fbpx

Now Everyone Can Speak English

Trik Ampuh Untuk Lancar Tes TOEFL

Daftar Isi

Trik Ampuh Untuk Lancar Tes TOEFL

tips-jitu-lancar-tes-toefl

 

Di artikel kali ini kita akan membahas mengenaiTes TOEFL dan kita akan membagikan cara untuk meraih skor tinggi di tes TOEFL, terutama TOEFL ITP.

Artikel ini dibuat untuk pembaca yang ingin tahu apa saja sih yang mesti disiapkan sebelum ikut Test TOEFL ini.

Sebelum itu, kita akan menjelaskan perbedaan dari TOEFL ITP OFFICIAL dan TOEFL ITP PREDICTION. Diantara kedua tes itu yang membedakan hanyalah lembaga yang mengeluarkan sertifikat hasil ujian. Jadi, kalau TOEFL ITP OFFICIAL ini dikeluarkan langsung oleh IIAF atau ETS, kalau TOEFL Prediction biasanya lembaga kursus.

Namun untuk teman-teman apabila seumpama ingin mengikuti TOEFL prediction yang wajib diperhatikan ialah lembaga kursusnya legal dan terakreditasi atau tidak dan tentu akan semakin bagus apabila lembaga kursusnya itu memiliki reputasi yang baik. Semakin baik reputasi lembaga, maka akan semakin bernilai sertifikat yang dimiliki.

Sedangkan persamaan diantara TOEFL ITP dan TOEFL Prediction itu di level kesulitan soal dan sistem tesnya itu sama. Maka, kesimpulannya, perbedaan antara TOEFL ITP dan TOEFL Prediction adalah institusi yang mengeluarkan sertifikat. Untuk memilih antara kedua tes ini, sebaiknya kamu perlu mencari tahu persyaratan yang diminta oleh institusi yang kamu tuju.

Jika lembaga yang kamu tuju menerima penggunaan sertifikat TOEFL Prediction, lebih baik kamu mengambil tes TOEFL prediction saja, dengan pertimbangan harganya yang lebih terjangkau dan pilihan jadwal yang lebih banyak.

Trik simple yang bisa membantu teman-teman dalam mengerjakan TOEFL ITP:

1. Pentingnya Persiapan
Karena “practice makes perfect”, jadi teman-teman memerlukan latihan, mulailah belajar dengan rutin dan disarankan agar dapat mengikuti kursus atau mempelajari buku-buku latihan TOEFL.

Baca Juga : 5 Skill Yang Dibutuhkan Untuk Generasi Muda di Masa Depan

2. Jangan Begadang

Ketika hendak mengikuti tes TOEFL disarankan tidak tidur sampai larut malam, karena itu benar-benar berpengaruh terhadap performa kita pada saat pengerjaan ujian.

3. Jangan lupa bawa Alat Tulis Kita Sendiri
Ingat! jangan pernah pinjam alat tulis teman. Pensil yang digunakan yaitu pensil 2B, sebab nanti jawaban bakal dinilai dengan komputer.

4. 20 Menit Lebih Cepat Tiba di Tempat Tes

Hal ini benar-benar berdampak, jika kita telat, akibatnya fokus kita bakal terpecah dan tidak konsentrasi.

5. Membawa Sapu Tangan atau Tissue
Mungkin untuk teman-teman yang tangannya suka basah ataupun berkeringat, bawalah sapu tangan ataupun tisu, sebab jika teman-teman selama pengerjaan tersentuh keringat, maka kertas jawaban bisa menjadi basah, biasanya kertas jawaban tidak akan diberikan lagi, jadi tidak ada kertas jawaban pengganti, jadi lebih baik jawaban itu digunakan dengan sebaik mungkin, sehingga kita tak perlu meminta kepada pada petugas.

6. Jangan Pernah Membiarkan Jawaban Tidak Diisi

Mengapa kita dilarang membiarkan jawaban yang tidak di isi? sebab apabila jawaban kita salah, itu tidak akan mengurangi skor, tapi jika teman-teman sudah membiarkan jawabannya tidak diisi, itu artinya skorsudah pasti nol. Kemudian, untuk jawabannya yang masih kosong, tidak ada salahnya dijawab ya, teman-teman, barangkali kita benar.

