fbpx

Lembaga Penyedia Tes TOEFL Online Terpercaya

Tes TOEFL Online

tes TOEFL online

 

Kemajuan teknologi membawa dampak besar pada kehidupan manusia. Pertukaran informasi berlangsung dengan sangat masif dan dinamis. Kompetisi dalam dunia akademis dan karir pun menjadi semakin ketat.

Di era digital ini, keterampilan berbahasa Inggris adalah salah 1 hal yang paling penting untuk dimiliki dalam memenangkan persaingan. Saat ini banyak perusahaan, lembaga pemerintahan, hingga universitas mensyaratkan keahlian berbahasa Inggris bagi anggotanya.

Salah satu dokumen yang sering dijadikan sebagai persyaratan ialah TOEFL. TOEFL singkatan dari Test of English as a Foreign Language, seperti namanya, TOEFL digunakan untuk menentukan kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris. TOEFL adalah salah satu English Proficiency Test yang paling banyak digunakan di dunia, selain IELTS dan TOEIC.

 

Digunakan untuk keperluan apa saja sertifikat TOEFL biasanya

  1. Kelengkapan Dokumen Beasiswa

Seperti Anda ketahui, seleksi beasiswa biasanya mensyaratkan sertifikat bukti kecakapan berbahasa Inggris, salah 1 nya TOEFL, terutama jika Anda ingin mengambil studi diluar negeri.

  1. Promosi Karir atau Jabatan

Sebagai salah satu upaya perusahaan dalam meningkatkan kualitas SDM, tak sedikit yang menerapkan minimum skor TOEFL untuk promosi jabatan.

  1. Lanjut Kuliah

Tak sedikit universitas yang mengharuskan kelengkapan dokumen berupa sertifikat TOEFL bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi.

  1. Melamar kerja

Tak hanya untuk melamar pekerjaan di perusahaan swasta, di Indonesia, TOEFL umumnya digunakan sebagai syarat melamar kerja di perusahaan BUMN serta seleksi CPNS.

tes TOEFL Online

Tipe Tes TOEFL

Tes TOEFL terdiri dari 2 Tipe, yaitu PBT (Paper Based Test) dan IBT (Internet Based Test). Di Indonesia, TOEFL PBT dikenal juga sebagai jenis ITP (Institutional Testing Program). TOEFL jenis IBT dapat digunakan untuk keperluan akademis di hampir semua universitas di dunia, sementara TOEFL ITP biasanya digunakan untuk keperluan dalam negeri.

Pastikan Anda sudah mengetahui tipe tes apa yang disyaratkan sebelum mengambil tes TOEFL. 1 hal, artikel ini akan lebih banyak mengulas mengenai TOEFL ITP.

 

Bagi Anda yang belum pernah mengerjakan tes TOEFL jenis ITP, dibawah ini hal-hal yang penting untuk Anda ketahui:

  1. TOEFL jenis ITP diselenggarakan oleh pusat bahasa, lembaga kursus dan sekolah tinggi yang telah memiliki ijin dalam penyelenggaraannya.
  2. Pada TOEFL jenis ITP terdapat 3 skill yang diuji, diantaranya listening, structure and written expression dan reading.
  3. TOEFL jenis ITP berdurasi kurang lebih 2 jam.
  4. Range skor pada TOEFL ITP adalah 310-677.

 

3 hal penting yang perlu Anda lakukan sebelum memutuskan untuk mengambil TOEFL:

 

  1. Jangan Gunakan Cara Curang

Cara curang biasanya ditempuh oleh orang-orang yang mengharapkan skor TOEFL yang tinggi, tanpa harus bisa berbahasa Inggris. Percayalah, hal ini bisa menjadi boomerang. Suatu ketika seorang kepala HRD mewawancarai calon karyawan dengan skor TOEFL lumayan tinggi, 550.

Pada saat sesi interview dimulai menggunakan bahasa Inggris, calon karyawan tersebut terlihat begitu gugup, bahkan hampir tak keluar satu katapun. Sehingga manager ini kebingungan, bagaimana mungkin seseorang dengan skor TOEFL 550 tapi tak sedikitpun mampu mengucapkan kata-kata berbahasa Inggris.

Hingga akhirnya si calon karyawan jujur, bahwasanya sertifikat TOEFL yang ia peroleh adalah hasil dari “memesan dan membeli skor yang diinginkan”. Kisah ini adalah bukti bahwa kecurangan bisa menghancurkan harga diri.

 

  1. Lakukan Persiapan Dengan Seoptimal Mungkin

Tentu Anda tidak ingin memperoleh skor TOEFL yang rendah. Oleh sebab itu, lakukanlah persiapan maksimal, salah satu caranya adalah dengan mengikuti les persiapan TOEFL.

 

  1. Hindari Pesimis

Menjelang hari tes TOEFL, Anda biasanya akan dibayang-bayangi rasa takut soal nilai yang akan diperoleh. Hal tersebut wajar saja terjadi, tetapi jangan berlebihan apalagi merasa pesimis diawal. Karena hal ini bisa mengganggu tingkat fokus dan konsentrasi Anda.

 Baca Juga: Lembaga Penyedia TES TOEIC ONLINE

Cara Mendaftar Tes TOEFL

Sebelum memutuskan mendaftar tes TOEFL, sebaiknya Anda selesaikan membaca tulisan ini terlebih dahulu, pastinya agar tidak salah pilih.

