fbpx

Now Everyone Can Speak English

Kiat Ampuh Belajar Writing Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis

Daftar Isi

writing bahasa inggris

Yuk, kita belajar writing bahasa Inggris! Apakah kamu seorang pemula yang ingin meningkatkan keterampilan berbahasa Inggrismu? Atau mungkin kamu sudah pandai? tetapi ingin meningkatkan kemampuan tulisanmu? Baiklah, kamu berada di tempat yang tepat.

Di artikel ini, kita akan membahas berbagai macam materi, mulai dari pengertian sampai cara menulis yang bagus dan benar. Jangan khawatir kalau kamu masih pemula, sebab kami akan membagikan kiat dan trik khusus untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu.

Tak hanya itu, kamu juga akan mempelajari cara menulis yang professional dan bisa digunakan dalam dunia kerja. Jangan lupa, latihan berulang-ulang adalah kunci dalam meningkatkan keterampilan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan mengejar kesuksesan dalam dunia tulisanmu. Oke, jika kamu Suka writing bahasa Inggris. Yuk, kita mulai belajar bersama!

1. Pengertian Writing Dalam Bahasa inggris

Writing dalam bahasa Inggris ialah proses menulis ataupun menyusun kata-kata menjadi beberapa kalimat yang teratur dan memiliki arti yang jelas. Writing bisa digunakan buat banyak macam tujuan, mulai dari menulis surat pribadi, sampai menulis laporan.

Salah satu kemampuan yang sangat penting dalam belajar bahasa Inggris ialah keterampilan menulis. Banyak orang Indonesia yang kesulitan dalam menulis dalam bahasa Inggris karena kurangnya pengalaman dan latihan. Tetapi, dengan belajar dan praktik yang konsisten, kamu dapat meningkatkan keterampilan menulismu dalam bahasa Inggris.

Untuk belajar menulis dalam bahasa Inggris, kamu dapat mempelajari kosakata baru, membaca berbagai artikel dalam bahasa Inggris, dan melakukan latihan menulis bahasa Inggris dengan rutin. Kamu pun dapat membaca buku {atau|ataupun tulisan yang ditulis dalam bahasa Inggris buat mendapatkan inspirasi dan meningkatkan pengetahuan mengenai susunan kalimat dan grammar bahasa Inggris yang benar.

Jadi, tak usah untuk mencoba dan mengejar peruntunganmu-mu dalam dunia writing dalam bahasa Inggris. Selain meningkatkan kemampuan menulis, kamu pun akan lebih siap dan profesional dalam dunia kerja yang membutuhkan kemampuan menulis dalam bahasa Inggris.

Baca Juga: Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat dan Efektif

2. Fungsi Writing Dalam Bahasa Inggris

Belajar dan menulis bahasa inggris tentu saja mempunyai sejumlah fungsi dan juga manfaat. Beberapa fungsi dari belajar writing diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menyampaikan informasi: Writing digunakan buat menyajikan informasi kepada orang lain, baik secara formal ataupun informal.
  2. Mengolah pikiran: Writing memungkinkan seseorang buat mengorganisir pikiran dan ide dengan bagus, sehingga dapat diutarakan dengan jelas.
  3. Mengungkapkan pendapat: Writing memungkinkan seseorang untuk menyatakan pendapat atau opini mereka secara tertulis, sehingga bisa dibaca dan diterima oleh orang lain.
  4. Mengekspresikan perasaan: Writing dapat dipakai untuk mengekspresikan perasaan seseorang seperti cinta, kesedihan atau kebahagiaan.
  5. Pembelajaran: Writing dapat digunakan sebagai alat pembelajaran, bagus dalam pengajaran bahasa atau dalam bidang lain.

writing bahasa inggris

3. Teknik dan Latihan Writing Dalam Bahasa Inggris

Menulis dalam bahasa inggris dapat menjadi tantangan bagi kamu yang bukan penutur asli. Namun, dengan teknik dan latihan yang tepat, kamu bisa memperbaiki pemahaman dan keterampilan menulis bahasa Inggris.

