fbpx

Now Everyone Can Speak English

Pengertian Past Participle: Penggunaan, dan Contoh Kalimatnya

Daftar Isi

Past Participle

Grammar memang sangat penting dalam mempelajari bahasa Inggris, terutama ketika kita ingin memperdalam tingkat kemahiran berbicara dan menulis. Nah, kali ini kita akan membahas salah satu bagian dasar dari grammar, yaitu tentang past participle.

Past participle memiliki penggunaan yang cukup sering dalam bahasa Inggris dan memerlukan penjelasan yang jelas. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian past participle secara detail, melihat penggunaannya dalam kalimat, dan memberikan beberapa contoh kalimat yang akan membantu kita memahami penggunaan past participle dengan lebih baik. Yuk, simak penjelasannya!

Pengertian Past Participle 

Past Participle adalah kata kerja yang sering digunakan untuk menggambarkan tindakan yang telah terjadi di masa lampau. Biasanya, kata kerja ini digunakan untuk memodifikasi kata benda, frasa kata benda, kata sifat atau adjective. Selain itu, past participle juga dapat digunakan sebagai adjective untuk memodifikasi noun (kata benda) atau kata sifat lain dan terjadi dalam empat tenses kata kerja yang berbeda.

Past Participle bisa dikatakan sebagai kata-kata yang memiliki akhiran “-ed”. Contoh dari kata past participle adalah “baked”. Perbedaan dengan kata kerja atau verb biasa adalah past participle terlihat sebagai sebuah kata dimana fungsi dari kata tersebut misalnya bisa digunakan di lokasi noun, adjective, atau sebagai kata kerja.

Baca Juga: 16 Tenses dalam Bahasa Inggris Beserta Rumus dan Contohnya

Fungsi Past Participle 

Past participle atau to be + verb 3 bisa dikatakan sebagai jenis kata kerja yang memiliki bentuk tertentu dan berfungsi sebagai auxiliary verb (kata kerja bantu) pada present perfect tense, present passive, dan future perfect. Past participle juga tetap dapat digunakan dalam pembentukan kata kerja bentuk pasif.

Past participle juga bisa melengkapi penggunaan konstruksi kalimat. Bahkan tak jarang, present participle dapat melengkapi structure kalimat untuk menjadikannya lebih singkat dan mudah diingat.

Bentuk Past Participle

Bentuk Past Participle

Regular Verbs

Bentuk past participle yang paling umum adalah kata kerja yang berakhiran “-ed” untuk simple past dan past perfect tense misalnya, “performed” dan “had damaged”, dan kata kerja yang diakhiri dengan “-ing” untuk past progressive dan past perfect progressive tense misalnya, “was playing” dan “had been building”.

Regular verbs membentuk bentuk umum past participle dan kebanyakan kata kerja harus mengikuti aturan sederhana di atas. Sayangnya, ada beberapa kata kerja yang tidak mengikuti aturan ini biasanya itu karena bahasa Inggris merupakan gabungan dari beberapa bahasa berbeda dan beberapa struktur pola tidak bisa menyatukan setiap kata menjadi satu teknik yang membantu kamu mengingat informasi.

Berikut adalah beberapa contoh menggunakan regular verb dan bentuk past participle-nya:

  • Present tense: I am working on my project.
  • Past tense: Yesterday, I worked from 9am to 5pm.
  • Past participle: I have worked for this company for 5 years.

Baca Juga: Bahasa Inggris: definisi, Jenis, dan Contoh Kalimat Part of Speech

Irregular Verbs

Seperti halnya dengan sebagian besar struktur pola dalam bahasa Inggris, ada pengecualian dari aturan umum yang disebut “tidak teratur”. Ini adalah bagian sulit dari bahasa yang memerlukan pemahaman khusus verb form, bukan mengingat aturan umum seperti verb regular. Berikut adalah daftar beberapa kata kerja tidak teratur dan bentuk past participle nya.

  • Infinitive: to choose
  • Past tense: chose
  • Past participle: chosen

Daftar ini tidak dimaksudkan untuk menjadi kalimat yang lengkap tetapi untuk memberikan kamu gambaran tentang cara membuat kalimat menggunakan beberapa kata tidak beraturan yang paling umum dalam kosa kata bahasa Inggris. Contoh lain dapat kamu temukan melalui novel, cerita, dan artikel non-fiksi bersamaan dengan melihat kata-kata yang tidak umum di kamus untuk melihat apakah mereka masuk dalam kategori yang biasa atau tidak biasa.

