fbpx

Now Everyone Can Speak English

3 Tips Jitu Menghadapi Tes TOEFL ITP Online

Daftar Isi

3 Tips Menghadapi Tes TOEFL ITP Online
3 Tips Menghadapi Tes TOEFL ITP Online

Apakah kamu sedang ingin mengikuti tes TOEFL ITP online tapi bingung dengan persiapannya? Banyak orang tentunya ketika mengikuti ujian kemampuan berbahasa Inggris ingin mendapatkan skor yang tinggi. Namun bagi beberapa orang, bahkan yang belum pernah mengikuti tesnya sama sekali bisa jadi gugup dan tidak tahu apa saja yang harus dilakukan.

Hal ini wajar saja terjadi. Karena tes TOEFL ITP online membuatmu mendapatkan sertifikat kemampuan berbahasa Inggris yang bisa digunakan kepentingan akademis. Biasanya sebagai syarat dalam melanjutkan pendidikan lebih lanjut.

Agar bisa menghadapi tes TOEFL ITP online dengan maksimal, ada tiga tips yang sebaiknya kamu lakukan. Yaitu memahami pengertian tes TOEFL ITP online, tips mengerjakan TOEFL ITP online tahap persiapan, dan tips mengerjakan TOEFL ITP online tahap pengerjaan.

Apa saja sih yang harus kamu lakukan untuk menghadapi TOEFL ITP online? Yuk simak tips mengerjakan tes TOEFL ITP online berikut ini!

1. Memahami Pengertian TOEFL ITP Online

Hal yang paling pertama untuk dapat menghadapi tes TOEFL ITP online dengan maksimal adalah memahaminya terlebih dahulu.

TOEFL ITP sendiri adalah Test Of English as a Foreign Language Institutional Testing Program. Karena bersifat institusional, sertifikat tes TOEFL ITP digunakan untuk persyaratan akademis untuk berbagai macam institusi.

Dalam tes TOEFL ITP kamu akan mengerjakan tiga tipe soal. Yaitu listening, reading dan structure and writing. Namun dalam tes TOEFL ITP online kamu tidak akan mengerjakan soal speaking. Tipe soal structure and writing membahas tentang soal grammar dan proofreading. Perbedaan tes TOEFL ITP online dengan iBT dan PBT adalah tidak adanya soal essay-writing.

Soal listening dan reading pada tes TOEFL ITP online juga memiliki soal yang lebih mudah dibandingkan dengan soal iBT. Listening pada tes TOEFL ITP mengandung dialog yang pendek dengan satu soal setiap dialognya. Begitu pula soal reading yang memiliki teks yang lebih pendek dibandingkan dengan iBT.

Meskipun soal-soal tes TOEFL ITP online terkesan lebih mudah dibandingkan dengan tes TOEFL jenis lainnya, kamu tetap harus fokus, memiliki persiapan yang matang dan strategi dalam mengerjakan soalnya. Pasalnya kamu akan diminta mengerjakan banyak soal dalam waktu yang terbatas.

Berikut ini adalah tips dan trik yang bisa kamu lakukan saat mengerjakan tes TOEFL ITP online yang akan dibagikan ke dalam dua bagian. Yaitu bagian persiapan dan bagian mengerjakan. Yuk simak artikel berikut ini!

2. Tips Mengerjakan Soal TOEFL ITP online Tahap Persiapan

Tentunya, sebelum menghadapi soal TOEFL ITP online, kamu harus melakukan persiapan yang matang terlebih dahulu. Nah, terdapat berbagai macam hal yang bisa kamu lakukan dalam persiapan menghadapi tes TOEFL ITP online, yaitu sebagai berikut:

1.       Latihan menyimak bahasa Inggris

Ketika mengerjakan soal listening kamu mungkin akan merasakan berbagai macam kendala. Misalnya dialognya terdengar sangat cepat, menggunakan kata-kata yang tidak jelas di telingamu, dan lain-lain. Namun kamu tidak perlu khawatir.

Untuk bisa mengerjakan soal listening TOEFL ITP online, kamu hanya perlu latihan membiasakan menyimak. Terdapat berbagai macam cara yang bisa lakukan. Misalnya mendengarkan podcast dan menonton video berbahasa Inggris.

