fbpx

Tips Untuk Melatih Skill Speaking Bahasa Inggris

Cara Melatih Kemampuan Speaking Bahasa Inggris

Cara Melatih Kemampuan Speaking Bahasa Inggris

Pada zaman yang serba canggih ini, nampaknya tidak ada yang dapat menampik pentingnya menguasai bahasa Inggris. Bahasa Inggris yang kini digunakan oleh lebih dari 2 miliar manusia sudah semakin meluas penggunaannya. Kita dapat dengan mudah mencari orang – orang disekitar kita menggunakan bahasa Inggris dalam kesehariannya, walaupun mereka berkomunikasi dengan sesama orang Indonesia. Hal tersebut membuktikan bahwa bahasa Inggris semakin lumrah digunakan. Bahasa Inggris juga menjadi bahasa bisnis dan akademis. Hal ini dibuktikan dari banyaknya aktifitas di dunia bisnis dan akademis yang menggunakan bahasa Inggris secara masif.

Tips Untuk Melatih Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris

Kamu pernah grogi ketika komunikasi dengan expatriate alias orang luar negeri di sekolah, kampus ataupun tempat kerja? Atau kamu pernah mengalami memiliki teman, guru ataupun atasan yang berasal dari Eropa? Wah, Tentunya kalau ngobrol harus menggunakan bahasa Inggris dong. Di zaman sekarang mau tidak mau harus diakui bahwa kemampuan bahasa inggris sudah menjadi kompetensi wajib bagi setiap orang. Terlebih, saat sedang mencari pekerjaan.

“Tapi, malu mau belajar bahasa Inggris di usia sekarang?” Ups, rasa takut dan malu dapat menjadi kendala terbesar untuk kamu dapat berbicara bahasa Inggris, loh. Kendala ini dapat membuat kamu tak beranjak, alias tidak ada kemajuan. Kamu tidak perlu takut dan malu untuk terus belajar bahasa Inggris, ya. Ingat, better late than never. Karena saat ini bahasa Inggis menjadi kebutuhan dan prioritas. Contohnya, di banyak lowongan perkerjaan yang beredar di berbagai media, perusahaan mensyaratkan calon karyawannya untuk mampu berbahasa inggris.

Segala sesuatu yang kamu lakukan akan memiliki kesulitan dan tantangan yang berbeda-beda, termasuk kesulitan dalam belajar bahasa Inggris. Ada banyak cara dan metode untuk menguasai bahasa Inggris, jika sampai saat ini kamu masih merasa belum berhasil menguasai bahasa Inggris, bisa jadi kamu perlu mengubah cara dan metodenya.

Memang ada beberapa faktor yang mengakibatkan seseorang kesulitan untuk mampu berbicara bahasa Inggris, misal yang paling umum terjadi adalah lingkungan yang tidak mendukung. Lingkungan yang tak mendukung tidak hanya menghambat progress pencapaian, tapi juga bisa menurunkan kepercayaan diri. Misalnya ketika orang disekelilingmu mencemooh pengucapanmu, atau menertawakan disaat kamu salah grammar, ini merupakan salah satu faktor yang membuat kamu jadi tak percaya diri dalam belajar bahasa Inggris. Tips untuk kamu yang ingin belajar, jangan pernah hiraukan stigma atau ejekan yang berasal dari temanmu, ya. Yang mungkin ejekan itu bisa timbul karena rasa iri atau cemburu. Dan yang paling penting, temukan Active English Environment atau lingkungan yang menggunakan bahasa Inggris secara aktif, yang selain dapat memberikan semangat tambahan untuk mu, juga berperan untuk membuat skill bahasa Inggrismu meningkat. Ada banyak tempat untuk kamu bisa menemukan active English environment, diantanya: komunitas bahasa Inggris, English club di kampus, tempat kursus, komunitas bahasa Inggris online, atau kamu bisa ajak circle pergaulan terdekatmu untuk sama-sama praktik bahasa Inggris. Jika kalian tertarik mengikuti English community, ada beberapa yang sudah cukup popular, diantaranya ialah Toastmasters, Britzone, Fakta Bahasa, atau kalian juga bisa bergabung menjadi relawan di AISEC.

Cara Melatih Kemampuan Speaking Bahasa Inggris

Cara lain untuk meningkatkan kemampuan speaking dengan efektif

Nah, untuk kalian yang masih penasaran dengan 5 tips untuk meningkatkan kemampuan speaking bahasa Inggris, yuk check this out!

Baca Juga :

1. Berbicara Dengan Diri Sendiri di Cermin

Cara ini bisa dilakukan sambil kamu merekam suara kamu. Lalu tinggal kalian cek hasil rekaman suara kalian tadi. Lakukan secara berulang, hingga kamu merasa kemampuan speakingmu meningkat. Mungkin, cara ini terkesan aneh dan tampak seperti orang ‘gila’ yang sedang berbicara sendiri dengan cermin. Tapi jangan salah, cara ini sangat efektif sekali lho. kepercayaan diri juga bisa tumbuh karena sering practice speaking dengan diri sendiri dan bisa buat lidah kamu terbiasa dalam melafalkan kata-kata bahasa Inggris. Apabila dilakukan secara konsisten, perlahan-lahan skill speaking bahasa inggris kamu akan meningkat serta kamu bisa memperbaiki pronunciation yang masih kurang pas.