Berikut merupakan beberapa cara dan latihan menulis bahasa Inggris yang dapat digunakan buat meningkatkan pemahaman dan kemampuan menulis dalam bahasa Inggris:

  • Banyak-banyaklah membaca atau reading. Membaca dalam bahasa Inggris akan memperkenalkan kamu pada berbagai gaya ataupun struktur tulisan dalam bahasa inggris.
  • Latihlah menulis dalam bahasa Inggris. Tulislah e-mail, jurnal, atau cerita pendek dalam bahasa inggris untuk latihan menggunakan bahasa Inggris dalam berbagai kondisi.
  • Dapatkan umpan balik atas tulisan kamu. Bagikan artikel kamu dengan orang lain, seperti penutur asli bahasa Inggris ataupun guru bahasa Inggris, dan mintalah mereka buat memberikan respon dan mengkoreksi..
  • Pelajari peraturan tata bahasa. Memahami aturan tata bahasa dasar akan menolong kamu menulis lebih akurat dan efektif dalam bahasa Inggris.
  • Gunakan kamus dan grammar checker. Ini akan menolong kamu untuk mengecek kosa kata dan tata bahasa yang dipakai dalam tulisan kamu.
  • Berlatih menulis dengan mengikuti tugas-tugas yang diberikan guru ataupun dari sumber online lainnya.
  • Berlatih menulis dengan mengikuti tema-tema yang ditetapkan.
  • Belajar menulis dengan mengikuti kursus bahasa inggris ataupun dengan menemukan tutor bahasa inggris.
  • Mendengarkan bahasa dengan menonton film ataupun acara televisi dengan subtitle. Ini akan membantu kamu untuk meningkatkan keterampilan mendengar dan memahami bahasa Inggris.

Baca Juga: 9 Tips Untuk Mempelajari Pronunciation supaya seperti Native Speaker, Yuk Cobain!

4. Tujuan Belajar writing Bahasa Inggris

Belajar writing bahasa Inggris memiliki tujuan yang benar-benar penting, terutama buat kamu yang mau mudah berkomunikasi dengan orang asing atau mau mengejar karier di dunia profesional yang membutuhkan ketrampilan berbahasa Inggris. Salah satu tujuan utama belajar writing bahasa Inggris adalah agar kamu dapat mengekspresikan diri dengan bagus dan simpel dalam bahasa Inggris.

Selain itu, belajar writing bahasa Inggris juga bisa membantumu dalam mencari referensi atau sumber informasi yang berhubungan dengan apapun yang kamu butuhkan. Kemampuan menulis dalam bahasa Inggris juga sangat penting. Selain itu, belajar writing bahasa Inggris pun dapat membantumu dalam mencari acuan atau sumber informasi yang berhubungan dengan apapun yang kamu butuhkan. Keterampilan menulis dalam bahasa Inggris juga sangat penting dalam kegiatan belajar, seperti menulis catatan, mengerjakan tugas atau mengerjakan soal-soal dalam bahasa Inggris.

Belajar writing bahasa Inggris juga bisa membuat kamu lebih mudah dalam memahami kamus bahasa Inggris, karena kamu akan lebih cepat mengerti dengan kosa kata bahasa Inggris yang digunakan dalam artikel. Belajar writing dalam bahasa Inggris juga bisa menjadi kegiatan belajar yang menyenangkan, seperti belajar dengan menonton video ataupun mendengarkan lagu dalam bahasa Inggris.

writing bahasa inggris

5. Tips belajar writing bahasa inggris

Nah, kamu yang terjun dalam dunia menulis, tentunya telah paham bahwa menulis dengan baik ialah salah satu hal penting yang wajib kamu kuasai jika mau menempuh kesuksesan. Terlebih untuk membuat tulisan bahasa Inggris, setiap kamu menulis harus sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Nah, untuk kamu yang mau belajar writing bahasa Inggris dari nol, tak perlu kawatir! Berikut beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk belajar menulis bahasa Inggris dengan cepat.