Berikut adalah beberapa contoh menggunakan irregular verb dan bentuk past participle-nya:

  • Present tense: I am eating my lunch.
  • Past tense: Yesterday, I ate my lunch.
  • Past participle: I have eaten my lunch for a week.

Past Participle

Contoh Kalimat dan Penggunaan Past Participle

Berikut adalah beberapa kalimat yang menjelaskan bagaimana menggunakan past participle dalam semua cara yang disebutkan di atas.

Regular Verbs

  • Verb: to perform

Past participle: performed

Verb tense: simple past

Contohnya: I performed the role of Iago in my high school’s rendition of Shakespeare’s play Macbeth. (Saya melakukan peran Iago dalam pementasan Macbeth oleh Shakespeare di sekolah menengah saya.)

  • Verb: to damage

Past participle: had damaged

Verb tense: past perfect

Contohnya: My car had damaged the garage door when I pulled into the driveway too quickly. (Mobil saya rusak pintu gudang saat saya masuk ke jalan masuk terlalu cepat.)

  • Verb: to play

Past Participle: was playing

Verb Tense: past progressive

Contohnya: My son was playing piano in his school recital when the fire alarm rang, necessitating a speedy evacuation. (Putra saya sedang bermain piano dalam pertunjukan sekolahnya saat alarm kebakaran berbunyi, yang memerlukan evakuasi cepat.)

  • Verb: to build

Past Participle: had been building

Verb Tense: past perfect progressive

Contohnya: I had been building my fort out of toy bricks one day when my little brother came in and smashed all my work to bits. (Saya sedang membangun benteng dari balok mainan suatu hari saat adik laki-laki saya masuk dan menghancurkan semua pekerjaan saya.)

Baca Juga: 

Irregular Verbs

  • Verb: to run

Past Participle: ran

Verb Tense: simple past

Contoh:ran the whole mile without stopping as part of my physical fitness test. (Saya berlari seluruh mil tanpa berhenti sebagai bagian dari ujian kebugaran fisik saya.)

  • Verb: to drink

Past Participle: had drunk

Verb Tense: past perfect

Contoh: My son had drunk two big glasses of water before bed which made it impossible to sleep through the night. (Putra saya telah minum dua gelas air besar sebelum tidur yang membuat mustahil untuk tidur sepanjang malam.)

  • Verb: to throw out

Past Participle: was throwing out

Verb Tense: past progressive

Contoh: My wife was throwing out important receipts all year making it impossible to complete a store return on time. (Istri saya membuang tanda terima penting sepanjang tahun, sehingga mustahil untuk menyelesaikan retur toko tepat waktu.)

  • Verb: to forget

Past Participle: had been forgetting

Verb Tense: past perfect progressive

Contoh: My son had been forgetting to complete his homework assignments for two weeks before I found out and helped him organize better. (Putra saya lupa menyelesaikan tugas-tugas rumah selama dua minggu sebelum saya mengetahuinya dan membantunya mengatur lebih baik.)

Jadi, bagaimana menurutmu mengenai penggunaan past participle dalam percakapan bahasa Inggris? Dengan berbagai pola kata yang dijelaskan diatas, kamu tidak lagi harus bingung dalam menemukan kalimat yang tepat untuk percakapan bahasa Inggris. Bahkan, semakin lama kamu juga akan memahami lebih bagaimana dan kapan menggunakannya dengan hati-hati dalam percakapan. Karena pengalaman adalah guru terbaik!

Jika kamu termotivasi untuk memperdalam kemampuan bahasa Inggris kamu, jangan lupa untuk mencoba diri kamu dengan mengikuti kursus bahasa Inggris online. Berbagi tips dan trik bersama teman serta didampingi tutor professional, kamu akan semakin mudah memahami dan mengaplikasikan past participle. Tunggu apalagi? Segera mendaftar dan rasakan keseruan belajar bahasa Ingris di Golden English.

Teguh Gunawan

Teguh Gunawan

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.
Teguh Gunawan

Teguh Gunawan

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.