fbpx

10 Cara Meningkatkan Kosa kata dalam Bahasa Inggris

Tips Memperbanyak Perbendaharaan Kata Dalam Bahasa Inggris

tips memperbanyak perbendaharaan kosakata bahasa inggris

 

Salah satu cara ampuh meningkatkan kemampuan bahasa Inggris adalah dengan memperbanyak kosakata. Semakin banyak kosakata bahasa Inggris yang kamu tahu, maka akan semakin baik pula kamu dalam memahami dan menggunakan bahasa Inggris.

Baik itu dari sisi kemampuan mendengarkan, membaca, serta menulis, sampai dengan kemampuan kita untuk berbicara bahasa Inggris.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah kosa kata dalam bahasa Inggris.

Berikut ini kami akan memberikan 10 tips dalam upaya memperbanyak kosakata bahasa Inggris yang wajib kamu coba.

1. Membaca buku yang ditulis dengan bahasa Inggris

tips memperbanyak perbendaharaan kosakata bahasa inggris

Dengan membaca buku berbahasa Inggris tentu saja bisa memperkaya kosa kata bahasa Inggris kamu dengan sangat cepat. Pasalnya, dengan membaca buku berbahasa Inggris, kamu akan lebih mudah mendapatkan perbendaharaan kata baru untuk dihapal.

Selain itu, kamu juga dapat mengetahui bagaimana penggunaan dari kata tersebut yang sesuai dalam sebuah kalimat. Apakah artinya akan berbeda ketika kata itu diletakkan pada kalimat lain ? tentu saja semua itu dapat kamu pelajari dengan membaca buku berbahasa Inggris.

Walaupun diawal terasa sangat sulit, akan tetapi jangan menyerah, terus lakukan hal ini hingga menjadi sebuah kebiasaan, dan dengan itu secara tak sadar kamu akan mendapati dirimu semakin mahir berbahasa Inggris ditambah dengan banyaknya kosakata yang telah dikuasai.

Silakan baca buku berbahasa Inggris apa saja, entah itu fiksi atau non-fiksi. Kalau kamu senang membaca novel bahasa Inggris, coba deh baca buku serial Harry Potter karya J. K. Rowling atau The Lord of The Rings karya J. R. R. Tolkien. Soalnya, di buku cerita seperti itu, biasanya terdapat banyak sekali kosa kata bahasa Inggris yang bisa kamu temukan.

Kalau kamu merasa kesulitan dalam memahami buku berbahasa Inggris, sebaiknya mulai dulu dengan membaca buku bilingual bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Barulah setelah terbiasa buku yang bertuliskan bahasa Inggris, kamu bisa perlahan pindah ke buku yang full berbahasa Inggris.

Baca Juga : 10 Alasan Mengapa Bahasa Inggris Penting Untuk Karyawan

2. Sediakan selalu Kamus

tips memperbanyak perbendaharaan kosakata bahasa inggris

Setiap kali kamu terlibat dengan sesuatu yang ada hubungan dengan bahasa Inggris, jangan lupa untuk selalu membawa kamus. Baik itu ketika membaca buku berbahasa inggris, mendengarkan lagu barat, menonton film Hollywood, hingga berbicara dengan bule (native speaker).

Kamus yang dibawa tidak harus berupa buku, tapi bisa juga aplikasi kamus yang ada di smartphone seperti Google Translate, U-Dictionary, dan lain sebagainya. Tentu saja hal itu dapat mempermudahmu dalam mencari makna dari kata-kata asing yang kamu dengar atau kamu temukan.

 

3. Buatlah sebuah buku catatan khusus untuk kosa kata bahasa Inggris

tips memperbanyak perbendaharaan kosakata bahasa inggris

Menurut sebuah penelitian di jurnal Neurologi Cortex tahun 2013, yang mengatakan bahwa menulis tangan bisa meningkatkan memori serta kecerdasan dari seseorang, sehingga membuatnya bisa mengingat informasi lebih lama dibandingkan mereka yang menulis di komputer atau smartphone.

Apabila kamu ingin memperbanyak perbendaharaan kata bahasa Inggris secara cepat, buatlah buku catatan khusus yang berisi tentang setiap kata bahasa inggris yang sudah kamu pelajari. Tulis catatan tersebut dengan tangan agar lebih mudah diingat dan jangan lupa untuk sering-sering menggunakan kata yang sudah kamu pelajari tersebut supaya semakin menempel di otak dan tidak mudah dilupakan.

4. Belajar Idioms

tips memperbanyak perbendaharaan kosakata bahasa inggris

Idioms merupakan sebuah ungkapan atau pribahasa dalam bahasa Inggris yang tak dapat diartikan secara harfiah. Idioms sendiri adalah gabungan dari beberapa kata atau frase yang menciptakan arti baru ketika digabungkan dan tentu saja berbeda dari arti sebelumnya. Contoh, dalam bentuk Idioms, A piece of cake diartikan sebagai “sesuatu yang mudah atau gampang dilakukan”, bukan “sepotong kue”.

Belajar Idioms secara tidak langsung dapat meningkatkan jumlah perbendaharaan kata bahasa inggris yang kamu kuasai. Pasalnya, dalam setiap idioms pasti mengandung lebih dari satu kata bahasa Inggris. Maka dengan itu, kamu harus lebih sering mempelajari idioms agar semakin banyak jumlah kata bahasa Inggris yang kamu kuasai.

