fbpx

Now Everyone Can Speak English

Tips Efektif Agar Meraih Skor Tinggi Di Tes TOEFL

Daftar Isi

Tips Efektif Agar Meraih Skor Tinggi Di Tes TOEFL

tips-jitu-lancar-tes-toefl

 

Di artikel kali ini kita akan menjelaskan mengenaiTes TOEFL dan kita akan membagikan trik buat lancar tes TOEFL, khususnya TOEFL ITP.

Tulisan ini dibuat buat pembaca yang masih belum tahu apa saja sih yang perlu disiapkan sebelum mengambil Test TOEFL ini.

Selain itu, kita akan memaparkan perbedaan dari TOEFL ITP OFFICIAL dan TOEFL ITP PREDICTION. Diantara kedua tes tersebut yang jadi perbedaannya hanyalah lembaga yang mengeluarkan sertifikat hasil tes. Jadi, kalau TOEFL ITP OFFICIAL ini dikeluarkan langsung oleh IIAF atau ETS, sementara TOEFL Prediction biasanya lembaga kursus.

Tetapi buat teman-teman kalau seumpama mau mengambil TOEFL prediction yang harus diperhatikan yaitu lembaga kursusnya legal dan terakreditasi atau tidak dan tentu akan lebih baik kalau lembaga kursusnya itu memiliki image yang baik. Semakin baik reputasi lembaga, maka akan semakin bernilai sertifikat yang dimiliki.

Sementara persamaan diantara TOEFL ITP dan TOEFL Prediction itu berada di tingkat kesulitan soal dan sistem ujiannya itu sama. Jadi, kesimpulannya, perbedaan antara TOEFL ITP dan TOEFL Prediction adalah lembaga yang mengeluarkan sertifikat. Dalam memilih antara kedua tes ini, sebaiknya kamu perlu mencari tahu persyaratan yang diinginkan oleh lembaga yang kamu tuju.

Jika lembaga yang kamu tuju menerima penggunaan sertifikat TOEFL Prediction, sebaiknya kamu mengambil tes TOEFL prediction saja, dengan pertimbangan harganya yang lebih terjangkau dan pilihan jadwal yang lebih fleksibel.

Tips simple yang bisa bermanfaat untuk teman-teman pada saat mengerjakan TOEFL ITP:

1. Pentingnya Persiapan
Karena “practice makes perfect”, jadi teman-teman membutuhkan persiapan, mulailah belajar dengan rutin dan disarankan agar dapat mengikuti kursus maupun membaca buku-buku latihan TOEFL.

Baca Juga : 5 Skill Yang Dibutuhkan Untuk Generasi Muda di Masa Depan

2. Jangan Begadang

Ketika hendak mengikuti ujian TOEFL disarankan jangan begadang, lantaran itu benar-benar berdampak pada performa kita ketika pengerjaan soal.

3. Jangan lupa bawa Alat Tulis Kita Sendiri
Saran kami jangan pernah pinjam alat tulis teman. Pensil yang diwajibkan adalah pensil 2B, karena nanti jawaban akan dicek menggunakan komputer.

4. 20 Menit Lebih Cepat Tiba di Tempat Tes

Hal ini benar-benar berdampak, jika kita telat, alhasil fokus kita akan terpecah dan sulit untuk teliti.

5. Membawa Sapu Tangan ataupun Tissue
Mungkin buat teman-teman yang tangannya suka basah ataupun berkeringat, siapkan sapu tangan atau tisu, sebab jika teman-teman selama pengerjaan terkena air, maka kertas jawaban akan menjadi basah, biasanya kertas jawaban tidak akan diganti lagi, jadi tidak ada kertas jawaban pengganti, jadi sebaiknya jawaban itu digunakan dengan sebaik mungkin, dan kita tidak harus meminta kepada kepada penjaga.

6. Jangan Pernah Membiarkan Jawaban Tidak Diisi

Mengapa kita tidak boleh membiarkan jawaban yang kosong? karena apabila jawaban kita salah, itu tidak akan mengurangi poin, tapi jika teman-teman telah membiarkan jawabannya tidak diisi, itu berarti pointelah dipastikan nol. Kemudian, buat jawabannya yang masih kosong, tidak ada salahnya dijawab ya, teman-teman, siapa tahu kita benar.

