fbpx

Now Everyone Can Speak English

Future Perfect Tense: Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimat

Daftar Isi

Future Perfect Tense

Dewasa ini bahasa Inggris sudah bukan hanya sebagai persyaratan untuk bekerja atau melanjutkan pendidikan lebih tinggi saja. Tetapi bahasa Inggris sudah menjadi bahasa yang ada di sekeliling kita. Misalnya saja penggunaan media sosial yang bahasa pengantarnya bahasa Inggris.

Atau misalnya kamu memiliki teman yang berbicara bahasa Inggris, dan kamu membutuhkan kemampuan bahasa Inggris untuk bisa berkomunikasi dengannya.

Hal tersebut membuat kita menjadi kebutuhan dalam memiliki kemampuan berbahasa Inggris. Meskipun demikian, terdapat banyak orang yang merasa sulit dalam mempelajari bahasa Inggris. Tentu saja hal itu lumrah, karena bahasa Indonesia pada dasarnya berbeda dengan bahasa Inggris.

Misalnya kamu ingin mengungkapkan sebuah aksi yang terjadi di masa depan dan akan sudah selesai pada waktu yang ditentukan. Kamu bisa berkata, “Aku akan sudah selesai membaca buku Bahasa Inggris pukul 14.00 nanti.”

Tapi bagaimana caranya kalau ingin mengungkapkan kalimat yang serupa dalam bahasa Inggris? Nah, kalimat yang kamu sebutkan tadi, merupakan salah satu tenses dalam bahasa Inggris, yaitu future perfect tense. Mari simak penjelasan berikut ini!

Baca Juga: Future Continuous Tense: Pengertian, Rumus, Fungsi dan Contoh

Pengertian Future Perfect Tense dan Contoh Kalimat

Future perfect tense adalah salah satu jenis tenses yang digunakan untuk menjelaskan aksi atau membicarakan kejadian atau tindakan yang akan selesai sebelum waktu tertentu di masa depan. Misalnya “Aku akan sudah selesai membaca buku bahasa Inggris pukul 14.00 nanti” berarti subjek “Aku” akan sudah menyelesaikan bacaan buku bahasa Inggris sebelum pukul 14.00.

Dalam bahasa Inggris, kalimat tersebut menjadi, “I will have read English book at 14.00.” Tapi yang harus kamu pahami, aksi yang disebutkan dalam kalimat ini, belum terjadi. Hanya saja, aksi tersebut akan selesai terjadi di masa depan sebelum waktu yang disebutkan atau ditentukan.

Biasanya dalam future perfect tense menggunakan kata-kata keterangan waktu atau menyebutkan waktu yang spesifik untuk membedakan tense tersebut dengan simple future tense. Perhatikan contoh dua kalimat ini:

Simple future tense: I will eat dinner at 9 PM.

Future perfect tense: I will have eaten at 9 PM.

Pada kalimat simple future tense, subjek “I” akan makan malam pada pukul 9 malam. Sedangkan pada kalimat future perfect tense subjek “I” akan sudah selesai makan malam pada pukul 9 malam.

Yang perlu kamu pahami, future perfect tense hanya bisa digunakan dalam kalimat jika terdapat keterangan waktu yang spesifik. “I will have eaten at 9 PM,” adalah kalimat yang benar. Sedangkan “I will have eaten” adalah kalimat yang salah.

Selain menggunakan kata at untuk memperjelas konteks kalimat future perfect tense, kamu juga bisa menggunakan preposisi lain untuk menyebutkan kata keterangan waktu. Seperti misalnya menggunakan before atau by the time, diikuti dengan kalimat simple present atau waktu spesifik. Simak contoh berikut ini:

  • I will have gone to bed by the time you get back. (Aku akan sudah tidur saat kamu kembali.)
  • The guests will have come before 8.30 PM. (Para tamu akan sudah hadir sebelum pukul 8.30 malam.)
  • The students will have finished their assignments by the time the professor come. (Para mahasiswa akan sudah menyelesaikan tugas-tugas mereka saat profesor datang.)
  • Sharon will have cooked meal before Julian comes home. (Sharon akan sudah selesai masak makanan sebelum Julian pulang ke rumah.)

Jackson will have written his essay by the time Henry finishes his book. (Jackson akan sudah selesai menulis esainya saat Henry menyelesaikan bukunya.)

Selain menggunakan by the time dan before, kamu juga bisa menuliskan kata keterangan waktu di awal atau akhir kalimat menggunakan in, by dan lain sebagainya. Berikut contohnya:

  • By midnight, the kids will have gone to bed. (Saat tengah malam, anak-anak akan sudah pergi tidur.)
  • In four years’ time, I will have finished my study. (Dalam empat tahun, aku akan sudah menyelesaikan studiku.)
  • By next month, I’ll have finished my book. (Saat bulan depan, aku akan sudah menyelesaikan bukuku.)
  • In two hours’ time, they will have left Australia. (Dalam dua jam, mereka akan sudah meninggalkan Australia.)
  • By 6 PM tonight, Susan and Peter will have studied biology. (Saat pukul 6 malam ini, Susan dan Peter akan sudah belajar biologi.)
  • In new years’ time, I’ll have gotten a job. (Tahun baru nanti, aku akan sudah memiliki pekerjaan.)
  • By next week, we will have met Julie. (Minggu depan, kita akan sudah bertemu dengan Julie.)

