fbpx

Persiapan Kursus TOEFL Online Dengan Pengajar Berpengalaman

Kursus TOEFL Online

TOEFL Online

Pertukaran informasi bergerak dengan sangat masif dan dinamis. Begitulah perkembangan teknologi telah memberikan dampak hebat bagi kehidupan manusia. Di era digital ini, keterampilan berbahasa Inggris menjadi salah satu modal utama dalam memenangkan persaingan. Hal ini tidak terlepas dari kompetisi dalam dunia karir dan akademis yang semakin tidak dapat terhindar.

Kini telah banyak universitas, lembaga pemerintahan, BUMN, perusahaan lokal sampai perusahaan multinasional yang memberikan syarat anggotanya agar fasih berbahasa Inggris. Salah satu dokumen yang biasanya diminta sebagai persyaratan adalah TOEFL. TOEFL merupakan tes bahasa Inggris yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang. TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language, salah satu English Proficiency Test yang paling banyak digunakan di dunia, selain TOEIC dan IELTS.

 

Ada Berapa Jenis TOEFL?

Terdapat 2 jenis tes TOEFL, yaitu IBT (Internet Based Test) dan PBT (Paper Based Test). Di Indonesia, TOEFL PBT juga disebut juga sebagai jenis ITP (Institutional Testing Program). TOEFL ITP digunakan untuk keperluan dalam negeri, sementara jenis IBT dapat digunakan untuk keperluan akademis di hampir seluruh belahan dunia. Sebelum mengikuti tes TOEFL, pastikan Anda telah mengetahui jenis tes TOEFL apa yang disyaratkan.

 

Kegunaan Sertifikat TOEFL

  1.       Untuk Melamar Kerja

Sertifikat TOEFL kini telah banyak digunakan sebagai syarat melamar kerja di perusahaan swasta, BUMN hingga seleksi CPNS. Hal ini pastinya untuk memastikan kandidat memiliki kualifikasi yang baik, terlebih dalam hal berbahasa Internasional.

  1.       Promosi Jabatan

Sebagai bentuk usaha perusahaan dalam meningkatkan kualitas SDM, tak sedikit yang menerapkan minimum skor TOEFL untuk promosi jabatan.

  1.       Seleksi Beasiswa dan Lanjut Studi

Seleksi beasiswa biasanya membutuhkan kelengkapan dokumen yang menjelaskan bahwa peserta bisa berbahasa Inggris, salah 1-nya adalah sertifikat TOEFL.

 

Selain 3 poin diatas, memiliki sertifikat TOEFL juga dapat mendatangkan manfaat lain, seperti melengkapi persyaratan skripsi, persyaratan menjadi delegasi ke luar negeri, hingga syarat bergabung di organisasi internasional.

 

Apa yang Membedakan TOEFL IBT dan TOEFL ITP

6 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang TOEFL IBT:

  1. TOEFL IBT berlangsung dengan menggunakan komputer sebagai media tes utama. Berhubung dijalankan secara online, peserta akan berbicara dengan komputer saat sesi speaking.
  2. TOEFL IBT memiliki durasi tes hampir 4 jam.
  3. TOEFL jenis IBT mempunyai 4 bagian, yaitu reading, listening, speaking dan writing. TOEFL IBT menguji semua skill yang dimiliki oleh peserta. Sehingga, bisa dikatakan TOEFL IBT menguji kemampuan berbahasa Inggris peserta secara pasif dan aktif.
  4. Rentang skor pada TOEFL IBT adalah 0-120
  5. TOEFL IBT dilangsungkan oleh lembaga yang memiliki afiliasi dengan ETS sebagai pemilik resmi brand TOEFL
  6. Harga TOEFL IBT kisaran 190 Dollar AS atau sebesar 2,6 juta rupiah.

Apa Saja Hal Penting Mengenai TOEFL ITP?:

  1. TOEFL ITP adalah paper-based test. Sehingga memakai kertas dan pensil sebagai media tes utama.
  2. TOEFL jenis ITP mempunyai durasi tes kurang lebih.
  3. TOEFL ITP menguji 3 kemampuan peserta, diantaranya ialah listening, structure dan written expression and reading.
  4. Rentang skor pada TOEFL ITP ialah 310-677.
  5. TOEFL jenis ITP umumnya diselenggarakan oleh universitas, pusat bahasa dan lembaga kursus terdaftar yang telah mempunyai ijin dalam penyelenggaraannya.
  6. Biaya TOEFL ITP Official sekitar 500 ribu rupiah, sementara TOEFL ITP Prediction sekitar Rp 190.000.

 

Informasi biaya diatas bisa saja berubah sewaktu-waktu, menyesuaikan kebijakan yang dikeluarkan ETS (English Testing Service) selaku pemilik brand TOEFL.

Penting untuk diketahui, TOEFL IBT tidaklah lebih sulit dari TOEFL ITP, hanya saja skill yang diujikan lebih lengkap dengan waktu tes yang lebih lama.

 

“Jadi, sebaiknya saya pilih TOEFL jenis ITP atau IBT?”

