fbpx

Tips Untuk Mengasah Kemampuan Listening Bahasa Inggris

Cara Meningkatkan Kemampuan Listening Bahasa Inggris

kursus bahasa inggris online

Kemampuan komunikasi bahasa Inggris saat ini semakin diperlukan di berbagai aspek kehidupan, mulai dari bisnis, akademis, bahkan di keseharian. Menurut data dari wikipedia.org, bahasa Inggris ialah bahasa yang paling banyak dipakai di dunia. bahasa Inggris juga dijadikan sebagai bahasa resmi di hampir 60 negara di dunia. Bahasa Inggris juga merupakan bahasa bisnis dunia, dimana telah banyak perusahaan menggunakan bahasa Inggris untuk banyak keperluan pertukaran informasi. Tidak salah jika saat ini banyak orang berusaha sebisa mungkin untuk bisa berbahasa Inggris.

Seperti diketahui, terdapat empat aspek penting dalam sebuah bahasa, yaitu reading, listening, writing dan speaking. Apakah kamu pernah merasa kesulitan saat mencoba mendengarkan dan memahami kalimat bahasa Inggris? Jika iya, tak perlu merasa minder, karena ada banyak sekali orang yang mengalami hal serupa, yaitu kesulitan dalam listening. 1 hal yang perlu diingat, tidak ada seorangpun yang terlahir langsung pandai berbahasa Inggris. Untuk menjadi seorang yang pandai bahasa inggris perlu banyak sekali latihan, mengorbankan waktu serta tenaga untuk meningkatkan skill, pengetahuan dan wawasan.

Terdapat banyak orang yang belum bisa memahami apa yang orang lain ucapkan dalam bahasa inggris, sebagian besar dari mereka bingung ketika lawan berbicaranya menggunakan bahasa inggris.

Baca Juga Artikel : Tips Dan Trik Memperoleh Skor TOEFL diatas 500

Faktanya, kendala yang sering sekali muncul ketika listening bahasa inggris ialah gugup atau grogi, kurang konsentrasi saat mendengarkan atau gagal fokus, oleh karena itu kamu harus latihan konsentrasi dan yang tidak kalah penting, kamu perlu banyak berlatih mendengarkan native speakers berbicara sesering mungkin.

Untuk meningkatkan konsentrasimu saat listening, usahakan untuk tidak membicarakan hal lain ketika mereka sedang menjelaskan dan hindari hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian kamu. Penyebab lain yang dapat mengakibatkan menurunnya ialah kurangnya stamina atau kelelahan, atau karena dirundung rasa bosan, akibatnya daya otak menjadi melemah. Hal inilah yang membuat informasi yang kamu terima saat listening tidak ditangkap secara optimal.

Nah, bila kamu akan menghadapi tes bahasa Inggris, seperti TOEFL, TOEIC, IELTS atau semacamnya, pastikan kamu memiliki energi yang cukup yaa, perhatikan kebutuhan istirahat dengan baik serta makan dan minum untuk menunjang kebutuhan fisik. Walaupun kamu hanya duduk, namun mengerjakan tes bahasa Inggris cukup banyak menguras energi dan konsentrasi.

Nah, setelah kamu memahami kendala-kendala yang kerap membuatmu merasa kesulitan dalam listening, kini saatnya kamu berlatih listening. Dapat kamu mulai dari materi listening yang ringan dahulu dan kamu senangi. Bingung untuk menentukan materi? Jika iya, pilihlah materi listening sesuai dengan duniamu, itu akan mempermudah kamu dalam mengasah skill listeningmu. Mempelajari sesuatu dengan tema sesuai hobi itu sangat menyenangkan pastinya. Misalnya nih ya, kamu memiliki hobi sepak bola, maka kamu bisa mem-follow/subscribe akun-akun yang membahas sepak bola menggunakan bahasa Inggris. Atau jika kamu penggemar K-Pop, kamu bisa mem-follow/subscribe akun-akun yang sering membahas K-Pop dengan bahasa Inggris. Jika kamu masih kesulitan, kamu bisa aktifkan subtitle, ini akan semakin memudahkan kamu dalam mengasah skill listening-mu.

Materi listening apapun, seperti video talkshow, speech ataupun audio percakapan bahasa inggris, semuanya efektif untuk dipelajari. “Tapi kadang susah banget nih ngerti apa yang mereka ucapkan”. Tenang dan tetap semangat, jika video yang didengarkan belum sesuai dengan kemampuan kamu, pilihlah materi dasar terlebih dahulu. Dalam bahasa Inggris, ada banyak tingkatan, dari mulai basic, pre-intermediate, intermediate, upper intermediate sampai advanced. Nah, pilihlah yang benar-benar sesuai kemampuanmu. Salah 1 platform penyedia materi listening yang cukup lengkap dan memiliki tingkat kesulitan bervariasi adalah englishclass101.com. Silakan dicoba, ya.

