fbpx

Wajib Tau! 25 Singkatan Bahasa Inggris yang sering banget muncul di Sosial Media, Apa Saja?

singkatan bahasa inggris

Penggunaan singkatan bahasa Inggris dalam bermedia sosial merupakan hal yang lazim dilakukan oleh pengguna sosial media saat ini. Selain untuk memudahkan komunikasi dan menghemat waktu, pemakaian singkatan bahasa Inggris pada postingan sosial media juga dapat membuat postingan tersebut terlihat lebih menarik dan kekinian.

Buat kamu yang aktif main sosmed, mengetahui arti dari singkatan-singkatan bahasa inggris yang umum dipakai di sosial media adalah hal yang wajib kamu lakukan agar mudah memahami maksud postingan orang lain serta juga untuk menghindari miskomunikasi. 

Lalu, apa sajakah singkatan bahasa Inggris yang sering banget muncul di sosial media dan perlu kamu tahu? Berikut 25 di antaranya!

  1. CMIIW

CMIIW adalah kependekan dari kalimat correct me if i’m wrong yang berarti “koreksi jika saya salah”. Singkatan bahasa Inggris ini umum dipakai di sosial media ketika seseorang tidak begitu yakin dengan informasi yang ia bagikan sekaligus meminta konfirmasi dari orang lain yang lebih tahu.  

  1. LOL

LOL adalah singkatan dari laugh out loud yang artinya “tertawa terbahak-bahak”. Selain menggunakan emoticon “orang tertawa”, kamu juga bisa merespon sesuatu yang lucu di sosial media pakai singkatan bahasa inggris ini. 

  1. LMAO

LMAO adalah kependekan dari laughing my ass off yang juga memiliki arti “tertawa terbahak-bahak”. Kamu bisa memakai istilah LOL dan LMAO secara bergantian ketika merespon sesuatu yang lucu di media sosial. 

  1. ROFL

ROFL adalah singkatan bahasa Inggris dari rolling on the floor laughing yang berarti “tertawa terbahak-bahak”. Kendati maknanya mirip dengan LOL dan LMAO, istilah ROFL ini justru cukup jarang ditemui di media sosial sebab hanya dipakai untuk merespon sesuatu yang benar-benar sangat lucu.

  1. IMHO

IMHO adalah kependekan dari in my humble opinion yang memiliki arti “menurut pendapat saya” namun disampaikan dengan cara yang sopan. Singkatan ini sering banget dipakai orang ketika menyampaikan pendapat mereka terhadap berita yang sedang hangat atau konflik yang lagi happening di media sosial. 

  1. ICYMI 

ICYMI adalah kependekan dari in case you missed it , yang artinya “jika kamu melewatkannya”. Istilah ini kerap dipakai untuk menginformasikan dengan sopan kepada seseorang bahwa mereka telah melewatkan suatu informasi. 

  1. TTYL

TTYL adalah kependekan dari talk to you later yang berarti “nanti kita ngobrol lagi”. Singkatan ini bisa kamu pakai untuk menghentikan percakapan dengan orang lain di media sosial tapi dengan sopan.

  1. IRL

IRL adalah singkatan dari in real life yang artinya “di kehidupan nyata” atau “pada kenyataannya”. Istilah ini sering dipakai untuk menggambarkan perbedaan kontras antara hidup seseorang di dunia maya dan di dunia nyata. Saking populernya istilah ini, kamu mungkin sering melihat IRL digunakan pada beberapa meme

  1. AMA

AMA adalah kependekan dari ask me anything yang memiliki arti “tanya saya apa saja”. Singkatan ini sering banget dipakai oleh influencer atau publik figur di media sosial untuk membangun hubungan dengan followers mereka lewat sesi tanya jawab secara langsung. 

  1. ASAP

ASAP adalah kependekan dari as soon as possible yang berarti “secepatnya” atau “sesegera mungkin”. Singkatan ini dapat kamu pakai untuk memberitahu ke orang lain kalau kamu akan mengerjakan sesuatu sesegera mungkin atau bisa juga dipakai untuk memberi perintah ke orang lain untuk mengerjakan sesuatu secepatnya.

  1. SMH

SMH adalah singkatan dari shake my head yang berarti “menggelengkan kepala”. Istilah ini dapat kamu pakai untuk merespon sesuatu yang terlihat sangat bodoh di media sosial sehingga kamu hanya bisa menggeleng-gelengkan kepala.

  1. AFK

AFK adalah kependekan dari away from keyboard yang memiliki arti “jauh/menjauh dari keyboard”. Singkatan ini sering dipakai untuk menginformasikan orang lain kalau kamu atau orang lain sedang tidak lagi berada di dekat komputernya.

