fbpx

Tips Mengerjakan Tes Listening TOEIC “Short Talk”

Tips Mengerjakan Soal Listening TOEIC “Short Talk” – Sebagaimana yang kita ketahui bahwa soal TOEIC tipe ini yaitu tes yang memang cukup rumit. Maka dari itu, hal biasa jika kita membutuhkan beberapa tips dan strategi untuk mengerjakan tes itu, oleh sebab itu disini saya mempunyai beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengerjakan soal TOEIC, oke daripada berlama lama, langsung saja kita masuk ke pembahasan tipsnya.

1. Find the Keywords Of the Talk

Pertama Find the Keywords Of the Talk atau dalam bahasa Indonesianya temukan kata kunci dari audio yang didengarkan. Apabila kalian menemukan soal yang menanyakan mengenai tempat ataupun pekerjaan, lalu trik untuk menjawabnya yaitu cari kata kunci yang terdapat pada Short Talk itu, apakah berkaitan mengenai pekerjaan, atau tentang nama tempat.

Dan berikut ialah contohnya:

  1. Where is this talk probably being given?
  2. At a restaurant
  3. At a hotel
  4. At an airport

Misalnya kalian menjumpai pertanyaan sejenis ini, yang wajib lakukan yaitu menemukan kata kunci pada audio yang ada. Nah, seperti yang kalian baca, saya sudah menunjukan kata kunci berwarna merah. Maka, dari kata kunci yang sudah kita lihat bersama, kita dapat

menyimpulkan bahwa percakapan tersebut terjadi di Airport (C).

Baca JugaKenali 7 Kesalahan Fatal Saat Berbicara Dalam Bahasa Inggris!

2. Find Synonym

Yang kedua adalah Finding the Synonym ataupun bahasa Indonesianya Mencari sinonim, yaitu carilah persamaan kata atas pilihan pada audio. umumnya orang-orang ketika mau menjawab Listening TOEIC, tetapi hanya mencocokan pilihan jawaban sama audio yang didengar. Memang tidak salah, tetapi kalian perlu hati-hati, umumnya jawaban yang tepat tidak selalu kita dengarkan dari audio, kenapa? Karena biasanya jawaban yang benar menggunakan persamaan kata.

Ini merupakan soal yang berkaitan dengan sinonim, jadi dari soal dan jawaban tersebut, apabila kalian mencari jawaban berdasarkan kalimat yang tersedia di pertanyaan, maka kalian tidak akan mendapatkan jawaban pada audio tersebut, lantaran mereka memakai sinonim, sehingga yang perlu kalian lakukan yaitu menemukan persamaan katanya nya. Berikut contohnya:

  1. What is that shoppers should do?
  2. Watch their possessions
  3. Get ready for closing time
  4. Make use of customer service

Sama seperti yang kalian baca diatas, maksud dari dialognya yakni “ Kami ingin mengingatkan kembali para pembeli untuk mengecek bahwa barang milik mereka aman setiap waktu”. Disini kata “Personal Belongings” ini sinonimnya sama dengan “Watch their possessions” yang artinya “menjaga barang mereka”.

3. Scan Questions and Choices

Scan the Questions and Choices ataupun dalam bahasa Indonesia pindai pertanyaan dan pilihan jawaban. Tidak jarang soal spesifik muncul di soal Listening TOEIC, oleh karena itu, cara menjawabnya yaitu kita harus mencari kata kunci dari pertanyaan itu, kemudian kita coba membaca dan memahami pilihan jawaban yang ada, dan berikut adalah contohnya:

  1. Whose sales figures increased the most in the previous month?
  2. Jenny’s
  3. Mike’s
  4. Jake’s
  5. Tom’s

Baca JugaDaftar Artis Indo Yang Gak Fasih Bahasa Inggris

Pada pertanyaan ini, kata kuncinya {adalah|yaitu|yakni] yang diberi garis bawah. Disini dapat kita lihat di dalam cerita bahwa Jenny meningkat 10%, Jake naik 12%, Mike meningkat 15% dan Tom meningkat 24%. Berarti, angka yang paling meningkat yaitu Tom, jadi jawabannya adalah d.

Nah, jadi seperti itu teman-teman, trik buat menjawab soal semacam itu yakni dengan cara menentukan kata kunci dan kemudian membaca jawaban yang ada, baru fokus pada audio yang hendak kalian dengarkan.

Mungkin segitu saja cara dari Golden English, untuk teman-teman yang mau mengikuti kursus TOEIC ataupun tes TOEIC prediction. Teman-teman dapat menghubungi Golden English, lembaga pelatihan bahasa yang telah dipercaya puluhan ribu murid dan peserta tes, untuk informasi lebih lengkap bisa menghubungi admin Golden English melalui whatsapp di 0816 251 154