fbpx

Trik Efektif Supaya Sukses Tes TOEFL

Trik Efektif Supaya Sukses Tes TOEFL

tips-jitu-lancar-tes-toefl

 

Pada artikel kali ini kita akan mengulas tentangTes TOEFL dan kita akan membagikan cara untuk lancar tes TOEFL, khususnya TOEFL ITP.

Tulisan ini dikhususkan untuk pembaca yang belum mengetahui apa saja sih yang mesti disiapkan sebelum mengikuti Test TOEFL ini.

Sebelum itu, kita akan menjelaskan perbedaan antara TOEFL ITP OFFICIAL dan TOEFL ITP PREDICTION. Diantara kedua tes tersebut yang jadi perbedaannya hanyalah lembaga yang mengeluarkan sertifikat hasil tes. Jadi, untuk TOEFL ITP OFFICIAL ini dikeluarkan langsung oleh IIAF atau ETS, kalau TOEFL Prediction umumnya lembaga kursus.

Tetapi untuk teman-teman kalau seumpama ingin mengikuti TOEFL prediction yang wajib diperhatikan ialah lembaga kursusnya legal dan terakreditasi atau tidak dan tentu akan semakin bagus jika lembaga kursusnya itu memiliki reputasi yang baik. Semakin baik reputasi lembaga, maka akan semakin bernilai sertifikat yang dimiliki.

Sementara kemiripan antara TOEFL ITP dan TOEFL Prediction itu di tingkat kesulitan soal dan sistem scoring itu sama. Maka, kesimpulannya, yang membedakan antara TOEFL ITP dan TOEFL Prediction ialah lembaga yang mengeluarkan sertifikat. Sebelum memilih antara kedua tes ini, sebaiknya kamu perlu mengetahui persyaratan yang diminta oleh lembaga yang kamu tuju.

Jika lembaga yang kamu tuju menerima penggunaan sertifikat TOEFL Prediction, sebaiknya kamu mendaftar tes TOEFL prediction saja, mengingat harganya yang lebih terjangkau dan pilihan jadwal yang lebih fleksibel.

Trik simple yang bisa bermanfaat untuk teman-teman pada saat menghadapi TOEFL ITP:

1. Pentingnya Persiapan
Karena “practice makes perfect”, oleh karena itu teman-teman membutuhkan latihan, mulailah belajar dengan rutin dan disarankan agar bisa mengikuti les atau membaca buku-buku latihan TOEFL.

Baca Juga : 5 Skill Yang Dibutuhkan Untuk Generasi Muda di Masa Depan

2. Jangan Begadang

Ketika hendak mengikuti tes TOEFL disarankan jangan begadang, karena itu benar-benar berpengaruh terhadap performa kita ketika mengerjakan ujian.

3. Jangan lupa bawa Alat Tulis Kita Sendiri
Ingat! jangan pernah meminjam alat tulis teman. Pensil yang diharuskan adalah pensil 2B, lantaran nanti jawaban akan dinilai menggunakan komputer.

4. 20 Menit Lebih Awal Tiba di Lokasi Tes

Hal ini benar-benar berpengaruh, kalau kita telat, akhirnya fokus kita akan terpecah dan sulit untuk teliti.

5. Bawa Sapu Tangan ataupun Tissue
Barangkali bagi teman-teman yang tangannya suka basah ataupun berkeringat, bawalah sapu tangan ataupun tisu, karena apabila teman-teman selama pengerjaan terkena air, maka kertas jawaban akan menjadi basah, umumnya kertas jawaban tidak akan diganti lagi, jadi tidak ada lembar jawaban cadangan, jadi lebih baik jawaban itu digunakan dengan sebaik-baiknya, sehingga kita tak perlu meminta kepada kepada pengawas.

6. Jangan Pernah Membiarkan Jawaban Tidak Diisi

Mengapa kita dilarang membiarkan jawaban yang tidak di isi? karena meskipun jawaban kita salah, itu tidak akan mengurangi poin, tapi jika teman-teman telah membiarkan jawabannya tidak diisi, itu artinya nilaitelah dipastikan nol. Lalu, buat jawabannya yang masih kosong, tidak ada salahnya diisi ya, teman-teman, barangkali kita benar.

