fbpx

Now Everyone Can Speak English

8 Tips Ampuh Persiapan Belajar IELTS untuk Pemula

Daftar Isi

8 Tips Ampuh Persiapan Belajar IELTS untuk Pemula

8 Tips Ampuh Persiapan Belajar IELTS untuk Pemula -Bahasa Inggris kini sudah menjadi bahasa internasional, artinya berguna untuk berbagai macam hal. Mulai dari kepentingan karir dan kuliah di luar negeri. Hal ini membuat banyak orang sudah mulai mempelajari bahasa Inggris baik melalui bimbingan kursus atau belajar secara otodidak.

Nah, kalau kamu ingin bekerja di luar negeri atau melanjutkan studi di luar negeri, kamu perlu memiliki sertifikat kemampuan berbahasa Inggris. Sertifikat ini bisa berupa TOEFL atau IELTS.

Banyak lembaga kursus kini memiliki program-program pembelajaran untuk mempersiapkan TOEFL dan IELTS. Tapi kamu bisa jadi merasa bingung harus memilih lembaga kursus seperti apa.

Mungkin ini kali pertama kamu akan mengikuti tes IELTS. Nah untuk pemula sepertimu, berikut adalah tips-tips persiapan yang bisa kamu lakukan. Yuk simak penjelasan artikel berikut ini!

Pengertian IELTS

IELTS (International English Language Testing System) adalah sistem penilaian kemampuan bahasa Inggris Internasional yang populer di dunia. IELTS dikelola dan diselenggarakan secara bersama-sama oleh Universitas Cambridge, British Council, dan IDP Education Australia.

Tes IELTS menguji kemampuan bahasa Inggris peserta secara keseluruhan dengan membagi soal menjadi 4 bagian utama, yaitu reading (membaca), listening (menyimak), writing (menulis) dan speaking (berbicara).

Sertifikat IELTS dapat digunakan untuk melamar di 11.000 institusi di 140 negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Australia, Kanada, Selandia Baru, dan lain-lain sebagaimana dilansir dari situs IELTS Asia.

Hal ini menunjukkan bahwa sertifikat IELTS tidak hanya diterima di institusi-institusi Eropa, tapi juga sudah diakui secara internasional.

Terdapat dua jenis tes IELTS, yaitu IELTS Academic dan IELTS General Training. IELTS Academic diperuntukkan bagi siswa yang ingin mendaftar untuk program sarjana atau pascasarjana di universitas dan perguruan tinggi di negara berbahasa Inggris.

Sementara IELTS General Training ditujukan bagi siswa yang ingin lanjut pendidikan menengah, profesional yang ingin melamar kerja atau ikut pelatihan kerja, hingga orang-orang yang mencari imigrasi di beberapa negara berbahasa Inggris seperti Kanada, Selandia Baru, Australia, dan Inggris.

Rentang skor IELTS adalah 0 – 9. Umumnya, standar minimum nilai IELTS yang diminta oleh institusi adalah 6. Tetapi kamu jangan berpatokan di sini, sebab ada juga beberapa universitas atau institusi yang mensyaratkan nilai IELTS minimum kurang atau lebih dari 6.

Durasi waktu pengerjaan tes IELTS adalah 2 jam 45 menit, terdiri dari seksi Listening 30 menit, Reading 60 menit, Writing 60 menit, dan Speaking maksimal 15 menit.

IELTS diselenggarakan hingga 4 kali dalam sebulan atau 48 kali dalam setahun. Di Indonesia, kamu bisa mengikuti tes IELTS di beberapa tempat (umumnya di kota-kota besar) yang sudah disediakan oleh institusi penyelenggara resmi IELTS di Indonesia seperti British Council, IALF, dan IDP.

Untuk hasil tes IELTS sendiri, biasanya keluar dalam 13 hari setelah pelaksanaan ujian dan dapat dicek secara online atau dengan datang langsung ke tempat penyelenggara tes.