  1. Kamu harus menguasai materi bahasa Inggris terlebih dahulu agar tak bingung waktu akan menulis.
  2. Mulailah dengan menulis langsung dari contoh. Cari contoh artikel bahasa Inggris yang mudah dimengerti, lalu coba menuliskannya dalam bahasa Indonesia.
  3. Berikutnya, cobalah melakukan praktek menulis sesering mungkin. biasakan diri untuk lakukan aktivitas menulis dengan cepat meski masih menemui banyak kesalahan. Kamu pun dapat mencoba menulis ulang artikel bahasa Inggris dari hasil karya orang lain.
  4. Terakhir, jangan lupa buat melakukan evaluasi. Setiap habis melakukan kegiatan menulis tulisan bahasa Inggris, cek ketepatan penulisan kata, grammar dan tata bahasanya. Hal ini akan menolong kamu untuk menguasai writing bahasa Inggris dengan lebih cepat dan mudah.

6. Masalah dan solusi dalam belajar bahasa inggris

  • Kesusahan dalam mengingat kosa kata baru

Ini bisa terjadi karena kurangnya latihan ataupun cara belajar yang {diterapkan|digunakan|dipakai tidak efektif. Solusi buat masalah ini yaitu belajar kosa kata baru secara teratur dengan menggunakan flashcard atau aplikasi kosa kata, sehingga bisa membantu dan mengingat kosa kata yang baru dipelajari.

  • Kesusahan dalam mengerti dan berbicara bahasa Inggris

Ini bisa terjadi karena kurangnya latihan berbicara atau kurangnya pengalaman berbicara dalam bahasa inggris. Solusi buat permasalahan ini adalah berlatih berbicara dalam bahasa inggris dengan native speaker ataupun teman yang lebih berpengalaman, menonton film atau acara televisi dalam bahasa inggris dengan subtitle bahasa inggris buat mendapatkan feedback dan masukan.

  • Kesusahan dalam menulis bahasa Inggris

Ini seringkali terjadi sebab kurangnya pemahaman grammar dan tata bahasa yang baik. Solusi untuk persoalan ini ialah belajar grammar dan tata bahasa melalui buku-buku atau situs website yang ada, dan menulis secara teratur, misalnya menulis diary atau menulis surat kepada sahabat.

  • Merasa malu ataupun takut buat berbicara bahasa Inggris

Ini bisa terjadi karena ketakutan akan melakukan kekeliruan ataupun karena dijawab dengan tidak sesuai oleh orang lain. Solusi untuk permasalahan ini yakni mencoba untuk tak merasa malu dan takut buat berbicara dalam bahasa inggris, mengingat bahwa kesalahan adalah bagian dari proses belajar. Berbicaralah dalam situasi yang nyaman dan dengan orang yang dipercayai.

So, sudah tahukan caranya belajar writing bahasa Inggris bagi pemula? Mulailah dengan mencari dan memilih materi yang pas untukmu. Kumpulkan materi yang kamu mau dan mulailah memahami teks-teks bahasa Inggris. Jika perlu, dengarkan audio dan tulis hasilnya. Supaya dapat mencapai kompetensi bahasa Inggris, kegiatan-kegiatan belajar writing ini harus terus dilakukan.

Itulah beberapa trik ampuh untuk belajar writing bahasa Inggris dan meningkatkan kemampuan menulismu. Ingat! tak perlu merasa takut buat mencoba dan belajar lebih banyak lagi. Jika kamu masih mengalami kesusahan, jangan ragu untuk mencari solusi. Salah satunya adalah dengan mengikuti kursus bahasa Inggris di Golden English. Kamu dapat mendaftar melalui Whatsapp di 0816-251-154 ataupun melewati telepon di 021-22846193 / 021-85503106. Disana kamu bisa lebih mengembangkan serapan ilmu bahasa Inggris dari instruktur yang sudah berpengalaman. Jangan ragu untuk langsung mendaftar ke Golden English dan meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa Inggrismu.

Ahmad Fauzi

Ahmad Fauzi

Ahmad Fauzi

Ahmad Fauzi