fbpx

Informasi Tes IELTS di Area Depok – WA 0816 262 792

Hi Goldeners, Lagi cari lokasi buat tes IELTS resmi? Kalian berlabuh ditempat yang tepat! Baca sampai habis, ya.

Jika saat ini Anda sedang mempersiapkan rencana studi/berkarir diluar negeri, bisa jadi salah 1 persyaratan yang wajib disiapkan yaitu sertifikat kecakapan bahasa Inggris, bisa meliputi IELTS, TOEFL, TOEIC atau yang lainnya. Dokumen ini dibutuhkan sebagai tanda yang menunjukkan bahwa Anda bisa dalam berbahasa Inggris.

Kali ini, penulis akan mengupas lebih jauh mengenai IELTS, salah 1 tes kecakapan bahasa Inggris paling populer saat ini. Data dari British Council, sudah lebih dari 3,5 juta orang yang melaksanakan tes IELTS dan ada lebih dari 10.000 organisasi yang menerima sertifikat IELTS. Keren!

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama, yaitu tentang informasi penyedia tes IELTS. Berikut ini beberapa hal terkait IELTS yang sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu. Let’s go!

Sumber: Freepik.com

1. Berkenalan dengan IELTS yuk!

IELTS dijadikan salah 1 syarat oleh banyak organisasi/institusi di dunia. Biasanya, sertifikat IELTS dijadikan syarat oleh lembaga-lembaga di negara Australia, Inggris dan Selandia Baru. Banyak institusi dari negara-negara lain yang juga menjadikan sertifikat IELTS sebagai bagian dari persyaratannya. Ya, kini IELTS semakin mendunia, lho. Nah, bagi Anda yang ingin lanjut bekerja atau studi di negara-negara tersebut, pasti mempelajari dan mengambil tes IELTS adalah hal yang diperlukan.

Fakta menarik, banyak yang awalnya mempelajari IELTS sekedar untuk persiapan tes sebagai syarat, tetapi pada akhirnya merasakan banyak manfaat lebih. Karena, mempelajari IELTS sama dengan melatih kemampuan bahasa Inggris kita dengan lebih mendalam, khususnya untuk urusan akademik. Misal, saat kita harus membuat statement of purpose dan proposal penelitian, kita perlu menggunakan teknik penulisan academic writing yang bisa dipelajari di materi pembelajaran IELTS. So, Jangan ragu untuk belajar dan ikut tes IELTS, ya.

IELTS adalah singkatan dari International English Language Testing System adalah ujian kemampuan atau kecakapan dalam berbahasa Inggris yang diselenggarakan oleh 3 institusi, yaitu IDP Education Australia, British Council dan juga Universitas Cambridge.

2. Ada Berapa Jenis IELTS?

Ada 2 jenis IELTS, yaitu Academic dan General Training. Bagi Anda yang butuh sertifikat IELTS untuk persyaratan administrasi kuliah, pastikan Anda memilih Academic IELTS. Sedangkan jenis General Training dikhususkan bagi Anda yang bekerja, dan akan mengikuti pelatihan kerja, migrasi ataupun mengikuti pelatihan non-gelar di negara berbahasa Inggris. Kemudian, terdapat 2 model tes, yakni paper-based dan computer-based. Untuk paper-based umumnya diselenggarakan di hotel, sementara computer-based diselenggarakan di kantor british council langsung. Jangan bimbang untuk berbicara dengan konsultan dari penyelenggara tes untuk memberitahu jenis tes yang cocok untuk Anda.

3. Berapa target skor yang harus didapatkan?

Persyaratan dari setiap institusi berbeda-beda. Pada umumnya institusi-institusi  mensyaratkan nilai IELTS minimum 5.5 – 6. Beberapa universitas top mensyaratkan skor 7. Saran kami, jangan terlalu terbebani dengan target skor, yang terpenting lakukan persiapan sematang mungkin dan latihan sebanyak mungkin. Dengan persiapan yang matang, Anda akan lebih percaya diri menghadapi tes IELTS.

4. Berapa Lama Durasi Tes IELTS?

Durasi tes IELTS terhitung lebih lama daripada English proficiency test lainnya, misal TOEFL dan TOEIC. Pada tes IELTS, bagian listening berdurasi 30 menit, reading 60 menit, writing 60 menit dan speaking maksimal 15 menit. Jadi, Ujian terdiri dari seluruh skill dalam bahasa Inggris. Total keseluruhan durasi yang dibutuhkan dalam tes IELTS mencapai 2 jam 45 menit.

kursus persiapan ielts
Sumber: Freepik.com

5. Berapa biaya untuk mengikuti tes IELTS?

Untuk mengambil 1 kali tes IELTS, Anda perlu mengeluarkan biaya kurang lebih Rp 2.900.000-an (harga mungkin saja berubah di kemudian hari, sesuai peraturan penyelenggara). Berhubung harga tes IELTS yang lumayan mahal, Anda sebaiknya mempersiapkan diri semaksimal mungkin agar mendapatkan skor sesuai yang ditargetkan.

6. “Saya Seorang Pemula, Bagaimana Agar Mendapatkan Skor Ideal?”

