fbpx

Now Everyone Can Speak English

Jurusan Terbaik di KAIST University, Ternyata Xaviera Ada di Jurusan Ini!

Daftar Isi

jurusan kaist university

Pasti Goldeners udah nggak asing dengan namanya yang tenar dalam sekejap karena kecerdasannya.

Ya. benar, dialah Xaviera. 

Bulan Juni hingga Juli 2024 kemarin merupakan perjalanan yang super seru buat Xaviera. Ia telah dikenal masyarakat Indonesia karena kecerdasannya di acara Clash of Champions (COC).

Menariknya lagi, Xaviera saat ini sedang berkuliah di salah satu universitas terbaik di Korea, yaitu KAIST University.

Penasaran dengan KAIST University? Yuk, baca selengkapnya di bawah ini!

KAIST Ranking Berapa Versi QS World University Ranking?

Telah berdiri sejak 1971, KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology) merupakan institusi riset sains dan teknik pertama di Korea Selatan, loh.

Jadi, nggak heran jika banyak orang menganggap jika KAIST ialah Massachusetts Institute of Technology (MIT)-nya Korea.

Fokus utama KAIST terletak pada sains, teknik dan teknologi, selainkan menawarkan dengan jurusan-jurusan terbaik lainnya. (Jangan lupa baca KAIST university jurusan terbaik lainnya di bawah ya!)

Sekitar 10.000 mahasiswa telah terdaftar di KAIST, terdiri dari 4.000 sarjana dan 6.000 pascasarjana. 

Saat ini (2024), Universitas KAIST menduduki peringkat 53 QS World University Ranking (WUR) 2025.

Jadi udah jelas banget kan, kalau universitas KAIST termasuk salah satu universitas top dunia!

7 Jurusan Terbaik di KAIST University Apa Saja?

Penasaran Xaviera kuliah di jurusan apa? Dari 8 jurusan terbaik di KAIST University, Xaviera ambil 2 jurusan keren di bawah ini!

1. Ilmu Komputer 

Jurusan ini adalah jurusan yang diambil oleh Xaviera, loh, Goldeners.

Jurusan Ilmu Komputer atau Computer Science termasuk salah satu jurusan yang diimpikan oleh banyak calon mahasiswa KAIST.

Di jurusan ini, kamu bakal nge-explore berbagai materi, seperti bahasa pemrograman, software, dan materi-materi berkaitan dengan digitalisasi.

Karena KAIST dikenal dengan fasilitas dan inovasi riset inovatifnya, kamu bakal belajar sekaligus terjun langsung dalam terlibat proyek-proyek keren pastinya.

Jadi, kalau kamu penasaran dan siap memulai petualangan pendidikan yang selalu berkaitan dengan codingan, AI, software, jurusan ini sangat cocok untukmu.

2. Manajemen Bisnis dan Teknologi 

Nah selain mengambil jurusan Computer Science, Xaviera mengambil double degree di KAIST, yaitu jurusan Manajemen Teknologi Bisnis/Business Technology Management, loh.

Kalau kamu pengen ngikutin jejak Xaviera untuk menjelajahi jurusan ini, siap-siap deh buat mengulik bagaimana teknologi dan bisnis bisa berkolaborasi buat menciptakan solusi keren untuk setiap kebutuhan. 

Kamu juga bakal belajar tentang strategi bisnis yang berbasis teknologi, mulai dari cara mengelola proyek teknologi, menganalisis data, menciptakan inovasi digital, hingga memanfaatkan teknologi buat nge-boost suatu performa bisnis. 

3. Kimia

Siapa yang cita-citanya membuat terobosan besar di dunia sains dan teknologi? Kalau kamu salah satunya, jurusan Kimia di KAIST bisa jadi tempat ideal buat kamu! 

Di sini, kamu bakal punya kesempatan untuk mendalami berbagai aspek kimia, mulai dari sintesis bahan hingga reaksi kimia yang sangat kompleks.

Tidak perlu diragukan lagi, jika kamu kuliah di KAIST dengan jurusan Kimia, kamu akan terlibat dalam riset yang bisa mengubah cara kita memahami bahan dan proses kimia.

Kamu juga bakal mengeksplorasi segala hal mulai dari sintesis material baru hingga pengembangan teknologi yang bisa berdampak pada pengembangan obat-obatan baru, material inovatif, dan solusi untuk masalah lingkungan. 