Kalau kamu mau mengambil tes IELTS, kamu bisa mengunjungi situs ielts.org untuk mengetahui update terbaru jadwal dan tempat pelaksanaan tes IELTS di Indonesia.

Saat artikel ini ditulis, biaya untuk ikut ujian IELTS berkisar antara Rp 2.900.000 – Rp 3.317.000. Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari penyelenggara tes. Untuk update harga IELTS terbaru, silakan kunjungi situs British Council atau IDP.

Kamu juga bisa mendaftar IELTS Official Test melalui Golden English dengan biaya sama, staff GE akan membantu proses administrasi Anda dari awal hingga Anda mendapatkan sertifikat. Klik https://golden-course.com/test-ielts-golden-english/ untuk informasi lebih lengkapnya.

Baca Juga: 3 Tips Ampuh Hadapi Stres Saat Ujian IELTS

Persiapan Belajar IELTS Untuk Pemula

Kalau kamu bingung bagaimana dan kapan memulai persiapan tes IELTS bagi pemula, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan:

8 Tips Ampuh Persiapan Belajar IELTS untuk Pemulaa

1. Persiapkan dari Jauh-jauh Hari

Hal yang paling baik untuk kamu lakukan saat persiapan tes IELTS adalah melakukannya dari jauh-jauh hari. Sebut saja kamu ingin mengambil tes IELTS untuk keperluan kuliah di luar negeri. Maka sebaiknya kamu melakukan persiapan selama 2-3 bulan sebelum melakukan tes.

Dengan memiliki waktu selama 2-3 bulan kamu tidak akan terburu-buru. Bahkan jika kamu ingin, kamu bisa melakukan persiapan dari 6 bulan sebelum tes. Yang perlu kamu ingat, jangan lakukan persiapan IELTS mendekati waktu kamu mengambil tes. Karena nantinya persiapanmu akan kurang.

2. Ketahui IELTS yang Ingin dipilih

Sebagaimana yang sudah kamu ketahui sebelumnya, terdapat beragam jenis tes IELTS. Sebelum melakukan persiapan, pastikan terlebih dahulu instansi tempat kamu mendaftar memerlukan tes IELTS yang mana.

Jangan sampai kamu melakukan persiapan tes IELTS yang ternyata berbeda dengan apa yang dibutuhkan. Misalnya kamu mengambil persiapan dan tes IELTS General Training. Namun ternyata instansi tempat kamu mendaftar memerlukan sertifikat IELTS Academic.

Kalau begini maka sertifikat yang kamu miliki tidak dapat kamu gunakan. Selain itu waktu yang kamu gunakan untuk melakukan persiapan tes IELTS akan menjadi sia-sia.

3. Lakukan Placement Test

Setelah mengetahui IELTS macam apa yang ingin kamu ambil, lakukanlah placement test atau pre test. Hal ini bertujuan agar kamu mengetahui sejauh mana kemampuanmu menguasai materi-materi yang akan diujiankan dalam tes IELTS.

Dengan mengambil plancement test atau pre test, kamu akan mengetahui kekurangan dan kelebihanmu. Sehingga kamu bisa berkonsultasi dengan tutor untuk memberi tahu materi apa yang perlu kamu kuasai.

Kamu akan memiliki waktu persiapan IELTS yang efektif karena kamu membicarakan strategi pembelajaran persiapan IELTS.

4. Pahami Format Tes IELTS

Sebagaimana yang sudah kamu ketahui, terdapat beragam jenis tes IELTS. Jenis-jenis tes IELTS ini memiliki format-format tes yang berbeda. Oleh karena itu penting untuk mengetahui jenis tes IELTS apa yang ingin kamu ambil dan pelajari formatnya.

Hal ini bertujuan agar kamu tidak kaget ketika mengikuti tes IELTS yang sebenarnya. Kamu juga akan memiliki strategi dan gambaran bagaimana mengerjakan tes IELTS yang kamu ambil nanti.

