fbpx

Bahasa Inggris: definisi, Jenis, dan Contoh Kalimat Part of Speech

Pernahkah kalian mendapatkan kesulitan dalam memahami perbedaan antara satu kosa kata dengan kosa kata lain? Ya, hal ini sangat umum terjadi terlebih untuk pelajar yang sedang mempelajari kalimat bahasa Inggris.

Tetapi kalian pernah nggak sih, saat belajar bahasa Inggris mendengar ataupun melihat kata noun, verb, adverb, pronoun, adjective, preposition, conjunction, interjection dan sebagainya. tentunya kita sering mendengar atau melihat kata-kata ini ya, padahal kata-kata tersebut penting untuk struktur kalimat agar kalian bisa berbicara bahasa Inggris dengan baik.

Nah, untuk kalian ingin bisa berbicara bahasa Inggris dengan baik dan benar. Yuk, pahami dasarnya terlebih dahulu dengan materi Part of Speech. Berikut ini merupakan 8 jenis kosa kata yang tergabung dalam part of speech di dalam pembelajaran bahasa Inggris. Mari baca makna katanya pada penjelasan berikut.

Pengertian Part of Speech

Parts of Speech dalam bahasa Inggris adalah klasifikasi kata yang digunakan dalam bahasa untuk membentuk kalimat yang berbeda. POS membantu kita untuk mengidentifikasi fungsi dan peran dari setiap kata dalam sebuah kalimat, sehingga membuat kalimat lebih mudah dipahami.

Jenis-Jenis Part of Speech

A. Noun (kata benda)

Noun atau yang kita kenal dalam bahasa indonesia adalah kata benda, noun sendiri dipakai untuk menamai orang, tempat, benda, atau ide.

Proper nouns adalah jenis noun yang merujuk pada sesuatu yang unik dan spesifik, seperti nama orang, tempat, organisasi, atau acara. Proper noun selalu ditulis dengan huruf besar. Sedangkan common noun adalah jenis noun yang merujuk pada sesuatu yang umum dan tidak spesifik. Common noun tidak ditulis dengan huruf besar.

Pembagian noun itu sendiri dibagi menjadi tunggal dan jamak. Sementara jenis Noun terbagi menjadi beberapa kategori yaitu konkrit dan abstrak.

Concrete noun itu sendiri dengan mudah dipahami karena keberadaannya adalah sesuatu yang dapat dirasakan ke-5 indra. Mudahnya, concrete noun adalah kata benda yang merupakan benda itu sendiri, sesuatu yang sering kalian temui dan kita rasakan dengan indera kalian seperti: rumah, pohon, meja dan pintu.

Abstract noun adalah kata benda yang keberadaanya tidak bisa dilihat oleh mata dan disentuh oleh kita. Contoh dari abstract noun itu sendiri bisa berupa: pemerintah, pendidikan, kejahatan, dan juga kemanusiaan. Dengan mengerti contoh abstract noun yang telah dijabarkan, akan semakin mudah untuk kita mengerti mengenai abstract Noun.

Baca Juga : Pengertian Adjective Pronoun Dalam Bahasa Inggris

B. Pronoun (kata ganti benda)

Part of speech ini dipakai untuk mengganti noun dalam suatu kalimat. Pronoun umumnya berfungsi agar tidak terjadi pengulangan kata yang bisa menghasilkan kalimat yang panjang dan tidak lazim. Kalian bisa membaca materi mengenai pronoun dalam artikel pengertian dan jenis pronoun

Kalimat tanpa pronoun:

Eminem held a concert last week in Jakarta, although Eminem felt exhausted due to long flight, Eminem still very excited to visit Jakarta for the first time.

Kalimat dengan pronoun:

Eminem held a concert last week in Jakarta, although he felt exhausted due to long flight, he still very excited to visit Jakarta for the first time.

Dari contoh di atas, noun adalah Eminem dan pronoun yang menggantikannya adalah “he”. Noun yang digantikan oleh pronoun disebut antecedent.

