fbpx

Now Everyone Can Speak English

Working Holiday Visa (WHV): Pengertian, Jenis, dan Syaratnya

Daftar Isi

whf adalah

Siapa nih di antara kalian yang cita-citanya bekerja sekaligus berlibur di Negeri Kangguru? Nah jika iya, pas banget jika kamu sedang membaca artikel ini. 

Karena kenapa? Karena ada salah satu jenis visa yang bisa jadi golden ticket buat kamu kerja sekaligus healing di Australia.

Yup, betul banget, namanya Working Holiday Visa (WHV) Australia.

Penasaran? Check out below!

Apa itu WHV Australia?

WHV adalah singkatan dari Working Holiday Visa yang merupakan salah satu jenis visa yang memungkinkan para pemegang visa bisa bekerja sekaligus berlibur di Australia.

WHV ini merupakan visa yang diberikan oleh Pemerintah Australia untuk ditawarkan kepada penduduk di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Adapun tujuan pemberian visa ini untuk memperkuat kerjasama antarpemerintah negara melalui pertukaran budaya. Dengan adanya Visa Working Holiday Australia, para penduduk dari berbagai negara dapat saling belajar tentang budaya, tradisi, dan kehidupan sehari-hari di Australia, serta membagikan budaya mereka sendiri dengan masyarakat setempat.

Setiap pemilik atau pemegang WHV ini, akan mendapatkan izin tinggal selama 1 tahun dengan opsi perpanjangan 1 tahun setelahnya. Namun perlu kamu ketahui bahwa WHV ini hanya untuk seseorang yang sedang menjalani program Doktor (S3) berusia 18-30 tahun.

Menariknya, Indonesia mendapatkan kuota 5.000 orang per tahun setelah Indonesia dan Australia menyepakati Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA). 

Selain itu, setiap pemegang WHV berhak bekerja di bidang apapun di Australia. Namun, kebanyakan dari pemilik WHV bekerja secara part time (paruh waktu). 

Adapun gaji minimum yang kamu dapatkan berkisar antara $19 AUD hingga $20 AUD per jamnya. Jika dikonversi ke rupiah, kisarannya sekitar Rp 200.000 hingga Rp 210.000 per jamnya dan belum terpotong pajak. 

Tidak hanya itu, Pemerintah Australia juga mewajibkan pemegang WHV ini untuk bekerja selama 38 jam per minggu. Jika dikalkulasikan, maka kamu akan mendapatkan Rp7.300.000 hingga Rp7.700.000 per minggunya.

Gimana? Gaji yang menarik, bukan?

Jenis WHV Australia

Jenis WHV adalah pilihan visa yang memungkinkan pemegangnya untuk tinggal sementara di Australia sambil bekerja untuk mengeksplorasi berbagai pengalaman mengesankan di Australia. 

Dilansir dari australia.com, Program Working Holiday Maker ini memiliki dua jenis visa, yaitu Working Holiday Visa Subclass 462 dan Working Holiday Visa Subclass 417. 

Apa aja sih perbedaan dari kedua jenis visa ini? Simak di bawah ini! 

1. Visa Subclass 462

Berdasarkan situs Australian Government, pemegang jenis visa ini antara usia 18 hingga 30.  

Jenis visa ini memerlukan sertifikat pendidikan dan sertifikat keterampilan bahasa Inggris, seperti IELTS, dan surat rekomendasi.

Kamu dapat mengajukan visa ini jika kamu memiliki paspor dari negara:

Argentina, Austria, Ekuador, Chile, Republik Rakyat Tiongkok, Republik Ceko, Yunani, Hungaria, Indonesia, Israel, Luksemburg, Malaysia, Peru, Polandia, Portugal, San Marino, Singapura, Republik Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swiss, Thailand, Turki, Uruguay, AS, dan Vietnam.

2. Visa Subclass 417

Tidak jauh berbeda dengan jenis visa di atas, pemegang jenis visa ini antara usia 18 hingga 30, dan 35 tahun yang berlaku di beberapa negara saja.

Jenis visa ini tidak memerlukan sertifikat pendidikan dan sertifikat keterampilan bahasa Inggris, seperti IELTS, dan surat rekomendasi.

Kamu dapat mengajukan visa ini jika kamu memiliki paspor dari negara:

Belgia, Kanada, Republik Siprus, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Hong Kong, Republik Irlandia, Italia, Jepang, Republik Korea Selatan, Malta, Belanda, Norwegia, Swedia, Taiwan, dan Britania Raya.

