fbpx

Adverb of Frequency: Pengertian, Jenis, Beserta Contoh Kalimat

Adverb of Frequency

Apa sih adverbs of frequency itu? lalu, bagaimana cara memakainya? Dan kapan waktu yang ideal buat menggunakannya? Meskipun beberapa orang mungkin memiliki pemahaman perihal Adverb of Frequency, namun jenis kata ini masih relatif asing bagi orang lain. Padahal adverbs of frequency ialah kosa kata yang sering kita gunakan pada kehidupan sehari-hari.

Di dalam artikel ini kita akan mempelajari dan membahas berbagai jenis adverb of frequency lengkap beserta contohnya, untuk menggambarkan penggunaannya dalam kalimat. Untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut, mari kita simak bersama pada artikel ini.

Pengertian adverbs of frequency?

Adverb dalam bahasa Indonesia adalah kata yang dipakai buat menerangkan atau menambahkan informasi tentang sebuah kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan lainnya. Kemudian, kalau Adverb of Frequency artinya apa ya?

Adverb of frequency adalah kata keterangan yang mengatakan seberapa sering sesuatu terjadi sekarang atau di masa lalu. Adverb of Frequency merupakan komponen penting dari bahasa Inggris. Tanpa Adverb of Frequency, percakapan dan tulisan bahasa Inggris kita akan menjadi kurang tepat dan kurang efektif. Untuk mengenali adverb of frequency pada sebuah kalimat sangatlah mudah, sebab adverb of frequency ditandai dengan daily, weekly, often, rarely, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Bahasa Inggris: definisi, Jenis, dan Contoh Kalimat Part of Speech

Macam-macam Jenis adverb of frequency

Bedasarkan dengan waktunya adverb of frequency terbagi menjadi 2 macam, yakni Adverb of Definite Frequency dan Adverb of Indefinite Frequency. Perbedaan keduanya dapat dibedakan dengan kebiasaan. Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Adverb of Frequency

1. Adverb of Definite Frequency 

Bahasa Inggris penuh dengan kata dan frasa yang bisa dipakai buat mengekspresikan berbagai makna. Salah satu cara untuk melakukannya yakni melalui pemakaian Adverb of Definite Frequency. Adverb of Definite Frequency ini menggambarkan frekuensi suatu peristiwa atau kejadian dengan waktu yang spesifik, ataupun peristiwa dengan waktu yang spesifik. Adverb of Definite Frequency tentu juga memberikan informasi tentang seberapa sering sesuatu perlu dilakukan supaya efektif ataupun berhasil.

Adverb of Definite Frequency termasuk ke dalam kategori adverb of frequency dan umumnya dipakai dengan kata kerja yang menunjukkan kejadian rutin atau kebiasaan, seperti “to go”, “to work”, “to study”, dan sebagainya. Adverb of Definite Frequency ini memberi kita jawaban yang tepat mengenai kapan dan seberapa sering kebiasaan tertentu harus dilakukan, dan oleh karena itu bisa membantu kita tetap teratur dan sesuai sama tujuan kita. Ini digunakan buat mengukur seberapa sering sesuatu terjadi dalam waktu tertentu.

Adverb of Definite Frequency berguna untuk memberi gambaran yang jelas tentang terjadinya suatu tindakan dan keteraturannya. Selain itu, juga bisa digunakan buat menunjukkan jumlah tertentu dari suatu tindakan yang dilakukan. Seperti misalnya “yearly/annually, monthly, weekly, daily, hourly” dll, dapat digunakan buat menunjukkan interval waktu tertentu di mana suatu tindakan dilakukan.

Sederhananya, Adverb of Definite Frequency ialah class of adverb yang memberikan informasi spesifik tentang frekuensi dan waktu suatu tindakan.

Contoh kalimat Adverb of definite Frequency:

A. Every

“Every” adalah kata keterangan yang digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu aksi dilakukan secara teratur dan tanpa terkecuali, pada interval waktu tertentu. Kata “every” kerap kali dipakai dalam kombinasi dengan unit waktu seperti “day”, “week”, “month”, “year”, dan lainnya.

Contoh, “I brush my teeth every morning” artinya aksi menyikat gigi dikerjakan secara teratur, setiap pagi tanpa terkecuali. Kata “every” menunjukkan keteraturan dan kata “morning” menunjukkan waktu.

B. Once, Twice, Three times

“Once,” “twice,” “three times,” dan lain-lain ialah kata keterangan jumlah yang digunakan buat menunjukkan berapa kali suatu aksi dilakukan.

  • “Once” artinya satu kali, misalnya “I go to the gym once a minute” artinya saya pergi ke gym satu kali dalam seminggu.
  • “Twice” artinya dua kali, misalnya “Twice a year, we immediately check the battery detector” (Dua kali setahun, kami langsung memeriksa detektor baterai.)
  • “Three times” artinya tiga kali, misalnya “I check my email three times a day” artinya saya memeriksa email tiga kali dalam sehari.

Kata-kata ini biasanya dipakai bersama dengan unit waktu seperti “a day”, “a week”, “a month” dll, untuk memberi informasi lebih spesifik mengenai jumlah suatu aksi dilakukan dan dalam interval waktu tertentu.

C. Yearly/annually, monthly, weekly, daily, dan hourly

“Yearly/annually,” “monthly,” “weekly,” “daily,” dan “hourly” ialah kata keterangan frekuensi yang dipakai untuk menunjukkan interval waktu tertentu dalam setahun, bulan, minggu, hari, dan jam.

