias nge-trip bareng BULE setiap minggunya, loh!

Belajar dapet, experience ngobrol langsung sama native juga dapet.

Nah, selain itu, kamu juga bisa dapetin teman-teman yang super asyik loh, dan tentunya mereka datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Jadi, daripada jauh-jauh ke Pare, mending ke Kampung Inggris Plus Jakarta aja.

Baca Juga: Biaya Kursus di Kampung Inggris Pare Semurah Ini?

Nah, setelah kita mengupas tuntas Sejarah Kampung Inggris Pare dan alternatif lain seperti Kampung Inggris Plus Jakarta, kita jadi tahu bahwa belajar bahasa Inggris itu bisa dilakukan di mana saja, tanpa harus jauh-jauh ke Pare.

Kalau kamu merasa terinspirasi untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu, nggak ada salahnya buat mempertimbangkan program liburan di Kampung Inggris Pare. Di sana, kamu bisa merasakan suasana belajar yang seru dan efektif, dikelilingi oleh teman-teman baru dari berbagai daerah.

Namun, jika kamu lebih memilih yang lebih dekat, Kampung Inggris Plus Jakarta juga bisa jadi pilihan yang nggak kalah menarik!

Jadi, tunggu apa lagi? Buruan daftar dan ikuti program istimewa dari KIP! 

program liburan kampung inggris pare

Teguh Gunawan, S.Li.

Teguh Gunawan, S.Li.

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.
Teguh Gunawan, S.Li.

Teguh Gunawan, S.Li.

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.