Pronoun juga memiliki beberapa jenis yang harus kita ketahui:

Untuk lebih gampang memahami penggunaan pronoun sesuai dengan jenis nya, coba pahami contoh frasa dibawah ini:

Aku cinta dia laki-laki:

  • I love him (true)
  • Me love him (false)

Kamu cinta aku:

  • You Love Me (true)
  • You love I (false)

Dalam penggunaannya pronoun as subject and object (pronoun sebagai subjek dan objek) mempunyai peran sesuai posisi mereka dalam kalimat. Pemahaman tentang dasar kalimat serta pemaparan contoh di atas akan mempermudah untuk lebih memahami pronoun.

Kamu adalah milikku :

  • You are mine. (true)
  • You are my/me. (false)

Mobil itu milik dia perempuan :

  • That car is hers. (true)
  • That car is her/she. (false)

Dia adalah istriku :

  • She is my wife. (true)
  • She is mine/me wife. (false)

Aku membeli sepeda mereka :

  • I buy their bike. (true)
  • I buy them/they/theirs bike. (false)

Berdasarkan contoh di atas meliputi kalimat yang menggunakan Possessive adjective dan possessive pronoun, cobalah untuk perhatikan tabel pronoun diatas dan pahami pemahamannya dari contoh yang diberikan. Mudah kan??

C. Verb (Kata Kerja)

Verb atau kata kerja ini adalah jenis kosa kata yang menjadi salah satu komponen penting dalam membuat kalimat. Verb atau kata kerja itu sendiri memberitahukan apa yang subjek lakukan. Akan ada banyak jenis verb dan pembagiannya tetapi hal dasar yang perlu kita ketahui mengenai verb adalah tentang 2 jenis dasar verb:

Action verb: Make, create, eat, and push, etc.

Linking verb: be, am, are, is, she, was, were and been.

Baca Juga : Pengertian Dan Contoh Kalimat Subordinating Conjunction

D. Adjective (kata Sifat)

kata sifat atau Adjective adalah part of speech yang digunakan untuk menjelaskan atau menggambarkan noun dan pronoun. Namun kalian juga bisa menemukan adjectives atau kata sifat ini berada setelah linking verb.

Contoh part of speech bentuk ini:

am really sad.

He is my naughty brother.

They are smart but they steal my expensive car.

Jika kalian lihat contoh di atas, kalian bisa memahami bahwa adjective terletak setelah linking verb dan menjadi penjelas noun dalam noun phrase.

E. Adverb (Kata Keterangan)

kata keterangan atau Adverb merupakan part of speech yang digunakan untuk menjelaskan verb, adjective atau adverb itu sendiri. Kita juga bisa menemukan adverb ketika kata tersebut terbentuk dari adjective yang ditambahkan –ly di akhir kata nya. Namun tidak semua adjective bisa berubah menjadi adverb. contoh penggunan adverb

  • “He runs fast.” (Dia berlari cepat.)
  • “She reads the book carefully.” (Dia membaca buku dengan hati-hati)
  • “I’ll do it now.” (Saya akan melakukannya sekarang.)
  • “He always forgets his keys.” (Dia selalu lupa kuncinya)
  • “I never eat meat.” (Saya tidak pernah makan daging.)
  • “I finished the project by Monday” (Saya menyelesaikan proyek itu pada hari Senin)
  • “I saw your name there.” (Saya melihat nama kamu di sana.)

Kalian bisa membaca materi mengenai adverb dalam artikel Pengertian dan Jenis Adverb

F. Preposition 

Preposisi atau dalam bahasa Inggris Preposition merupakan part of speech yang keberadaannya dapat ditemukan sebelum noun dan pronoun. Preposition adalah kata depan yang diklasifikasikan sebagai salah satu dari delapan bagian ucapan dalam bahasa Inggris. Preposisi diperlukan saat belajar dan berbicara bahasa Inggris, karena preposisi memberikan konteks untuk kata dan frasa dalam kalimat. Preposisi sangat penting dalam memahami bagaimana bahasa bekerja dan bagaimana menyusun kata-kata dalam bahasa Inggris dengan benar. Preposisi dikategorikan ke dalam kata-kata yang bersifat abstrak seperti “over”, “in”, “on”, atau “at”.