7. Jangan Lupa Mengatur Waktu dengan Baik

Setiap bagian tes TOEFL nantinya terdapat pembagian waktu dan itu terasa begitu cepat karena memang kita begitu fokus pada pertanyaan tersebut. Jadi kita harus pintar-pintar mengatur waktu ya, teman-teman.

Umumnya tes TOEFL terbagi dari tiga bagian yang pertama listening, yang kedua structure and written expression, yang ketiga yaitu reading comprehension.

Baca Juga : 3 Kisah Sukses Peraih Beasiswa Luar Negeri Yang Sangat Memotivasi

Listening itu terbagi dari 50 soal dan durasinya sekitar 35 menit tergantung pada waktu kaset ketika listening tersebut dan ingat, audio hanya satu kali diputar serta kita tak bisa request pengulangan, so you have to listen carefully. Lantaran kalau kita missing sedikit saja, kita bisa pecah konsentrasi.

Yang kedua ialah structure. Structure terdiri dari 40 pertanyaan, memang tidak sebanyak dibandingkan listening section, namun waktunya hanya 25 menit, bayangkan untuk satu soal kita itu harus mengerjakan kira-kira 30 detik.

Maka dari itu teman-teman membutuhkan ketelitian ketika mengerjakan pertanyaan structure, lantaran biasanya di structure ini terdapat banyak jebakan.

Yang ketiga yaitu reading. Reading comprehension memiliki 50 soal, lebih banyak dibandingkan structure dan durasinya 55 menit. Lebih lama ya dibandingkan structure. Meski demikian, durasinya akan berasa sangat cepat, jadi kamu perlu mempersiapkan semuanya, termasuk kursus atau membaca buku atau mempelajari video-video TOEFL di Youtube. Kami menyarankan hal ini karena soal di dalam tes TOEFL memang Tricky banget dan waktunya sangat sebentar, so teman-teman perlu benar-benar atur waktu.

Nah, kalau kita ikut kursus atau pelatihan, umumnya kita dikasih tips dan trik mengerjakan soal secara efektif dan jika kita sudah menguasai dan terlatih ketika mengerjakan setiap soal TOEFL, maka kita tidak harus menerjemahkan satu persatu kosakata yang terdapat di dalam soal tes TOEFL. Dan cara itu biasanya akan diberikan waktu kita les atau kamu bisa coba metode lain, seperti belajar mandiri dengan mencari di youtube atau membaca buku buku TOEFL.
Nah, saat ini kita bakal menjelaskan setiap bagian-bagian tes TOEFL

a. Listening comprehension
Listening Comprehension itu terbagi jadi tiga bagian, yaitu part a, part b, part c. Di part a teman-teman akan menyimak percakapan singkat antara dua speaker. Untuk part b, teman-teman akan menyimak dialog yang lebih panjang daripada part a, dan di part c teman-teman akan menyimak suatu pidato yang panjang dan di part c ini satu pidato itu digunakan untuk 4-5 pertanyaan. Jadi you have to listen carefully dan disini Kamu benar-benar membutuhkan ketelitian untuk mendengar setiap apa yang disampaikan oleh speaker.

b. Structure
Structure ini dibagi jadi dua part yang pertama ialah part A yang isinya multiple choice dan bagian kedua adalah recognizing grammatical mistakes, jadi disini teman-teman wajib menganalisa suatu soal.

c. Reading
Di section reading ini, untuk semua bentuk soalnya sama dari awal hingga akhir, seluruh pola soalnya bisa dikatakan serupa dan umumnya setiap satu artikel untuk 1-5 pertanyaan.

Sudah lumayan banyak pemaparan kami tentang TOEFL ITP, nah buat teman-teman yang mau ikut tes TOEFL Online, Golden English bisa jadi pilihan ideal.

Karena Golden English Sudah berpengalaman melayani lebih dari 50.000 peserta dan ratusan perusahaan, Golden English berkomitmen untuk selalu memberikan pendidikan profesional dan unggul kepada masyarakat Indonesia.

Buat informasi lebih detil, silakan hubungi CS Golden English via whatsapp di 0816 251 154.

Teguh Gunawan, S.Li.

Teguh Gunawan, S.Li.

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.
Teguh Gunawan, S.Li.

Teguh Gunawan, S.Li.

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.