fbpx

Les Bahasa Inggris Online Untuk Mahasiswa Secara Live & Interaktif – WA 0818 790 111

Sumber: freepik.com

Di era kemajuan teknologi, akses informasi berjalan begitu cepat, bahasa menjadi jembatan utama dan media perantara informasi paling efektif. Sebagai masyarakat modern yang tidak terlepas dari perkembangan teknologi, menguasai bahasa internasional adalah hal yang urgensinya tidak dapat terelakan.

Antusiasme masyarakat Indonesia untuk menguasai bahasa Inggris seolah tak pernah surut, bahkan cenderung mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya penyedia layanan les bahasa Inggris, tak hanya itu, buku, website, channel youtube, aplikasi dan berbagai platform belajar bahasa Inggris terus bermunculan dan hampir selalu banyak pengunjung. Luar biasa, bukan?

Ada data mengejutkan yang dibuat oleh EPI (English Proficiency Index) tahun 2019, bahwa saat ini Indonesia berada di peringkat 61 dengan predikat low proficiency, jauh dibawah Malaysia, Vietnam bahkan Pakistan. Yang artinya, tak sedikit masyarakat Indonesia yang belum cakap berbahasa Inggris.

Rasa-rasanya ingin bertanya, “bagaimana mungkin?”. Dari sekolah hingga universitas kita selalu mendapat pelajaran bahasa Inggris, ditambah banyaknya media belajar bahasa Inggris gratis, ternyata itu semua tidak cukup untuk membuat masyarakat kita bisa berbahasa Inggris. Setelah menelaah lebih jauh, menguasai sebuah bahasa Inggris ternyata membutuhkan formula yang tepat dan terukur.

Ada banyak jalan untuk menguasai bahasa Inggris, salah satunya melalui kursus. 

Jika Anda memutuskan untuk mempelajari bahasa Inggris melalui kursus, maka Anda akan disuguhi banyaknya pilihan, yang mungkin saja membingungkan. Mulai dari pilihan kursus online atau tatap muka? Yang mahal atau yang terjangkau, yang gurunya lokal atau native? Yang belajarnya sendiri atau bareng-bareng? dan pertimbangan-pertimbangan lainnya.

Yuk teruskan membaca, karena Anda ada di di halaman yang tepat. Dengan tulisan ini, kami akan memberikan tips bagaimana memilih kursus bahasa Inggris daring yang efektif dengan metode tepat dan terarah. Setelah membaca tulisan ini, Anda tidak perlu lagi bingung mengenai kursus bahasa Inggris online mana yang tepat dan sesuai dengan keinginan Anda.

Dalam tulisan ini, penulis akan lebih banyak menjabarkan mengenai tips memilih kursus online, namun tidak perlu,  Jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara menentukan kursus bahasa Inggris offline, kami sudah pernah mengulasnya di artikel kami yang lain, klik disini.

Yuk langsung saja, ini adalah tips memilih kursus bahasa Inggris online yang efektif dengan metode tepat dan terukur:

 

1. Pilih les bahasa Inggris online dengan cara belajar interaktif, TIDAK hanya menonton video.

Sumber: freepik.com

Di era ini, banyak bermunculan les online bahasa Inggris dengan biaya sangat murah, sayangnya, seringkali penyedia layanan tidak menyediakan ruang bagi peserta kursus untuk praktek dan berinteraksi dengan pengajar dan juga murid lain, alias hanya sekedar menonton video rekaman, hampir tak ada bedanya dengan youtube yang 100% gratis. Berhubung bahasa adalah media komunikasi, alangkah baiknya jika Anda belajar dengan konsep ‘learning by doing’, dimana penyedia kursus tak hanya memberikan materi, namun juga menyediakan ruang untuk ‘practice’.