 

Tenang dan tak perlu bingung.

Jawabannya mudah, sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda. Anda sebaiknya menanyakan kepada pihak penyelenggara mengenai jenis TOEFL yang disyaratkan. Apabila persyaratannya boleh menggunakan TOEFL ITP, maka ini harusnya cukup menguntungkan bagi Anda. Selain biayanya yang jauh lebih terjangkau, TOEFL ITP juga memiliki durasi tes yang lebih cepat.

 

 

3 Hal Utama Yang Harus Anda Lakukan Agar Meraih Skor TOEFL yang Optimal

 

  1.       Buang Rasa Pesimis

Menjelang hari pelaksanaan tes TOEFL, Anda biasanya akan dibayang-bayangi rasa khawatir soal nilai yang akan Anda peroleh. Itu wajar sekali terjadi, namun jangan berlebihan apalagi sampai merasa pesimis diawal. Karena rasa pesimis bisa mengurangi tingkat fokus dan konsentrasi Anda.

 

  1.       Hindari Cara Curang

Hati-hati, hal ini dapat menjadi boomerang. Cara curang biasanya dilakukan oleh orang-orang yang ingin serba instan. Berharap dapat skor TOEFL besar, tanpa harus belajar bahasa Inggris. Ada cerita nyata, suatu ketika seorang manager HRD mewawancarai calon staff dengan skor TOEFL lumayan tinggi, 550. Pada saat sesi wawancara berlangsung, calon karyawan tersebut terlihat begitu gugup, bahkan hingga tidak mampu mengeluarkan satu katapun. Untuk diketahui, interview berlangsung menggunakan bahasa Inggris. Sampai akhirnya manager ini kebingungan, bagaimana bisa seseorang dengan skor TOEFL 550 namun tidak sedikitpun mampu mengucapkan kata-kata berbahasa Inggris. Dan akhirnya si calon karyawan jujur, bahwa sertifikat TOEFL ia peroleh dari “memesan dan membeli skor yang diinginkan”. Inilah bukti bahwa kecurangan bisa menghancurkan harga diri.

 

  1.       Mengikuti Kursus Persiapan TOEFL

Tentu Anda tidak mengharapkan memperoleh skor TOEFL yang alakadarnya. Oleh sebab itu, lakukanlah persiapan maksimal, salah satunya dengan mengikuti kursus persiapan TOEFL atau TOEFL preparation.

 Baca Juga : Lembaga Penyedia Kursus TOEFL Offline 

Kursus TOEFL Online

TOEFL Online

Di tengah maraknya penyedia {les|kursus| TOEFL online, harus diingat bahwa tidak semua penyelenggara kursus online mempunyai metode dan fasilitas yang sama. Berikut 8 hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan les TOEFL online:

 

  1. Apakah metode belajarnya interaktif atau sekedar menonton video?
  2. Apakah pengajarannya mempergunakan silabus dan materi/modul yang terstruktur atau random?
  3. Apakah menyediakan bank soal untuk latihan dan diskusi pembahasan soal secara rutin?
  4. Apakah tersedia pre-test sebelum kursus dilaksanakan dan simulation test setelah kursus selesai?
  5. Apakah kursus diselenggarakan oleh lembaga profesional atau perorangan?
  6. Apakah penyelenggara kursus memberikan jaminan/garansi, apabila setelah selesai kursus, skor TOEFL tidak kunjung meningkat.
  7. Apakah penyedia kursus menyediakan sesi konsultasi gratis setelah kelas?
  8. Apakah penyedia kursus menyediakan prediction test dan sertifikatnya?

Dan juga pertimbangan-pertimbangan lainnya.

 

So, “dimana Anda bisa mengambil kursus TOEFL online yang memiliki fasilitas unggulan dan metode teruji?”

Semua pertimbangan yang dijelaskan diatas adalah bentuk layanan Golden English terhadap para peserta kursusnya.

Well, Golden English adalah lembaga kursus dan pelatihan bahasa yang telah berpengalaman mengadakan les TOEFL, baik kursus TOEFL online ataupun kursus TOEFL online. Golden English menerapkan metode belajar live dan interaktif, bukan menonton video. Sehingga, peserta akan merasa bagaikan berada di kelas offline, meskipun kelas berlangsung online.

 

Berikut 8 keunggulan mengikuti kursus TOEFL online di Golden English:

 

  1. Golden English merupakan lembaga pendidikan kredibel yang sudah memiliki ijin dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan R.I dan telah terakreditasi.
  2. Golden English sudah mempunyai 12 cabang dengan lebih dari 20.000 murid
  3. Gratis pre-test dan simulation test
  4. Gratis kelas speaking dan grammar
  5. Pengajar profesional dan sudah berpengalaman
  6. Golden English memberikan garansi 100% bila hasil yang diperoleh kurang memuaskan 
  7. Biaya kursus di Golden English sangat terjangkau
  8. Gratis sesi khusus dengan pengajar native/foreign speaker

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai program kursus TOEFL online di Golden English, silakan klik disini.