  1. BRB

BRB adalah kependekan dari be right back yang artinya “akan segera kembali”. Singkatan ini dipakai bila kamu ingin izin sejenak dari percakapan yang sedang berlangsung di media sosial lalu kembali lagi.   

  1. FYI

FYI adalah singkatan gaul bahasa inggris yang memiliki kepanjangan for your information. Arti dari singkatan ini adalah “sebagai informasi saja” dan biasanya dipakai untuk menginformasikan suatu hal yang kemungkinan belum diketahui orang lain. FYI sendiri adalah istilah yang sering diletakkan di awal kalimat sebelum informasi penting yang ingin disampaikan ditulis. 

  1. GWS

GWS adalah kependekan dari get well soon yang berarti “semoga cepat sembuh”. Singkatan ini awalnya hanya dipakai untuk mendoakan agar orang lain cepat sembuh. Tapi semakin kesini banyak juga orang yang menggunakan istilah GWS untuk mendoakan orang agar segera keluar dari situasi sulitnya secara umum, bukan semata menyangkut soal kesehatan. 

  1. BTW

BTW adalah kependekan dari by the way yang artinya “ngomong-ngomong”. Singkatan ini biasa dipakai orang untuk memulai suatu topik percakapan baru di media sosial. 

  1. IKR

IKR adalah slang words atau bahasa gaul dalam bahasa inggris yang memiliki kepanjangan I know, right? yang berarti “saya tahu, bukan?”. Singkatan ini dapat kamu pakai untuk menunjukkan persetujuan kamu terhadap pendapat orang lain di media sosial. 

  1. NSFW

NSFW adalah kependekan dari not safe for work yang berarti “tidak aman untuk kerja”. Istilah ini sering banget dipakai untuk menandai konten, video, atau halaman situs tertentu yang berisi informasi mengganggu bila dibuka di lingkungan kerja (kantor), sekolah, atau di ruang publik. 

Informasi tersebut dapat berupa sesuatu yang berbau seksual/pornografi, kekerasan, cercaan dan makian, ketidaktepatan politik, hingga materi lainnya yang berpotensi mengganggu. Jadi, lain kali ketika kamu melihat ada postingan media sosial yang diberi hashtag #NSFW, sebaiknya nikmati konten tersebut hanya ketika kamu sedang sendirian.

  1. DYOR

DYOR adalah kependekan dari do your own research yang berarti “lakukan risetmu sendiri”. Istilah ini sangat sering dipakai di dunia investasi untuk menganjurkan orang-orang agar melakukan riset sendiri sebelum mengambil keputusan investasi dan bukan hanya sekadar ikut-ikutan.

  1. TBH

TBH adalah singkatan bahasa inggris dari to be honest yang berarti “sejujurnya”. Kamu dapat menggunakan singkatan ini setiap kali kamu ingin mengutarakan pendapat atau mengungkapkan infromasi tertentu yang sejujur-jujurnya kepada pengguna lain di media sosial.

  1. AKA

AKA adalah singkatan dari also known as yang artinya “juga dikenal sebagai”. Istilah gaul bahasa Inggris ini umumnya dipakai untuk menginformasikan nama lain seseorang (nama panggung) di media sosial atau bisa juga digunakan untuk menyebut sesuatu yang mirip. 

  1. OOTD

OOTD adalah slang words dalam bahasa Inggris yang kepanjangannya outfit of the day. Istilah ini biasanya digunakan sebagai hashtag di media sosial untuk menunjukkan pilihan pakaian dan aksesori yang dipakai pada hari itu. 

  1. WDYT

WDYT adalah singkatan dari what do you think yang berarti “apa pendapatmu?”. Istilah ini dapat kamu gunakan untuk menanyakan pendapat orang lain terhadap suatu hal namun tidak ingin cape-cape menulis what do you think secara lengkap.

  1. IDK

IDK merupakan singkatan dari I don’t know yang berarti “saya tidak tahu”. Kamu bisa pakai singkatan bahasa Inggris ini untuk merespon secara singkat pertanyaan orang lain yang kamu tidak tahu apa jawabannya.  

  1. DM

DM merupakan bahasa gaul internet yang memiliki kepanjangan direct message dan berarti “pesan langsung”. Istilah ini biasa dipakai oleh seseorang ketika ingin bertukar pesan secara privat di media sosial, alih-alih lewat timeline yang dapat dilihat semua orang. 

Itulah tadi beberapa contoh singkatan bahasa Inggris yang sering banget muncul di sosial media. Jangan lupa dicatat dan ingat baik-baik yaa agar kamu tidak dibilang katro alias kampungan saat bermain sosial media.