Jadi, bagi Anda yang sekarang sedang mencari kursus bahasa Inggris daring, pastikan bahwa metode yang diterapkan adalah metode belajar interaktif atau live, yang berorientasi pada praktek, bukan teori. Untuk memastikannya, Anda dapat langsung menanyakan kepada customer support yang bertugas, “apakah sesi kursus berlangsung secara live?”, “Apakah ada sesi untuk practice?” “bagaimana cara belajarnya, apakah interaktif?” bila perlu, Anda bisa mengikuti free trial terlebih dahulu. Intinya, kursus jarak jauh yang hanya berisikan video, sangat tidak direkomendasikan untuk mempelajari sebuah bahasa asing, terutama untuk mendalami skill berbicara.

 

2. Tempat Kursus Online Profesional dan Terakreditasi Lebih Disarankan

Dalam hal pengembangan skill yang membutuhkan pendampingan dan pengawasan intensif, kami lebih merekomendasikan agar Anda mengikuti kursus yang diadakan oleh Lembaga kursus online profesional, ini alasannya:

a. Tersedianya perangkat pendukung pembelajaran yang lengkap

Lembaga kursus online profesional tidak hanya menyediakan materi kursus saja, namun juga memberikan berbagai perangkat belajar untuk mendukung pencapaian target setiap murid, beberapa diantaranya: placement test (tes penempatan), final test, student progress, free counselling, students’ club, dan lain sebagainya.

b. Menggunakan kurikulum yang sudah terstandarisasi

Kurikulum merupakan nyawa pembelajaran, dengan kurikulum yang baik (sesuai standar), materi yang diberikan menjadi lebih terarah, sehingga target pembelajaran setiap murid pun lebih terarah. Jadi, sebelum menentukan sebuah kursus bahasa Inggris online, Anda disarankan bertanya terlebih dahulu mengenai kurikulum yang dipakai, serta susunan materi atau silabus pada setiap buku atau modulnya.

c. Para pengajar yang certified

Lembaga kursus online profesional juga akan menyediakan tenaga SDM yang terlatih, qualified dan dibuktikan dengan sertifikat kompetensi. Untuk memastikan hal ini, tak ada salahnya Anda meminta profile pengajar sebelum Anda menentukan untuk bergabung. Mengetahui profil instruktur cukup penting, mengingat instruktur adalah ujung tombak keberhasilan kursus Anda.

d. Setiap lulusan mendapat sertifikat resmi 

Lembaga kursus online profesional juga akan memberikan sertifikat resmi sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada lulusannya yang dinyatakan “qualified”.

3. Utamakan Keamanan Saat Bertransaksi untuk Kursus Online

Saat Anda memutuskan untuk menentukan sebuah kursus online bahasa Inggris, semua alur registrasi hingga pembayaran dilakukan secara online. Itu sebab kami merekomendasikan agar Anda memilih penyedia kursus berupa lembaga profesional yang telah terdaftar secara resmi, karena sebuah lembaga resmi pasti bisa menjamin keamanan dalam bertransaksi. Tips aman dalam transaksi:

  • Pastikan no rekening tujuan atas nama perusahaan bukan perorangan.
  • Pastikan Anda menerima kwitansi setelahnya.
  • Pastikan bukti pembayaran dibubuhi stempel atau terdapat barcode sebagai bentuk validasi.

 

Sumber: freepik.com

4. Fokus Pada Komunikasi

Tujuan utama Anda mempelajari bahasa Inggris adalah agar bisa berkomunikasi secara efektif, baik dalam lingkup keseharian, akademis hingga lingkup kerja. Atas dasar tujuan tersebut, ada baiknya Anda menentukan lembaga kursus online yang fokus pembelajarannya lebih memprioritaskan pada kemampuan komunikasi.

