fbpx

Tempat Les TOEIC di Jakarta Selatan – WA 0818 790 111

Berkembangnya teknologi membawa dampak besar, pertukaran pesan dan informasi berlangsung dinamis, seolah tanpa batas.

Di era inilah kemampuan berbahasa Inggris semakin dibutuhkan. Tidak mampu berbahasa Inggris, bisa membuat seseorang keluar dari zona kompetisi. Ini benar-benar terjadi dalam dunia bisnis dan pendidikan. Kita bisa lihat realita yang ada :

  1. Hampir semua universitas mensyaratkan nilai TOEFL untuk syarat skripsi.
  2. Nilai TOEFL/IELTS/TOEIC menjadi syarat penting untuk lanjut studi.
  3. Tak sedikit perusahaan yang mewajibkan sertifikat TOEIC/TOEIC atau English Proficiency lainnya untuk melihat kecakapan bahasa Inggris karyawan/calon karyawannya. Apalagi, beberapa perusahaan melakukan ini tidak sebatas untuk proses rekrutmen, namun juga promosi jabatan.

kursu TOEIC di Bekasi

Ada berbagai jenis English Proficiency Test, atau ujian kecakapan bahasa Inggris. Yang paling popular dan cukup sering kita dengar ada 3, TOEFL, IELTS dan TOEIC, sebenarnya masih ada lagi. Perbedaan paling utama diantara jenis-jenis Proficiency Test ada pada fungsinya. Misal TOEFL/IELTS biasanya dipakai untuk keperluan pendidikan, sementara TOEIC digunakan untuk dasar rekrutmen perusahaan luar dan BUMN/instansi pemerintah. Nah} pada kesempatan ini, kami akan mengulas lebih dalam mengenai tes TOEIC.

 

Sekilas Tentang TOEIC

Bagi Anda yang berencana mengikuti tes TOEIC, berikut adalah 10 hal yang penting untuk Anda ketahui:

  1. TOEIC adalah singkatan dari Test of English for International Communication.
  2. TOEIC diselenggarakan oleh ETS (Educational Testing Service) yang berbasis di Amerika Sertikat.
  3. TOEIC digunakan untuk mengukur kecakapan berbahasa Inggris seseorang yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris.
  4. TOEIC diadakan dalam rangka memenuhi kebutuhan dunia kerja. Sehingga TOEIC lebih banyak dipakai oleh para workers/pekerja, dapat dibilang TOEIC merupakan tes yang didesain untuk para profesional yang bekerja di lingkungan berbahasa Inggris.
  5. Ada 2 macam TOEIC, yaitu TOEIC listening and reading test dan TOEIC Speaking and Writing Test.
  6. TOEIC listening and reading test lebih sering digunakan dibandingkan TOEIC speaking and writing test.
  7. Lama test TOEIC listening and reading adalah 2 jam (45 menit listening, 75 menit reading), dengan total 200 soal pilihan ganda, dibagi rata antara listening dan reading.
  8. Kisaran nilai TOEIC listening and reading adalah 10-990.
  9. Sesi listening terdiri dari photographs, questions-response, short conversation dan short talks, sedangkan sesi reading terdiri dari incomplete sentence, text completion, reading comprehension, single passages, double passages dan triple passages.
  10. Ada 5 jenis warna sertifikat di TOEIC, yang dikeluarkan berdasarkan nilai yang didapat. Ke-5 warna tersebut adalah orange, coklat, hijau, biru dan emas.

 

Mendaftar TOEIC

Sebelum Anda mendaftar TOEIC, sebaiknya Anda menyelesaikan membaca tulisan ini untuk mendapat hasil skor TOEIC sesuai target dengan biaya seminim mungkin.

Tujuan Anda mengikuti tes TOEIC adalah untuk memenuhi syarat tertentu, bukan? contoh : syarat melamar di perusahaan asing, syarat naik jabatan, syarat untuk menjadi delegasi perusahaan di luar negeri, atau syarat lainnya. Untuk memenuhi syarat tersebut, Anda bisa memilih untuk mengikuti TOEIC official ataupun TOEIC prediction. Sebagai informasi, keduanya sah dan diakui, hanya mempunyai kekuatan yang berbeda. Sebagai gambaran, berikut perbandingan antara keduanya.

 

  1. TOEIC Official

TOEIC jenis ini disebut TOEIC official, karena diadakan oleh perguruan tinggi, perusahaan atau lembaga kursus yang bekerja sama dengan ETS (Educational Testing Service), sebagai pemilik brand TOEIC. TOEIC official ini diakui di semua negara. Biayanya sekitar Rp 700.000.

 

  1. TOEIC Prediction

TOEIC jenis ini diselenggarakan oleh lembaga pendidikan, yang dalam penyelenggaraannya tidak bekerja sama dengan ETS. Biasanya nilai yang Anda dapatkan baik resmi ataupun Prediction tidak jauh berbeda, hal ini karena model soal dan cara penilaian TOEIC Prediction berpatokan sepenuhnya kepada konsep TOEIC yang berlaku. Oleh karena itu, tes ini disebut TOEIC prediction. TOEIC prediction tetap mempunyai legalitas dan value untuk digunakan di dalam negeri. Perlu diketahui, bahwa lembaga penyelenggara TOEIC prediction adalah lembaga resmi yang telah terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

“Jadi, sebaiknya saya mendaftar TOEIC official atau prediction?”

Bisa jadi pertanyaan itu yang sekarang ini ada di fikiran Anda.

