Umur berapa anak mulai les bahasa Inggris ?

Dear para orang tua,

Jika judul diatas adalah pertanyaan Anda selama ini, ijinkan kami memaparkan secara detail menyangkut usia ideal bagi anak untuk mulai mempelajari bahasa asing.

Bagi para orang tua, mempersiapkan putra dan putrinya untuk dapat bersaing di era yang semakin kompetitif kelak, merupakan suatu keharusan. Salah satu caranya adalah dengan membuka jalan bagi anak agar dapat menguasai bahasa Internasional. Bisa dengan memutarkan video-video pendidikan berbahasa Inggris, mengajaknya berbicara bahasa Inggris, mengikutkannya ke Tempat kursus bahasa Inggris, sampai memilih sekolah yang memiliki sistem pengajaran bilingual. Bagaimana tidak, menguasai bahasa Inggris adalah bentuk kesungguhan dan totalitas dalam bidang akademis, karir, maupun bisnis mereka di kemudian hari.

 

Para orang tua yang “futuris” pasti sudah memprediksi hal ini. Dan cara terbaik yang akan mereka tempuh biasanya adalah membuat anak familiar dengan bahasa Inggris sedini mungkin. Apakah langkah tersebut sudah tepat? Mari kita bahas.

 

Berikut adalah fakta tentang pengenalan bahasa terhadap anak yang harus kita ketahui:

  1. Pada usia 7 bulan, seorang anak sudah bisa merespon dan menyadari namanya sendiri
  2. Pada usia 1 tahun, anak sudah dapat merespon instruksi-instruksi singkat, semacam “iya”, “mau?” “ayo”. “makan”, “bobo” dll
  3. Dari usia 2 tahun, anak sudah bisa menguasai sepatah dua patah kata, dan memahami kalimat-kalimat singkat sederhana.
  4. Sejak usia 3 tahun, anak sudah bisa mengekspresikan kemauan-kemauannya serta bertanya-tanya melalui kalimat-kalimat sederhana.

 

 

Dari fakta-fakta diatas, bisa dikatakan bahwa setiap anak adalah “fast-learner” untuk urusan berbahasa. Bagaimana bisa? Sesuai dengan konsep pembalajaran bahasa, bahwa kunci utama untuk bisa menguasai sebuah bahasa adalah dengan melakukan “massive input”. Hal ini dijelaskan pada salah 1 artikel kami di Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat dan Efektif

 

Pada hakikatnya, massive input adalah salah satu cara menguasai bahasa yang efisien, tidak hanya untuk anak-anak, tapi juga untuk orang dewasa. Dengan membaca buku-buku berbahasa Inggris, menonton film-film berbahasa Inggris, menonton program TV berbahasa Inggris atau mendengarkan lagu berbahasa Inggris, maka Anda sedang melakukan salah satu kunci menguasai bahasa Inggris, yaitu “massive input”. Teko hanya mengeluarkan apa yang ada di dalam isinya, output berbahasa (berbicara) hanya akan sebaik inputnya (mendengar). Sehingga, cara yang sangat efektif agar bisa berbicara bahasa asing, adalah dengan mendengarkan sebanyak mungkin kalimat-kalimat dari bahasa asing tersebut. Dan itulah yang dilakukan oleh orang tua kepada anaknya sejak dalam kandungan. Menyapa, mengobrol, bersenda gurau, mendo’akan, dll adalah input yang sangat efisien dari orang tua untuk anak. Maka sangat wajar, jika pada usia yang baru 2-3 tahun, seorang anak sudah bisa menangkap dan mengutarakan banyak pesan (read: berbahasa).

 

Seorang anak adalah peniru terbaik, dalam urusan berbahasa, ini akan sangat membantu mengembangkan kemampuannya dalam mengenali serta menggunakan kata-kata juga dalam menyusun kalimat. Anak akan dengan mudah meniru kata-kata yang biasa digunakan di lingkungannya.

 

Hal lain yang terkadang menjadi kekhawatiran orang tua “apakah dengan mempelajari bahasa asing, anak akan bingung dan tidak optimal dalam penggunaan bahasa ibu?”

 

Mempelajari bahasa asing, tidak akan mengurangi keterampilan anak dalam menggunakan bahasa Ibu, sebab seorang anak memiliki keterampilan linguistik dalam menguasai beragam bahasa dengan cepat.

 

Asal pola belajar yang diterapkan tepat, maka seorang anak bisa menjelma menjadi jenius yang menyerap banyak kosakata dengan cepat. Pada artikel sebelumnya di Kursus Bahasa Inggris Untuk Anak kami juga pernah memaparkan bahwa daya tangkap anak bisa meningkat jika metode yang digunakan sesuai dengan karakter anak. Jika anak diajak terlibat dalam peragaan, turut melakukan, mendengar, meraba, mencium, berpartisipasi dalam suatu adegan yang melibatkan tubuh, panca indra dan emosi, maka daya tangkap anak semakin tinggi. Sebaliknya, jika ruang partisipasi anak dikurangi, maka daya tangkap anak bisa menurun.

 

Lantas, apa yang harus pertama kali dilakukan orang tua setelah mantap untuk mengenalkan bahasa asing kepada anak?

