fbpx

Now Everyone Can Speak English

Cara Belajar Bahasa Inggris dari Nol, Nomor 5 Wajib Kamu Lakukan!

Daftar Isi

Cara Belajar Bahasa Inggris dari Nol, Nomor 5 Wajib Kamu Lakukan!
Gimana sih cara belajar bahasa Inggris dari nol? Gimana sih caranya memaksimalkan kemampuan bahasa Inggrismu di tengah pekerjaan dan studi yang cukup hectic? Buat kamu yang penasaran, Min-GO bakal kasih formula belajarnya di artikel ini. Jadi, pastikan kamu menyimaknya sampai selesai ya!

Kalau ngomongin soal skill yang satu ini, pasti kita semua sepakat kalau skill berbahasa Inggris merupakan salah satu kemampuan interpersonal yang wajib banget kita tekuni sedari dini.

Saat ini, bahasa Inggris bisa hibernasi seperti bunglon, jadi bisa digunakan dan dihidupkan sesuai dengan lingkungan kita. Ini berarti, kemampuan berbahasa Inggris itu bisa kita manfaatkan dalam berbagai situasi dan konteks.

Mungkin pernah terlintas di pikiran kita, apakah ada seseorang pemula yang langsung menjadi seorang praktisi padahal mereka baru belajar. Jawabannya ada!

Kok bisa demikian? Di dalam artikel ini, Min-GO akan bantu kamu temukan cara terbaik yang belum kamu temukan sebelumnya!

5 Cara Belajar Bahasa Inggris dari Nol

Kalau kata pepatah, tidak ada usaha yang mengkhianati hasil. Jadi, nggak ada alasan bagi kamu yang minder karena belajar bahasa Inggris. Di bawah ini, Golden English akan bagikan 5 cara belajar bahasa Inggris dari nol. Daripada penasaran, simak caranya di bawah ini yuk!

1. Menonton dan Memahami Film Berbahasa Inggris

Nah, perlu kamu ketahui bersama nih, kalau kemampuan bahasa Inggris itu bisa banget ditingkatkan melalui tontonan film Barat yang menggunakan bahasa Inggris, terlebih jika kamu memiliki hobi menonton/watching.

Biasanya, setiap film yang bisa ditonton di berbagai platform itu telah menyediakan subtitle berbahasa Indonesia, dan bahasa lainnya. Jadi, sembari menonton dan mendengar aktor bermain peran, kamu bisa sekaligus memahami kosakata demi kalimat yang dituturkan aktor film tersebut.

Untuk memaksimalkannya, kamu bisa gunakan waktu luang seperti weekend untuk menonton film Barat berbahasa Inggris, seperti di Netflix, Disney+ Hotstar, dan platform movie lainnya. Jangan lupa siapkan cemilan dan buku catatan untuk mencatat kosakata yang belum kamu pahami, dan kamu bisa mengulang catatan kosakata di setiap harinya.

2. Mendengar dan Menghafal Lirik Lagu Berbahasa Inggris

Kalau yang ini sih, bisa kamu lakukan setiap saat, terutama kalau kamu suka dengerin musik pas lagi berangkat ke sekolah atau kantor. Kamu bisa memulainya dengan mencari playlist spotify yang berbahasa Inggris, seperti lagu dari Taylor Swift, One Direction, dan penyanyi luar lainnya.

Biasanya, lagu merupakan salah satu cara seseorang untuk memahami atau mengekspresikan suasana hatimu. Dengan mendengarkan lirik-lirik lagu tersebut, kamu bisa memperluas kosakata baru dan bisa melafalkannya ketika kamu menyanyikan lagu tersebut.

Jika kamu menerapkan hal tersebut, telingamu akan terus berlatih menangkap lirik-lirik bahasa Inggris, sehingga akan lebih mudah lagi bagi kamu untuk memahami ungkapan bahasa Inggris yang kamu dengar di dalam kehidupan nyata.

3. Membaca Buku atau Novel Berbahasa Inggris

Jangan salah, ya! Meskipun cara yang satu ini terkesan paling tradisional daripada cara-cara yang lainnya, cara ketiga ini bisa jadi cara yang paling asik buat ningkatin kemampuan interpersonal bahasa Inggrismu secara intensif.

Cara yang satu ini terbilang powerful untuk memperkaya bahan bacaan serta memperluas kosakata bahasa Inggris yang belum kamu ketahui sebelumnya. Selain itu, proses membaca bisa membantu kamu dalam memahami tata bahasa atau grammar bahasa Inggrismu dengan baik.

Kamu bisa memulainya dengan memilih buku atau novel yang sesuai dengan genre yang kamu minati. Setelah itu, kamu bisa menyiapkan tools atau kamus untuk menerjemahkan kosakata atau kalimat utuh untuk membantumu memahami bacaan sesuai dengan konteks tertentu.

4. Praktik Berbicara Secara Konsisten

Bagi Min-GO, bahasa asing itu selalu berkaitan dengan namanya praktik. Tanpa praktik, kamu mungkin hanya bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu secara pasif, tapi tidak secara aktif.

Tapi tenang aja, kamu bisa banget melatih kemampuan speaking kamu secara perlahan namun efektif. Kamu bisa melakukannya dengan berbicara di depan kaca, atau mencoba memulai percakapan dengan keluarga atau temanmu menggunakan bahasa Inggris.

Min-GO percaya, kalau kamu terbiasa mempraktekkan kemampuan berbicara/speaking-mu, pronunciation kamu akan terlatih secara maksimal.

5. Belajar Bareng Tutor Berpengalaman di Kampung Inggris Terbaik

Meski kamu bisa memaksimalkan keempat cara belajar bahasa Inggris di atas, namun terasa kurang jika kamu ingin jago bahasa inggris, tapi tanpa bimbingan tutor yang berpengalaman.

Pepatah mengatakan, guru adalah pengalaman terbaik. Belajar bersama tutor berpengalaman di Kampung Inggris terbaik adalah langkah ideal jika kamu ingin mempelajari bahasa inggris secara optimal, terlebih jika kamu seorang yang berkeinginan belajar bahasa Inggris secara mendunia.

Baca Juga: Pentingnya Degrees of Comparison dalam Grammar Bahasa Inggris

Saat ini, kamu bisa banget belajar bahasa Inggris dari nol untuk pemula sekalipun di berbagai kursus bahasa Inggris di Indonesia. Namun, amat sangat disarankan jika kamu bisa mengikuti pembelajaran intensif di Kampung Inggris terbaik di Indonesia.

Kampung Inggris Plus Jakarta adalah solusinya. Bagi kamu yang berdomisili di Jabodetabek, kamu nggak perlu jauh-jauh belajar bahasa Inggris di Pare, karena di Jakarta, sudah ada Kampung Inggris terbaik yang menawarkan paket materi bahasa Inggris yang insentif dan mudah dipahami.

Dipandu dengan native speaker yang berpengalaman, Min-GO jamin, dalam seminggu kamu bisa menguasai bahasa Inggris, seperti vocabulary, grammar, hingga kemampuan berbicara dengan orang secara langsung, layaknya aktor-aktor yang bermain film Hollywood. Min-GO yakin kamu gak bakal nyesel!

cta

Referensi:

English Billion (online at) https://www.englishbillion.com/blog/info-english/cara-belajar-bahasa-inggris-dari-nol [accessed 16 May 2024]

Teguh Gunawan

Teguh Gunawan

Teguh Gunawan

Teguh Gunawan