Ketika kamu menontonnya, cobalah untuk menyimak dengan saksama dan buat catatan. Misalnya seperti kata-kata yang belum kamu pahami artinya, atau kata-kata kunci. Seperti tanggal, harga, jumlah, siapa yang terlibat, di mana kejadian berlangsung dan lain-lain. Kemudian kamu juga bisa membuat ringkasan dalam bahasa Inggris untuk lebih memahami apa yang sedang dibicarakan dalam video atau podcast tersebut.

2.       Latihan membaca bahasa Inggris

Ada banyak sekali tulisan berbahasa Inggris yang bisa kamu baca untuk memaksimalkan kemampuanmu dalam memahami teks bahasa Inggris. Misalnya artikel online, cerita dalam bahasa Inggris, dan lain-lain.

Kamu bisa membaca sebuah artikel di internet yang membahas mengenai suatu hal. Kemudian kamu bisa membuat berbagai macam catatan di dalamnya. Misalnya seperti gagasan utama setiap paragraf, menentukan keberpihakan penulis dalam suatu artikel argumentatif, menuliskan sinonim dari kata-kata yang digunakan dalam teks dan lain-lain.

Dengan demikian, kamu akan terbiasa dalam memahami teks bahasa Inggris. Lalu kamu juga bisa memiliki kamus kosakata bahasa Inggris yang luas.

3.       Latihan mengerjakan soal grammar bahasa Inggris

Untuk latihan bagian ini, kamu bisa mencari soal-soal TOEFL ITP online bagian grammar dan proofreading di internet. Lalu cobalah mengerjakannya sesuai dengan pemahamanmu terkait grammar yang sudah kamu pelajari. Jika sudah selesai, cari kunci jawaban dan perhatikan bagian soal mana yang sudah benar dan masih keliru. Pada bagian yang belum kamu kuasai, kamu bisa mempelajarinya dengan membaca berbagai artikel atau buku pelajaran mengenai English grammar. Setelah mempelajarinya, kamu bisa kembali melakukan latihan soal. Jangan lupa untuk terus latihan di materi yang belum kamu kuasai.

3. Tips Mengerjakan Soal Tes TOEFL ITP online Tahap Pengerjaan

Setelah kamu memiliki persiapan yang matang, kamu membutuhkan strategi dalam mengerjakan soal TOEFL ITP online. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam mengerjakan soal-soal tersebut:

1.       Pahami berbagai macam jenis soal

Setiap soal memiliki tipe yang berbeda-beda. Misalnya, dalam soal listening, kamu mungkin akan diminta untuk mengerjakan soal isian, soal benar/salah, dan lain-lain. Atau saat mengerjakan soal reading, kamu diminta untuk mencari tahu sinonim atau antonim dari kata yang digaris bawahi, atau mencari gagasan utama dari paragraf yang ada di teksnya.

Dengan memahami berbagai macam jenis soal, kamu dapat lebih siap dalam mengerjakan soalnya. Sehingga kamu akan tahu apa yang harus kamu jawab ketika mengerjakan soal TOEFL ITP online.

2.       Kerjakan soal yang paling mudah terlebih dahulu

Umumnya, soal TOEFL ITP online dapat dikerjakan secara acak. Ketika kamu mengerjakan suatu soal yang tidak kamu pahami di bagian reading dan structure and proofreading, kerjakanlah soal yang menurutmu paling mudah. Pasalnya, waktu pengerjaan tes terbatas. Jika kamu hanya fokus pada soal yang terlihat sulit, waktumu akan habis dan kamu tidak bisa menyelesaikan soal-soal lainnya.

3.       Membaca soal terlebih dahulu

Dalam bagian reading, kamu akan membaca berbagai macam teks dalam bahasa Inggris. Meskipun teks bahasa Inggris pada soal tes TOEFL ITP online lebih pendek dibandingkan dengan pada soal tes iBT, jangan sampai waktumu habis dalam membaca keseluruhan teks. Kamu harus membaca pertanyaannya terlebih dahulu ketika mengerjakan soal-soal reading. Dengan demikian, kamu akan menemukan jawaban apa yang diminta. Setelah itu, kamu bisa membaca skimming terkait apa yang ditanyakan di soal. Sehingga, pengerjaanmu akan lebih efektif.

