fbpx

Now Everyone Can Speak English

Kelebihan dan Kekurangan Kursus Bahasa Inggris Online

Daftar Isi

kursus bahasa inggris online

Melihat perkembangan zaman, bahasa Inggris menjadi salah satu hal yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pasalnya banyak hal di sekitar kita sudah menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya dan bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional.

Misalnya seperti penggunaan media sosial, artikel-artikel di internet, berita, dan lain-lain. Bahasa Inggris sudah menjadi jembatan antara kita dengan dunia luar. Dengan begitu, kemampuan berbahasa Inggris kini sudah menjadi kebutuhan banyak orang.

Banyak orang kemudian melakukan banyak hal untuk mempelajari bahasa Inggris. Mulai dari otodidak hingga belajar di sebuah institusi. Mulai dari membaca novel bahasa Inggris hingga belajar di kursus-kursus bahasa Inggris.

Semua hal dilakukan agar dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Yang lebih menarik, perkembangan teknologi dan informasi juga membuat pembalajaran bahasa Inggris kini lebih mudah dijangkau oleh berbagai kalangan.

Dulu mungkin kita hanya bisa mengikuti pembelajaran bahasa Inggris informal hanya dengan kursus di tempat. Tapi sekarang, kita sudah bisa belajar bahasa Inggris menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris dan mengikuti kursus bahasa Inggris online, agar bisa berbahasa Inggris dengan cepat.

Banyak instansi kursus kini membuka kelas bahasa Inggris online untuk menjangkau berbagai macam orang. Meskipun kursus bahasa Inggris online sudah banyak, sudahkah kamu tahu kelebihan dan kekurangannya? Kalau belum, mari simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: 16 Tenses dalam Bahasa Inggris Beserta Rumus dan Contohnya

Kelebihan Kursus Bahasa Inggris Online

Berikut adalah kelebihan dari kursus bahasa Inggris online:

kursus bahasa inggris online

1.       Lebih hemat biaya

Berbeda dengan kursus bahasa Inggris pada umumnya, kursus bahasa Inggris online dapat menghemat biaya. Pasalnya dalam kelas online, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi. Cukup dengan biaya internet saja, kamu sudah bisa turut hadir dalam kelas. Institusi juga bisa jadi tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat karena pembelajaran dilakukan secara online. Jadi hal ini tidak hanya hemat buatmu, melainkan hemat bagi institusi juga.

2.       Lebih menghemat waktu

Seperti sebelumnya, kamu tidak perlu pergi ke mana-mana untuk menghadiri kursus bahasa Inggris online. Jadi ketika kamu sedang bersantai di rumah kamu bisa belajar online dan mempelajari materi bahasa Inggris. Kamu juga bisa hadir di tempat les bahasa Inggris dengan lebih mudah, karena kamu hanya perlu menyesuaikan jadwal dengan pengajarmu.

3.       Memanfaatkan teknologi

Belajar bahasa Inggris secara online memerlukan penggunaan teknologi yang canggih untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Dengan memanfaatkan teknologi yang canggih kamu pun akan terbiasa dengan menggunakan teknologi. Hal ini dapat membuatmu memiliki kemampuan mengoperasikan teknologi, salah satu kemampuan yang dibutuhkan saat ini.

4.       Meningkatkan manajemen waktu

Kursus bahasa Inggris online biasanya menyediakan beragam program yang dapat diikuti oleh pesertanya. Kelas yang ada pada program-program tersebut bisa menyesuaikan dengan keadaan peserta. Oleh karena itu kamu bisa melatih kemampuan manajemen waktu, karena kursus bahasa Inggris online biasanya lebih bergantung pada pesertanya dalam hal melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Dengan begini, kamu tidak hanya melatih kemampuan manajemen waktu saja lho. Tapi kamu juga bisa mengutamakan kemampuan bahasa Inggris apa yang ingin kamu kuasai terlebih dahulu. Sehingga dengan belajar bahasa Inggris online bisa menjadi metode belajar yang lebih efektif buatmu.

5.       Berkesempatan untuk belajar dengan native speaker

Belajar bahasa Inggris bisa terasa lebih maksimal jika diajarkan oleh native speaker. Dengan adanya kursus bahasa Inggris online, kamu bisa melakukan kelas bersama native speaker lebih mudah. Karena institusi tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi dan tempat tinggal bagi native speaker. Institusi hanya perlu menyediakan teknologi dan akses internet agar kamu bisa belajar langsung dengan native speaker dari jarak yang jauh.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Grammar Bahasa Inggris Berserta Contoh

Kekurangan Kursus Bahasa Inggris Online

Meskipun terdapat beberapa kelebihan dalam kursus bahasa Inggris online, terdapat juga beberapa kekurangan yang ada di dalamnya. Yaitu sebagai berikut:

kursus bahasa inggris online

1.       Mudah kehilangan konsentrasi

Belajar bahasa Inggris dengan cara online tidak memerlukanmu untuk pergi ke ruang kelas. Kamu bisa melakukannya di rumah dengan keadaan yang santai. Namun hal ini justru bisa membuatmu mudah kehilangan konsentrasi belajar.

