fbpx

Now Everyone Can Speak English

Cara Ampuh Supaya Meraih Skor Tinggi Di Tes TOEFL

Daftar Isi

Cara Ampuh Supaya Meraih Skor Tinggi Di Tes TOEFL

tips-jitu-lancar-tes-toefl

 

Di artikel ini kita akan mengulas mengenaiTes TOEFL dan kita akan share kiat buat lancar tes TOEFL, khususnya TOEFL ITP.

Artikel ini dikhususkan buat pembaca yang masih belum tahu apa saja sih yang harus disiapkan sebelum mengambil Test TOEFL ini.

Sebelum itu, kita mau menjelaskan perbedaan antara TOEFL ITP OFFICIAL dan TOEFL ITP PREDICTION. Diantara kedua tes tersebut yang membedakan ialah lembaga yang mengeluarkan sertifikat hasil ujian. Jadi, untuk TOEFL ITP OFFICIAL ini dikeluarkan langsung oleh IIAF atau ETS, sedangkan untuk TOEFL Prediction biasanya lembaga kursus.

Namun buat teman-teman jika seandainya ingin mengikuti TOEFL prediction yang harus diperhatikan yaitu lembaga kursusnya legal dan terakreditasi atau tidak dan tentu akan lebih baik apabila lembaga kursusnya itu memiliki reputasi yang baik. Semakin baik reputasi lembaga, maka akan semakin bernilai sertifikat yang didapat.

Sementara kemiripan diantara TOEFL ITP dan TOEFL Prediction itu berada di level kesulitan soal dan sistem ujiannya itu dibuat semirip mungkin. Jadi, kesimpulannya, yang membedakan antara TOEFL ITP dan TOEFL Prediction hanya berupa institusi yang menerbitkan sertifikat. Untuk memilih antara kedua tes ini, sebaiknya kamu perlu mengetahui persyaratan yang diinginkan oleh institusi yang kamu tuju.

Jika lembaga yang kamu tuju menerima penggunaan sertifikat TOEFL Prediction, lebih baik kamu mendaftar tes TOEFL prediction saja, mengingat harganya yang lebih terjangkau dan pilihan jadwal yang lebih fleksibel.

Trik sederhana yang bisa bermanfaat untuk teman-teman pada saat menghadapi TOEFL ITP:

1. Membutuhkan Persiapan
Karena “practice makes perfect”, oleh karena itu teman-teman butuh persiapan, mulailah belajar dengan intensif dan disarankan agar bisa mengikuti les ataupun mempelajari buku-buku latihan TOEFL.

Baca Juga : 5 Skill Yang Dibutuhkan Untuk Generasi Muda di Masa Depan

2. Jangan Begadang

Ketika hendak mengikuti ujian TOEFL dianjurkan jangan begadang, lantaran itu benar-benar berdampak kepada performa kita pada saat pengerjaan tes.

3. Jangan lupa bawa Alat Tulis Kita Sendiri
Saran dari kami jangan pernah pinjam alat tulis teman. Pensil yang diwajibkan adalah pensil 2B, karena nanti jawaban akan dinilai menggunakan komputer.

4. 20 Menit Lebih Awal Tiba di Tempat Tes

Hal ini sangat berdampak, kalau kita telat, akhirnya fokus kita akan terpecah dan tidak teliti.

5. Bawa Sapu Tangan ataupun Tissue
Barangkali untuk teman-teman yang tangannya suka basah ataupun berkeringat, bawalah sapu tangan atau tisu, sebab apabila teman-teman selama pengerjaan terkena air, lalu kertas jawaban akan menjadi basah, umumnya lembar jawaban tidak akan diberikan lagi, jadi tidak ada lembar jawaban pengganti, jadi sebaiknya jawaban itu digunakan dengan sebaik mungkin, sehingga kita tidak harus meminta kepada pada penjaga.

6. Jangan Pernah Membiarkan Jawaban Tidak Diisi

kenapa kita tidak boleh membiarkan jawaban yang tidak di isi? sebab jika jawaban kita salah, itu tidak akan mengurangi poin, tetapi apabila teman-teman sudah membiarkan jawabannya kosong, itu berarti pointelah dipastikan nol. Kemudian, untuk jawabannya yang masih kosong, coba saja diisi ya, teman-teman, siapa tahu kita benar.

