fbpx

Now Everyone Can Speak English

Adverb of Place: Pengertian, Jenis, Contoh Kalimat dan penggunaannya

Daftar Isi

adverb of place

Apakah kamu merasa kesulitan saat belajar grammar bahasa Inggris? Terutama ketika mempelajari adverb atau kata keterangan? Adverb merupakan bagian penting dari tata bahasa yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Namun, seringkali kita merasa bingung dan sulit membedakan jenis-jenis adverb bahasa Inggris, termasuk adverb of place. Tidak perlu khawatir, karena hal ini sangat wajar terjadi ketika belajar bahasa Inggris.

Adverb of place atau keterangan tempat adalah salah satu konsep tata bahasa yang seringkali membingungkan untuk kamu yang baru belajar bahasa Inggris. Kita tak jarang kesulitan dalam membedakan penggunaan preposition dan adverb of place dalam sebuah kalimat. Hal ini tentu saja membuat kamu merasa frustasi dan sulit untuk memahami tata bahasa dengan baik.

Dalam artikel ini, kita akan membahas adverb of place bahasa Inggris lengkap mulai dari pengertian, penggunaannya beserta contoh kalimatnya. Dengan begitu, kamu akan lebih memahami dan menguasai bahasa Inggris dengan baik. Yuk, jangan ragu untuk membaca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa untuk mempraktekkan apa yang telah dipelajari!

Baca Juga: Pengertian Past Participle: Penggunaan, dan Contoh Kalimatnya

Pengertian Adverb of Place

Adverb of place adalah salah satu jenis dari unsur kalimat kata keterangan atau adverb bahasa Inggris, yang memiliki fungsi sebagai penjelas untuk memberikan informasi mengenai lokasi atau tempat di mana suatu kegiatan terjadi atau suatu benda berada. Sebenarnya, dengan tidak adanya keterangan ini pun sebuah kalimat bisa dibilang utuh, tapi apabila ditambahkan keterangan ini maka kalimat akan jauh lebih spesifik dan ambiguitas.

Selain itu, adverb of place pada penggunaannya dalam kalimat biasanya terletak di ujung suatu kalimat, ada kalanya kata keterangan diletakkan pada tengah-tengah kalimat dan bisa juga diletakkan di awal kalimat menyesuaikan konteksnya. Adverb of place pun sering digunakan untuk menjawab pertanyaan “di mana?” dalam sebuah kalimat. Contoh kalimat yang menggunakan adverb of place adalah “Ibu sedang memasak di dapur”, “Anak-anak bermain di taman”, dan “Buku itu ada di rak buku”. Kata yang biasa digunakan ialah; there, here, somewhere, anywhere, everywhere, behind, on the top, ahead, below, sideways, inside, outside, above, near, left, Underneath, Downward, Forward, Over there

Baca Juga: 16 Tenses dalam Bahasa Inggris Beserta Rumus dan Contohnya

Jenis-Jenis Adverb of Place

Dalam bahasa Inggris, terdapat banyak jenis Adverb of Place yang dapat digunakan dalam kalimat-kalimat. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang beberapa jenis Adverb of Place dalam bahasa Inggris beserta contoh kalimat yang mudah dipahami.

  1. There: digunakan untuk menunjukkan keberadaan suatu objek atau lokasi yang jauh dari pembicara.
  2. Here: digunakan untuk menunjukkan keberadaan suatu objek atau lokasi yang dekat dengan pembicara.
  3. Somewhere: digunakan untuk menunjukkan keberadaan suatu objek atau lokasi yang tidak pasti atau tidak spesifik.
  4. Anywhere: digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu objek atau lokasi dapat ditemukan di mana saja.
  5. Everywhere: digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu objek atau lokasi dapat ditemukan di mana saja atau tersebar di seluruh tempat.
  6. Behind: digunakan untuk menunjukkan lokasi di belakang suatu objek atau orang.
  7. On the top: digunakan untuk menunjukkan lokasi di atas suatu objek.
  8. Ahead: digunakan untuk menunjukkan lokasi yang berada di depan suatu objek atau orang.
  9. Below: digunakan untuk menunjukkan lokasi di bawah suatu objek atau orang.
  10. Sideways: digunakan untuk menunjukkan lokasi yang berada di samping atau memutar dari posisi awal.
  11. Inside: digunakan untuk menunjukkan lokasi yang berada di dalam suatu objek atau bangunan.
  12. Outside: digunakan untuk menunjukkan lokasi yang berada di luar suatu objek atau bangunan.
  13. Above: digunakan untuk menunjukkan lokasi di atas suatu objek atau bangunan.
  14. Near: digunakan untuk menunjukkan lokasi yang berada dekat dengan suatu objek atau tempat.
  15. Left: digunakan untuk menunjukkan lokasi yang berada di sebelah kiri suatu objek atau orang.
  16. Underneath: Digunakan untuk menunjukkan lokasi yang berada di bawah suatu objek atau tempat.
  17. Downward: Digunakan untuk menunjukkan arah yang bergerak ke bawah atau ke bawah.
  18. Forward: Digunakan untuk menunjukkan arah yang bergerak ke depan atau maju.
  19. Over there: Digunakan untuk menunjukkan lokasi yang jauh dari pembicara.

adverb of place

Contoh Penggunaan dan Contoh Kalimat Adverb of Place 

Berikut ini adalah contoh-contoh adverb of place yang dapat kamu pakai.