Berikut ini beberapa contoh Idioms populer yang harus kamu ketahui:

  • No pain no gain
  • Kill two birds with one stone
  • To feel under the weather
  • A blessing in disguise
  • Break a leg

5. Menonton film Hollywood dengan subtitle bahasa Inggris

tips memperbanyak perbendaharaan kosakata bahasa inggris

Untuk kamu yang senang menonton film-film Hollywood, coba kamu menontonnya dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris. Dengan seringnya kamu melakukan ini, pasti kamu akan lebih cepat untuk menguasai bahasa Inggris.

Karena setiap kali pemeran pada film tersebut berbicara menggunakan bahasa Inggris, kamu akan langsung tahu kata apa yang disebutkan melalui subtitle dan juga kamu akan mengetahui bentuk tulisannya dan bagaimana cara pengucapan yang benar.

Dengan begitu, kamu bisa belajar tiga pelajaran bahasa Inggris sekaligus hanya dalam satu kali menonton film. Biasakan menonton film barat dengan subtitle bahasa Inggris bila ingin cepat pintar bahasa Inggris. Semakin sering kamu berlatih melakukan ini, maka akan semakin banyak pula jumlah perbendaharaan kata dalam bahasa inggris yang kamu kuasai.

Baca Juga : Sederet Rekomendasi Film Luar yang Bisa Membuat Skill bahasa Inggris-mu Makin Kece

6. Bermain Scrabble

tips memperbanyak perbendaharaan kosakata bahasa inggris

Scrabble adalah salah satu jenis permainan kata dalam bahasa Inggris yang sangat populer dan seru untuk dimainkan. Pada permainan ini, setiap pemainnya diharuskan untuk membentuk sebuah kata baru dari berbagai huruf yang tersedia yang dapat disambung dengan kata sebelumnya.

Di samping menyenangkan, bermain Scrabble juga termasuk salah satu cara terbaik untuk memperbanyak perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris. Catat setiap kosa kata baru yang kamu ketahui dari permainan Scrabble pada buku catatan agar lebih mudah mengingatnya.

 

7. Main Omegle atau Ome TV

tips memperbanyak perbendaharaan kosakata bahasa inggris

Akhir-akhir ini trend menggunakan situs atau aplikasi Omegle serta Ome TV semakin marak digandrungi oleh anak muda Indonesia terutama dalam hal berbicara dengan orang luar atau bule. Selain bisa menambah kenalan atau teman baru, aplikasi obrolan onlin gratis ini dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk kamu mempelajari berbahagai bahasa asing, misalnya bahasa Inggris.

Apabila kamu tertarik, silakan buat akun di salah satu situs tersebut. Setelah itu, pilih negara berbahasa Inggris seperti Amerika dan Kanada agar kamu dapat bertemu dan berbicara dengan orang-orang yang menggunakan bahasa inggris. Kamu dapat menggunakan VPN jika lawan bicara yang sering kamu temui malah orang Indonesia.

 

8. Dengarkan lagu bahasa Inggris

tips memperbanyak perbendaharaan kosakata bahasa inggris

Selain menonton film barat, sering mendengarkan lagu bahasa Inggris juga adalah cara yang efektif untuk memperbanyak perbendaharaan kata dalam bahasa inggris. Penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat membantu seseorang belajar bahasa asing lebih baik.

Sering mendengarkan musik berbahasa Inggris akan memperkaya dan membantu kamu menghapal kosa kata lebih baik. Selain itu, lewat mendengarkan lagu barat kamu juga dapat belajar grammar bahasa Inggris  dengan lebih cepat dan menyenangkan.

 

9. Atur bahasa default Smartphone menjadi bahasa Inggris

Selanjutnya, tips memperbanyak perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris bisa dilakukan dengan mengatur bahasa default smartphone kamu ke bahasa Inggris. Begitu pun dengan aplikasi-aplikasi smartphone yang kamu gunakan. Atur semuanya dalam bahasa Inggris. Dengan begitu, kamu akan terus mendapatkan supply kosa kata bahasa inggris baru untuk dihapal.

Baca Juga : Kursus Bahasa Inggris Online Tak Kalah Efektif Dibanding Offline

10. Main games dalam bahasa Inggris

tips memperbanyak perbendaharaan kosakata bahasa inggris

Saat ini siapa sih yang tak suka bermain games? Entah itu permainan konsol (Playstation dan Nintendo) ataupun jenis game PC dan smartphone, hampir semua orang pasti menyukai game karena sifatnya menyenangkan dan juga dapat meningkatkan mood seseorang.

Bukan hanya itu, dengan bermain game kamu juga dapat memperbanyak kosa kata bahasa Inggris lho. Karena, rata-rata semua video game yang tersedia pasti menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Kalaupun ada opsi untuk mengubah ke bahasa lain, sebaiknya jangan lakukan hal itu .

Nah, itu dia 10 tips memperbanyak perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris yang harus kamu coba. Disamping mudah untuk diterapkan, beberapa tips diatas juga sangat menyenangkan untuk dilakukan, sehingga tentu saja tak akan membebani kamu, seperti menonton film, bermain games, dan mendengarkan lagu.

Supaya hasil belajarmu lebih maksimal, sebaiknya ikuti juga kursus bahasa Inggris. Saat kamu mengikuti sebuah kursus bahasa Inggris, kamu akan bertemu teman-teman baru yang memiliki tujuan sama, sehingga kamu dapat terus menambah perbendaharaan kosakata secara intens dan natural.

Buat kamu yang memiliki aktifitas padat, kursus bahasa Inggris online bisa menjadi alternatif terbaik. Karena kamu bisa mengakses materi dari manapun tanpa terbatas oleh jarak. Keep calm and study English!