Baca Juga: 7 Tips Kerja di Luar Negeri! No 7 Terpenting 

whv adalah

Syarat Mendapatkan WHV 

Mengetahui syarat mendapatkan WHV adalah hal yang patut kamu persiapkan dengan matang.

Sebagaimana yang terlampir di laman Kedutaan Besar Australia, berikut syarat mendapatkan WHV 2024:

  1. Berusia 18-30 tahun
  2. Isi aplikasi online pada laman Australian Government Department of Home Affairs
  3. Biaya aplikasi visa
  4. Fotokopi paspor (halaman biodata, halaman perubahan/tambahan jika ada, halaman visa, dan cap imigrasi) yang masih berlaku setidaknya selama 12 bulan, serta paspor lama (jika ada)
  5. Satu lembar foto terbaru berlatar belakang putih Anda berukuran foto paspor
  6. Bukti keuangan yang mencukupi untuk mendukung Anda selama liburan, biasanya minimal $5000 AUD untuk biaya awal. Jumlah ini bervariasi tergantung pada durasi tinggal Anda, apakah Anda memiliki tiket pesawat pulang-pergi, dan tujuan perjalanan Anda. Bukti yang dapat dilampirkan adalah rekening koran yang telah dilegalisir
  7. Bukti kualifikasi pendidikan tinggi atau telah menyelesaikan setidaknya 2 tahun studi universitas.
  8. Bukti kemampuan Bahasa Inggris (IELTS) sesuai standarisasi yang ditentukan
  9. Melakukan medical check up dan tes rontgen di panel radiologis sesuai rujukan. 
  10. Kartu Keluarga
  11. Melampirkan surat dari Direktorat Jenderal Imigrasi

Tahapan Pengajuan WHV

Mengajukan WHV adalah hal yang wajib kamu lakukan, jika syarat-syarat di atas telah kamu penuhi.

  1. Siapkan berkas dokumen sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya
  2. Sebelum daftar buat akun secara online pada laman ImmiAccount dan login jika akunmu sudah terdaftar
  3. Upload formulir lengkap yang diminta secara online
  4. Jika sudah, kamu akan diminta untuk membayar biaya pembuatan WHV Australia. Biaya visa ini sebesar $635 AUD atau sekitar Rp 6.941.073.
  5. Jika pembayaran sukses,  kamu akan mendapatkan notifikasi email dan kamu akan dihubungi untuk melakukan medical check up atau tidak.
  6. Visa Working Holiday Australia akan diproses dalam rentang waktu 46 hingga 86 hari setelah pengajuan. Kamu akan menerima pemberitahuan melalui email apakah permohonan visa kamu disetujui atau ditolak. 

Baca Juga: 10 Universitas di Australia Tujuan Beasiswa LPDP, Terbaik di Dunia!

Nah, itulah pengertian, jenis, syarat, serta tahapan pengajuan Working Holiday Visa (WHV) Australia.

Jika kamu memiliki mimpi untuk mendapatkan WHV agar mendapatkan pengalaman berharga di Australia, persiapkan dirimu dengan baik dari sekarang.

Salah satu persyaratan yang wajib kamu penuhi agar kamu unggul dengan pesaingmu ialah meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris melalui skor IELTS-mu. Tes IELTS adalah salah satu cara untuk membuktikan kemampuan Bahasa Inggrismu kepada pihak Imigrasi Australia.

Tapi tenang aja, untuk mewujudkan hal demikian ialah hal yang mudah bersama Golden English. Karena IELTS Preparation Golden English telah dirancang khusus untuk membantumu mencapai skor IELTS yang dibutuhkan untuk mendapatkan Working Holiday Visa ke Australia

Kami akan memberikan bimbingan terbaik dari tutor dan native speaker ter-epic dengan benefit, seperti:

  1. Pengajaran intensif untuk mempersiapkan semua bagian ujian IELTS, termasuk Listening, Reading, Writing, dan Speaking.
  2. Materi pembelajaran yang terstruktur dan didesain untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu secara efektif.
  3. Simulation test yang akan membantu kamu familiar dengan format dan tipe pertanyaan yang ada dalam tes IELTS.
  4. Bergaransi 7.0 *S&K berlaku

Tunggu apalagi? Daftarkan dirimu sekarang juga!

whv adalah

Teguh Gunawan

Teguh Gunawan

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.
Teguh Gunawan

Teguh Gunawan

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.