fbpx

Sederet Rekomendasi Lagu Bahasa Inggris untuk Asah English Skill-mu

Rekomendasi Lagu Bahasa Inggris Untuk Asah English Skillmu

rekomendasi lagu bahasa inggris

 

Sering mendengarkan lagu berbahasa inggris merupakan salah satu cara efektif dalam belajar bahasa inggris. Di samping efektif, cara ini juga sangat menyenangkan karena berdasarkan sejumlah penelitian mendengarkan musik terbukti dapat meningkatkan mood seseorang.

Mendengarkan musik ternyata juga sangat efektif untuk mengurangi stress seseroang, dan juga dapat mencegah gejala depresi, dan yang terpenting ialah dapat meningkatkan kemampuan memori seseorang.

Dan berdasarkan beberapa penelitian lain, seseorang yang mempelajari bahasa asing melalui lagu terbukti meningkatkan kinerja secara keseluruhan dibanding mereka yang hanya berlatih dengan percakapan biasa atau berbicara dengan irama.

Baca Juga : Cara Memperbanyak Perbendaharaan Kata Bahasa Inggris

Jadi, apakah hal tersebut sudah cukup meyakinkan kamu untuk mulai mencoba belajar bahasa inggris lewat lagu? Jika iya, berikut kami berikan 10 rekomendasi lagu bahasa inggris terbaik yang cocok untuk asah kemampuan bahasa inggrismu. Penasaran apa saja? baca sampai habis ya!

1. Pink Sweats – At My Worst

 

“I need somebody who can love me at my worst”

At My Worst merupakan salah satu lagu yang populer saat ini dan sering digunakan sebagai backsound di aplikasi Tik Tok. Lagu ini diciptakan oleh seorang penyanyi asal Amerika, David Bowden atau yang lebih dikenal sebagai Pink Sweats.

Meskipun lirik dari lagu ini sangat sederhana, akan tetapi lagu ini dapat membantumu meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu lho.

Lewat lagu At My Worst, kamu bisa belajar tentang penggunaan simple present tense, bagaimana susunan kalimat pertanyaan yang benar dalam bahasa inggris, hingga menambah berbagai kosa kata baru.

2. Ed Sheeran – Perfect

 

Apakah kamu salah satu orang yang menyukai logat British well, kamu dapat mempelajari banyak tentang cara pengucapaan Brtish English (BrE) lewat lagu-lagu yang diciptakan oleh Ed Sheeran, salah satunya dari lagu berjudul “Perfect”.

Perfect adalah salah satu lagu romantis dari Ed Sheeran yang sempat meledak pada akhir tahun 2017 s/d 2018. Walau tidak sepopuler dulu, lagu ini masih sering dinyanyikan oleh sejumlah penyanyi dalam dan luar negeri.

Selain karena lagu ini mampu menyentuh hati setiap orang yang mendengarkan, Perfect juga merupakan lagu yang cocok untuk mengasah English skill-mu. Karena terdapat beragam materi bahasa Inggris didalamnya, seperti penggunaan past tense, subject-verb agreement, lalu simple continuous tense, dan masih banyak lagi.

3. Ed Sheeran – Photograph

 

Masih dari artis yang sama, Ed Sheeran, ada lagu Photograph. Lagu ini dirilis pada tahun 2014 dan karena liriknya yang menyentuh dan menggambarkan tentang kasih orang tua terhadap anaknya, lagu ini langsung meledak di pasaran.

So you can keep me
Inside the pocket of your ripped jeans..
Holding me closer till our eyes meet…
You won’t ever be alone..”

Bukan sekadar mempunyai lirik yang menyentuh, mendengarkan lagu Photograph juga dapat mengasah kemampuan bahasa inggrismu secara tidak langsung lho. Terlebih dalam melatih skill listening-mu. Coba deh sekarang putar lagu tersebut lalu tulis lirik lagunya tanpa melihat di internet.

Baca Juga : 9 Tips Mengasah Pronunciation Agar seperti Native Speaker

4. Justin Bieber ft. Usher – Somebody to Love

 

Somebody to Love ialah lagu yang dinyanyikan oleh Justin Bieber saat ia remaja dan tak lama setelahnya ia pun juga merilis salah satu lagu hits-nya saat itu yang berjudul “Baby”.

Lagu ini memiliki dua versi official music video; pertama yang hanya dinyanyikan oleh Justin Bieber sendiri dan kedua adalah yang dinyanyikan bersama Usher, penyanyi Amerika yang memiliki peran besar dalam karir Justin Bieber.

Lirik dari lagu ini sangat sederhana. Meski begitu, lagu ini tetap bagus didengarkan untuk asah English skillmu. Pada lirik lagu ini terdapat banyak sekali kalimat yang menggunakan simple present tense, dalam bentuk negatif ataupun positif.

Selain itu, terdapat juga banyak pengulangan yang bisa membuatmu lebih cepat hafal dengan lirik lagunya.

5. Taylor Swift – Love Story

 

Lagu ini ialah salah satu lagu jadul dari Taylor Swift yang populer kembali pada tahun 2020. Lagu ini sebernarnya dirilis pada saat Taylor Swift masih berusia 19 tahun yaitu tahun 2008. Karena kembali populer, Taylor Swift memutuskan untuk merilis kembali lagu ini pada tahun 2021 dengan versi suara Taylor Swift dewasa.