Ruang kelas dibangun untuk belajar, sehingga lingkungannya mendukung akan adanya kegiatan belajar mengajar. Namun belum tentu rumah setiap peserta memiliki lingkungan yang mendukung. Bisa jadi peserta terlalu malas, terdistraksi oleh hal-hal yang terjadi di lingkungan rumah, bahkan bisa juga karena tidak adanya yang mengawasi peserta jadi terlena dengan keadaan.

Oleh karena itu jika kamu ingin mengikuti kursus bahasa Inggris online, kamu memerlukan kemampuan konsentrasi yang tinggi. Tidak mudah terdistraksi oleh hal-hal sekitar dan bisa mengontrol diri sendiri.

2.       Masalah kesehatan

Jika di dalam ruang kelas kamu hanya bisa duduk di bangku, kursus bahasa Inggris online bisa dilakukan di mana pun dan hal ini tentunya dapat memengaruhi kesehatanmu. Kalau di dalam kelas kamu terpaksa duduk di bangku dengan postur tubuh yang optimal. Namun jika di rumah, kamu bisa saja mengikuti kelas di tempat tidur atau di sofa. Tempat-tempat yang tidak efektif bagi kesehatan postur tubuh. Maka dari itu, pastikan untuk menyediakan tempat belajar yang optimal agar kesehatanmu tidak terganggu.

3.       Kurangnya kemampuan bersosialisasi

Kelas pada umumnya memberikanmu lingkungan yang mudah untuk bersosialisasi. Sayangnya hal ini tidak dapat terjadi jika kamu mengikuti kursus bahasa Inggris online. Pasalnya bukan karena kursus online tidak menyediakan fasilitas tersebut. Namun belajar tanpa tatap muka memberikan jarak sehingga menimbulkan kurangnya sosialisasi.

4.       Terbatas

Kekurangan selanjutnya adalah keterbatasan. Tidak semua peserta memiliki teknologi yang memadai. Beberapa peserta kursus bisa jadi tinggal di tempat yang terpencil, sehingga akses terhadap teknologi tidak dapat terjangkau dengan maksimal. Sehingga kursus bahasa Inggris online mungkin saja hanya bisa diakses oleh orang-orang kota. Meskipun kursus ini seharusnya bisa diakses di mana saja, tetapi keterbatasan teknologi bisa menjadi hambatan.

5.       Membutuhkan akses internet yang stabil

Berikutnya adalah kebutuhan akan akses internet yang stabil. Hal ini bisa menjadi tantangan bagi para peserta yang mengikuti kursus bahasa Inggris online. Karena kursus ini sangat bergantung pada akses internet. Jika akses internet tidak lancar maka kegiatan belajar mengajar pun akan terhambat.

Sayangnya akses terhadap internet masih menjadi masalah yang sering pelajar hadapi. Tidak semua daerah memiliki sinyal internet yang baik. Tapi terkadang karena pengaruh cuaca, akses internet bisa jadi tidak stabil. Bahkan terkadang terdapat beberapa daerah yang sedang melakukan pemadaman listrik sehingga tidak memadai untuk melakukan kegiatan belajar mengajar.

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan dalam kursus bahasa Inggris online. Baik kursus online maupun offline memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu hanya perlu mengetahui kebutuhanmu dan memilih kursus bahasa Inggris online yang lebih cocok denganmu.

Supaya kamu mahir berbahasa Inggris, jangan lupa untuk terus belajar terus tentang grammar bahasa Inggris khususnya di tenses. Jika kamu membutuhkan bantuan, kamu bisa mengikuti kursus IELTS online di Golden English. Dengan kursus IELTS online, kamu bisa mengembangkan kemampuan bahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Selamat belajar!

Referensi:

Veerendra. 2023. Advantages and Disadvantages of Online Classes | Benefits & Limitations of Online Classes (online) https://www.aplustopper.com/advantages-and-disadvantages-of-online-classes/ [diakses pada 10 April 2023]

CIS International School. 2021. Pros and cons of learning English online (online) https://cisedu.com/en-gb/world-of-cis/articles-education/learning-english-online/ [diakses pada 10 April 2023]

Muhammad Azka Rais

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.
Muhammad Azka Rais

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.