fbpx

Now Everyone Can Speak English

Berapa Gaji Kerja di Australia Tahun 2024? Ini Jawabannya!

Daftar Isi

gaji di australia

Pernah melihat video viral di TikTok yang memperlihatkan seorang pemetik buah dengan gaji 50 juta per bulan? Gokil banget, kan? Cuma petik buah bisa dapet 50 juta per bulannya.

Nah, perlu kamu ketahui nih, kalau video tersebut ternyata di Australia loh, Goldeners.

Tapi kok bisa, hanya metik buah bisa dapet gaji yang se-menggiurkan itu?

Ternyata, bukan hanya pemetik buah saja yang bisa mendapatkan gaji minimum sebesar 50 juta per bulan, di bawah ini, ada beberapa pekerjaan lain yang memiliki gaji yang menggiurkan ketika kamu kerja di Australia.

Berapa Rata-rata Gaji di Australia?

Berdasarkan Australian Bureau of Statistics, gaji rata-rata mingguan di Australia telah meningkat sebesar 3,9% per tahunnya, atau sebesar $1.838 AUD pada Mei 2023. Jika dirupiahkan kenaikannya mencapai 20 juta rupiah.

Nah, untuk gaji pekerjaan full time per jam dan per minggu di Australia terbaru (Fairwork Ombudsman), sebesar $23,23 per jam (Rp. 247.000) dan sekitar $882,80 per minggu (Rp. 9,5 jutaan ). Namun, perlu kamu garis bawahi bahwa setiap nominal gaji tergantung dengan industri dan perusahaan yang kamu lamar.

Selain itu, jika kamu bekerja di sana, kamu akan mendapatkan gaji tahunan kerja di Australia lebih dari $90.000 AUD (Rp. 900 jutaan) secara full time, sedangkan jika kamu kerja part time, gaji minimum yang kamu dapatkan sebesar $67.521 AUD (Rp. 700 jutaan). 

Baca Juga: Tips Kerja di Luar Negeri! No 7 Terpenting 

Daftar Industri bagi Pekerja Part Time di Australia dengan Gaji Rata-rata Per Minggu

gaji di australia

Menurut Australian Bureau of Statistics, gaji per minggu berdasarkan industri sebagai berikut.

Daftar Industri bagi Pekerja Part Time di Australia dengan Gaji Rata-rata Per Minggu

gaji di australia

Menurut Australian Bureau of Statistics, gaji per minggu berdasarkan industri sebagai berikut.

Daftar IndustriGaji Rata-rata Per Minggu
Pertambangan$2.854 AUD (Rp. 31 jutaan)
Layanan Profesional, Ilmiah, dan Teknis$2.170 AUD (Rp. 23 jutaan)
Media Informasi$2.317 AUD (Rp. 25 jutaan)
Keuangan$2.159 AUD (Rp. 23 jutaan)
Administrasi & Publik$1.964 AUD (Rp. 21 jutaan)
Pelatihan Pendidikan$1.949 AUD (Rp. 21 jutaan)
Layanan Kesehatan$1.807 AUD (Rp. 19 jutaan)
Konstruksi$1.802 AUD (Rp. 19 jutaan)
Transportasi$1.799 AUD (Rp. 19 jutaan)
Manufaktur$1.631 AUD (Rp. 17 jutaan)
F&B$1.346 AUD (Rp. 14 jutaan)

Daftar Industri bagi Pekerja Full Time di Australia dengan Gaji Rata-rata Per Bulan

Berdasarkan laman Instarem, inilah besaran gaji kerja di Australia (rata-rata) pekerja full time berdasarkan industri pekerjaan di Australia.

IndustriPenghasilan Rata-rata Per Bulan
Teknik$9.519 AUD (Rp. 103 jutaan)
Sains$9.118 AUD (Rp. 99 jutaan)
Layanan Kesehatan dan Farmasi$8.809 AUD (Rp. 96 jutaan)
Sales & Marketing$8.228 AUD (Rp. 89 jutaan)

Daftar Profesi Part Time dengan Gaji Rata-rata di Australia

Perlu kamu ketahui, nih, Goldeners, menurut Labour Force Data, jumlah pekerja part time meningkat dari 23.600 orang menjadi 4.269.600 orang pada bulan September 2023. WOW!

Bagaimana tidak, gaji rata-rata per minggu pekerja part time di sana ialah $34,63 AUD per jamnya atau setara Rp. 377 ribu per jam.

Di bawah ini ialah daftar jenis pekerjaan part time dengan bayaran tertinggi, di antaranya:

IndustriGaji Rata-rata Per Jam
Perawat Lansia$35 AUD (Rp. 380 ribu)
Sales Representative$30 AUD (Rp. 320 ribu)
Customer Service$26 AUD (Rp. 280 ribu)
Server$25 AUD (Rp. 270 ribu)
Tutor$20-40 AUD (Rp. 210-430 ribu)

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Gaji di Australia

Apa aja faktor-faktor yang mempengaruhi gaji kerja di Australia? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Tingkat Pendidikan

Tidak hanya di Indonesia, di Australia, tingkatan gaji tergantung pada faktor tingkat pendidikan para pekerja. Semakin tinggi tingkat pendidikan pekerja, maka semakin tinggi juga gaji yang ditawarkan oleh perusahaan di sana.

2. Pengalaman dan Skill

Pengalaman kerja dan skill memang menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi gaji kerja di Australia. Hal ini karena pengalaman bekerja seseorang merepresentasikan bagaimana skill-mu dalam mengelola pekerjaan, baik secara teknis maupun non-teknis.