 

Lanjut baca, ya. Disini kami akan mengulas cara untuk meningkatkan kemampuan listening kamu dalam bahasa inggris. Ini 5 Tipsnya:

Baca Juga : Kursus Bahasa Inggris Online Terjangkau Untuk Dewasa

1. Mendengarkan Lagu Dalam Bahasa Inggris

Membiasakan diri untuk mendengarkan segala sesuatu dalam bahasa Inggris bisa kamu lakukan dengan cara mendengarkan lagu berbahasa inggris favorit kamu. Misalnya genre yang kamu sukai, pop, jazz, rock dan lain-lainnya, kamu bisa dengarkan dengan teliti apa saja liriknya, jika sudah mengamati dengan baik, kamu silahkan tulis lirik lagu tersebut. Lakukanlah secara konsisten setiap harinya maka perlahan-lahan skil listeningmu akan semakin meningkat

 

2. Mendengarkan Podcast Bahasa Inggris

Kamu senang mendengarkan podcast gak? Jika iya, coba deh kamu dengerin podcast berbahasa inggris, carilah topik yang paling menarik dan seru untuk kamu dengarkan. Karena, semakin kamu tertarik dengan topiknya, akan semakin semangat kamu untuk mendengarkannya. Kamu juga tak perlu waktu khusus untuk mendengarkan podcast, karena podcast menjadi platform yang dapat didengarkan di mana saja, mau sambil menyetir, menunggu bus atau kereta serta saat jam istirahat kerjapun bisa.

 

3.      Menonton Film Berbahasa Inggris

Apakah kamu suka streaming film berbahasa Inggris? Nah, ternyata dengan menonton film berbahasa inggris dapat mengupgrade skill kamu dalam listening loh. Akan tetapi, usahakan menonton film dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris ya, bukan bahasa Indonesia. Dengan demikian, kamu akan mendengarkan sekaligus membaca teks bahasa inggris secara bersamaan. Hal tersebut dapat membantu kamu mengingat kata-kata lebih banyak dan kamu bisa lebih mudah mengidentifikasi kata-kata atau istilah bahasa asing di telingamu. Dengan melakukan hal tersebut secara konsisten, kamu dapat meningkatkan kemampuan listening berbahasa inggrismu dengan lebih cepat.

 

4. Berbicara Berbahasa Inggris

Meskipun ini merupakan salah satu cara meningkatkan speaking bahasa inggris, tetapi kamu bisa juga mencobanya untuk meningkatkan listening skill, kamu bisa mengajak teman kamu untuk berbicara bahasa Inggris atau bergabung dengan English community, karena saat kamu berkomunikasi bahasa Inggris, secara tidak langsung kamu juga telah belajar listening dari apa yang diucapkan lawan bicara.

Baca Juga : Lembaga Penyedia Tes TOEFL Online Terjangkau Dan Berkualitas 

5. Latih Tehnik Pengucapan/Pronunciation

Mungkin saja kamu bertanya-tanya, “lho apa hubungannya tehnik pengucapan dengan listening skill?”. Buktinya, Hal yang seringkali membuat kita sulit memahami kalimat bahasa Inggris adalah karena cara pengucapan kita yang salah. Jika kamu terbiasa dengan cara pengucapan yang salah, maka pesan yang kamu terima menjadi tidak optimal. Maka, berlatih tehnik pengucapan atau pronunciation merupakan salah 1 cara efektif untuk melatih kemampuan listeningmu. 

 

Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan listening kamu. Semua kembali lagi kepada niat, semangat dan kemauan yang kuat. Karena menguasai bahasa Inggris membutuhkan proses panjang, sehingga 3 hal tadi perlu kamu miliki.

kursus bahasa inggris online

Kursus Bahasa Inggris Sebagai Solusi

Bila kamu telah mencoba belajar mandiri, namun tetap saja merasa kesulitan, itu berarti kamu membutuhkan bantuan orang lain. Salah 1 cara yang diyakini cukup efektif adalah dengan mengikuti kursus bahasa Inggris. Golden English merupakan salah 1 lembaga kursus bahasa Inggris profesional yang sudah dipercaya oleh puluhan ribu peserta dan puluhan perusahaan ternama. Golden English menyediakan kursus bahasa Inggris online dan juga offline. Selain biayanya yang terjangkau, Golden English juga menawarkan metode belajar yang modern dan interaktif. Untuk mempercepat perkembangan setiap peserta, Golden English juga menyediakan pengajar native speakers. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik www.golden-course.com atau WA di 081 8790 111.