  • “Yearly/annually” artinya setahun sekali, misalnya “I take a vacation yearly” artinya saya liburan setahun sekali.
  • “Monthly” artinya setiap bulan, misalnya “I pay my rent monthly” artinya saya membayar sewa setiap bulan.
  • “Weekly” artinya setiap minggu, misalnya “I go to church weekly” artinya saya pergi ke gereja setiap minggu.
  • “Daily” artinya setiap hari, misalnya “I exercise daily” artinya saya berolahraga setiap hari.
  • “Hourly” artinya setiap jam, misalnya “I check my phone hourly” artinya saya memeriksa ponsel saya setiap jam.

Baca Juga: Tips Mengajari Anak Huruf-Huruf Dalam Bahasa Inggris, Bagaimana Caranya? 

2. Adverb of Indefinite Frequency

Sedangkan arti Adverb of Indefinite Frequency adalah kata-kata yang menunjukkan perkiraan frekuensi terjadinya sesuatu. Biasanya, Adverb of Indefinite Frequency ini dipakai buat menggambarkan kebiasaan ataupun generalisasi. Contohnya, kalimat “I sometimes go to the movies” mengandung kata keterangan “sometimes”, yang menunjukkan bahwa tindakan tersebut terjadi dengan frekuensi yang mendekati, tetapi belum tentu secara teratur.

Beberapa contoh umum termasuk often, usually, sometimes, dan rarely. Kata keterangan ini bisa dipakai dalam berbagai cara, baik dalam bahasa lisan ataupun artikel, untuk menjelaskan berbagai konsep. Adverb of Indefinite Frequency bisa begitu bermanfaat pada percakapan dan penulisan, karena memungkinkan kita untuk mengekspresikan pikiran kita dengan lebih tepat.

Adverb of Frequency

Contoh kalimat Adverb of indefinite Frequency:

A. Always (selalu)

Always ialah adverb of indefinite frequency yang menunjukkan bahwa sesuatu terjadi tiap saat ataupun terus-menerus.

Contoh penggunaan:

  • I always wake up early. (Saya selalu bangun pagi.)
  • Juna always washes her face before going to bed. (Juna selalu mencuci mukanya sebelum tidur)

B. Usually (biasanya)

Usually bisa digunakan untuk menjelaskan kegiatan atau aktivitas yang terjadi pada kebanyakan waktu ataupun pada kebanyakan kasus. Penggunaan usually bisa menolong kita menyajikan informasi dengan lebih spesifik tentang kebiasaan atau kegiatan yang tidak teratur ataupun tak selalu terjadi.

Contoh kalimat:

  • My family usually gets together on New Year’s Eve. (Keluarga saya biasanya berkumpul pada Malam Tahun Baru.)
  • We usually go to the beach every weekend. (Kami biasanya pergi ke pantai setiap akhir pekan.)

C. Often

Often merupakan adverb of indefinite frequency yang menunjukkan bahwa sesuatu terjadi beberapa kali dalam sepekan atau dalam sebulan.

Contoh penggunaan:

  • I often have lunch at home. (Saya sering makan siang di rumah.)
  • He often teaches private classes at school. (Dia sering mengajar kelas privat di sekolah.)

D. Sometimes (kadang-kadang)

Sometimes adalah adverb of indefinite frequency yang menunjukkan bahwa sesuatu terjadi tidak teratur ataupun tidak selalu.

Contoh penggunaan:

  • Sometimes, I sleep during the day. (Kadang-kadang, aku tidur siang.)
  • We sometimes go to the movie theater. (Kami kadang-kadang pergi ke bioskop.)

E. Rarely (jarang)

Rarely adalah adverb of indefinite frequency yang menunjukkan bahwa sesuatu terjadi benar-benar jarang atau hampir tak pernah.

Contoh kalimat:

  • I rarely go to the office. (Aku jarang pergi ke kantor.)
  • She rarely reads books. (Dia jarang membaca buku.)

F. Never (tidak pernah)

Never merupakan adverb of indefinite frequency yang menunjukkan bahwa sesuatu tidak pernah terjadi.

Contoh kalimat:

  • I never eat meat. (Saya tidak pernah makan daging)
  • She never studied abroad. (Dia tidak pernah belajar di luar negeri.)

Baca Juga: Pengertian Dan Contoh Kalimat Subordinating Conjunction

Contoh percakapan yang bisa kamu pakai.

  • Julie: So, what do you do in your free time?
  • Richard: Well, I always watch TV in the evening. What about you?
  • Julie: I go jogging, and I sometimes meet friends in the evening.
  • Richard: How often do you go jogging?
  • Julie: I go jogging every morning. And you?
  • Richard: I hardly ever go jogging, maybe once a year!
  • Julie: Do you cook?
  • Richard: No, I never cook. I always order pizza. And you?
  • Julie: I cook every day. I love cooking!
  • Richard: How often do you travel?
  • Julie: I travel twice a year. In winter, I usually go skiing. Do you travel?
  • Richard: Yes, every summer. I relax on the beach. But I rarely travel in winter.

Jadi, itu dia penjelasan dari adverb of frequency lengkap dengan jenis-jenis dan contoh kalimatnya. Untuk kalian yang penasaran, dan ingin belajar materi bahasa Inggris lainnya, yuk langsung saja daftar di kursus bahasa inggris online Golden English. Di sana kamu dapat belajar bahasa Inggris dengan jadwal yang fleksibel dan tentunya nggak bikin bosen!