Ada beberapa hal yang bias dilakukan orang tua, beberapa diantaranya adalah:

  1. Berkomunikasi sehari-hari dengan bahasa Inggris, dapat juga dikombinasikan dengan bahasa Indonesia
  2. Mencoba tinggal beberapa waktu di luar negeri (diutamakan di negara yang berbahasa Inggris) agar anak terbiasa mendengar
  3. Membelikan mainan baik fisik maupun digital yang berbahasa Inggris
  4. Ikutsertakan di Lembaga Pendidikan kursus bahasa Inggris

 

Masalahnya, hanya beberapa point saja yang bisa dipenuhi oleh orang tua. Tidak semua point diatas sanggup terpenuhi. Well, Anda memang tidak harus memenuhi semua point diatas. Cara termudah yang dilakukan oleh orang tua, biasanya dengan mengirimkan anak ke Lembaga kursus. Dengan begitu, Anda telah memenuhi ke-4 point diatas. Karena di Lembaga kursus anak-anak akan berkomunikasi berbahasa Inggris dengan tutor yang didukung lingkungan yang juga aktif berbahasa Inggris.

 

Seberapa efektifkah mengikuti kursus bahasa Inggris bagi anak?

Well, seperti yang kami jelaskan diatas. Jika pola pembelajaran dan metode yang digunakan tepat, maka mengikuti kursus akan sangat efektif. Metode kursus yang harus Anda cari adalah

  1. Metode yang tidak terfokus pada materi, namun fokus pada students’ engangement
  2. Metode yang melibatkan anak-anak secara total, mulai dari pemaparan materi dengan alat peraga, latihan-latihan dengan movement yang menstimulasi minat anak, hingga aktifitas-aktifitas kelas yang melibatkan anak untuk berperan lebih
  3. Metode yang berfokus pada praktik dan mengarahkan siswa untuk bicara bahasa Inggris.

 

Anda bisa mengetahui ketiga metode tersebut berlaku atau tidak di Lembaga yang Anda tuju dengan cara terlebih dahulu mengikuti free trial. Amati betul, bagaimana metode yang digunakan oleh Lembaga, textbook atau aplikatif + simulatif.

 

Apakah sampai disitu? Tidak. Masih ada pertimbangan-pertimbangan lain dalam memilih Lembaga kursus bagi anak untuk hasil terbaik.

  1. Pastikan Lembaga berijin operasional dan telah tersertifikasi oleh Kemendikbud
  2. Cek kurikulum yang digunakan, lihat terlebih dahulu modul-modulnya. Pastikan modul yang digunakan sesuai kebutuhan dan harapan Anda (aplikatif dan simulatif)
  3. Lihat profil pengajarnya, lulusan mana dan sudah certified kah?
  4. Penting untuk mencari Lembaga yang memiliki pengajar native speaker, native speaker bisa memberikan atmosfir belajar yang berbeda.
  5. Pastikan juga Lembaga memiliki fitur dan fasilitas belajar yang memadai untuk memudahkan siswa dalam mencerna materi-materi.

Untuk lebih detail, silakan baca artikel kami yang lain https://golden-course.com/tips-memilih-tempat-kursus-bahasa-inggris-murah-namun-berkualitas/

Untuk memudahkan Anda, kami hadir.

Golden English adalah Lembaga kursus bahasa Inggris yang dapat menjadi pilihan utama Anda. Metode kami telah diuji oleh lebih dari 5.000 peserta kursus. Golden English telah memenuhi seluruh standar fasilitas dan kurikulum untuk menyajikan program kursus unggulan dan berkualitas.

 

Atas berbagai terobosan dan inovasi pada metode pembelajaran bahasa Inggris, di tahun 2016, Golden English mendapatkan penghargaan sebagai Lembaga Kursus Kreatif 2016 dari Dinas Pendidikan.

 

 

12 Keunggulan Golden English :

  1. Lembaga Pendidikan Kredibel, peraih penghargaan lembaga kursus kreatif dari Dinas Pendidikan.
  2. Lembaga Pelatihan bersertifikat Nilek Nasional (Kemendikbud)
  3. Satu-satunya lembaga kursus dengan model belajar terlengkap (Private, Reguler, Online, Dormitory, dan in-Company Training)
  4. Menyediakan fasilitas GARANSI 100%
  5. Menyediakan fasilitas free counselling eksklusif 12 jam dengan teacher
  6. Para pengajar professional, friendly dan berpengalaman
  7. GRATIS Practice English dengan guru native speakers selama aktif kursus
  8. Kurikulum, hand-outs dan buku panduan lengkap berstandar Internasional
  9. Setiap sesi kelas di konsep interaktif, efektif dan mudah dipahami
  10. Menyediakan forum online dengan fitur belajar lengkap
  11. Agar peserta semakin natural dan fasih, Golden English mengikutsertakan peserta ke komunitas-komunitas Bahasa Inggris (free). Golden English juga mengadakan gathering rutin setiap 3 bulan dan tahunan (akbar)
  12. Daftar kursus privateGRATIS kursus reguler

 

Info lebih lanjut, silakan cek di www.golden-course.com

Untuk kursus online, cek disini

Untuk kursus regular, cek disini

Untuk kursus private, cek disini

Untuk in-Company Training, cek disini

Untuk Dormitory (intensif), cek disini

 

1
Hallo, Selamat Datang di Website Resmi Golden English Course Kursus Bahasa Inggris Berkualitas Terjangkau dan Bersertifikat, ada yang bisa kami bantu ?
Powered by