3. Lokasi Geografis

Seperti di Indonesia, UMR di setiap kota atau daerah pasti bervariatif, dari yang terendah hingga tertinggi. Hal tersebut juga berlaku di Australia. Untuk beberapa pekerjaan di sektor yang sama, terdapat perbedaan gaji yang signifikan di setiap kota atau daerahnya. Oleh karena itu, gaya hidup/living cost menjadi faktor yang mempengaruhi besaran gaji di setiap daerah di Australia.

4. Permintaan & Penawaran, Inflasi, dan Peraturan Pemerintah 

Faktor ekonomi yang satu ini juga mempengaruhi besaran gaji di Australia. Tingginya permintaan/demand bagi pekerja dan rendahnya penawaran/supply dapat meningkatkan gaji. Inflasi mendorong penyesuaian gaji untuk mempertahankan daya beli pekerja, sementara peraturan pemerintah, termasuk kebijakan upah minimum dan peraturan ketenagakerjaan, memastikan keadilan dalam pembayaran dan kondisi kerja.

5. Asosiasi Pekerja

Biasanya, di beberapa kota atau daerah, asosiasi pekerja asosiasi pekerja memiliki pengaruh signifikan dalam menentukan besaran gaji. Mereka sering kali terlibat dalam negosiasi langsung dengan para petinggi untuk memastikan bahwa hak-hak pekerja dilindungi dan mereka mendapatkan kompensasi yang adil sesuai dengan standar industri.

6. Perusahaan

Tak perlu menjadi perdebatan lagi, bahwa perusahan di setiap industri memiliki pondasi fundamental dalam menentukan gaji para pekerja. Setiap perusahaan pastinya telah memiliki regulasi dalam menentukan kebijakan upah berdasarkan kondisi pasar, persaingan industri, serta anggaran yang tersedia di setiap perusahaan.

Bagaimana Cara Kerja di Australia?

Jangan lupa memahami cara di bawah ini, ya, Goldeners, agar kamu berpotensi besar untuk kerja di Australia.

1. Riset Pekerjaan

Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah melakukan riset mendalam mengenai pekerjaan yang ingin kamu inginkan. Riset pekerjaan ini mengenai pemahamanmu seputar tuntutan pekerjaan, kualifikasi yang dibutuhkan, jenis keterampilan yang harus dikuasai, serta gaji di industri yang kamu ingin lamar.

Langkah ini membantu kamu dalam membuat keputusan sebelum kamu bekerja di negeri orang. Selain itu, dengan riset tersebut, akan memudahkan kamu dalam mempersiapkan diri sebelum kamu bekerja di industri yang kamu lamar.

2. Siapkan Visa untuk Bekerja

Jika kamu telah meriset pekerjaan yang hendak kamu lamar, kamu dapat menyiapkan visa sesuai yang disyaratkan oleh pemerintah di negara yang kamu lamar, seperti di Australia.

Secara umum, terdapat 6 jenis visa untuk bekerja di Australia, di antaranya:

Jenis visa yang ditawarkan oleh Pemerintah Australia ini memungkinkan para pemegang visa ini untuk berlibur sekaligus bekerja, baik secara full time maupun part time.

Baca Juga: Working Holiday Visa (WHV): Pengertian, Jenis, dan Syaratnya

  •  Temporary Skill Shortage Visa

Jenis visa ini ditujukan untuk para pekerja yang memiliki keterampilan khusus dan disponsori langsung oleh perusahaan di negara Australia dalam periode waktu tertentu.

  •  Visa Graduate Temporary

Bagimu yang baru lulus atau fresh graduate, jenis visa ini bisa kamu dapatkan jika kamu ingin bekerja di Australia setelah kamu menyelesaikan studi kamu di Indonesia.

  • Visa Skilled Regional

Hampir serupa dengan nomor 2, jenis visa yang mewajibkan kamu memiliki keterampilan/kemampuan khusus ini memungkinkan kamu untuk ditempatkan di daerah regional dengan periode tertentu, minimal 5 tahun. 

  • Business Talent Visa

Visa ini biasanya diperuntukkan para businessman atau investor yang ingin mengoperasikan bisnis baru atau yang sudah ada di Australia,

  • Temporary Work Visa (International Relation)

Visa ini diperuntukkan untukmu yang bekerja di bidang diplomasi atau hubungan internasional untuk bekerja sementara di Australia dengan durasi bekerja lebih dari dua tahun.

3. Tingkatkan Skill Bahasa Inggrismu

Hal terpenting dan terakhir yang harus kamu lakukan ialah meningkatkan skill bahasa Inggrismu, terlebih semua jenis visa di atas mewajibkanmu untuk memiliki skor IELTS yang tinggi. Skor IELTS yang tinggi akan memudahkanmu dalam mengungguli para pesaingmu saat proses seleksi kelak.

Demikianlah penjelasan mengenai gaji kerja di Australia yang bisa kamu jadikan preferensi dan motivasi sebelum kamu melamar pekerjaan di Australia.

Sebelum kamu, memantapkan diri, pastikan kamu memiliki skor IELTS yang disyaratkan dalam jenis visa yang akan kamu ambil.

Jangan khawatir, Golden English telah mempersiapkan program terbaik untuk meningkatkan skor IELTS-mu sebelum kamu melamar pekerjaan impianmu di Australia, yaitu IELTS Preparation.

Gabung kelas ini  sekarang dan raih jaminan skor IELTS 7.0 demi pekerjaan impian di Australia!

cpns lulusan SMA

Teguh Gunawan

Teguh Gunawan

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.
Teguh Gunawan

Teguh Gunawan

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.