Anda bisa request untuk mengikuti free trial, Lihat bagaimana berlangsungnya kelas, jika pengajar memberi banyak kesempatan peserta berbicara disertai pendampingan efektif, maka kelas ini bisa jadi pas untuk Anda. Sebaliknya, Jika pembelajarannya hanya seputar structure, terlebih jika Anda lebih banyak menonton video dibanding berlatih, maka metode lembaga kursus online tersebut tidak cocok untuk Anda, segera alihkan pencarian Anda ke lembaga kursus online lainnya.

5. Jaminan

Pernahkah Anda berpikir “Bagaimana jika Anda sudah selesai kursus online, tapi kemampuan bahasa Inggris Anda tidak meningkat sesuai harapan?” kekhawatiran tersebut sebetulnya sangat wajar, yang perlu Anda lakukan adalah memastikan jaminan apa yang bisa diberikan oleh penyelenggara kursus online bahasa Inggris. Beberapa lembaga kursus online mempunyai fasilitas garansi, yang menjamin uang kembali atau pengulangan kelas secara gratis apabila setelah lulus murid belum bisa berbahasa Inggris dengan baik. Memang tak semua lembaga kursus online bahasa Inggris memiliki fasilitas garansi.

Lembaga kursus online bahasa Inggris yang menyediakan garansi, Tentu lebih direkomendasikan. Hal ini menjadi penting untuk menunjukkan semangat profesionalitas sebuah lembaga kursus, dimana lembaga kursus menjamin setiap lulusan bisa berbahasa Inggris dengan baik dan percaya diri. Terlebih, peserta kursus sudah berkorban mengalokasi sebagian waktu, tenaga dan biaya untuk mengikuti kursus bahasa Inggris online. 

 

Diatas merupakan 5 tips dalam mencari kursus bahasa Inggris jarak jauh. Sebelum Anda menjatuhkan pilihan, pastikan lembaga kursus online tersebut memiliki 5 kriteria yang disebutkan diatas, ya.

 

Jika saat ini Anda sedang mencari tempat kursus bahasa Inggris jarak jauh yang memenuhi 5 kriteria diatas, Golden Online Class (GOC) dapat menjadi salah 1 pilihan terbaik. Program kursus bahasa Inggris daring dari Golden English ini mempelajari 4 skills (reading, listening, speaking dan writing) dengan konsep pembelajaran live dan interaktif. Golden English sendiri merupakan lembaga kursus bahasa Inggris yang sudah melayani lebih dari 15.000 peserta kursus (data tahun 2020) dan terus bertambah. 

Alasan lain memilih kursus bahasa Inggris Online GOC (Golden Online Class):

  1. Tempat Kursus Bahasa Inggris Kredibel, dengan cabang tersebar di area Jabodetabek, peraih penghargaan lembaga kursus kreatif dari Dinas Pendidikan
  2. Menyediakan kelas online gratis dengan konsep mobile learning berisi materi grammar lengkap untuk setiap peserta kursus online
  3. Menyediakan fasilitas GARANSI 100%, Jaminan mampu aktif dan percaya diri berbahasa Inggris setelah lulus.
  4. Semua pengajar professional, certified, friendly dan berpengalaman
  5. Menyediakan fasilitas free counselling eksklusif dengan guru, baik online maupun offline
  6. Lembaga kursus bahasa Inggris dengan pilihan belajar terlengkap (Private, Reguler, Online, Dormitory, dan in-Company Training)
  7. Kurikulum, hand-outs dan buku panduan lengkap, disusun oleh tim ahli Golden English
  8. GRATIS sesi Practice English dengan pengajar foreign/native speakers selama aktif kursus
  9. Setiap sesi kelas dikonsep interaktif, efektif dan mudah dipahami.

 

Klik disini untuk info lengkap mengenai Golden Online Class (GOC)

CS : 021-855 031 06

WA : 0816 262 792 / 081 8790 111

 

Ada program apa lagi selain GOC di Golden English?

Klik disini untuk info detail kelas reguler.

Klik disini untuk info detail kelas private.

Klik disini untuk info detail In-Company Training.

Klik disini untuk info detail dormitory program.