5. Ikuti Prediction Test

Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah mengikuti prediction test. Setelah kamu mengambil placement test, kamu akan mengetahui kekurangan dan kelebihanmu dalam materi IELTS. Kemudian kamu akan melakukan persiapan IELTS.

Nah, agar kamu mengetahui progress belajarmu, lakukanlah prediction test. Dengan demikian kamu akan mengetahui sejauh mana perkembanganmu setelah melakukan persiapan.

Selain itu kamu juga akan latihan tes IELTS yang sebenarnya dengan mengambil prediction test. Sehingga kamu akan menjadi lebih siap saat menghadapi tes IELTS yang sebenarnya.

Baca Juga: Kursus Persiapan Tes IELTS Online Terbaik? Golden English Jawabannya!

6. Punya Waktu Istirahat yang Cukup

Kesehatan adalah salah satu hal yang paling penting untuk dijaga. Banyak orang melakukan persiapan IELTS tanpa memperhatikan kesehatan mereka. Akhirnya ketika menghadapi ujian, mereka tidak makan, mengantuk dan malah menjadi tidak konsentrasi.

Persiapan IELTS yang serius dan dilakukan dalam jangka waktu yang panjang memang merupakan strategi yang baik untuk menghadapi ujian IELTS. Tapi kamu harus perhatikan apakah kamu memiliki waktu istirahat yang cukup.

Jika kamu tidak begadang, lalu rehat sejenak setelah belajar beberapa jam, maka kamu bisa menghadapi ujian IELTS dengan lebih matang. Sebelum ujian juga pastikan kamu sudah sarapan terlebih dahulu.

Hal-hal tersebut baik untuk dilakukan agar pikiranmu lebih segar dan tubuhmu fit, sehingga kamu bisa dengan lebih mudah menghadapi ujian IELTS nantinya dan tidak stres.

7. Biasakan Diri dengan Waktu yang Terbatas

Tentunya kamu akan mengikuti persiapan IELTS terlebih dahulu. Nah ketika melakukan persiapan ini, sering-seringlah mengerjakan latihan soal IELTS dengan waktu yang terbatas.

Banyak orang merasa stres dan cemas karena mereka tidak terbiasa dengan waktu yang terbatas. Ketika mengerjakan ujian, mereka terlalu terlena dengan waktu, hingga akhirnya kehabisan waktu dan mengerjakan soal dengan terburu-buru bahkan asal mengisi jawaban.

Oleh karena itu biasakan dirimu dengan mengerjakan soal-soal latihan IELTS dengan waktu yang terbatas. Dengan demikian kamu bisa mengetahui alokasi waktu yang kamu gunakan untuk mengerjakan setiap sesi.

Kamu akan bisa mengerjakan soal ujian IELTS dengan lebih tenang karena kamu tahu kamu tidak akan kehabisan waktu.

8. Kerjakan Soal yang Lebih Mudah Terlebih Dahulu

Jika memungkinkan jangan terus menerus fokus pada soal yang membuatmu kesulitan menjawabnya. Karena bisa jadi kamu akan kehabisan waktu. Oleh karena itu lebih baik kamu beralih ke soal yang lebih mudah untuk dijawab.

Selain itu, gunakanlah teknik-teknik dan strategi menghadapi setiap sesi ujian IELTS. Misalnya dalam ujian reading kamu menggunakan teknik skimming dan scanning. Lalu pada ujian listening kamu membaca soal terlebih dahulu dan mencatat poin penting.

Saat ujian writing, kamu mengerjakan soal yang lebih kamu kuasai terlebih dahulu. Kemudian saat menghadapi ujian speaking kamu membahas berbagai macam topik yang familiar denganmu.

Dengan mengetahui berbagai macam strategi dan tips menghadapi ujian IELTS serta mengerjakan soal yang lebih mudah dahulu kamu tidak akan stres dan bisa mengerjakan ujian dengan baik.

