fbpx

Now Everyone Can Speak English

Penjelasan dan Contoh Kalimat Subjunctive dalam Bahasa Inggris

Daftar Isi

kalimat subjunctive dalam bahasa inggris

Dalam bahasa Inggris ada banyak yang harus kamu pelajari untuk dapat menguasainya. Mulai dari materi dasar seperti grammar dan vocabulary. Namun terdapat juga materi lain yang penting untuk kamu kuasai, yaitu tentang mood.

Terdapat beberapa macam mood dan di artikel kali ini kita akan membahas materi subjunctive. Mood adalah cara menyampaikan pesan dengan nada bicara baik itu dalam penulisan atau pengucapan.

Nah, salah satu mood yang kamu akan pelajari lebih dalam di artikel ini adalah subjunctive mood. Tertarik untuk mempelajarinya? Yuk simak penjelasan artikel berikut ini.

Baca Juga: Memo dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Contoh, dan Penjelasan Lengkap

Pengertian Subjunctive Mood

Ketika kamu mempelajari tentang grammar, yang mungkin terlintas di benakmu adalah tenses. Namun, materi bahasa Inggris yang kamu pelajari kali ini bukanlah bagian dari tenses. Melainkan sebuah mood.

Subjunctive mood adalah suatu ungkapan yang tidak konkret digunakan saat kamu mendiskusikan suatu hal yang ingin terjadi, kamu harapkan akan terjadi, atau kamu antisipasikan akan terjadi.

Dalam kata lain, subjunctive mood adalah cara kamu mengungkapkan sesuatu yang bersifat hipotesis atau pengandaian-pengandaian. Biasanya digunakan untuk mengungkapkan harapan, keinginan, bayangan, dan lain sebagainya.

Nah dalam bahasa Inggris, subjunctive memiliki dua jenis, yaitu base-subjunctive dan were-subjunctive.

Untuk struktur base-subjunctive sangat sederhana. Untuk seluruh verbs dan seluruh persons atau subject menggunakan bentuk dasar dari verb atau bare infinitive.

Bare infinitive yang dimaksud adalah bentuk sederhana atau dasar dari verb misalnya “be“, “have“, “do“, “go“, “sing“, “work” dan lain-lain. Kata kerja-kata kerja ini tidak perlu menyesuaikan dengan jumlah orangnya, apakah tunggal atau jamak.

Agar lebih jelas, perhatikan tabel berikut ini:

 

Penggunaan Base Subjunctive

Penggunaan base subjunctive dalam klausa yang menggunakan kata “that” biasanya memiliki dua struktur rumus, yaitu seperti ini:

  1. Subject + suggest-verb (or noun) + that

Kata suggest bisa diganti dengan verbs berikut ini:

  • advise, ask, command, demand, desire, insist, order, prefer, propose, recommend, request, suggest
  • command, demand, order, proposal, recommendation, request, suggestion
  1. Subject + advisable/anxious-adjective + that

Kata advisable dapat diganti dengan kata-kata berikut ini:

  • advisable, best, crucial, desirable, essential, imperative, important, necessary, unthinkable, urgent, vital
  • adamant, anxious, determined, eager, keen

Agar lebih mudah, perhatikan tabel-tabel di bawah ini:

kalimat subjunctive dalam bahasa inggris

 

 

kalimat subjunctive dalam bahasa inggris

 

Perhatikan pada tabel di atas tata letak untuk struktur kalimat negatif. Jika kamu ingin membuat kalimat subjunctive kalimat negatif, maka posisi “not” terletak sebelum bare infinitive pada that clause.

Selain itu, jika kamu perhatikan dalam main clause, kata kerja utamanya tidak hanya dalam bentuk present tense saja. Oleh karena itu kata kerja dalam main clause bisa dalam tense apapun. Sementara bare infinitive pada subjunctive tidak terpengaruh.

Agar lebih mudah memahaminya, simak kumpulan contoh subjunctive bahasa Inggris berikut ini:

  • The judges order that he stay the execution.
  • We have made a request that we not be disturbed.
  • It is important that a car be waiting when we arrive.
  • The manager was eager that his visitor see the new building.
  • The board of directors recommended that he not be dismissed.
  • Have you seen my suggestion that work hours be reduced?

Selain dalam bentuk di atas, terdapat juga subjunctive be” setelah kata “if” atau “whether”. Tapi bentuk ini biasanya adalah bentuk formal, terutama dalam English British. Perhatikan tabel berikut ini dan contoh kalimatnya:

kalimat subjunctive dalam bahasa inggris

 

Dalam bahasa Inggris, terdapat ungkapan-ungkapan subjunctive yang mungkin sudah pernah kamu dengar atau pernah kamu baca. Yaitu sebagai berikut:

  • Bless you!
  • God bless America!
  • God save the Queen.
  • Long live the President!
  • Heaven forbid!
  • Heaven help us!

Baca Juga: Pengertian Modifier dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

Penggunaan Were Subjunctive

Selanjutnya selain base-subjunctive terdapat juga were-subjunctive. Were-subjunctive dapat kamu gunakan ketika kamu ingin menyatakan sesuatu yang mustahil terjadi atau tidak ada kesempatan hal tersebut mungkin terjadi dan hanya berupa pengandaian saja.

kalimat subjunctive dalam bahasa inggris

 

Sebagaimana yang kamu lihat pada tabel dan pola kalimat di atas, weresubjunctive tidak berubah bergantung pada subject-nya. Jadi apapun subject yang kamu gunakan, maka were-subjunctive yang digunakan akan tetap were saja.

Selain itu, penggunaan were-subjunctive biasanya diletakkan setelah kata-kata ini:

  • if
  • as if
  • wish
  • suppose

Yang perlu kamu ingat, penggunaan were-subjunctive yang menggunakan were adalah kalimat yang benar. Namun bisa jadi terdapat kalimat subjunctive yang menggunakan was dan hal itu memungkinkan saja dalam bahasa informal.

Perhatikan tabel di bawah ini:

kalimat subjunctive dalam bahasa inggris

Nah itulah penjelasan tentang subjunctive atau kalimat pengandaian bahasa Inggris. Dengan belajar bahasa Inggris khususnya di materi ini, kamu akan meningkatkan wawasanmu mengenai bahasa Inggris subjunctive.

Tapi kamu perlu ingat, bahwa kamu harus mengaplikasikan apa yang sudah kamu pelajari. Dengan begitu, tidak hanya kamu semakin paham materinya, tapi kamu juga dapat menguasai materinya.

Supaya kamu mahir berbahasa Inggris, jangan lupa untuk terus belajar terus tentang grammar bahasa Inggris khususnya di tenses. Jika kamu membutuhkan bantuan, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Inggris online di Golden English. Dengan kursus bahasa Inggris online, kamu bisa mengembangkan kemampuan bahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Selamat belajar!

cta

References:

EnglishClub. ND. Subjunctive (online at) https://www.englishclub.com/grammar/subjunctive.php [accessed in 25 July 2023]

Kramer, Lindsay. 2022. What is the Subjunctive? Definition and Examples (online at) https://www.grammarly.com/blog/subjunctive/ [accessed in 25 July 2023]

Teguh Gunawan

Teguh Gunawan

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.
Teguh Gunawan

Teguh Gunawan

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.