fbpx

Cara Membuat Profil Keren di LinkedIn

LinkedIn, sebuah situs pencari kerja dan jejaring karir, kini digunakan oleh para profesional di seluruh dunia. Sejak peluncurannya di tahun 2003, LinkedIn telah tumbuh menjadi salah satu situs media sosial yang paling populer bagi para profesional bisnis untuk menghubungkan dan membangun jejaring mereka. Tak peduli apakah Anda memiliki bisnis sendiri, sedang mencari pekerjaan, atau ingin meningkatkan prospek pekerjaan, maka LinkedIn dapat membantu Anda – selama Anda memberikan informasi yang tepat tentang diri Anda.

Kini kita akan melihat beberapa hal yang harus Anda sebutkan di LinkedIn, memberikan tips tentang cara mendapatkan yang terbaik dari situs jejaring sosial bisnis ini, dan beberapa tips bahasa untuk membantu memperbaiki profil LinkedIn Anda.

Tips Profil

Profil LinkedIn Anda pada dasarnya adalah sebuah CV online yang berisi rincian semua pendidikan dan prestasi profesional Anda. Artinya, profil LinkedIn Anda haruslah terperinci dan akurat dengan info terkini, serta periksa ulang ejaan dan tata bahasa untuk memastikan profil Anda terlihat profesional.

Selalu gunakan foto. Tahukan Anda bahwa profil LinkedIn yang menggunakan foto berpeluang 11 kali lebih banyak untuk dilihat, dan bahwa pembaruan dengan foto akan mendapatkan “share” 5 kali lebih banyak? Foto adalah kunci untuk membuat profil profesional, dan di bawah ini kami memberikan tips tambahan untuk membantu Anda memilih foto yang tepat.

Jangan lupa untuk membuat profil Anda menjadi publik! Membuat profil publik artinya seluruh dunia bisa melihatnya. Anda juga harus menyesuaikan URL sehingga mudah untuk diingat. Menggunakan nama Anda adalah pilihan yang ideal, jika memungkinkan, misalnya: www.linkedin.com/in/johnsmith

Tips Foto

Tahun ini, LinkedIn memperkenalkan fasilitas photo sharing (berbagi foto) via perangkat selular untuk seluruh 300 juta anggotanya. Artinya, pengguna dapat menambahkan foto ke pembaruan mereka dari ponsel melalui aplikasi LinkedIn, serta dari desktop mereka. Foto kini menjadi semakin penting dan semakin mudah untuk ditambahkan di situs. Tapi foto manakah yang harus Anda tambahkan, dan foto manakah yang harus tetap Anda simpan di laman Facebook Anda?

Kuncinya adalah untuk tetap bersikap profesional. Lupakan foto liburan terakhir Anda dan pilihlah foto yang akan menarik perhatian para calon pemberi kerja atau klien. Anda dapat menyertakan foto pekerjaan atau kerja tim Anda, foto saat Anda bertemu orang-orang penting, foto saat Anda sedang memberikan presentasi atau menjadi sukarelawan. Jika Anda memasukkan foto-foto orang lain, maka pastikan Anda telah mendapatkan izin mereka.

Tips Ringkasan

Jika profil LinkedIn adalah CV Anda, maka ringkasan LinkedIn adalah surat lamaran Anda. Bagian ini memperkenalkan diri Anda kepada para calon pemberi kerja. Ini adalah bagian yang akan menarik perhatian mereka, menyimpulkan siapa Anda, dan membuat Anda menonjol dari kandidat lain. Tunjukkan kepribadian Anda, pastikan semua informasi akurat – termasuk sertifikasi, bahasa dan keterampilan lain yang Anda anggap relevan – dan jangan lupa untuk menulis judul yang menarik. Judul ini akan muncul tepat di bagian atas laman ketika seseorang melihat profil Anda.

Tips Info Tambahan

Anda dapat menggunakan bagian LinkedIn ini untuk benar-benar menjual diri Anda, jadi cobalah untuk menggunakannya sesering mungkin. Anda bisa menghubungkannya ke akun Twitter, situs pribadi, blog dan situs-situs lain yang menyediakan informasi profesional tentang Anda.

Tips Bahasa

Tak ada pemberi kerja yang akan terkesan dengan kesalahan dasar pada ejaan atau tata bahasa. Jadi selalu periksa profil Anda dengan seksama sebelum Anda mempublikasikannya.

Selalu gunakan kalimat-kalimat pendek, terutama di bagian ringkasan. Hal ini akan membantu menahan perhatian pembaca dan memastikan bahwa profil Anda jelas dan ringkas.

Cobalah untuk menghindari penggunaan istilah. LinkedIn telah memberikan panduan berguna tentang 10 kata yang terlalu sering digunakan di situs. Contohnya: bertanggung jawab. Hindari menggunakan istilah seperti ini, karena para pemberi kerja memang mengharapkan Anda sebagai orang yang bertanggung jawab. Hal itu bukanlah keahlian khusus yang patut Anda banggakan, melainkan sesuatu yang memang sudah seharusnya Anda miliki.

Membuat koneksi

Jika ingin meningkatkan prospek pekerjaan Anda, maka Anda perlu mulai membuat jejaring. Ingat bahwa kuncinya adalah kualitas, bukan kuantitas. Anda bisa saja mempunyai 500 koneksi LinkedIn, tetapi jika mereka adalah 500 orang yang bekerja di industri yang sama sekali berbeda dengan Anda, maka hal ini tidak akan banyak membantu.

Hindari menggunakan template undangan koneksi dari LinkedIn karena sifatnya yang tidak personal. Sebaliknya, selalu sertakan catatan dari Anda sendiri tentang kenapa Anda ingin berhubungan dengan orang tersebut dan kenapa Anda berpikir bahwa hubungan ini akan menguntungkan bagi Anda berdua.

Setelah membangun koneksi Anda, cobalah fitur LinkedIn “Orang yang Mungkin Anda Kenal” yang akan membantu Anda untuk menemukan lebih banyak koneksi. Fitur ini akan memberi lebih banyak kesempatan untuk memperkenalkan diri Anda ke yang lainnya.

Buatlah para pengikut Anda tertarik

Setelah membangun koneksi, Anda juga ingin terlibat dengan mereka. Pastikan mereka tidak lupa siapa diri Anda. Anda dapat menarik perhatian mereka dengan melakukan posting secara teratur tentang hal yang relevan dengan industri Anda atau hal yang benar-benar menarik. Mem-posting sedikit humor juga tak ada salahnya.

Multimedia adalah teman Anda, dan Anda akan cenderung mendapatkan respon yang lebih baik saat posting Anda disertai dengan link, video dan gambar.

sumber : ef.co.id