Kemudian, pada bagian listening, sebelum audio diputar, kamu dapat membaca soal-soalnya terlebih dahulu. Jika soal yang diberikan merupakan pertanyaan pilihan ganda, kamu dapat membacanya dan melihat apa saja opsi jawaban yang disediakan. Ketika kamu mendengarkan audio yang diputar, fokuskan pada kata atau frasa yang tersedia dalam pilihan jawaban. Jika kamu menemukan soal isian, lakukan trik yang sama, yaitu membaca pertanyaannya terlebih dahulu. Dengan demikian, kamu dapat lebih fokus pada kata-kata dalam audio yang berkaitan dengan pertanyaannya.

Nah, itulah tips dan trik dalam mengerjakan tes TOEFL ITP online. Yang kamu perlu lakukan hanyalah memiliki persiapan yang matang dan strategi dalam mengerjakan tes tersebut. Dengan demikian kamu bisa mendapatkan skor yang kamu harapkan.

Di Golden English, kamu bisa mencoba latihan sebelum mengambil TOEFL Official dengan menggunakan TOEFL Prediction dari Golden English. Latihan ini akan membantu kamu untuk mengetahui skor yang akan kamu dapatkan. Dari situ, kamu akan mengetahui bagian mana yang harus diperbaiki dan dipelajari ulang, seperti generic structure, listening, writing, dan reading.

Baca Juga: 3 Tips Menghadapi Stres Saat Ujian TOEFL atau Tes TOEFL Online

5 Keunggulan Mengikuti Tes TOEFL Online di Golden English

1.       Pendaftaran Mudah dan Murah

Pendaftaran tes TOEFL online di Golden English cukup mudah, Kamu cukup mengisi form pendaftaran, membayar, dan Kamu sudah bisa mengikuti tes. Biayanya pun sangat terjangkau, hanya Rp 175.000.

2.       Sertifikat Langsung Jadi

Tes TOEFL Online dari Golden English adalah solusi bagi Kamu yang sedang urgent dan membutuhkan sertifikat dalam waktu cepat. Selain itu, sertifikat bisa langsung Kamu dapatkan seketika setelah Kamu menyelesaikan tes.

3.       Jadwal Tes Fleksibel

Tes TOEFL Online dari Golden English menawarkan jadwal tes yang fleksibel. Layanan tersedia 24 jam dan kamu bisa mengikuti tes kapan saja sesuai waktu luang Anda.

4.       Legalitas dan Kredibilitas Terjamin

Golden English adalah lembaga kursus dan pelatihan yang telah mengantongi izin dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta telah terakreditasi BAN.

5.       Ada Fasilitas Pendukung

Golden English menyediakan beberapa fasilitas pendukung untuk setiap peserta tes TOEFL online, yaitu peserta bisa mengikuti tes lebih dari 1 kali dan terdapat grup Telegram yang berisi latihan-latihan soal dan pemaparan materi TOEFL.

Kamu dapat mengakses informasi lengkap dan mendaftar tes TOEFL online bersertifikat di Golden English melalui https://golden-course.com/tes-toefl-untuk-cpns/ atau menghubungi CS Golden English via WhatsApp di sini.

Nah apabila kamu mau meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggrismu terlebih dahulu, mulailah mengikuti kursus bahasa Inggris yang tepat. Dengan seperti itu, kamu akan memperoleh bimbingan dan dukungan yang tepat untuk membantu kamu menguasai bahasa inggris dengan cepat. Kursus bahasa Inggris bisa membantu Anda meningkatkan kemampuan berbicara dan membangun kepercayaan diri. Jika Anda membutuhkan bantuan, Anda dapat mengklik tautan konsultasi online di Golden English. Konsultasikan kebutuhan kamu untuk mendapatkan program yang tepat, dan dapat mengembangkan kemampuan dengan mudah dan cepat. Selamat belajar!

cta

Ahmad Fauzi

Ahmad Fauzi

Ahmad Fauzi

Ahmad Fauzi