7. Tidak Lupa untuk Manajemen Waktu dengan Baik

Setiap bagian tes TOEFL nantinya terdapat pembagian waktu dan itu berasa cepat karena memang kita benar-benar fokus terhadap soal tersebut. Jadi kita harus pintar-pintar memanage waktu ya, teman-teman.

Biasanya tes TOEFL terbagi dari tiga bagian yang pertama listening, yang kedua structure and written expression, yang ketiga adalah reading comprehension.

Baca Juga : 3 Kisah Sukses Peraih Beasiswa Luar Negeri Yang Sangat Memotivasi

Listening itu terbagi dari 50 soal dan durasinya sekitar 35 menit tergantung pada lamanya kaset ketika listening itu dan ingat, audio hanya satu kali diputar serta kita tak bisa request pengulangan, so you have to listen carefully. Lantaran jika kita missing sedikit saja, kita menjadi tidak fokus.

Yang kedua ialah structure. Structure memiliki 40 pertanyaan, memang tidak sebanyak daripada listening section, tapi durasinya cuma 25 menit, bayangkan untuk 1 pertanyaan kita itu harus menyelesaikan sekitar 30 detik.

Sebab itu teman-teman membutuhkan ketelitian ketika mengerjakan pertanyaan structure, lantaran biasanya pada structure ini terdapat banyak jebakan.

Yang ketiga ialah reading. Reading comprehension memiliki 50 soal, lebih banyak daripada structure dan durasinya 55 menit. Lebih banyak ya dibandingkan structure. Meski demikian, durasinya bakal berasa sangat cepat, jadi kamu perlu menyiapkan semuanya, termasuk kursus atau membaca buku atau mempelajari video-video TOEFL di Youtube. Kami menyarankan hal ini karena soal di dalam tes TOEFL memang Tricky banget dan waktunya sangat sebentar, so teman-teman harus benar-benar atur waktu.

Nah, pada saat ikut kursus atau pelatihan, umumnya kita dikasih tips dan trik mengerjakan pertanyaan secara efektif dan jika kita telah memahami dan terlatih ketika menyelesaikan setiap pertanyaan TOEFL, maka kita tidak harus mengartikan satu persatu vocabulary yang ada di dalam soal tes TOEFL. Dan cara itu biasanya akan dikasih pada saat kita les atau kamu bisa coba cara lain, seperti belajar mandiri dengan mencari di youtube atau membeli buku buku TOEFL.
Nah, saat ini kita akan menjelaskan setiap bagian-bagian ujian TOEFL

a. Listening comprehension
Listening Comprehension itu terbagi jadi tiga bagian, yaitu part a, part b, part c. Di part a teman-teman bakal menyimak dialog pendek antara dua speaker. Buat part b, teman-teman akan mendengarkan percakapan yang lebih panjang dibandingkan part a, dan di part c teman-teman akan mendengarkan sebuah pidato yang lama dan di part c ini satu pidato itu digunakan buat 4-5 soal. Jadi you have to listen carefully dan disini Kamu benar-benar membutuhkan ketelitian buat mendengar pesan yang dikatakan oleh speaker.

b. Structure
Structure ini dibagi jadi dua bagian yang pertama ialah part A yang isinya multiple choice dan bagian kedua yaitu recognizing grammatical mistakes, jadi disini teman-teman harus mengamati suatu pertanyaan.

c. Reading
Di bagian reading ini, untuk semua model soalnya sama dari awal hingga akhir, seluruh pola soalnya bisa dikatakan serupa dan biasanya setiap satu artikel buat 1-5 soal.

Sudah lumayan banyak pemaparan kami tentang TOEFL ITP, nah untuk teman-teman yang mau ikut tes TOEFL ITP Online, Golden English bisa menjadi pilihan ideal.

Karena Golden English Telah berpengalaman melayani lebih dari 50.000 peserta serta ratusan perusahaan, Golden English berkomitmen untuk selalu memberikan pendidikan profesional dan unggul untuk masyarakat Indonesia.

Buat informasi lebih detil, silakan hubungi CS Golden English via whatsapp di 0816 251 154.

Aldo

Aldo

Aldo

Aldo