fbpx

Now Everyone Can Speak English

7 Keuntungan Mengikuti Kursus Bahasa Inggris Online

Daftar Isi

Keuntungan kursus bahasa Inggris online
Menguasai bahasa Inggris kini sudah menjadi tujuan bagi banyak orang. Pasalnya kini bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Yang berarti berbagai macam hal sudah menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.

Misalnya saja pada media sosial, syarat pekerjaan di luar negeri, dan juga syarat kuliah di luar negeri. Kalau kamu ingin kuliah, kerja atau bahkan sekadar liburan ke luar negeri, memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik sudah akan menjadi sebuah keuntungan.

Dengan adanya hal ini, banyak orang mempelajari bahasa Inggris di luar sekolah. Ada yang belajar secara otodidak dengan belajar melalui aplikasi belajar bahasa Inggris dan ada juga yang membutuhkan bimbingan melalui kursus bahasa Inggris.

Atau bahkan mereka yang belajar bahasa Inggris secara otodidak tidak menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris. Mereka bisa jadi memilih media belajar mereka melalui hiburan atau entertainment, misalnya dengan menyimak lagu-lagu bahasa Inggris, menonton film bahasa Inggris, membaca novel bahasa Inggris, dan lain-lain.

Tentunya tidak semua orang merasa mampu belajar bahasa Inggris secara otodidak. Ada juga yang merasa membutuhkan bimbingan melalui kursus bahasa Inggris. Nah, banyak lembaga kursus bahasa Inggris menyediakan berbagai fasilitas kepada pesertanya agar peserta bisa mendapatkan pembelajaran bahasa Inggris yang maksimal.

Salah satu fasilitas yang diberikan oleh lembaga kursus bahasa Inggris adalah kursus online interaktif. Ingin tahu apa saja keuntungan belajar bahasa inggris online? Yuk simak penjelasan artikel berikut ini!

Keuntungan Kursus Bahasa Inggris Online

Keuntungan kursus bahasa Inggris online

Mungkin kamu adalah salah seorang yang membutuhkan bimbingan dalam mempelajari bahasa Inggris. Tapi kamu bingung apakah harus mengikuti kursus biasa atau kursus bahasa Inggris online. Nah, supaya kamu tidak bingung, kamu bisa mempertimbangkan keuntungan-keuntungan kursus bahasa Inggris online, yaitu sebagai berikut:

1. Hemat Biaya Kursus Bahasa Inggris

Pernahkah kamu mempertimbangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan jika kamu mengikuti kursus bahasa Inggris pada umumnya? Mungkin kamu tidak terlalu memperhatikannya. Tapi ternyata, kursus bahasa Inggris pada umumnya memiliki biaya yang relatif lebih mahal dibandingkan kursus bahasa Inggris online.

Mulai dari persiapan kelas dan seisinya. Lembaga kursus harus memiliki tempat yang mendukung adanya pembelajaran yang produktif. Seperti ruang kelas yang nyaman, misalnya memiliki pencahayaan yang baik, ruangan ber-AC, kursi dan meja belajar yang nyaman, papan tulis, buku-buku dan lain-lain.

Nah, dengan memilih kursus bahasa Inggris online kamu memangkas biaya-biaya yang terdapat pada kursus offline. Karena kursus bahasa Inggris online tidak memerlukan ruangan untuk memulai pembelajaran. Di kursus online, yang diperlukan hanyalah gadget dan mengakses internet.

Jadi kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar ruangan dan seisinya. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk kelas online. Terlebih kamu tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi, karena dengan kursus bahasa Inggris online, pembelajaran bisa berlangsung di mana pun kamu dan gurumu berada.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Kursus Bahasa Inggris Online

2. Bisa Belajar Dimana Saja

Seperti yang kamu ketahui sebelumnya, kamu bisa melaksanakan pembelajaran di mana pun kamu berada. Berbeda dengan kursus bahasa Inggris tradisional yang memerlukanmu untuk hadir secara fisik di dalam ruang kelas.

Katakan kamu sibuk bekerja atau sibuk berkuliah. Kamu harus berada di ruang kantor atau di kampus. Tapi kamu ingin tetap belajar bahasa Inggris melalui kursus. Dengan kursus online, kamu hanya memerlukan laptop dan koneksi internet yang stabil.

Di tempat kerja atau tempat kuliah, saat waktu luang kamu tetap bisa mengikuti kursus bahasa Inggris online. Atau kamu misalnya sedang berada acara keluarga di luar kota, tapi kamu memiliki jadwal kursus bahasa Inggris. Nah, kamu akan tetap bisa melaksanakan kursus tersebut, karena kamu tidak harus datang ke tempat kursusnya.

Bahkan ketika kamu sedang sakit dan masih ingin mengikuti kursus bahasa Inggris, kamu masih bisa menghadirinya di ranjang di kamarmu. Dengan begitu, kursus bahasa Inggris online memiliki keuntungan untuk bisa melaksanakan kursus di mana pun kamu berada.

3. Memanfaatkan Teknologi Digital

Kursus bahasa Inggris online bisa menggunakan berbagai macam teknologi digital yang ada. Misalnya seperti Google Classroom, Zoom, Google Meet dan lain sebagainya. Hal ini tentunya membuatmu mempelajari teknologi canggih di era saat ini.

Berbagai macam media teknologi yang digunakan tentunya kini sudah menjadi alat yang digunakan di dunia kerja juga. Sehingga ketika kamu kursus bahasa Inggris online, kamu tidak hanya belajar bahasa Inggris saja. Tapi kamu juga belajar bagaimana memanfaatkan teknologi canggih.