Love Story adalah salah satu lagu bahasa Inggris terbaik yang sangat cocok untuk mengasah skill bahasa Inggrismu. Selain enak didengarkan, lagu ini juga banyak mengandung pelajaran bahasa Inggris tentang phrasal verbs. Contohnya, pada penggalan lirik “We’ll make it out of this mess” dimana  “Make sth Out” merupakan salah satu contoh phrasal verbs yang memiliki arti “untuk melihat, mendengar, atau menemukan solusi atas suatu permasaalahan yang rumit”

6. Lewis Capaldi – Someone you loved

 

Someone You Loved merupakan salah satu lagu populer yang diciptakan oleh penyanyi asal Skotlandia, Lewis Capaldi. Lagu ini dirilis pada tahun 2019 yang liriknya mengandung pesan bermakna tentang kehilangan dan harapan.

Seperti yang kamu tahu, lagu Someone You Loved sempat populer pada tahun 2019 bersama dengan lagu Before You Go yang juga dinyanyikan oleh Lewis Capaldi. Someone You Loved ialah lagu yang sangat cocok untuk didengarkan bagi kamu yang ingin mengasah kemampuan bahasa Inggrismu, terutama kemampuan listening.

Selain itu, pada lirik lagu ini juga terdapat dua contoh idioms atau ungkapan dalam bahasa Inggris yang patut kamu catat. Pertama, ada idioms “Let my guard down” yang berarti “membuat seseorang rileks atau kurang waspada. Kedua, ada idioms “Pulled the rug” yang berarti “menghilangkan dukungan atau support yang diberikan kepada seseorang secara tiba-tiba”

7. JP Saxe ft. Julia Michaels – If The World Was Ending

 

If The World Was Ending merupakan salah satu lagu romantis yang sempat hits tahun 2020 bahkan sampai sekarang. Lagu ini dirilis pada bulan Oktober 2019 dinyanyikan oleh JP Saxe dan Julia Michael.

If The World Was Ending adalah lagu yang cocok didengarkan untuk mengasah kemampuan bahasa inggrismu. Soalnya, lirik lagu ini mengandung beberapa contoh penggunaan  past tense yang benar dalam sebuah kalimat. Tak hanya itu, terdapat juga beberapa contoh dari conditional sentence.

8. Jeremy Zucker – Comethru

 

Comethru adalah lagu yang ditulis dan dinyanikan oleh Jeremy Scott Zucker, penyanyi asal Amerika Serikat yang belakangan ini sering menjadi pusat perhatian. Comethru adalah lagu yang rilis pada tahun 2018, namun baru mendapatkan popularitasnya di tahun 2020 semenjak lagu ini sering dicover dan dipakai sebagai musik latar belakang di aplikasi Tik Tok.

Comethru bagus didengarkan saat waktu luang serta cocok dijadikan sebagai lagu untuk asah English skillmu. Tak hanya itu, kamu juga dapat belajar seputar tenses melalui lagu ini , karena lirik lagunya yang banyak sekali mengandung contoh kalimat Present Continuous Tense.

9. Lady Gaga ft. Bradley Cooper – Shallow

 

Shallow adalah lagu yang diciptakan oleh Lady Gaga bersama dengan Andrew Wyatt, Mark Ronson, dan Anthony Rossomando. Lagu yang menjadi soundtrack dari film “A Star is Born” ini seketika menjadi hits di tahun 2018 karena dinyanyikan oleh Lady Gaga dan sang aktor tampan, Bradley Cooper.

Mirip dengan lagu Someone You Loved oleh Lewis Capaldi, lirik dari lagu ini juga mengandum idioms yaitu “Off the deep end” yang bermakna “menjadi sangat marah atau kehilangan kontrol diri”. Selain emosional, lagu ini juga menjadi salah satu rekomendasi terbaik buat kamu yang ingin mengasah kemampuan bahasa inggrismu.

Baca Juga : Ini dia, 10 Rekomendasi Film Barat yang Bisa Membuat Skill Bahasa Inggrismu Meningkat

10. Alicia Keys – If I Ain’t Got You

 

adalah lagu yang fenomenal pada masanya. Lagu ini rilis pada tahun 2003 dan merupakan salah satu lagu terbaik yang pernah diciptakan oleh Alicia Keys.

If Ain’t Got You ialah lagu yang emosional tapi enak untuk didengarkan meskipun liriknya hanya berisi kalimat sederhana. Selain itu, lagu ini cocok kamu dengar untuk mengasah English skillmu karena dalam liriknya mengandung banyak kosakata, idioms, serta contoh penggunaan tenses yang tepat

Sebenarnya, jika kamu serius dalam mempelajarinya, semua lagu bahasa Inggris cocok untuk didengarkan saat melatih skill bahasa Inggrismu. Seandainya kamu butuh mentor atau teman yang bisa saling memotivasi dalam belajar bahasa inggris, lebih baik ikuti kursus bahasa inggris saja yang memungkinkan kamu untuk belajar bersama dengan orang-orang lain yang memiliki tujuan yang sama.