fbpx

Ini Dia Tips Membuat CV dalam Bahasa Inggris Supaya Lulus Verifikasi Dokumen

9 Tips Membuat CV dalam Bahasa Inggris, Jangan Asal Buat!

tips membuat cv dalam bahasa inggris

Curriculum vitae (CV) ialah dokumen yang didalamnya berisi rangkuman dari riwayat hidup seseorang, mulai dari informasi biodata lengkap, pendidikan, pekerjaan, hingga sejumlah penghargaan yang pernah diraih. CV adalah dokumen yang selalu diminta perusahaan ketika sedang membuka lowongan kerja.

Pada umumnya,seseorang yang menulis CV-nya dengan Bahasa Inggris dengan baik, memiliki peluang yang sangat besar untuk lulus uji dokumen dibandingkan dengan mereka yang membuatnya dengan asal-asalan.

Ketika kamu akan melamar pekerjaan ke perusahaan besar seperti perusahaan FMCG, agensi periklanan, startup unicorn, stasiun televisi, ataupun lainnya. Sebaiknya tulislah CV-mu menggunakan Bahasa Inggris supaya lebih menarik perhatian. Dibawah ini ialah beberapa tips membuat CV menggunakan Bahasa Inggris untuk memperbesar peluangmu lulus uji berkas dan lanjut ke tahapan wawancara. Simak berikut ini!

 

1. Pelajari format CV yang diminta

 

Ketika perusahaan membuka sebuah lowongan pekerjaan, tentu mereka menginformasikan mengenai hal apa saja yang perlu dan tidak perlu di tautkan dalam CV. Baca dan ikuti pedoman penulisan CV ini dengan baik saat kamu hendak melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

Jangan malah membangkang dan menulis CV sesuai aturan kamu sendiri, karena ini berisiko menyebabkan kamu gagal dalam verifikasi berkas. Selain itu, apabila kamu melamar pekerjaan di perusahaan asing, pakailah gaya atau format CV yang sesuai di negara tersebut.

Perlu diketahui bahwa setiap negara memiliki style dan aturan CV yang berbeda-beda. Luangkan waktumu sejenak untuk menyesuaikan CV-mu sebelum buru-buru melamar pekerjaan.

Baca Juga : 

2. Masukkan semua informasi-informasi penting

 

Ketika membuat CV memakai Bahasa Inggris, pastikan kamu menuliskan semua informasi penting yang dibutuhkan dengan benar. Pada umumnya ketika menulis CV terkandung beberapa informasi yang harus ditulis dengan baik, antara lain:

  • Biodata singkat – nama lengkap pelamar, tempat/tanggal lahir, usia, jenis kelamin, agama, dll
  • Foto – Untuk poin ini boleh ditambahkan ataupun tidak. Terdapat beberapa perusahaan yang mewajibkan untuk mencantumkannya dalam CV tetapi ada juga yang tidak mengharuskan.
  • Pendidikan – kuliah di universitas mana, jurusan apa, durasi kuliah, dll
  • Pekerjaan – Sudah pernah bekerja di perusahaan mana saja lalu pada jabatan atau posisi apa
  • Kemampuan (Skills) – misal, punya keahlian desain, programming, digital marketing, dll atau bisa juga mencantumkan bahasa apa saja yang dikuasai
  • Kontak – masukkan alamat email serta nomor telepon yang dapat dihubungi

Informasi di atas adalah informasi yang umum ada dalam sebuah CV bahasa Inggris. Tapi, kamu tetap harus menyesuaikannya kembali sesuai dengan permintaan perusahaan atau aturan yang berlaku di negara tempat perusahaan tersebut berada

 

3. Buat CV dengan informasi yang singkat dan padat

 

Curriculum Vitae yang baik tersusun dari hanya satu halaman atau dua halaman bila lebih (satu kertas A4 bolak balik). Jika kamu merasa memiliki banyak informasi yang perlu dicantumkan, singkat informasi tersebut. Cantumkan hanya informasi yang paling relevan dengan posisi pekerjaan yang ingin kamu lamar. Tak perlu untuk menaruh semuanya.

Disamping itu, jika informasi kalian memang sangat Panjang, cobalah hanya gunakan 1-2 baris saja disetiap informasinya. Sebaliknya, kalau informasi yang kamu punya sedikit, tambahkan informasi lain yang sekiranya relevan.

Misalnya, kamu boleh menambahkan tambahan penjelasan yang berkaitan dengan tanggaung jawab atau jobdesk yang kamu lakukan pada jabatan di perusahaan sebelumnya, tambahkan juga informasi mengenai keahlian yang dimiliki serta penghargaan yang pernah diraih.

 

4. Gunakan kata kerja aktif

 

Saat kamu mendeskripsikan tentang capaian yang berhasil kamu raih dalam pekerjaan sebelumnya, gunakanlah kata kerja aktif untuk memberikan efek positif yang kuat kepada pembaca.