Selain itu bahan pembelajaran juga bisa menggunakan teknologi-teknologi yang mutakhir. Kamu mungkin bisa saja mendapatkan materi pembelajaran dari podcast atau dari e-book, dengan demikian hal ini akan lebih memudahkan pembelajaran.

Kamu tidak perlu membeli buku cetak atau lembar kerja siswa. Karena kamu bisa mendapatkan e-book dan mengerjakan tugas-tugasmu dengan teknologi dan aplikasi yang ada.

4. Bisa Mengulang Materi Kembali

Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya, kursus bahasa Inggris online memungkinkan penggunaan teknologi yang canggih. Mungkin pada sebuah sesi kamu merasa tidak fokus belajar dan merasa tidak menguasai materi yang diajarkan pada saat sesi tersebut.

Lalu kamu ingin belajar kembali materi yang kamu rasa belum kamu kuasai. Dengan adanya penggunaan teknologi, hal ini memungkinkan bahwa kamu bisa mengulang materi kembali. Misalnya kursus bahasa Inggris online berlangsung di kelas Zoom dan saat itu direkam. Kamu bisa meminta rekaman sesi tersebut kepada guru, tutor atau pengajar bahasa Inggrismu. Dengan begitu materi yang belum kamu kuasai bisa diulang dan kamu bisa belajar bahasa Inggris secara online.

5. Waktu Belajar Lebih Fleksibel

Banyak orang yang mengambil kursus bahasa Inggris online adalah orang-orang yang memiliki waktu belajar yang sedikit atau mereka sibuk dengan kegiatannya masing-masing. Misalnya seperti bekerja atau kuliah.

Jika kamu adalah seorang pekerja dan sibuk dengan pekerjaanmu yang dimulai dari pukul 8 pagi hingga 5 sore, dan kamu menginginkan kursus bahasa Inggris, tentunya kursus online akan sangat membantumu. Kamu bisa belajar di waktu-waktu luang.

Atau misalnya kamu sibuk dengan kegiatan kampus, baik itu belajar atau organisasi. Dengan mengikuti kursus bahasa Inggris secara online kamu bisa menghemat waktumu. Bahkan, jika kamu perhatikan, kursus bahasa Inggris pada umumnya memerlukan kamu untuk hadir secara fisik di ruang kelas.

Bayangkan jika kamu mengikuti kursus tersebut dengan kesibukan-kesibukan yang kamu miliki. Kamu harus pergi dari tempat kerjamu lalu ke lokasi kursus. Atau kamu harus pergi dari tempat kuliah ke tempat kursus.

Jika di perjalanan lancar-lancar saja mungkin kamu tidak akan menghadapi berbagai macam kendala. Namun jika jalan yang kamu lalui adalah area yang padat lalu lintas, bisa jadi kamu menghabiskan waktu sebaganyak 1-2 jam di perjalanan. Hal ini tentunya sangat merugikanmu.

Oleh karena itu, les bahasa Inggris daring sangat cocok bagimu yang memiliki waktu yang sangat terbatas.

Baca Juga: 10 Tips Memilih Tempat Kursus Bahasa Inggris Online Terbaik

6. Belajar Sesuai dengan Kecepatanmu

Berbeda dengan kursus bahasa Inggris tradisional, kursus bahasa Inggris online memberikan fasilitas kepadamu untuk belajar sesuai dengan kecepatanmu.

Umumnya pada kelas online, peserta memiliki kendali atas waktu mereka belajar. Sehingga kamu bisa mempelajari sebuah materi yang masih sulit kamu kuasai untuk waktu-waktu tertentu. Sedangkan di kelas tradisional, kamu harus mengikuti dan menyesuaikan dengan kecepatan belajar murid-murid lain.

Selain itu, kamu juga bisa mempelajari berbagai macam kemampuan bahasa Inggris yang ingin kamu kuasai. Misalnya kamu memiliki pengetahuan English vocabulary yang sedikit, kamu bisa berdiskusi dengan pihak lembaga kursus untuk fokus pada vocabulary.

Atau misalnya kamu sedang ingin meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris, kamu bisa meminta gurumu untuk berkomunikasi denganmu dalam bahasa Inggris sepanjang pembelajaran berlangsung.

7. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Pada kelas tradisional, kelas tatap muka atau kelas face-to-face, komunikasi bisa berlangsung dengan lancar karena kamu juga menggunakan bahasa tubuh untuk menjelaskan hal yang kamu maksud kepada murid lain atau kepada gurumu.

Namun saat berinteraksi online, kita memandang wajah semua orang secara bersamaan di layar. Kita tidak bisa memandang kepada satu orang saja secara utuh seperti memberikan tatapan yang tertuju atau menolehkan kepala.

Dengan begitu, interaksi online memaksa peserta untuk bisa menggunakan teknik komunikasi yang lebih spesifik saat menjelaskan sesuatu. Hal ini secara tidak langsung membuat peserta kursus bahasa Inggris online berkomunikasi dengan improvisasi agar percakapan dapat berjalan lebih efisien.

Supaya kamu mahir berbahasa Inggris, jangan lupa untuk terus belajar terus tentang grammar bahasa Inggris khususnya di tenses. Jika kamu membutuhkan bantuan, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Inggris online di Golden English. Dengan kursus bahasa Inggris online, kamu bisa mengembangkan kemampuan bahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Selamat belajar!

cta

Referensi :

Berlitz. 2022. 6 Benefits of Learning English Online (online at) https://www.berlitz.com/en-ca/blog/6-benefits-of-learning-english-online [accessed on 20 June 2023]

Teguh Gunawan, S.Li.

Teguh Gunawan, S.Li.

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.
Teguh Gunawan, S.Li.

Teguh Gunawan, S.Li.

Digital Marketing Enthusiast who's passionate about SEO, Content Writing, and Copywriting.