7. Tidak Lupa untuk Manajemen Waktu dengan Benar

Setiap bagian tes TOEFL nantinya terdapat durasi waktu dan itu berasa cepat karena memang kita betul-betul fokus pada soal tersebut. Jadi kita perlu pintar-pintar mengatur waktu ya, teman-teman.

Umumnya tes TOEFL terbagi dari 3 tahapan yang pertama listening, yang kedua structure and written expression, yang ketiga yaitu reading comprehension.

Baca Juga : 3 Kisah Sukses Peraih Beasiswa Luar Negeri Yang Sangat Memotivasi

Listening sendiri dibagi atas 50 soal dan durasinya sekitar 35 menit tergantung dari waktu kaset pada saat listening tersebut dan perlu diketahui, audio hanya satu kali diputar serta tidak ada pengulangan, so you have to listen carefully. Lantaran jika kita missing sedikit saja, kita bisa pecah konsentrasi.

Yang kedua ialah structure. Structure terdiri dari 40 soal, tentu lebih sedikit daripada listening section, namun waktunya hanya 25 menit, bayangkan buat 1 pertanyaan kita itu harus mengerjakan kurang lebih 30 detik.

Oleh sebab itu teman-teman membutuhkan ketelitian ketika mengerjakan soal structure, karena biasanya di structure ini terdapat banyak jebakan.

Yang ketiga ialah reading. Reading comprehension memiliki 50 soal, lebih banyak daripada structure dan waktunya 55 menit. Lebih lama ya dibandingkan structure. Meski demikian, waktunya bakal terasa benar-benar sebentar, jadi kamu perlu mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk kursus atau membaca buku atau mempelajari video-video TOEFL di Youtube. Kami menyarankan hal ini karena soal di dalam tes TOEFL memang Tricky banget dan waktunya sangat sebentar, so teman-teman perlu benar-benar atur waktu.

Nah, kalau kita ikut kursus atau pelatihan, biasanya kita diberikan tips dan trik menyelesaikan pertanyaan secara efektif dan apabila kita telah memahami dan terlatih saat mengerjakan setiap soal TOEFL, maka kita tidak perlu mengartikan satu persatu vocabulary yang ada di dalam soal tes TOEFL. Dan kiat itu umumnya akan diberikan pada saat kita kursus atau kamu bisa coba metode lain, seperti belajar mandiri dengan mencari di youtube atau membaca buku buku TOEFL.
Nah, sekarang kita akan menjelaskan setiap bagian-bagian ujian TOEFL

a. Listening comprehension
Listening Comprehension itu terbagi menjadi tiga part, yaitu part a, part b, part c. Di part a teman-teman akan mendengarkan dialog pendek antara dua speaker. Untuk part b, teman-teman akan menyimak dialog yang lebih panjang daripada part a, dan di part c teman-teman akan mendengarkan suatu pidato yang panjang dan di part c ini satu pidato itu digunakan buat 4-5 pertanyaan. Jadi you have to listen carefully dan disini Kamu benar-benar membutuhkan ketelitian buat menyimak setiap apa yang disampaikan oleh speaker.

b. Structure
Structure ini terbagi jadi dua part yang pertama adalah part A yang isinya multiple choice dan bagian kedua yaitu recognizing grammatical mistakes, jadi disini teman-teman harus menelaah suatu pertanyaan.

c. Reading
Di section reading ini, untuk semua model soalnya sama dari awal hingga akhir, seluruh pola soalnya bisa dikatakan serupa dan umumnya setiap satu artikel untuk 1-5 pertanyaan.

Sudah lumayan banyak pemaparan kami tentang TOEFL ITP, nah buat teman-teman yang mau ikut tes TOEFL Online, Golden English bisa menjadi pilihan ideal.

Karena Golden English Telah berpengalaman melayani lebih dari 50.000 peserta serta ratusan perusahaan, Golden English berupaya untuk selalu menyajikan pendidikan berkualitas untuk semua.

Untuk informasi lebih lengkap, segera hubungi CS Golden English melalui whatsapp di 0816 251 154.

Teguh Gunawan, S.Li.

Teguh Gunawan, S.Li.

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.
Teguh Gunawan, S.Li.

Teguh Gunawan, S.Li.

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.