Berikut merupakan preposition yang sering kita jumpai:

  • In : in Jakarta, in Canada
  • At : at 8 O’clock, at Golden English office
  • On : on Monday, on Brawijaya street
  • For : for my mom, for a case in point
  • Because of: because of you
  • Under : under the table

Baca Juga : Cara Bertelepon Menggunakan Bahasa Inggris

G. Conjunction

Conjunction yaitu kata hubung yang menghubungkan kata, kalimat, dan klausa. Di materi yang lebih dalam, kalian akan mempelajari jenis dan pembagian conjunction. Conjunction dapat digunakan untuk menyatakan hubungan antara kalimat atau bagian kalimat yang berbeda. Beberapa contoh conjunction yang bisa kalian pelajari dalam kalimat adalah sebagai berikut.

  • My father ate my cake when I was helping my mom. (Ayah saya memakan kue saya ketika saya membantu ibu saya.)
  • I love you but I love her also. (Aku mencintaimu, tapi aku juga mencintainya.)
  • I will come to your place after I take my car. (Saya akan datang ke tempat Anda setelah mengambil mobil saya.)
  • I like him but he doesn’t (saya suka dia tapi dianya tidak)

Dari 3 contoh diatas kalian bisa memahami bahwa kata yang tebalkan adalah conjunction yang menghubungkan 1 kalimat dengan kalimat lainnya.

H. Interjection

Interjection atau istilah dalam bahasa Indonesia Interjeksi digunakan untuk mengekspresikan tingkat emosi atau perasaan yang berbeda. Secara tata bahasa biasanya tidak terkait dengan kalimat utama. Part of speech ini bisa berdiri sendiri atau berdiri sebelum dan setelah noun.Kalian juga akan sering mendapatkan beberapa interjection diikuti exclamation mark.

Berikut adalah contohnya

  • “Oh! I didn’t expect to see you here.” (Oh! Saya tidak mengharapkan untuk bertemu denganmu di sini.)
  • “Wow! Your skills are amazing!” (Wow! kemampuan mu luar biasa!)
  • “Uh-oh, I think I’m lost.” (Uh-oh, saya kira saya tersesat.)
  • “Aah, that feels so good.” (Aah, itu terasa sangat baik.)
  • “Ouch! That hurts.” (Ouch! Itu sakit.)
  • “Hiya! How are you doing?” (Hiya! Apa yang sedang kamu lakukan?)
  • “Hey! Can you hear me?” (Hei! Apakah kamu dapat mendengarkan saya?)
  • “Mmm, this food is delicious.” (Mmm, makanan ini enak sekali.)

Contoh Soal Parts of Speech

1. I bought a beautiful dress at the mall.

A. preposition

B. adjective

C. noun

2. What did she ask you to do?

A. conjunction

B. preposition

C. pronoun

3. I left my shoes under the kitchen table.

A. adjective

B. preposition

C. pronoun

4. If we finish our work quickly, we can go to the movies.

A. adverb

B. conjunction

C. verb

5. On Saturdays I work from nine to five.

A. verb

B. preposition

C. adverb

6. I want to go to a university in the United States.

A. adjective

B. preposition

C. noun

7. I’m sure I’ve met your girlfriend before.

A. verb

B. preposition

C. interjection 

8.Well, I don’t think I’ll be home before 6.

A. interjection

B. preposition

C. pronoun

9. Andy knocked on the door but nobody answered.

A. adverb

B. adjective

C. conjunction 

10. After lunch let’s go out for a coffee.

A. pronoun

B. preposition

C. verb 

Pendalaman materi mengenai part of speech sangatlah penting. Banyak pelajar berbahasa inggris yang mempunyai kendala peningkatan dikarenakan kurangnya pemahaman mengenai part of speech. Semakin dalam kita mempelajari part of speech maka semakin dalam pula pemahaman kita terhadap kosa kata kata dengan bentuk sama namun berbeda jenis.

Nah, itu dia penjelasan mengenai Part of Speech, kayanya kalian sekarang sudah tidak akan kesulitan memahami grammar yang satu ini. Buat kalian yang ingin memepelajari materi lainnya, kalian bisa Belajar bareng di Golden English. Di sana kalian akan belajar dengan Multimedia Learning System dan tentunya seru loh. Langsung saja daftar kursus bahasa Inggris online di Golden English.