fbpx

Now Everyone Can Speak English

Cara Ampuh Agar Lancar Tes TOEFL

Daftar Isi

Cara Ampuh Agar Lancar Tes TOEFL

tips-jitu-lancar-tes-toefl

 

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentangTes TOEFL dan kita akan membagikan cara buat meraih skor tinggi di tes TOEFL, khususnya TOEFL ITP.

Tulisan ini dibuat buat pembaca yang ingin tahu apa saja sih yang wajib disiapkan sebelum ikut Test TOEFL ini.

Selain itu, kita mau memaparkan perbedaan dari TOEFL ITP OFFICIAL dan TOEFL ITP PREDICTION. Diantara kedua tes itu yang jadi perbedaannya hanyalah instansi yang mengeluarkan sertifikat hasil tes. Jadi, kalau TOEFL ITP OFFICIAL ini dikeluarkan langsung oleh IIAF atau ETS, kalau TOEFL Prediction umumnya lembaga kursus.

Namun buat teman-teman jika seandainya ingin mengambil TOEFL prediction yang harus diperhatikan yaitu lembaga kursusnya legal dan terakreditasi atau tidak dan tentu akan semakin bagus apabila lembaga kursusnya itu memiliki image yang baik. Semakin baik reputasi lembaga, maka akan semakin bernilai sertifikat yang dimiliki.

Sementara persamaan antara TOEFL ITP dan TOEFL Prediction itu berada di tingkat kualitas soal dan sistem ujiannya itu dibuat semirip mungkin. Jadi, kesimpulannya, perbedaan antara TOEFL ITP dan TOEFL Prediction hanya berupa institusi yang menerbitkan sertifikat. Dalam memilih antara kedua tes ini, sebaiknya kamu perlu mengetahui persyaratan yang diinginkan oleh institusi yang kamu tuju.

Jika lembaga yang kamu tuju menerima penggunaan sertifikat TOEFL Prediction, sebaiknya kamu mengambil tes TOEFL prediction saja, dengan pertimbangan harganya yang lebih murah dan pilihan jadwal yang lebih banyak.

Kiat sederhana yang akan membantu teman-teman dalam mengerjakan TOEFL ITP:

1. Pentingnya Persiapan
Karena “practice makes perfect”, sebab itu teman-teman butuh persiapan, mulailah belajar dengan intensif dan disarankan agar bisa mengikuti les atau mempelajari buku-buku latihan TOEFL.

Baca Juga : 5 Skill Yang Dibutuhkan Untuk Generasi Muda di Masa Depan

2. Jangan Begadang

Ketika hendak mengikuti tes TOEFL dianjurkan tidak tidur sampai larut malam, lantaran itu sangat berpengaruh terhadap performa kita selama mengerjakan soal.

3. Jangan lupa bawa Alat Tulis Kita Sendiri
Ingat! jangan pernah meminjam alat tulis teman. Pensil yang diharuskan adalah pensil 2B, karena nanti jawaban akan dinilai dengan komputer.

4. 20 Menit Lebih Cepat Tiba di Lokasi Ujian

Hal ini sangat berpengaruh, jika kita terlambat, akhirnya fokus kita bakal terpecah dan tidak konsentrasi.

5. Bawa Sapu Tangan atau Tissue
Mungkin buat teman-teman yang tangannya sering basah atau berkeringat, siapkan sapu tangan ataupun tisu, sebab jika teman-teman selama pengerjaan tersentuh keringat, maka lembar jawaban akan menjadi basah, biasanya kertas jawaban tidak akan diberikan lagi, jadi tidak ada kertas jawaban pengganti, jadi lebih baik lembar itu digunakan dengan sebaik-baiknya, sehingga kita tidak harus meminta kepada pada petugas.

6. Jangan Pernah Membiarkan Jawaban Tidak Diisi

kenapa kita dilarang membiarkan jawaban yang kosong? karena jika jawaban kita salah, itu tidak akan mengurangi nilai, tetapi jika teman-teman telah membiarkan jawabannya kosong, itu berarti poinsudah pasti nol. Maka dari itu, untuk jawabannya yang masih kosong, coba saja diisi ya, teman-teman, siapa tahu kita benar.