Contohnya, dibandingkan dengan memakai kalimat “was in charge of building a mobile app”, akan jauh lebih baik jika kalimatnya dirubah dengan “created a mobile app” atau “developed a mobile app”. Daripada menggunakan kalimat “was responsible for achieving business growth”, lebih baik ganti dengan kalimat “managed a sales team” atau “led a sales team”.

Kelihatannya memang cukup sepele, menulis CV menggunakan kata kerja aktif seperti led, acquired, created, managed, developed, provided, executed, dan lain-lain seringkali dapat membuat CV-mu lebih menonjol dibandingkan dengan para kandidat lainnya serta meningkatkan peluang kamu diterima kerja.

 

5. Update Selalu CV-mu

 

Apabila kamu mempublikasikan CV-mu dalam sebuah situs lowongan kerja seperti Linkedin, Jobstreet, Karir, dan Glints, pastikan informasi pada CV tersebut selalu up to date dengan kondisi kamu saat ini. Semisal, kamu memiliki pengalaman kerja, keahlian, atau penghargaan baru yang rasanya perlu dicantumkan ke CV kamu, maka cantumkan hal tersebut.

 

6. Jangan melebih-lebihkan apalagi berbohong

 

Ketika kamu membuat CV dalam Bahasa Inggris, penting sekali untuk menjabarkan semua pengalaman kerja, keahlian, serta pencapaian yang berhasil kamu raih. Akan tetapi janganlah dilebih-lebihkan apalagi sampai mengisi dengan informasi yang mengandung kebohongan.

Dikarenakan, seorang HRD pastinga mempunyai koneksi yang luas. Sehingga mereka bisa dengan mudah memverifikasi keaslian informasi yang kamu cantumkan di dalam CV. Kalau sampai kamu ketahuan berbohong, siap-siap dengan risiko kehilangan pekerjaan.

 

7. Gunakanlah grammar Yang Sesuai

 

Karena CV yang kamu buat ditulis dalam bahasa Inggris, Pastikanlah kamu sudah menerapkan aturan ‘tata Bahasa’ Inggris yang baik dan benar pada setiap kalimat. Dan periksa kembali hubungan antara subject dan verbs apakah sudah tepat dan sesuai.

Kalau menggunakan subject “it”, jangan lupa menambahkan –s atau –es pada setiap akhiran kata kerja bila itu merupakan kalimat present tense. menjelaskan mengenai sesuatu yang sudah lampau, misalnya tentang pengalaman kerja, selalu gunakan kata kerja bentuk kedua dalam kalimat. Begitu juga ketika kamu memakai kata kerja to be, gunakanlah “was” atau “were”, bukan “am” atau “are”.

Baca Juga :

8. Periksa ejaan

 

Selain memeriksa grammar, jangan lupa juga untuk mengecek ejaan Bahasa Inggris yang kamu gunakan. Jangan sampai ada yang keliru. Contoh, ketika menulis kata “advise” yang masih saja orang salah menulisnya dengan  “advice”. Padahal advise dan advice adalah dua kata yang berbeda arti dalam bahasa inggris.

Advise adalah kata kerja yang berarti menasihati atau memberitahukan. Sedangkan advice ialah kata benda didalam Bahasa Inggris yang artinya adalah pesan, anjuran, atau nasihat. Tidak kalah penting, tengok juga huruf pada kata atau kalimat Bahasa Inggris yang kamu tuliskan. Pastikanlah semuanya lengkap dan sudah sesuai dengan ejaan yang benar. Misalnya, saat menuliskan kata penghargaan dalam Bahasa Inggris , tulislah “achievement, bukan achievment” yang mana kekurangan satu huruf.

9. Bikin layout CV yang menarik

 

Sebuah CV bahasa Inggris yang baik tidak hanya dinilai dari isinya saja, tampilan juga sangat mempengaruhi. Apakah CV ini jelas dan mudah dibaca ataupun malah sebaliknya. Oleh karena itu, setelah kamu selesai menulis semua informasi penting dalam CV, atur layout-nya sedemikian rupa agar mudah dibaca.

Ringkaslah isinya dan buat dengan kalimat pendek atau singkat saja, gunakan poin-poin penting dan jarak spasi yang sesuai, susunlah informasi yang kamu tuliskan dengan rapi menggunakan fitur bullets point atau numbering. Selain itu, gunakanlah font yang terlihat profesional seperti Arial, Times New Roman, atau Calibri dengan ukuran 12.

 

Itu dia 9 tips dalam pembuatan CV menggunakan Bahasa Inggris yang harus kamu perhatikan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa meminta bantuan kepada guru ataupun tutor Bahasa Inggrismu. Kalau tidak punya, kamu bisa mendaftar kursus bahasa Inggris yang memiliki program singkat khusus untuk professional agar sekalian kamu bisa dibantu dalam pembuatan CV-nya. Salah 1-nya penyedia program kursus untuk profesional adalah Golden English. Golden English menyediakan program kursus English for Business, dimana program belajar ini didesain khusus yang ditujukan untuk para professional, pekerja, hingga para wiraswasta agar lebih cakap dalam hal berbahasa Inggris, terutama dalam dunia bisnis. Klik www.golden-course.com untuk informasi lebih detil atau hubungi 081 8790 111.