Dengan fasilitas laboratorium canggih di KAIST serta bimbingan para ahli di bidangnya, mewujudkan cita-cita mu menjadi spesialis di bidang Kimia akan jadi pengalaman berhargamu.

Baca Juga: Seputar Universitas Imperial College London di Inggris: Info & Jurusan

4. Fisika

Fisika merupakan salah satu jurusan terbaik di KAIST, bagaimana tidak, jurusan ini adalah jurusan pertama di KAIST.

Selain berfokus pada pembekalan materi, kamu akan berfokus pada penelitian seputar Fisika plasma, Fisika optik, Fisika energi tinggi teoritis, Astrofisika, Fisika Kondensat.

Jurusan ini memungkinkan kamu untuk mengeksplorasi bagaimana prinsip-prinsip fisika diterapkan dalam teknologi modern dan penelitian ilmiah. 

Dibekali dengan fasilitas penelitian canggih di KAIST, dan akses ke proyek-proyek inovatif, kamu bisa terlibat langsung dalam pengembangan teknologi baru dan pemahaman fundamental tentang alam semesta. 

Jurusan ini cocok untuk kamu yang ingin menjelajahi dunia sains dan teknologi berbasis riset.

5. Teknologi NanoScience

Kalau kamu baru mendengar jurusan ini, jurusan ini cocok bagimu yang interest menjelajahi dunia mikroskopis dan peratoman.

Di sini, kamu akan mengeksplorasi bagaimana teknologi nano dapat mengubah dunia melalui pengembangan material baru, perangkat medis, dan solusi teknologi canggih. 

Pastinya, kamu juga akan terlibat dalam riset yang berkaitan dengan manipulasi materi pada skala atom dan molekuler, serta aplikasinya dalam berbagai industri seperti elektronik, energi, dan kesehatan. 

Yuk, persiapkan dirimu untuk menjelajahi dunia teknologi nano yang penuh dengan tantangan!

6. Teknik Industri dan Sistem

Sejak tahun 1971, KAIST University telah membuktikan reputasinya di bidang teknik tidak hanya di Asia, bahkan di seluruh dunia.

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai metode untuk meningkatkan efisiensi operasi, manajemen rantai pasokan, strategi produksi, dll. 

Jurusan ini juga mencakup penerapan teknologi terbaru untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas dalam berbagai sektor industri. 

Masuk jurusan ini kamu akan menghadapi tantangan teoritis dan praktis dalam manajemen sistem dan mendapatkan di dunia industri. 

7. Rekayasa Biologi dan Otak

Kalau kamu penasaran banget sama sistem biologis dan otak manusia, KAIST University punya jurusan yang pas banget buat kamu.

Nah, di jurusan ini, kamu akan terlibat dalam penelitian tentang bagaimana teknologi dapat diterapkan untuk memahami dan mengatasi masalah kesehatan serta neurosains. 

Kamu akan mengeksplorasi topik seperti rekayasa genetika, bioteknologi, dan aplikasi teknologi dalam kesehatan mental dan fisik. 

Jadi, jurusan ini sangat ideal bagi kamu yang interest terhadap inovasi dalam bidang kesehatan dan bioteknologi.

Baca Juga: Info Seputar Kampus University of Oxford Lengkap dengan Jurusan!

Bagaimana, nih, Goldeners? Sudah siap mengikuti jejak Xaviera di KAIST University?

Dari 7 jurusan KAIST University di atas, mana nih yang menjadi jurusan favorit idaman kamu untuk kuliah di Negeri Gingseng?

Sebelum menjawab pertanyaan dari Min-GO, pastinya kamu membutuhkan skor IELTS yang tinggi agar kamu bisa lolos seleksi masuk Universitas KAIST, baik jalur beasiswa maupun jalur reguler.

Tapi jangan khawatir, di Golden English telah menyediakan kursus IELTS terbaik untukmu yang ingin mengejar skor IELTS 7.0+.

Melalui IELTS Intensive Program, kamu akan mendapatkan materi komprehensif 4 materi IELTS, pelatihan intensif, hingga simulasi ujian IELTS.

Yuk, wujudkan impianmu mendapatkan skor IELTS bareng Golden English.

Jangan lupa klik banner di bawah ini ya!

jurusan kaist university

Teguh Gunawan, S.Li.

Teguh Gunawan, S.Li.

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.
Teguh Gunawan, S.Li.

Teguh Gunawan, S.Li.

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.