fbpx

Now Everyone Can Speak English

Perbedaan IELTS Prediction Test dan IELTS Preparation

Daftar Isi

ielts prediction test

Kalo kamu ingin mendaftar beasiswa untuk kuliah di luar negeri, seperti beasiswa LPDP, pasti kamu sudah tak asing lagi dengan istilah ini.

Benar. IELTS namanya. Persyaratan yang selalu menjadi momok bagi scholarship hunters.

Ngomongin soal IELTS, kalian tau nggak, sih, kalau beberapa lembaga kursus di Indonesia itu menawarkan dua jenis program yang sering bikin kamu bingung, yaitu IELTS Prediction Test dan IELTS Preparation.

Jadi, apa perbedaan dua program tersebut? Baca penjelasan di bawah ini agar kamu mengetahuinya.

Pengertian IELTS Prediction Test

IELTS Prediction Test merupakan program simulasi tes IELTS yang mencakup 4 materi yang akan diujikan, seperti listening, reading, writing, dan speaking.

Nah, IELTS Prediction ini penting banget untukmu yang ingin melihat sejauh mana kapabilitasmu sebelum menghadapi IELTS Official Test.

Mengingat biaya IELTS Official Test saat ini tidak murah, sekitar Rp. 3.150.000 (Official IELTS IDP), mengikuti IELTS Prediction bisa membuatmu well-prepared dalam memahami area materi yang akan kamu hadapi nanti.

Ibaratnya, tes prediksi IELTS ini seperti “trial” sebelum kamu ingin mencoba bermain game, baik di HP maupun komputer.

Kamu bisa lihat seberapa jauh kemampuanmu dan apa yang perlu ditingkatkan dari keempat materi tersebut. Gak cuma itu, hasil dari Prediction Test ini bisa jadi motivasi tambahan buatmu untuk belajar lebih giat lagi.

Pengertian IELTS Preparation

ielts prediction test

Jika IELTS Prediction itu merupakan trial-nya, kalo IELTS Preparation ini ialah persiapan intensifnya.

IELTS Preparation atau Persiapan IELTS merupakan program yang disediakan oleh lembaga kursus bahasa Inggris, seperti Golden English untuk membantu persiapanmu dalam mencapai skor IELTS yang tinggi.

Program persipan ini biasanya meliputi latihan soal, simulasi ujian, hingga pembelajaran intensif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu, terutama materi khusus untuk IELTS.

Tanpa persiapan yang maksimal, kamu nggak akan bisa meraih skor IELTS yang optimal. Terlebih jika kamu ingin menempuh studi di luar negeri via beasiswa.

Perbedaan IELTS Prediction Test dan IELTS Preparation

Ini dia perbedaan IELTS Prediction dan IELTS Preparation.

Manakah yang Lebih Penting, Ikut IELTS Prediction atau IELTS Preparation?

Jika dibandingkan, maka keduanya merupakan dua hal terpenting yang harus kamu ikuti ketika kamu bertekad untuk meraih skor IELTS yang tinggi.

Kalo kamu ingin melihat seberapa siap dirimu, Prediction Test cocok untukmu. Namun, kalo kamu butuh trik & strategi dan persiapan detail, kamu bisa mengikuti IELTS Preparation saja. 

Namun, pada umumnya, di beberapa lembaga kursus di Indonesia, menawarkan biaya yang cukup mahal untuk memilih antara 2 program tersebut.

Di Golden English, lembaga yang sudah terdaftar di Kemendikbud, kamu dapat mengikuti Preparation IELTS dengan harga yang affordable. Selain itu, kamu juga akan kesempatan mengerjakan IELTS Prediction Test secara GRATIS tanpa membayar uang tambahan.

Rekomendasi Tempat IELTS Prediction Test dan IELTS Preparation

Pengertian sudah paham, perbedaan juga sudah. Jadi, saatnya kamu mencari tempat yang tepat untuk memulai petualanganmu demi meraih skor IELTS yang tinggi.

Memilih tempat IELTS Prediction ataupun IELTS Preparation itu tentunya harus mempertimbankan beberapa faktor, di antaranya:

  1. Kualitas Materi Pembelajaran: Pastikan tempat yang kamu pilih menyediakan materi pembelajaran dan modul yang komprehensif dan sesuai dengan kebutuhanmu, terutama jika kamu hendak memilih IELTS Preparation program.
  2. Metode Pembelajaran: Perhatikan metode pembelajaran yang digunakan, apakah cocok dengan gaya belajarmu atau tidak. Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, dan memilih metode yang sesuai bisa membuat proses belajarmu lebih efektif dan menyenangkan.
  3. Fasilitas Online: Pilihlah program IELTS Prediction yang tersedia secara online, pastikan platformnya mudah diakses dan memiliki fitur yang mendukung dan lancar. Pastikan juga kamu bisa mengakses materi, latihan soal, hingga memantau proses belajarmu melalui aplikasi jika kamu mengikuti IELTS Preparation.
  4. Reputasi dan Review: Cari tahu tentang reputasi tempat yang hendak kamu pilih melalui ulasan dari pengguna sebelumnya atau rekomendasi dari teman atau kerabatmu.
  5. Ketersediaan Waktu dan Fleksibilitas: Carilah lembaga kursus yang dapat menyesuaikan jadwalmu dan kemampuan untuk mengikuti kelas atau tes secara teratur.
  6. Biaya: Pilihlah lembaga kursus yang menawarkan harga terjangkau, namun kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Tentu saja, perhatikan juga biaya yang diperlukan untuk mengikuti program tersebut dan pastikan sesuai dengan anggaran yang kamu miliki.

Jika kamu telah mempertimbangkan 6 poin di atas, maka langkah kamu selanjutnya ialah memilih Golden English sebagai tempat yang dapat membantumu meraih skor IELTS yang kamu impikan.

Di Golden English, 6 pertimbangan di atas tidak perlu diragukan lagi. Karena 50.000 peserta kursus dan tes takers telah membuktikannya.

Jadi, Golden English adalah rekomendasi terbaikmu untuk membantumu dalam mendapatkan skor IELTS impianmu. Tentunya juga untuk membantumu lolos beasiswa yang kamu impikan.

Coba IELTS Prediction sekarang dan join IELTS Preparation di Golden English. Raih skor tinggi dengan bimbingan dari tutor berpengalaman, fasilitas modern, dan metode pembelajaran efektif. 

ielts prediction test

Teguh Gunawan

Teguh Gunawan

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.
Teguh Gunawan

Teguh Gunawan

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.