Yang perlu diketahui, tes IELTS akan menguji semua skill bahasa Inggris yang Anda miliki, mulai dari reading, listening, writing hingga speaking. Saran kami, sebelum Anda mengambil tes IELTS, sebaiknya Anda mengambil simulasi tes IELTS/IELTS prediction test terlebih dahulu. Simulasi tes IELTS adalah sebuah tes yang didesain semirip mungkin dengan tes IELTS, mulai dari bentuk soal, jumlah soal, durasi, scoring hingga teknis pelaksanaannya. Hasil tes simulasi ini dapat memberi penilaian skor yang akan didapatkan jika Anda mengikuti official IELTS Test. Mengikuti simulasi tes IELTS juga dapat dijadikan ajang pemanasan. Golden English, lembaga kursus dan pelatihan profesional, merupakan salah 1 penyedia tes simulasi IELTS. Apabila skor simulasi tes IELTS Anda masih dibawah harapan, Anda dapat terus meningkatkan porsi latihan, salah satunya dengan mengikuti kelas IELTS preparation

Sumber: Freepik.com

7. Tips Mendapatkan Skor IELTS Sesuai Harapan

Cara meraih skor IELTS bagus adalah dengan mengerjakan tes secara tenang dan percaya diri. Gugup, grogi, cemas atau kendala mental lainnya seringkali menghambat kinerja otak untuk dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Berikut adalah poin-poin yang harus Anda lakukan demi meraih nilai IELTS yang Anda inginkan:

  1. BIasakan menggunakan bahasa Inggris di keseharian untuk meningkatkan kosakata yang Anda punya.
  2. Mulai biasakan praktik dan berlatih teknik pengucapan. Setidaknya, hal ini juga dapat mempengaruhi skor IELTS Anda, terutama speaking.
  3. Perdalam tata bahasa dan struktur kalimat yang benar dalam kalimat-kalimat bahasa Inggris. Bisa dengan mempelajari materi grammar secara khusus. Menguasai tata bahasa dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda, khususnya dalam hal reading dan writing.
  4. Mulai biasakan mendengarkan kalimat-kalimat bahasa Inggris secara rutin (terutama percakapan formal). Rutinitas ini bisa membantu meningkatkan kemampuan listening Anda.
  5. Bergabung di perkumpulan/komunitas/kursus untuk saling berbagi dan bertukar referensi bank soal, sumber-sumber materi IELTS, pengalaman, dan wawasan terkait IELTS. Mempunyai teman seperjuangan turut membantu Anda meraih target dengan lebih cepat dan terarah.
  6. Memiliki mentor berpengalaman dan profesional. Atlet sehebat apapun pasti membutuhkan seorang pelatih, ini menunjukkan betapa pentingnya keberadaan seorang mentor. Mentor profesional dan berpengalaman akan memberikan trik dan strategi keberhasilan bagi anak didiknya. Seorang mentor akan melakukan mapping, serta observasi terhadap progress anak didiknya, hingga meraih keberhasilan. 

7 hal diatas bisa Anda dapatkan di program kursus IELTS dari Golden English, klik disini untuk informasi lengkap.

8. Dimana Saya Bisa Mengambil Tes IELTS? Dan Kapan Jadwalnya?

Tes IELTS biasanya diselenggarakan pada hari Sabtu. Hasil test pada umumnya keluar dalam 13 hari dan dapat dicek melalui online maupun langsung datang ke tempat penyelenggara tes. Ada banyak penyelenggara tes IELTS di Indonesia. Tes IELTS sendiri diadakan di beberapa kota, diantaranya: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bandung, Surabaya, Semarang, Solo, Yogyakarta, Malang, Medan, Makassar, Padang, Batam, Palembang, Jayapura, dll. Jadwal pelaksanaan tes untuk area Jakarta dan sekitarnya bisa cek disini, atau bisa ditanyakan ke konsultan IELTS kami. Sehubungan dengan banyaknya pendaftar tes IELTS, Anda disarankan untuk mendaftar 1-2 bulan sebelum tanggal tes yang diinginkan.

Nah, pada kesempatan ini, kami ingin bertanya, bagaimana jika kalian mendaftar tes IELTS dengan biaya sama, namun mendapatkan berbagai bonus, seperti: 

  • Gratis simulasi tes IELTS
  • Gratis konsultasi terkait tes dan beasiswa studi di luar negeri
  • Gratis mengikuti kelas speaking dan grammar
  • Gratis pendampingan registrasi tes

Sekali lagi, biaya tes IELTS yang Anda keluarkan 100% sama dengan di luar sana, tapi Anda bisa mendapatkan 4 benefit diatas secara cuma-cuma.

Penawaran ini hanya berlaku untuk 12 pendaftar pertama.

Jika tertarik, Anda bisa mendaftar tes IELTS melalui Golden English, selain keuntungan diatas, Anda juga dapat berkonsultasi langsung mengenai jenis tes IELTS, langsung dengan konsultan IELTS kami.

Silakan klik disini untuk mendaftar official IELTS Test.

Ada pertanyaan? silakan hubungi CS kami di 021-85503106 atau bisa juga melalui WA di 0816 262 792.