  1. The store is located at the end of the street, close to the park. (Toko itu terletak di ujung jalan, dekat dengan taman.)
  2. Come sit here next to me and enjoy the beautiful scenery. (Mari duduk di sini di sebelahku dan nikmati pemandangan indah.)
  3. I left my keys somewhere in the house, but I can’t remember where. (Saya meletakkan kunci di suatu tempat di dalam rumah, tapi saya tidak ingat di mana.)
  4. You can find a good restaurant anywhere in this city. (Anda bisa menemukan restoran yang baik di mana saja di kota ini.)
  5. The autumn leaves are falling everywhere, creating a beautiful atmosphere. (Daun-daun musim gugur jatuh di mana-mana, menciptakan suasana yang indah.)
  6. The cat is hiding behind the sofa, waiting for the mouse to come out. (Kucing itu bersembunyi di belakang sofa, menunggu tikus keluar.)
  7. The bird built its nest on the top of the tree, where it is safe from predators. (Burung itu membuat sarangnya di atas pohon, di mana ia aman dari pemangsa.)
  8. The destination is just ahead, so keep driving straight. (Tujuannya ada di depan, jadi terus saja mengemudi lurus.)
  9. The treasure chest is buried below the big rock in the middle of the field. (Peti harta karun itu terkubur di bawah batu besar di tengah lapangan.)
  10. The car skidded sideways on the wet road and crashed into a tree. (Mobil itu meluncur menyamping di jalan yang basah dan menabrak pohon.)
  11. Let’s go inside the museum and see the paintings on display. (Mari kita masuk ke dalam museum dan melihat lukisan-lukisan yang dipajang.)
  12. It’s too cold outside, so put on a jacket before you go out. (Di luar terlalu dingin, jadi pakailah jaket sebelum kamu keluar.)
  13. The airplane is flying above the clouds, making its way to the destination. (Pesawat terbang di atas awan, menuju tujuannya.)
  14. The hotel is located near the beach, offering a beautiful view of the ocean. (Hotel itu terletak dekat dengan pantai, menawarkan pemandangan indah dari samudra.)
  15. She turned left and walked towards the English department. (Dia belok ke kiri dan berjalan menuju departemen bahasa Inggris.)
  16. The cat is sleeping underneath the blanket, keeping itself warm. (Kucing itu sedang tidur di bawah selimut, menjaga kehangatan dirinya.)
  17. He searched downward the pile of clothes, but didn’t find anything of any value. (Dia mencari turun tumpukan pakaian, tetapi tidak menemukan apa pun yang bernilai.)
  18. Keep moving forward and you’ll eventually reach your goal. (Teruslah bergerak maju dan akhirnya kamu akan mencapai tujuanmu.)
  19. I saw a shooting star over there in the sky last night. (Saya melihat bintang jatuh di sana di langit malam kemarin.)

Itulah penjelasan mengenai adverb of place beserta penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris. Dengan memahami konsep ini, kamu dapat mengekspresikan informasi tentang lokasi dan letak suatu objek dengan lebih tepat dalam kalimat bahasa Inggris. Namun, jika kamu ingin lebih memperdalam bahasa Inggris dan meningkatkan kemampuan berbicara, maka kursus bahasa Inggris online adalah pilihan yang tepat.

Yuk, dapatkan kemudahan dalam mempelajari bahasa Inggris dengan mengikuti kursus bahasa Inggris online yang interaktif dan mudah diakses. Pelajari berbagai topik, seperti adverb of place dan topik lainnya dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Golden English yang dapat membantu memonitoring pembelajaran kamu ya, sehingga kamu bisa mengukur kemajuan belajar kamu.

Dengan latihan interaktif dan pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan kamu, kamu akan mendapatkan pengalaman belajar yang menarik dan efektif. Jangan ragu lagi untuk mempelajari bahasa Inggris secara lebih terstruktur dengan mengikuti kursus bahasa Inggris online di Golden English. Ayo, bergabunglah dengan kami dan dapatkan pengalaman belajar bahasa Inggris yang menyenangkan dan bermanfaat. Selamat belajar!

Referensi:

English Club. ND. Adverbs of Place (online) https://www.englishclub.com/vocabulary/adverbs-place.php [diakses pada 03 April 2023]

British Council. ND. Adverbials of place (online) https://learnenglish.britishcouncil.org/grammar/english-grammar-reference/adverbials-place [diakses pada 03 April 2023]

 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Rizal Muarif pada tanggal 27 Oktober 2020, Kemudian diperbarui oleh Arif Hardiarta pada tanggal   03 April 2023.

Ahmad Fauzi

Ahmad Fauzi

Ahmad Fauzi

Ahmad Fauzi