 

Jawabannya, sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda. Apabila keperluan Anda adalah untuk penggunaan dalam negeri dan tidak mewajibkan TOEIC official, maka kami sarankan untuk mengambil TOEIC prediction. Berikut alasannya:

  1. Jadwal Penyelenggaraan TOEIC Prediction Lebih Fleksibel

Bagi Anda yang memiliki jadwal padat alias sibuk, jadwal tes pasti menjadi sebuah pertimbangan. Dengan mengikuti TOEIC prediction, Anda bisa mendapatkan pilihan jadwal tes yang lebih banyak dibandingkan TOEIC official. Sebagian besar lembaga membolehkan peserta melaksanakan tes di jam berapapun, sesuai jam operasional lembaga tersebut, mantap kan?

  1. Pendaftaran TOEIC Prediction Lebih Gampang

Pendaftaran TOEIC prediction relatif lebih gampang, Anda cukup registrasi, membayar, dan dalam hitungan hari Anda sudah bisa mengikuti tes.

 

  1. TOEIC Prediction Lebih Terjangkau Daripada TOEIC Official

Selisih biayanya bisa 300%, lho. Dengan mengambil TOEIC prediction Anda bisa lumayan nge-hemat. Hehe

 

  1. Sertifikat Lebih Cepat Keluar

Bagi Anda yang menginginkan sertifikat secara mendesak, TOEIC prediction bisa menjadi alternatif. Beberapa lembaga bahkan menyediakan layanan langsung jadi, itu berarti peserta tes bisa menunggu sertifikat langsung seusai pelaksanaan tes.

 

3 hal utama yang mesti Anda lakukan sebelum memutuskan untuk mengambil TOEIC:

  1. Lakukan Persiapan Dengan Optimal

Jangan sampai nilai Anda hanya “ala kadarnya”. Bisa-bisa sertifikat TOEIC dengan skor pas-pasan hanya akan menurunkan value Anda. Anda memang bisa mengikuti tes kembali di lain hari, tapi itu akan membuang waktu dan budget Anda lebih banyak lagi. Jadi, pastikan Anda melakukan persiapan matang sebelum test. Seperti, mengikuti kursus persiapan (klik disini untuk kursus TOEIC terjangkau yang diselenggarakan Golden English), membaca buku-buku TOEIC, atau mencari tahu tips and trick TOEIC di youtube. Semangat!

  1. Jangan Pernah Pakai Cara Curang

Cara-cara yang tidak baik biasanya ditempuh oleh pecundang yang menginginkan skor besar, dengan cepat, tanpa harus bisa berbahasa Inggris. Hati-hati, ini lebih dari sekedar masalah keberkahan, namun ini juga dapat menjadi boomerang untuk Anda. Suatu ketika seorang kepala HRD mewawancarai calon karyawan dengan skor TOEFL lumayan bagus, 550. Pada saat sesi wawancara berlangsung dan menggunakan bahasa Inggris, calon karyawan tersebut terlihat begitu gugup, bahkan hampir tak keluar satu katapun. Sehingga manager ini kebingungan, bagaimana bisa seseorang dengan skor TOEFL 550 namun tidak sedikitpun mampu mengucapkan kata-kata berbahasa Inggris. Sampai akhirnya si calon karyawan jujur, bahwa sertifikat TOEFL ia peroleh dari “memesan dan membeli skor yang diinginkan”.

Pasti kami berharap, hal semacam ini tidak pernah terjadi kepada Anda.

 

  1. Jangan Pernah Berfikiran Negatif

Setelah menentukan mengikuti TOEIC, Anda biasanya akan dibayang-bayangi rasa takut soal (nilai|skor} yang akan didapatkan. Itu wajar saja terjadi, tetapi jangan sampai kelewatan, sampai-sampai mengurangi tingkat fokus dan konsentrasi Anda. Positive thinking dan yakin saja, bahwa skor yang akan Anda dapatkan bakal sesuai harapan. Yang terpenting, Jangan lupa berdoa.

 

 

So, “dimana Anda bisa mengikuti TOEIC Prediction?”

Well, bagi Anda yang berada di Bekasi dan Jakarta, mengambil TOEIC Prediction di Golden English dapat menjadi pilihan ideal untuk Anda. Mengapa?

  1. Golden English adalah lembaga resmi dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan R.I
  2. Golden English menyediakan les persiapan singkat sebelum test, untuk memungkinkan Anda mendapat skor lebih baik
  3. Biaya test sangat terjangkau, hanya Rp 195.000
  4. Anda bisa test kapanpun, dengan hari dan jam yang Anda tentukan sendiri
  5. Sertifikat bisa jadi dalam 24 jam

 

Kursus Persiapan TOEIC

Soal TOEIC merupakan kumpulan bahasa lisan dan tulisan dari berbagai situasi dan keadaan yang berbeda di lingkungan kerja dengan bahasa Inggris. Soal soal didalamnya bisa jadi meliputi: manufacturing, general business, corporate development, purchasing, offices, finance, technical area, dan topik topik bisnis lainnya. Jika Anda yang belum terbiasa menggunakan bahasa Inggris dalam pekerjaan harian Anda, kami sarankan Anda untuk mengambil kursus persiapan tes TOEIC. Kursus persiapan TOEIC atau TOEIC preparation akan membantu Anda meraih nilai terbaik sesuai harapan. Jika Anda menginginkan kursus TOEIC berkualitas dengan biaya yang bersahabat, Anda bisa klik link ini.

 

Jika Anda ingin mengikuti kursus TOEIC, klik disini

Jika Anda ingin mengikuti TOEIC Prediction, klik disini