2. Membaca dan Mendengarkan

Membaca dan mendengarkan ialah 2 cara yang sangat berperan untuk meningkatkan speakingmu. Dengan membaca dan mendengarkan, kamu sedang melakukan ‘input’. Setelah proses input berjalan maksimal, maka secara perlahan kamu akan mulai mampu untuk melakukan ‘output’ (speaking dan writing). Dengan cara membaca dan mendengarkan ini, kamu juga dapat menambah kosa kata sebanyak-banyaknya. Banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk menerapkan cara ini, diantaranya ialah dengan membaca dan mendengarkan sesuatu yang kamu sukai. Misalnya, menonton film, mendengarkan lagu, membaca buku dan kegiatan lainnya dalam bahasa inggris. Karena, belajar dengan hal yang kita sukai akan lebih menyenangkan. Dan pastikan setiap harinya kamu mempunyai target berlatih, agar perbendaharaan kata kamu semakin bertambah.

Dengan menerapkan cara ini, kamu bisa menuliskan kata yang belum dimengerti dan cari tahu artinya di kamus. Kamu juga dapat belajar menggunakan kamus daring yang memiliki fitur pronunciation. Jadi, disetiap kamu mencari kata baru di kamus tersebut, pasti akan muncul tombol speaker di sebelah kata, nah kamu bisa klik, maka akan langsung terdengar cara pengucapan yang baik dan benar dalam bahasa inggris.

3. Berbicara Bahasa Inggris dan Abaikan Gramaar

Apa sih hal pertama yang perlu kamu lakukan? Yap, hal pertama yang harus kamu lakukan ialah dengan tak terlalu mempermasalahkan kebenaran grammarmu. Kenapa demikian? Karena jika kamu hanya fokus memikirkan grammar, bisa-bisa kamu gak akan bisa fokus ke obrolannya yang akhirnya menyebabkan kamu tak percaya diri, alias buyar. Tetapi, bukan berarti kamu mengabaikan grammar atau tata bahasa selamanya. Grammar bisa kamu pelajari secara perlahan-lahan, kok. Namun saat ini kamu harus tetap fokus berbicara dengan bahasa Inggris dan tak perlu khawatir tentang grammar terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan agar kamu merasa nyaman saat berbicara bahasa inggis dan melakukannya dengan percaya diri. 1 hal yang penting untuk diingat, dalam komunikasi yang terpenting adalah membuat lawan bicara memahami apa pesan yang kita sampaikan, dan ini tidak selalu membutuhkan grammar.

4. Mengunjungi International Event

Jika kamu ingin berinteraksi dengan orang banyak dengan bahasa Inggris, salah 1 cara yang efektif ialah dengan kamu mendatangi event skala Internasional. Karena, selain di tempatkan di lingkungan orang-orang yang berbahasa Inggris, kamu juga akan memperoleh banyak teman dari berbagai belahan bumi. Tentu ini akan sangat berguna untuk kedepannya, karena kamu bisa mendapat banyak conversation partner in English dan 1 hal, kemampuan bersosialisasi dalam bahasa inggrismu pasti akan meningkat.

5. Ikut Kursus bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan speaking

Apakah menginvestasikan waktu untuk kursus bahasa inggris itu penting? Yap penting. Mengikuti kursus bahasa Inggris bisa menjadi skill booster kamu, karena selain didampingi oleh pengajar expert, kamu juga akan memperoleh materi pembelajaran yang terstruktur. Tak hanya itu, ketika kamu mengikuti kursus, kamu juga akan lebih termotivasi karena berada di lingkungan orang orang pembelajar dengan tujuan yang sama. Lingkungan tersebut tentunya memberikan dampak positif untukmu dan sangat mendukung.

Dengan bergabung ke dalam kursus bahasa inggris, kamu akan mampu beradaptasi dalam mempraktikkan bahasa Inggris dalam aktifitas sehari – hari. Kamu juga akan berjumpa dengan banyak teman dari berbagai latar belakang yang berbeda dan usia yang beragam. Hal tersebut membuat kamu akan mendapatkan lingkungan belajar yang baru.

Baca Juga :

Nah itulah cara meningkatkan kemampuan speaking dalam bahasa Inggris. Bila kini kamu membutuhkan les bahasa Inggris online maupun offline, Golden English dapat menjadi pilihan terbaik. Golden English sudah dipercaya oleh lebih dari 20.000 peserta kursus dan puluhan perusahaan ternama. Golden English berkomitmen untuk memberi pengalaman kursus dengan metode modern yang fun dan interaktif. Dengan menerapkan student-centered learning, Golden English mengutamakan porsi praktik yang aktif dan efektif, dimana porsi praktik peserta lebih banyak dan diutamakan dibandingkan pembahasan materi. Metode ini terbukti efektif meningkatkan kepercayaan diri peserta dalam berkomunikasi bahasa Inggris.

Untuk informasi mengenai kursus bahasa Inggris online di Golden English, klik disini. Dan untuk informasi kelas offline, silakan hubungi: 081 8790 111 (WA available), Office: 021 855 03 106.