Les Private atau kursus Berkelompok di kelas

Mana yang lebih efektif, kursus one on one dengan pengajar atau les di dalam kelas dengan kelompok belajar berjumlah besar?

 

Well, pada kesempatan ini, kami akan mengupas secara detail mengenai kelebihan dan kekurangan dari kedua model belajar yang umumnya disediakan oleh lembaga non-formal (bimbel/kursus Bahasa)

 

Harapan kami, artikel ini akan bisa membantu Anda yang masih belum tau dalam menentukan model belajar mana yang tepat bagi Anda, private atau regular?

 

Let’s get started!

  1. Kursus Model Private

Pada dasarnya, model belajar private mengusung konsep belajar eksklusif satu murid satu guru, tetapi saat ini, semakin berkembang dengan adanya private berkelompok (biasanya 2-4 peserta). Kursus model ini biasanya lebih cocok bagi Anda yang menginginkan atmosfir belajar yang fokus, karena les private memungkinkan Anda untuk lebih leluasa bertanya, berlatih dan berdiskusi dengan pembimbing. Selain itu, les private juga biasanya menawarkan keunggulan-keunggulan lainnya, seperti

  • Guru yang datang ke rumah Anda

Jika Anda cukup sibuk, atau tidak ingin menghabiskan waktu di jalan, maka Anda bisa menggunakan jasa private guru ke rumah. Pada umumnya, {lembaga-tempat-tempat les menyediakan program seperti ini. Asal Anda bersedia membayar lebih, maka proses belajar mengajar dapat dilaksanakan di rumah Anda

  • Bebas menentukan jadwal

les private adalah kursus eksklusif. Anda tidak perlu menyesuaikan jadwal dengan peserta les lainnya. Oleh sebab itu, Anda bisa dengan leluasa menentukan jadwal belajar yang Anda inginkan. Seru, bukan?

  • Bebas merequest materi

Berhubung Anda adalah satu-satunya murid pada saat sesi belajar berlangsung, ini membuka kesempatan Anda untuk dapat meminta materi tertentu kepada guru. Hal yang tidak mudah untuk dilakukan di kelas regular. Karena mentor perlu menyesuaikan penjelasannya dengan target materi kelas serta kebutuhan murid lainnya.

Namun pada kesempatan ini, kami tidak ingin hanya berbicara keunggulan-keunggulan saja, kami juga perlu memberitahukan kekurangan les private yang perlu Anda pertimbangkan, kalau ingin mengambil kursus private. Diantaranya:

 

  • Biaya les private jauh lebih mahal dibanding kelas regular

Bayangkan saja, di kursus regular, pembayaran yang dibebankan dibagi sejumlah murid di kelas tersebut, tetapi di kursus private, semua beban ditanggung oleh 1 murid saja.

 

  • Tidak ada teman diskusi dari sesama peserta

Untuk les Bahasa, rekan diskusi berperan sangat penting. Pengajar private Anda mungkin dapat menjadi teman untuk berdiskusi dan mempraktikkan skill Bahasa yang sedang Anda pelajari.

Tetepi, ingatlah, Anda juga memerlukan rekan diskusi dari kasta yang sama, dalam hal ini, adalah sesama peserta les. Mempraktikkan kemampuan Bahasa dengan teman sesama peseta les akan membuat Anda lebih “lepas”. Anda juga bisa melakukan komparasi antara kemampuan Anda dengan skill rekan-rekan Anda untuk bahan evaluasi.

 

  • Terkadang lebih membosankan

Tidak dapat dipungkiri, kursus private kadang menimbulkan kebosanan bagi si peserta kursus. Situasi yang jarang terjadi di kelas reguler. Bagaimana tidak, kelas reguler diisi oleh banyak peserta, sementara private hanya 1. Namun, mengenai hal ini, kembali kepada sang guru, apakah pengajar bisa membuat materi supaya selalu segar untuk dicerna oleh peserta atau tidak. guru yang terlatih tentu sudah memahami betul bagaimana menyajikan setiap materi supaya selalu renyah dan menyenangkan. Saran kami, jika Anda mengalami kebosanan, jangan sungkan menyampaikan bahwa Anda sudah mulai bosan dengan metode belajar yang itu-itu saja, sehingga pengajar akan melakukan modifikasi terhadap metode pengajarannya. kalau pengajar masih belum berubah, Anda bisa me-request pergantian pengajar kepada lembaga.

 

  1. Kursus Reguler

Kursus reguler berlangsung di lembaga dengan jumlah peserta biasanya lebih dari 10. Model kursus reguler tentu akan lebih menyenangkan bagi Anda yang senang bergaul dan membaur.