7. Jangan Lupa Mengatur Waktu dengan Benar

Setiap tahap ujian TOEFL nantinya ada durasi waktu dan itu terasa begitu singkat karena memang kita begitu fokus pada pertanyaan itu. Jadi kita perlu pintar-pintar memanage waktu ya, teman-teman.

Umumnya tes TOEFL terbagi menjadi tiga bagian yang pertama listening, yang kedua structure and written expression, yang ketiga ialah reading comprehension.

Baca Juga : 3 Kisah Sukses Peraih Beasiswa Luar Negeri Yang Sangat Memotivasi

Listening itu dibagi atas 50 soal dan durasinya kurang lebih 35 menit tergantung pada lamanya kaset pada saat listening tersebut dan ingat, audio hanya satu kali diputar serta tidak ada pengulangan, so you have to listen carefully. Lantaran apabila kita missing sedikit saja, kita menjadi tidak fokus.

Yang kedua yaitu structure. Structure terdiri dari 40 soal, memang tidak sebanyak daripada listening section, tetapi waktunya hanya 25 menit, bayangkan untuk 1 pertanyaan kita itu perlu menyelesaikan sekitar 30 detik.

Oleh sebab itu teman-teman membutuhkan ketelitian dalam menyelesaikan soal structure, sebab biasanya pada structure ini terdapat banyak jebakan.

Yang ketiga ialah reading. Reading comprehension memiliki 50 soal, lebih banyak daripada structure dan waktunya 55 menit. Lebih lama ya daripada structure. Meski demikian, waktunya bakal berasa sangat cepat, jadi sebaiknya kamu mempersiapkan semuanya, termasuk kursus atau membaca buku atau mempelajari video-video TOEFL di Youtube. Kami menyarankan hal ini karena pertanyaan di dalam tes TOEFL memang Tricky banget dan waktunya sangat cepat, so teman-teman perlu benar-benar atur waktu.

Nah, pada saat ikut kursus ataupun pelatihan, biasanya kita diberikan tips dan trik menyelesaikan pertanyaan secara efektif dan jika kita sudah memahami dan terlatih saat mengerjakan setiap pertanyaan TOEFL, maka kita tidak harus mengartikan satu persatu kosakata yang terdapat di dalam soal tes TOEFL. Dan cara itu umumnya akan diberikan saat kita les atau kamu bisa coba cara lain, seperti belajar mandiri dengan belajar di youtube atau membaca buku buku TOEFL.
Nah, saat ini kita bakal paparkan setiap bagian-bagian ujian TOEFL

a. Listening comprehension
Listening Comprehension itu dibagi menjadi tiga part, yaitu part a, part b, part c. Di part a teman-teman bakal mendengarkan dialog singkat antara dua speaker. Buat part b, teman-teman akan mendengarkan dialog yang lebih panjang daripada part a, dan di part c teman-teman akan mendengarkan sebuah pidato yang lama dan di part c ini satu pidato itu digunakan buat 4-5 soal. Jadi you have to listen carefully dan disini Kamu benar-benar membutuhkan ketelitian untuk menyimak setiap apa yang disampaikan oleh speaker.

b. Structure
Structure ini terbagi jadi dua part yang pertama ialah part A yang isinya multiple choice dan bagian kedua ialah recognizing grammatical mistakes, jadi disini teman-teman harus menganalisa suatu soal.

c. Reading
Untuk bagian reading ini, untuk semua bentuk soalnya sama dari awal hingga akhir, seluruh pola soalnya bisa dikatakan serupa dan biasanya setiap satu artikel buat 1-5 pertanyaan.

Sudah lumayan banyak pemaparan kami tentang TOEFL ITP, nah buat teman-teman yang mau ikut tes TOEFL ITP Online, Golden English bisa menjadi pilihan terbaik.

Karena Golden English Telah berpengalaman melayani lebih dari 50.000 peserta serta ratusan perusahaan, Golden English berkomitmen untuk selalu memberikan pendidikan profesional dan unggul untuk semua.

Untuk informasi lebih lengkap, segera hubungi CS Golden English via whatsapp di 0816 251 154.

Teguh Gunawan, S.Li.

Teguh Gunawan, S.Li.

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.
Teguh Gunawan, S.Li.

Teguh Gunawan, S.Li.

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.