7. Tidak Lupa untuk Manajemen Waktu dengan Benar

Setiap bagian tes TOEFL nantinya terdapat durasi waktu dan itu terasa begitu singkat karena memang kita benar-benar fokus pada soal yang ada. Jadi kita wajib pintar-pintar memanage waktu ya, teman-teman.

Untuk tes TOEFL terbagi menjadi 3 section yang pertama listening, yang kedua structure and written expression, yang ketiga yaitu reading comprehension.

Baca Juga : 3 Kisah Sukses Peraih Beasiswa Luar Negeri Yang Sangat Memotivasi

Listening sendiri terbagi dari 50 soal dan durasinya kurang lebih 35 menit tergantung dari waktu kaset pada saat listening itu dan ingat, audio hanya satu kali diputar serta kita tak bisa request pengulangan, so you have to listen carefully. Lantaran apabila kita missing sedikit saja, kita bisa pecah konsentrasi.

Yang kedua adalah structure. Structure terdiri dari 40 soal, memang lebih sedikit daripada listening section, tetapi waktunya hanya 25 menit, bayangkan untuk satu soal kita itu harus menyelesaikan kira-kira 30 detik.

Sebab itu teman-teman butuh ketelitian ketika menyelesaikan soal structure, lantaran biasanya di structure ini penuh dengan jebakan.

Yang ketiga ialah reading. Reading comprehension memiliki 50 soal, lebih banyak daripada structure dan waktunya 55 menit. Lebih banyak ya daripada structure. Meski demikian, waktunya akan terasa sangat sebentar, jadi kamu perlu menyiapkan segala sesuatunya, termasuk kursus atau membaca buku atau mempelajari video-video TOEFL di Youtube. Kami menyarankan hal ini karena pertanyaan di dalam tes TOEFL memang Tricky banget dan durasinya sangat cepat, so teman-teman perlu benar-benar atur waktu.

Nah, waktu ikut kursus atau pelatihan, biasanya kita diberikan tips dan trik mengerjakan soal secara efektif dan jika kita sudah memahami dan terlatih waktu menyelesaikan setiap soal TOEFL, maka kita tidak perlu menerjemahkan satu persatu vocabulary yang ada di dalam soal tes TOEFL. Dan trik itu umumnya akan dibagikan pada saat kita kursus atau kamu bisa coba cara lain, seperti belajar mandiri dengan mencari di youtube atau membaca buku buku TOEFL.
Nah, saat ini kita bakal menjelaskan setiap bagian-bagian ujian TOEFL

a. Listening comprehension
Listening Comprehension itu terbagi menjadi tiga bagian, yaitu part a, part b, part c. Di part a teman-teman akan menyimak dialog pendek antara dua speaker. Buat part b, teman-teman akan mendengarkan dialog yang lebih lama daripada part a, dan di part c teman-teman akan mendengarkan suatu pidato yang lama dan di part c ini satu pidato itu digunakan untuk 4-5 soal. Jadi you have to listen carefully dan disini Kamu benar-benar membutuhkan ketelitian buat menyimak setiap apa yang dikatakan oleh speaker.

b. Structure
Structure ini dibagi jadi dua bagian yang pertama adalah part A yang isinya multiple choice dan bagian kedua adalah recognizing grammatical mistakes, jadi disini teman-teman wajib menelaah sebuah pertanyaan.

c. Reading
Untuk bagian reading ini, untuk semua model soalnya sama dari awal hingga akhir, semua pola soalnya bisa dikatakan serupa dan biasanya setiap satu artikel buat 1-5 pertanyaan.

Sudah lumayan banyak pemaparan kami tentang TOEFL ITP, nah untuk teman-teman yang ingin ikut tes TOEFL Online, Golden English bisa menjadi pilihan ideal.

Karena Golden English Telah berpengalaman melayani lebih dari 50.000 peserta dan ratusan perusahaan, Golden English berupaya untuk selalu menyajikan pendidikan profesional dan unggul kepada masyarakat Indonesia.

Buat informasi lebih detil, silakan hubungi CS Golden English via whatsapp di 0816 251 154.

Aldo

Aldo

Artikel Terbaru