Nah, kalau kamu ingin memilih tempat kursus IELTS yang tidak akan mengecewakanmu, pilihlah tempat kursus Golden English!

Program Golden English menawarkan fasilitas pembelajaran IELTS yang lengkap. Yaitu dengan menawarkan tips memecahkan berbagai jenis soal IELTS, mulai dari reading, listening, writing dan speaking.

Sedikit berbeda dengan lembaga kursus lainnya, Golden English memiliki beberapa kelebihan yang mungkin tidak kamu dapatkan di lembaga kursus lain. Yaitu Golden English Application (GEA) yang bisa memantau proses belajarmu.

Selain itu di dalamnya terdapat kelass gratis khusus grammar dan speaking agar kamu dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu dengan maksimal. Cocok untukmu yang memiliki skor IELTS impian.

Kurikulum yang terdapat pada Golden English didesain agar para peserta dapat memahami setiap sesi materi secara utuh dan optimal. Terdapat juga pengarahan, pendampingan dan simulasi yang akan dilakukan secara intensif dan efektif.

Selain mendapatkan pembelajaran dan pendampingan IELTS intensif, setiap peserta kursus IELTS Golden English juga dapat mengikuti pre-test dan simulation test untuk melihat kemampuan awal dan akhir peserta.

Dengan mengetahui hasil pre-test di awal dan simulation test di akhir, tim Golden English dapat memantau progress pencapaian dan efektifitas kursus peserta.

Menariknya, jika peserta tidak mengalami peningkatan skor dari pre-test hingga simulation test, peserta berhak mengikuti pengulangan kelas kursus IELTS secara gratis. Sehingga kamu bisa memiliki jaminan skor IELTS yang tinggi jika memilih kursus di Golden English.

Lembaga kursus bahasa Inggris IELTS Golden English sudah tersebar di kota-kota di Indonesia, di antaranya Jakarta, Bekasi dan Tangerang Selatan.

Peserta juga dapat memilih program IELTS yang ingin diikuti, seperti dalam kelompok kecil, kursus persiapan IELTS online atau kursus persiapan IELTS offline, dan intensive camp.

Yang dapat menguntungi para peserta adalah kursus IELTS di Golden English dikenakan biaya yang relatif murah. Yaitu mulai dari Rp.1.200.000.

Kalau kamu berencana mencapai skor IELTS yang tinggi, kamu bisa melakukan pendaftaran kursus IELTS preparation yang diadakan di Golden English. Kamu akan mempelajari soal-soal IELTS.

Kamu akan mendapatkan program placement test gratis lho! Kamu hanya perlu kunjungi situs Golden English saja untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya.

Kamu tinggal mengecek lokasi kursus IELTS di Golden English yang dekat dengan tempat tinggalmu.

Kamu juga bisa mengambil IELTS online course atau kursus IELTS online jika kamu lebih nyaman untuk mengikuti kursus tapi membutuhkan bimbingan jarak jauh.

Golden English menyediakan IELTS modular online untukmu yang ingin menyelesaikan kursus IELTS dari jarak jauh.

Kamu akan mendapatkan bimbingan terarah dari guru berpengalaman dan mendapatkan berbagai macam tips menghadapi IELTS test. Pastikan untuk terapkan tipsnya ketika mengerjakan tesnya ya! Agar kamu bisa mumpuni kemampuan bahasa Inggris.

Supaya kamu mahir berbahasa Inggris, jangan lupa untuk terus belajar terus tentang grammar bahasa Inggris khususnya di tenses. Jika Anda mencari kursus IELTS berkualitas, kami merekomendasikan kelas kursus IELTS di Golden English. Dengan kursus IELTS kami, kamu dapat meningkatkan skor IELTS kamu secara efektif. Selamat belajar!

cta

Muhammad Azka Rais

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.
Muhammad Azka Rais

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.