Berikut adalah kelebihan les reguler disbanding private

  • Biaya lebih murah

Kursus reguler menawarkan biaya yang jauh lebih murah. Hal ini terjadi karena beban pengeluaran lembaga dibagi beramai-ramai, sejumlah banyaknya peserta les di kelas tersebut.

 

  • Lebih teratur dan disiplin

Program kursus reguler mengusung konsep sama dengan sekolah/kuliah. Jika Anda tidak masuk, otomatis Anda akan dihitung absent. Setidaknya hal ini akan membuat Anda berfikir 2 kali untuk tidak mengikuti sesi kelas. Lain halnya dengan private, dimana Anda dapat menentukan sendiri kapan sesi belajar berlangsung.

 

  • Memiliki rekan sesama peserta untuk berdiskusi

Di program les reguler, Anda seolah memiliki komunitas untuk bisa mengaplikasikan materi yang sudah Anda pelajari di dalam kelas.

 

 

Adapun, kekurangan dari program kursus reguler yaitu sebagai berikut:

 

  • Anda harus datang ke tempat kursus

Program les reguler tidak mungkin berlangsung di rumah peserta

 

  • Jadwal belajar dan intensitas pertemuan ditentukan oleh lembaga

Anda tidak bisa dengan leluasa menentukan jadwal belajar dan intensitas pertemuan sebagaimana di program kursus private. Karena lembaga menyesuaikan dengan peserta lain, maka jadwal dan intensitas pertemuan sepenuhnya ditentukan oleh tempat kursus.

 

  • Tidak cukup bebas untuk merequest materi

Seperti yang Anda tahu, Anda tidak sendiri di dalam kelas. Ada 10, atau mungkin lebih teman Anda. Mungkin pembimbing akan dengan senang hati menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda, tetapi tentu jawaban dari pengajar akan sangat dibatasi, mengingat pengajar perlu menyesuaikan waktu, target materi serta kebutuhan peserta lain.

Kesimpulannya:

Kelas Private

A.  Kelebihan Kursus Private

  1. Lebih leluasa bertanya, berlatih dan berdiskusi dengan pembimbing
  2. pembimbing bisa datang ke tempat Anda
  3. Bebas menentukan jadwal dan intensitas pertemuan
  4. Bebas meminta materi

B. Kekurangan les Private

  1. BIaya lebih mahal
  2. Tidak ada rekan diskusi dari sesama peserta
  3. Terkadang lebih membosankan

 

Kelas Regular

A.  Kelebihan kursus Regular

  1. Biaya lebih terjangkau
  2. Lebih teratur dan disiplin
  3. Memiliki teman sesama peserta kursus untuk diskusi

 

B.  Kekurangan kursus Regular

  1. Anda harus datang ke lembaga
  2. Jadwal belajar dan intensitas pertemuan ditentukan oleh lembaga
  3. Tidak cukup bebas untuk meminta materi

 

Masing-masing dari model belajar memiliki kelebihan maupun kekurangan, Anda hanya menyesuaikan dengan tipe belajar Anda.

kalau saat ini Anda sedang mencari lembaga kursus Bahasa Inggris, Golden English bisa menjadi pilihan terbaik Anda.

Baik kursus private, maupun reguler, keduanya menawarkan biaya yang relatif terjangkau!

 

Special Offer, daftar kursus private, GRATIS les reguler!

Berikut adalah 12 Keunggulan Golden English:

  1. Lembaga Pendidikan Kredibel, peraih penghargaan lembaga kursus kreatif dari Dinas Pendidikan.
  2. Lembaga Pelatihan bersertifikat Nilek Nasional (Kemendikbud)
  3. Satu-satunya lembaga kursus dengan model belajar terlengkap (Private, Reguler, Online, Dormitory, dan in-Company Training)
  4. Menyediakan fasilitas GARANSI 100%
  5. Menyediakan fasilitas free counselling eksklusif 12 jam dengan teacher
  6. Para pembimbing professional, friendly dan berpengalaman
  7. GRATIS Practice English dengan pembimbing native speakers selama aktif les
  8. Kurikulum, hand-outs dan buku panduan lengkap berstandar Internasional
  9. Setiap sesi kelas di konsep interaktif, efektif dan mudah dipahami
  10. Menyediakan forum online dengan fitur belajar lengkap
  11. supaya peserta semakin natural dan fasih, Golden English mengikutsertakan peserta ke komunitas-komunitas Bahasa Inggris (free). Golden English juga mengadakan gathering rutin setiap 3 bulan dan tahunan (akbar)
  12. Daftar kursus private, GRATIS kursus reguler.

 

Info lebih detail klik www.golden-course.com

Atau hubungi CS kami di 0816 968 372