Tujuan Anda mengikuti tes TOEFL tentu untuk kelengkapan dokumen tertentu. Misal: untuk mendaftar penerimaan CPNS, melamar di kantor BUMN, syarat skripsi, promosi jabatan, syarat delegasi tugas diluar dan lain sebagainya.

Untuk semua keperluan yang disebutkan tadi, umumnya cukup menggunakan TOEFL berjenis ITP saja (disarankan bertanya kepada penyelenggara untuk memastikan jenis tes yang diminta). Jika sudah dipastikan bisa menggunakan TOEFL berjenis ITP, saatnya Anda memilih antara TOEFL ITP Official atau TOEFL ITP Prediction.

Sebagai informasi, keduanya sah dan diakui, namun memiliki jangkauan yang berbeda. Untuk lebih detail, berikut perbandingan antara keduanya.

 

  1. TOEFL Official

TOEFL jenis ini disebut TOEFL official, karena diselenggarakan oleh perguruan tinggi, instansi atau lembaga kursus yang berafiliasi dengan ETS (Educational Testing Service) sebagai pemegang brand TOEFL. TOEFL official pada umumnya dapat digunakan untuk keperluan dalam dan luar negeri. Harganya sekitar Rp 500.000 untuk jenis ITP.

 

  1. TOEFL Prediction

TOEFL prediction atau biasa dikenal TOEFL Like diselenggarakan oleh lembaga pendidikan, yang dalam penyelenggaraannya tidak berafiliasi dengan ETS.

Biasanya skor yang didapatkan baik resmi maupun official hampir sama, ini disebabkan jenis soal, mekanisme tes, dan cara penilaian TOEFL Prediction sama persis dengan TOEFL official.

Itu sebab, tes ini disebut TOEFL prediction. TOEFL prediction  memiliki legalitas dan value untuk digunakan di dalam negeri (disesuaikan dengan persyaratan). Sebagai informasi, bahwa institusi penyelenggara TOEFL prediction merupakan lembaga resmi yang sudah terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta telah terakreditasi.

 

“Jadi, mendingan saya mengambil TOEFL official atau prediction nih, min?”

Mungkin saja pertanyaan itu yang saat ini ada di fikiran Anda.

Santai dan tidak perlu bingung.

Jawabannya simple, sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda. Apabila keperluan Anda adalah untuk penggunaan dalam negeri dan tidak diwajibkan TOEFL official, maka kami sarankan untuk mengambil TOEFL prediction. Bukan tanpa alasan, ini penjelasannya:

 

  1. TOEFL Prediction Lebih Murah Daripada TOEFL Official

Jika TOEFL official harganya Rp 500.000, TOEFL prediction mulai dari 175.000.

Dengan mengambil TOEFL Prediction, Anda bisa menghemat lebih dari 300%.

 

  1. Proses Sertifikat Lebih Cepat Jadi

Bagi Anda yang sedang urgent dan membutuhkan sertifikat segera, TOEFL prediction bisa menjadi jalan keluarnya. Beberapa lembaga bahkan memberikan layanan sertifikat langsung jadi, yang artinya peserta tes bisa menunggu sertifikat langsung setelah pelaksanaan tes.

 

  1. Untuk Mengikuti TOEFL Prediction Tidak Perlu Booking Seat Jauh-Jauh Hari

Bagi Anda yang memiliki jadwal padat alias sibuk, jadwal tes tentu menjadi sebuah pertimbangan utama. Dengan mendaftar TOEFL prediction, Anda bisa memperoleh pilihan jadwal tes yang lebih banyak daripada TOEFL official.

Dengan banyaknya pilihan jadwal yang ada, Anda tidak harus booking seat jauh-jauh hari seperti TOEFL official. Tak sampai disitu, beberapa lembaga membolehkan peserta mendaftar dan mengikuti tes di hari yang sama. Wah, keren ya?

 

  1. Pendaftaran TOEFL Prediction Lebih Mudah

Pendaftaran TOEFL prediction relatif lebih gampang, Anda cukup mendaftar, membayar, dan seketika Anda sudah bisa mengikuti tes. Terlebih saat ini tersedia tes TOEFL online. Makin praktis pastinya.

 

Tes TOEFL Online

Kabar gembira untuk Anda yang lebih nyaman melakukan berbagai kegiatan secara online, tes TOEFL saat ini bisa dilakukan secara online.

Tes TOEFL online dengan memakai sebuah program berbasis web ini memungkinkan Anda untuk mengerjakan tes TOEFL dimana saja, selama terkoneksi dengan jaringan internet. Tak hanya itu, Anda juga bisa menerima sertifikat seketika, sesudah tes dikerjakan.

 

So, “dimana Anda bisa mendaftar Tes TOEFL Online?”

 

Well, Golden English merupakan lembaga kursus dan pelatihan bahasa profesional dan berpengalaman, Golden English menyediakan tes TOEFL, baik secara offline ataupun online.

 

Berikut 4 Keunggulan Mengikuti Tes TOEFL Online di Golden English:

 

  1. Golden English adalah lembaga pelatihan bahasa kredibel yang telah mengantongi ijin dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan R.I serta telah terakreditasi.
  2. Golden English menyediakan kursus TOEFL preparation singkat sebelum test, untuk membantu Anda meraih skor optimal.
  3. Biaya test yang sangat terjangkau, hanya Rp 175.000.
  4. Anda bisa menentukan sendiri mengikuti tes TOEFL online ataupun offline.
  5. Anda bisa tes kapanpun, dengan jadwal yang Anda tentukan sendiri.
  6. Sertifikat bisa jadi seketika.

Daftar Tes TOEFL Online disini