 

Future Perfect Tense

Rumus dan Contoh Future Perfect Tense

Penggunaan future perfect tense bisa dalam kalimat positif, negatif dan interogatif. Ketika kamu ingin membuat kalimat positif future perfect tense, kamu dapat menggunakan rumus ini:

Subject + will + have + past participle (verb 3)

Oh iya, tidak masalah jika subjeknya merupakan berjumlah tunggal atau jamak, struktur kalimatnya tidak akan berubah. Jangan lupa untuk menyebutkan waktu yang spesifik, baik di awal atau di akhir kalimat. Berikut contoh kalimatnya:

  • John will have baked a strawberry cake before you arrive. (John akan sudah selesai memanggang kue stroberi sebelum kamu tiba.)
  • They will have painted the house before I have a chance to speak to them. (Mereka akan sudah selesai mengecat rumah sebelum aku punya kesempatan untuk berbicara kepada mereka.)
  • Next month, we will have been married for two years. (Bulan depan, kita akan sudah menikah selama dua tahun.)
  • In September, my best friend will have served as an astronaut for twenty years. (Bulan September nanti, sahabatku sudah akan melayani negara sebagai astronot selama dua puluh tahun.)
  • When my father arrives, I will have been ready to leave for thirty minutes. (Saat ayahku tiba, aku akan sudah siap untuk pergi selama tiga puluh menit.)

Jika kamu ingin membuat kalimat negatif future perfect tense, kamu hanya cukup menambahkan kata not di antara kata will dan kata have. Tapi kamu juga bisa membuat singkatan won’t. Simak rumus berikut ini:

Subject + will + not + have + past participle (verb 3)

Subject + won’t + have + past participle (verb 3)

  • We will not have eaten breakfast before we get to the airport tomorrow morning. (Kita tidak akan selesai sarapan sebelum berangkat ke bandara besok pagi.)
  • They will not have finished the exam before the professor comes. (Mereka tidak akan selesai mengerjakan ujian sebelum profesor datang.)
  • By the time you arrive, we will not have finished the meal. (Saat kamu tiba, kita tidak akan menyelesaikan makan.)
  • I won’t have written all the reports by next week. (Aku tidak akan selesai menulis laporan saat minggu depan.)
  • They won’t have arrived at home before 4 PM. (Mereka tidak akan sudah sampai di rumah sebelum pukul 4 sore.)

Baca Juga: Past Perfect Continuous Tense: Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimat

Selain kalimat positif dan kalimat negatif, kamu juga bisa membuat kalimat interogatif dengan menggunakan future perfect tense. Berikut adalah rumus dan contohnya:

Will + subject + have + past participle (verb 3)

  • Will you have gone to bed when I get back? (Apakah kamu sudah akan pergi tidur saat aku kembali?)
  • Will you have eaten lunch already when we arrive? (Apakah kamu sudah akan makan siang saat kami tiba?)
  • Will they have finished the exam before the professor comes? (Apakah mereka akan sudah menyelesaikan ujian sebelum profesor datang?)
  • By next year, will he have got married? (Tahun depan, apakah dia sudah akan menikah?)
  • When will Jonathan have written this article? (Kapan Jonathan akan selesai menulis artikel ini?)

Demikianlah pembahasan mengenai materi future perfect tense. Jenis tense ini dapat membantumu dalam melakukan percakapan bahasa Inggris dengan lebih baik dan lebih benar. Karena dengan ini, kamu bisa menyampaikan sesuatu sesuai konteks yang terjadi dan lawan bicaramu akan memahaminya dengan baik.

Supaya kamu mahir berbahasa Inggris, jangan lupa untuk terus belajar terus tentang grammar bahasa Inggris khususnya di tenses. Jika kamu membutuhkan bantuan, kamu bisa mengikuti kursus IELTS online di Golden English. Dengan kursus IELTS online, kamu bisa mengembangkan kemampuan bahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Selamat belajar!

Referensi:

Perfect English Grammar. ND. The Future Perfect Tense (online) https://www.perfect-english-grammar.com/future-perfect.html [diakses pada 29 Maret 2022]

British Council. ND. Future Continuous and Future Perfect (onlune) https://learnenglish.britishcouncil.org/grammar/b1-b2-grammar/future-continuous-future-perfect [diakses pada 29 Maret 2022]

Grammarly. ND. Future Perfect (online) https://www.grammarly.com/blog/future-perfect/ [diakses pada 29 Maret 2022]

Writing Explained. ND. What is the Future Perfect Tense? Definition, Examples of English Tenses (online) https://writingexplained.org/grammar-dictionary/future-perfect-tense [diakses pada 29 Maret 2022]

Teguh Gunawan

Teguh Gunawan

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.
Teguh Gunawan

Teguh Gunawan

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.