fbpx

Cara Bisa Bahasa Inggris Tidak Dengan Kursus

Dewasa ini, ketidakmampuan berbahasa Inggris akan menghambat pencapaian akademis, karir bahkan bisnis Anda.

Sehingga, menguasai Bahasa Inggris menjadi suatu keharusan untuk dapat bersaing di era persaingan global yang semakin kompetitif.

Namun, hal yang paling sering menjadi masalah adalah perlukah kita mengikuti les Bahasa Inggris atau belajar secara mandiri saja.

Well, pada kesempatan ini kami akan memberitahukan apa saja hal yang harus Anda lakukan untuk dapat menguasai Bahasa Inggris secara mandiri atau tanpa kursus sekalipun.

Bagi Anda yang lebih memilih mengikuti les, Anda bisa membaca artikel kami sebelumnya yang berjudul 10 tips memilih lembaga les.

Belajar Bahasa Inggris tanpa kursus tentu memberikan beberapa keuntungan, diantaranya :

  • Lebih hemat biaya,
  • Tidak harus menempuh perjalanan untuk kursus,
  • Anda juga bisa belajar intensif kapanpun tanpa terikat waktu.

 

Lalu, bagaimanakah cara paling efektif untuk dapat menguasai Bahasa Inggris secara mandiri?

  1. Jika Anda belajar melalui media online, carilah tempat kursus yang sistematis dengan materi yang terstruktur. Hindari mencari-cari materi secara random di mesin pencarian. Hal Ini hanya akan membuat Anda bingung, karena berbeda mentor, berbeda pula metode pengajaran dan kurikulum yang digunakan. Maka, temukanlah kursus online yang menyediakan program belajar yang Anda inginkan (grammar/conversation/TOEFL/IETLS atau jenis program lainnya). Setelah Anda memutuskan untuk mengikuti 1 kursus online, maka fokuslah menyelesaikannya.

 

  1. Jika Anda ingin fokus pada conversation skill, carilah kursus online yang menyediakan forum diskusi, live video, English discussion by phone, dll.
  2. JIka Anda lebih suka belajar dengan media buku, maka carilah buku berseri yang lengkap mencakup semua kebutuhan materi Anda. Ingat, jangan berpindah-pindah buku. Belajarlah dengan metode sistematis dan terstruktur.

 

  1. Anda harus disiplin dan tegas terhadap diri Anda.

Tantangan terbesar untuk menguasai Bahasa Inggris secara mandiri ada di dalam diri Anda. Belajar mandiri mengharuskan Anda untuk disiplin dan tegas terhadap diri Anda. Hal ini disebabkan, tidak adanya mentor, scoring, kenaikan jenjang, dll yang biasanya bisa menjadi “pressure”.

 

  1. Bangun nuansa Bahasa Inggris di keseharian Anda

Hal ini berfungsi supaya Anda semakin terbiasa dengan kalimat-kalimat Bahasa Inggris. Bisa karena biasa. Mulailah menonton film-film berbahasa Inggris dengan mempelajari sub-tittle nya, mendengarkan musik-musik Bahasa Inggris dengan mempelajari liriknya, set smartphone Anda dengan Bahasa Inggris, tempelkan papan tulis berisi kosakata harian Bahasa Inggris di kamar Anda, dan bergabunglah dengan komunitas-komunitas Bahasa, baik online ataupun offline.  Untuk komunitas online, bisa search di Facebook “English learning community, dll”. Untuk komunitas offline, Anda bisa bergabung dengan British Zone (britzone) atau semacamnya. JIka Anda tinggal di Bekasi, Anda bisa bergabung dengan Bekasi English Club. Komunitas-komunitas Bahasa Inggris biasanya bisa diikuti tanpa harus bayar, alias gratis.

 

 

Jika Anda ingin betul-betul menguasai Bahasa Inggris dengan cepat

Silakan baca artikel khusus kami yang membahas mengenai tips cepat menguasai Bahasa Inggris. Klik disini

 

Well, belajar bahasa Inggris mandiri memang menawarkan berbagai keuntungan, tapi bagaimanakah efektifitasnya jika dibanding mengikuti kursus?

Untuk memperjelas pandangan para pembaca mari kita lihat tabel perbandingan antara belajar mandiri atau mengikuti kursus dibawah ini

Berhubung setiap Lembaga les menyajikan fitur dan fasilitas belajar yang berbeda-beda, maka tabel komparasi dibawah ini menggunakan standar kursus yang berlaku di Golden English

No. Kriteria Perbandingan Belajar Mandiri Mengikuti Kursus
1 Partner untuk praktek Tidak ada Bisa dengan mentor/peserta lain
2 Kurikulum Media belajar online umumnya tidak terstruktur Lengkap Berstandar Internasional
3 BIaya Sangat terjangkau Relatif mahal
4 Konsultasi Tidak ada Tersedia
5 Sertifikat Kompetensi Tidak ada tersedia
6 Mentor Tidak ada Tersedia
7 Flexibelity Sangat Fleksibel Mengikuti jadwal di lembaga
8 Counselling Tidak ada Tersedia
9 Intensitas praktek speaking Rendah Sangat tinggi
10 Native Speaker Tidak ada Tersedia
11 Garansi (jaminan bisa) Tidak ada Tersedia
12 Test Evaluasi Tidak ada Tersedia
13 Laporan Progress Tidak ada Tersedia
14 Program extra penunjang (misal gathering, competition, outdoor activity) Tidak ada Tersedia
15 Efektifitas Belum banyak terbukti Sudah banyak terbukti
16 Penempatan/penyesuaian materi sesuai kemampuan Tidak tersedia Tersedia

 

Dari tabel diatas, Anda sendiri bisa menyimpulkan manakah metode yang lebih efektif. Belajar mandiri atau mengikuti kursus.

Jika Anda ingin mengikuti kursus Bahasa Inggris dengan biaya terjangkau namun kualitasnya terjamin, Anda bisa klik www.golden-course.com

Golden English adalah lembaga kursus dan pelatihan Bahasa Inggris unggulan yang telah diikuti lebih dari 4.000 peserta kursus. Atas berbagai kreasi dengan fitur dan fasilitas belajar lengkap, Golden English meraih penghargaan sebagai lembaga kursus kreatif dari Dinas Pendidikan.

Golden English juga menyediakan kursus online, silakan klik disini

Untuk berbicara dengan CS kami silakan hubungi 0816 968 372 (WA available)